Senangnya Menginap di Putri Duyung Cottage, Ancol (Part 2)

in frame: Riyardi Arisman (www.riyardiarisman.com)

“You never go wrong with food!” Setuju nggak sama pepatah ini? Gue sih setuju. Banget. Hehehe… Di kala sepi menghampiri, atau saat gundah gulana melanda raga, makanan tak pernah gagal mengembalikan suasana hati gue. Makanan juga menjadi salah satu ketertarikan gue dalam traveling. Mengunjungi suatu kota atau negara terasa tak lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya, sampai-sampai makanan ini menjadi faktor pertimbangan beberapa traveler dalam memilih penginapan. Syukurlah, Putri Duyung Cottage di Ancol, Jakarta Utara, menyediakan pengalaman rasa yang melekat kuat di kepala.

Usai puas menikmati sarapan yang menunya sampai tumpeh-tumpeh (eh, ini apaan sik?), kami dijamu dengan menu makan siang khusus pada hari kedua kami menginap di exotic resort Teluk Jakarta ini. Seistimewa apa sih?

 

Ragam Sajian Istimewa Putri Duyung Cottage, Ancol

Bertempat di seating area bagian luar Nyiur Resto & Cafe, rombongan blogger dan vlogger menerima sajian demi sajian yang dihidangkan pihak hotel. Pertama-tama, kami disambut dengan Healthy Juice yang tampil memikat mata dengan warna hijau segarnya. Gue sih nggak yakin jus ini terbuat dari apa, tapi rasanya tidak terlalu asam dan tidak terlalu manis juga. Segelas Healthy Juice ini cocok untuk disesap di tengah panasnya hawa Ancol siang hari.

Setelah tahu, tempe, dan daging empal yang sudah jamak kita nikmati sehari-hari, Putri Duyung Cottage lalu menyajikan Nasi Liwet Kelapa di hadapan kami. Nasi Liwet ini mengingatkan gue dengan Amok yang gue nikmati saat berada di Siem Reap, Kamboja. Nasinya juga sama-sama diselipi dengan potongan-potongan ikan, bedanya nasi liwet di Ancol ini memilih ikan-ikan teri yang renyah dan gurih. Nasi semakin nikmat berkat dampingan tahu, tempe, dan ayam goreng yang ditata di bagian luar kelapa.

Setelah itu, kami dibuat tergoda dengan Ayam Bakar Lautan Api. Ayam bakar yang diguyur sambal merah segar itu disajikan dengan nasi goreng dan nasi putih yang dibungkus dalam daun pisang terpisah. Unik, ‘kan? Menu ini menjadi menu istimewa selama bulan Agustus 2017 lalu untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Saat kamu menginap di Putri Duyung Cottage, coba aja tanyain, kali-kali aja udah jadi menu permanen :D.

Gue juga suka sup ikan yang disajikan hangat dengan citarasa yang gurih! Daging ikannya empuk, digoreng terlebih dulu baru direndam ke dalam semangkuk sup bersama potongan-potongan tomat dan daun seledri. Sup ini sukses membangkitkan semangat di siang hari.

Terakhir, Putri Duyung Cottage menutup sajian dengan desert Bola Ubi. Lupa apa nama aslinya, namun cemilan unik ini memiliki citarasa manis yang menetralkan sajian-sajian utama sebelumnya. Ubi dihaluskan, dibentuk bulat, lalu digoreng dengan tepung crispy yang gurih! Perpaduan rasa itu dilengkapi dengan buah strawberry yang menjadi mahkotanya, dipasang di atas bola ubi dengan bantuan tusuk lidi.

sup iga putri duyung cottage

Selain menu-menu di atas, kami juga menikmati Nasi Goreng dan Sup Iga pada siang hari pertama. Dua-duanya ini adalah menu reguler Nyiur Resto & Cafe, dan sama-sama enak! Saya sendiri lebih suka dengan sup iga-nya. Daging iganya empuk, gurih, dibenamkan di dalam semangkuk kuah yang sedikit asam menyegarkan.

