Kenalin, Temen Baru Gue Buat Booking Tiket Pesawat: Bang Joni

 

Pernah nggak sih Travelearners merasa ribet buka aplikasi ini aplikasi itu, website anu website inu, buat memfasilitasi kebutuhan kamu? Entah itu aplikasi taksi online, beli pulsa, bayar listrik, sampai reservasi tiket pesawat. Atau mungkin merasa terbeban karena kamu harus melakukan semuanya seorang diri tiada yang menemani? Terlalu lama sendiri?

Nih, gue kenalin temen baik gue. Namanya, Bang Joni.

Bang Joni ini baik banget. Cukup chat sama abang di LINE Messenger, gue udah bisa isi pulsa, bayar listrik, pesen Uber, sampai booking tiket pesawat online! Semuanya dari satu platform. Pengen juga ‘kan kenalan sama Bang Joni?

 

Yuk, Gue Ajak Kenalan Sama Bang Joni

Pertama-tama, kamu Add Friends akun resminya Bang Joni di LINE dengan ID @bangjoni, pakai “@” ya. Nah, begitu kamu Add, Bang Joni bakal langsung kirim “pesan cintanya” buat kamu. Bang Joni ini anak muda banget, gaya bahasanya… kayak gue gini deh, hehehe.

Silakan kenalan dulu sama Bang Joni, temen virtual baru kamu yang “hidup” di LINE Messenger. Sebutin nama panggilan dan nama asli kamu sesuai yang ditanyakan Bang Joni. Jangan dijawab dengan nyeleneh ya, karena Bang Joni ini adalah Chat Bot, ia punya beberapa templet percakapan yang harus kamu jawab secukupnya. Baru deh Bang Joni akan merespon kembali dengan templet selanjutnya.

xiaolongbao01xiaolongbao01

Akhirnya menyerah dan mengakhiri candaan 😀

Pas kenalan sama Bang Joni, wih… orangnya asik banget, kocak! Gue berasa kenalan sama orang beneran deh. Gue sempet coba merespon Bang Joni dengan jawaban-jawaban yang nyeleneh dan super nggak penting. Alhasil, Bang Joni-nya gagal paham dan terus melontarkan pertanyaan yang sama, sampai gue jawab dengan jawaban yang sebagaimana adanya.

 

Lalu, Bang Joni Bisa Bantu Apa Aja?

Kalau kamu udah selesai kenalan sama Bang Joni (yang diakhiri dengan menyebutkan kota domisili), Bang Joni akan menawarkan 4 menu utama yang dapat kamu akses: Transportasi & Travel, BJPay, Pulsa, dan Info. Setiap menu utama terdiri dari beberapa sub-menu. Silakan pilih sub-menu yang sesuai sama kebutuhan atau keinginan kamu, bukan keinginan mertua.

Kita bahas dari Transportasi & Travel dulu yuk.

 

Transportasi & Travel

Pesawat

Setelah kamu klik Pesawat, Bang Joni akan membalas dengan chat templet yang asik dan rekomendasi tujuan favorit, yaitu: Medan, Surabaya, dan Lombok. Geser sampai opsi terakhir, maka kamu akan menemukan opsi Tujuan Lain. Kalau opsi-opsi tadi nggak sesuai sama kebutuhan kamu, pilih opsi ini dengan klik “Pilih destinasi lain”.

Kamu akan dihadapkan dengan sebuah laman baru seperti yang biasa kamu jumpai dalam situs dan aplikasi reservasi tiket pesawat pada umumnya. Isi kota asal, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Nggak ada kolom status hubungan kok.

Untuk fitur pencarian dan pemesanan tiket pesawat ini, Bang Joni bekerjasama dengan Skyscanner, sebuah situs pencarian tiket pesawat terkemuka dengan skala internasional.

Dari hasil pencarian Skyscanner, pilih deal yang cocok buat kamu, maka kamu akan terhubung dengan travel provider terkait. Sebagai contoh, gue memilih penerbangan dengan rute Jakarta – Hong Kong pada 17 Agustus 2017 untuk 1 orang. Dari hasil pencarian, gue memilih salah satu deal yang jadwal penerbangannya paling oke. Gue kemudian dihadapkan dengan laman baru dari penyedia jasa terkait yang menyediakan harga itu, yang kali ini adalah Via.com.

Masuk ke dalam laman Via.com, isi seluruh data yang disodorkan ke kamu, yaitu: nama lengkap (bukan nama panggung, apalagi nama mangkal), tanggal lahir, nomor ponsel, dan alamat email. Lanjutkan dengan proses Pembayaran, tersedia: Transfer Bank, ATM, Internet Banking, Credit / Debit Cards, bahkan Installment (Cicilan).