 

Memilih Kamar di Putri Duyung Cottage

Dalam kunjungan kami kemarin, pihak Putri Duyung Cottage menginapkan kami di Paus Cottage. Untuk lebih lengkapnya soal cottage ini, bisa baca review gue sebelumnya di Part 1. Nah, buat kamu yang merasa punya uang berlebih, atau sebaliknya ingin kamar yang lebih hemat, Putri Duyung Cottage menawarkan beberapa pilihan cottage lainnya.

in frame: Bena (www.benbernavita.com)

in frame: Raim Laode

Yang pertama, sekaligus yang paling mahal, adalah Marlin Suite. Harga untuk weekday adalah Rp 2.300.000,00 / kamar dan Rp 6.150.000,00 / kamar untuk weekend. Tapi percayalah, fasilitasnya worth the price banget! Begitu diajak berjalan menghampiri Marlin oleh staf Putri Duyung Cottage, kami sudah disambut oleh jalan masuk yang luas, berlapis batu alam (sepertinya andesit) dengan taburan batu-batu kali di kanan kirinya, diapit oleh tiang-tiang bersalut batu alam yang menambah pesona rumahnya.

Masuk ke dalam rumah, kami dihadapkan dengan sebuah ruang bersama yang menjadi satu dengan ruang makan. Ruang bersamanya tampil nyaman dengan sofa-sofa berwarna kuning gading, menghadap pesawat televisi yang tersimpan di dalam bingkai kayu. Di belakang sofa, terdapat meja kayu dan kursi-kursi bar, sehingga mereka yang sedang bersantap tetap dapat menikmati TV tanpa terganggu mereka yang sedang duduk di sofa. Di belakang TV, ada tangga kayu berkelok yang dibatasi partisi berupa dinding kayu berlubang kotak-kotak.

Lantai atas menjadi ruang untuk beristirahat, di mana terdapat 2 kamar tidur yang terdiri atas 1 ranjang king size dan 2 ranjang twin bed. Lantai dan dindingnya tampil hangat dengan material kayu, kecuali bagian headbar yang diselingi batu alam. Kamar mandi dengan bathtub dan balkon melengkapi kenyamanan penghuni di lantai 2 ini. Cocok ‘kan buat keluarga yang menginap bersama? 🙂

in frame: dianjuarsa.com

Selain Marlin Suite, ada 2 suite lain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan keadaan, hehe. Ada Family Suite dan Deluxe Suite. Family Suite terdiri atas cottage Cakalang, Cucut, Duyung, Lumba-Lumba, Rajungan, Tenggiri Teripang, Ubur-Ubur, dan Udang. Family Suite ini merupakan tipe akomodasi yang paling laku lho. Sementara Deluxe Suite menawarkan cottage Bawal, Hiu, Kakap, Kepiting, Kerang, Kerapu, Kole-Kole, Kuda Laut, Leva Leva, Mayang, Penyu. Deluxe Suite ini cocok buat pasangan atau anak muda.

Sebagai gambaran, harga untuk Family Suite saat weekday adalah Rp 2jutaan / kamar, sementara Deluxe Suite ada di kisaran Rp 1.2jutaan untuk weekday. Dua-duanya sama-sama dilengkapi dengan ruang bersama, kamar mandi, dan ruang makan atau pantry sederhana. Bedanya, Deluxe Suite hanya memuat 2 orang dalam 1 kamar tidur, sementara Family Suite dapat diinapi oleh 4 orang. Untuk extra bed, tarifnya adalah Rp 300.000,00 / bed / malam sudah termasuk dengan sarapan untuk “si penyusup” itu, hehe.

Unique Suite yang berbentuk kapal. Lucuk!

Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas internet nirkabel (wifi). Namun, untuk kamu yang membutuhkan koneksi internet  kecepatan ngebut yang stabil sepanjang waktu, misalnya untuk mendukung pekerjaan sebagai pekerja digital kreatif, lebih baik kamu beli paket internet Bolt deh. Paket internet ini bisa kamu beli di Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 28.950 untuk 1.5 GB. Murah banget, ‘kan? Terus bisa kamu pakai rame-rame bersama keluarga atau teman-teman.

 

AquaFun Ancol

Di tulisan-tulisan sebelumnya, gue udah membagikan ulasan singkat tentang Ecopark, Dunia Fantasi, Pantai Ancol, dan tempat-tempat seru lainnya di Taman Impian Jaya Ancol. Biar makin seru, sekalian mampir deh ke AquaFun Ancol. Seperti namanya, AquaFun adalah wahana baru Ancol yang menantang pengunjung untuk melalui halang rintang hingga mencapai garis akhir. Mirip-mirip Takeshi Castle gitu deh. Nggak usah takut tenggelam, karena setiap pengunjung difasilitasi dengan baju pelampung yang aman.

Baca juga: Kembali ke Ancol, Ada 3 Atraksi Baru Ini!

Nah, kalau kamu kamu mau cobain wahana ini, AquaFun ada di area Beach Park. Seperti halnya paket internet Bolt, kamu bisa beli tiket masuk AquaFun Ancol di Tokopedia. Harganya cuma Rp 35.000,00 per orang untuk weekday dan Rp 40.000,00 per orang untuk weekend.

 

Jadi, staycation itu nggak selamanya harus ke gunung kok, tetirah di pantai kayak di Putri Duyung Cottage Ancol Jakarta ini juga seru! Duduk santai menenggah segelas jus dari teras kamar yang menghadap pantai, menikmati matahari terbenam, laut pun hanya beberapa langkah. Harga bermalamnya juga terjangkau, untuk Deluxe Suite misalnya, per orang cukup iuran sekitar Rp 500.000-an per malam. Nah lho, kapan nginep di Putri Duyung? Ajak-ajak Nugi ya. #eh

Iklan

24 thoughts on “Senangnya Menginap di Putri Duyung Cottage, Ancol (Part 2)

  1. Nuansa perkayuan di cottage-cottage itu terasa sekali. Sepintas tampak bahwa hotel ini seolah masih punya kejayaan masa-masa Orde Baru. Tapi sentuhan modern dari perkakas elektroniknya tetap ada. Apalagi dengan kehadiran wahana permainan baru dengan tiket yang tak mahal. Magnet penarik pengunjungnya tetap di sana. Lagi pula, Ancol tetap indah dan dekat dengan Jakarta, apa pun yang terjadi. Dengar-dengar tiket masuk Ancol akan digratiskan. Dengan demikian akses untuk hotel ini ke pasar yang lebih luas pun akan makin terbuka.

  2. Putri duyung cottage sepertinya sudah diperbarui. Tampak lebih indah dan lebih nyaman. Dan sajian menu makanan mereka eksotis ya. Nasi liwet di dalam kelapa itu sungguh bikin ngiler. Dan Yah mungkin karena terletak di Ancol, Jakarta yang tentu saja banyak uang, harga menginap di Putri Duyung cottage juga menyesuaikan..😃😃

  3. Aduh itu makanannya enak2 banget ya. Nasi liwet dalam Kelapa belum nyobain deh. Putri Duyung cottage memang resort pinggir pantai andalan orang Jakarta deh. Main Aquafun itu kayak yg di Atlantis ya? Tapi lebih komplit kayaknya

  4. Paragraf ini terasa lebih jahat dibandingkan yg lain,

    “Gue juga suka sup ikan yang disajikan hangat dengan citarasa yang gurih! Daging ikannya empuk, digoreng terlebih dulu baru direndam ke dalam semangkuk sup bersama potongan-potongan tomat dan daun seledri.”

    Seharusnya tidak kubaca saja….. Dosaa kau Massss membuat perut orang lain gonjang ganjing. 😭😭😭

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s