Metode pembayaran Transfer Bank tersedia untuk nasabah BCA, BNI, dan Mandiri. Sementara metode Internet Banking memberikan pilihan BCA Klikpay, CIMB Clicks, dan Mandiri Clickpay. Metode dengan cara Installment baru tersedia untuk nasabah BCA. Gue cukup seneng ada metode pembayaran dengan CIMB Clicks, jadi nggak perlu ngutang. Habis kalau ngutang suka kelupaan bayar sampai duitnya habis buat jajan cilok.

xiaolongbao27xiaolongbao27

Selesaikan pembayaran, dan Bang Joni akan mengirimkan E-Ticket ke alamat email kamu. Doakan supaya rute Jakarta – Hong Kong di atas bener-bener bisa gue book ya, Travelearners 😀

 

Xtrans

Naini, sebagai travel blogger berdomisili di Bandung yang kadang kala bolak-balik Jakarta, gue terbantu banget dengan fitur ini. Begitu klik sub-menu Xtrans, Bang Joni akan langsung memberimu daftar Pick-up Point. Sebagai contoh, gue memilih Pasteur. Bang Joni merespon dengan tujuan yang bisa gue tuju dari Pasteur, gue memilih Bekasi.

Bang Joni akan melanjutkan proses reservasi dengan menanyakan waktu keberangkatan, jumlah penumpang, jadwal keberangkatan, dan nama penumpang. Jawablah seperlunya sesuai perintah, contoh: “Kalo mau mesen, lo tinggal ketik aja nomor pilihnya yang ada di sebelah kiri tuh”. Maka, karena gue ingin jadwal keberangkatan jam 9:15 yang berada pada nomor urut 5, cukup ketikkan “5” dan bukan “Jam 9 aja, bang”.

Selesaikan proses pembayaran dengan memberikan nomor kontak dan memilih metode pembayaran yang diinginkan. Ada opsi Credit Cards, ATM Bersama, CIMB Clicks, Mandiri E-Cash, Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, Telkomsel T-Cash, XL Tunai, dan Indomaret.

Untuk fitur pemesanan travel X-Trans Online ini, Bang Joni bekerjasama dengan TiketUx. Pilih opsi pembayaran yang diinginkan, maka Bang Joni akan memperlihatkanmu Booking Summary dari TiketUx sebelum mencapai proses akhir pembayaran. Kalau nggak jadi beli, tinggal ketik Cancel, tiket akan terbatalkan seketika.

xiaolongbao05xiaolongbao05

Harapannya, Bang Joni akan bisa bekerjasama dengan travel provider lainnya yang melayani rute Bandung – Jakarta, seperti: Cititrans, M Go, dan Daytrans. Ketiga penyedia jasa travel itu juga udah bisa diakses melalui Tiketux.

 

Uber

Ada satu lagi sub-menu yang bisa Travelearners gunakan dari menu Transportasi & Travel, yaitu Uber. Ya, kamu juga bisa memesan layanan Uber dari Bang Joni. Sayangnya karena data aplikasi Uber gue secara nggak sengaja terhapus dan gue lupa password-nya apa, gue nggak bisa menjajal fitur ini 😀

 

BJPay

Ini adalah layanan penyimpanan dana virtual yang dimiliki oleh Bang Joni, makanya namanya BJPay. Karena gue belum punya akun BJPay, gue memilih opsi Register. Ternyata pendaftarannya gampang banget! Cukup infokan nomor ponsel yang diminta Bang Joni sesuai format, gue udah terdaftar dalam sekejap.

Top Up dapat dilakukan dengan Transfer Mandiri, BCA, dan Bank Permata Virtual Account. Pilih metode Top Up yang diinginkan, Bang Joni kemudian akan memintamu menginformasikan nominal Top Up yang kamu mau. Sebagai contoh, gue memilih Transfer Mandiri. Untuk menyelesaikan transaksi, gue harus melakukan transfer ke rekening yang diinfokan Bang Joni dalam batas waktu maksimal 3 jam. Saldo BJPay akan terisi dalam waktu maksimal 2 jam kemudian.

BJPay ini bisa Travelearners gunakan buat isi pulsa dari Bang Joni.

 

Pulsa

Lalala laaa (nyanyi ala Rita Sugiarto), kamu juga bisa isi pulsa dari Bang Joni lho! Tinggal infokan nomor ponsel, Bang Joni akan merespon dengan nominal pengisian pulsa yang bisa kamu pilih. Klik nominal yang dimau, Bang Joni akan segera memprosesnya.

Nah, ‘kan, karena saldo BJPay gue nggak cukup dan gue belum mau TopUp, proses transaksi pulsa pun nggak bisa dilanjutkan. Ya udah nggak apa-apa, adek ikhlas, yang penting hubungan kita langgeng terus bang. #mulaibaper

Untuk sub-menu Kuota Data dan Token Listrik, langkah-langkahnya kurang lebih seperti itu. Seperti ituuu (ala Syahrini)

 

Info

Lainnya

Oke, tibalah saatnya kita membahas menu terakhir: Info. Karena gue nggak terlalu berminat dengan Cuaca dan Tol, gue memilih sub-menu terakhir, Lainnya. Eh, Bang Joni terus kasih 3 anak sub-menu lagi: Translator, Zomato, dan Reminder.

Gue cobain yang Zomato.

 

Zomato

Biar si abang bisa kasih rekomendasi yang paling pas, kamu perlu Share Location sesuai permintaan Bang Joni. Kamu kemudian akan diberikan beberapa opsi tempat makan: Indonesian, Italian, Japanese, Coffee & Tea, dan Lainnya. Gue coba pilih Indonesian.

Bang Joni membalas dengan memberikan daftar tempat makan terdekat sesuai kriteria. Gue geser daftar pilihan itu, sampai menemukan Hummingbird Eatery, lalu gue klik Detailnya. Gue lalu dihadapkan dengan beberapa foto buku menu dari Hummingbird. Ada juga opsi Alamat, di mana Bang Joni akan membalas dengan Share Location tempat makan tersebut.

Untuk fitur ini, Bang Joni bekerjasama dengan Zomato, start-up ternama yang memberikan rekomendasi tempat makan di sekitar kita. Bang Joni akan memilih 3 rekomendasi dengan skor tertinggi dari Zomato sesuai kriteria dan lokasi yang kita kirimkan. Jadi, fungsi fitur ini cuma info tempat makan aja sih, nggak sampai Delivery Service. Yah, semoga ke depannya kita juga bisa pesen makanan dari Bang Joni.

xiaolongbao09xiaolongbao09

 

Sekilas Tentang Bang Joni

Sebelum gue tutup, gue mau kasih tahu sedikit lagi soal Bang Joni ‘nih. Bang Joni ini baru lahir tanggal 27 April 2017 kemarin. Bukan di rumah sakit, puskesmas, atau dukun beranak, Bang Joni dilahirkan di café Lucy In The Sky, Jakarta, dari seorang Ache Harahap. Elit banget sik, bang. Tapi, belum genap sebulan, si Joni ini udah melejit jadi abang-abang. Gak jadi adek SD atau SMP dulu gitu kek.

Oke. Garing. Skip.

Kelahiran Bang Joni ini disaksikan oleh beberapa awak blogger, media, dan instagrammer. Sayangnya gue nggak bisa ikut serta karena terlalu sibuk menumpas kejahatan dan membela kebajikan. Sekarang, akun @bangjoni di LINE sudah punya lebih dari 360.000 pengikut. Asik banget sih, bang, follower gue di @thetravelearn aja nggak sampai 600 orang, hehehe.

Bang Joni ini punya keterampilan Application Programming Interface (API), Natural Language Processing (NLP), dan Artificial Intelligence (AI). Makanya Bang Joni bisa berfungsi kayak yang sekarang ini. Psst, ke depannya Bang Joni juga akan melayani pemesanan makanan, kereta api, bioskop, hotel, sampai voucher belanja! Haleluya, harapan-harapan gue di atas akhirnya akan segera dikabulkan juga. Yuk pantau terus akun instagram @bang.joni sama akun Twitter @BangJoniID biar apdet terus sama abang ganteng satu ini.

 

Kalo ini, Abang Nugi yang lagi merenung di KL Tower

 

Jadi, kamu mau temenan sama Bang Joni juga, ‘kan? Gampang kok. Tinggal Add Friend di LINE, nggak perlu penuh-penuhin memori atau ngabisin kuota dengan install aplikasi. Bang Joni siap membantu kamu 24 jam! Kalau udah cobain, bagiin testimoni kamu di kolom komentar ya. bang Joni, pelopor industri chatbot di Indonesia.

 

Tulisan ini menjadi 10 finalis dalam kompetisi blog Bang Joni ini. Mohon dukungan VOTE untuk saya di laman ini: https://bangjoni-x-skyscanner.kickoffpages.com/

Scroll sampai bawah, lalu isi form sesuai petunjuk. Saya ada di nomor urut 4. Terima kasih 😀

Iklan

24 thoughts on “Kenalin, Temen Baru Gue Buat Booking Tiket Pesawat: Bang Joni

  1. Ternyata bang Joni lengkap banget, dari tiket sampai makanan lezat. Dr travel sampai pulsa. Sukses yaa…semoga kesampaian deh ke HongKong…

  2. wah, sekalian nih yang punya LIne bisa langsung add @bangjoni, bisa buat ngobrol kalau ga ada yang ngechat ya kan, khakhakha,

    yang menarik ya fiturnya, pay bill, every single bill that u wanna pay, u can do it via bangjoni

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s