Review, Transportasi, Travel

Terbang ke Berlin dari Jakarta Bersama Scoot dengan Harga Rp 3 Jutaan!

Berapa sih biaya pesawat yang harus kamu keluarkan untuk membeli sebuah tiket penerbangan sekali jalan dari Jakarta ke Berlin, Jerman? Gue iseng browse pake Skyscanner, nyari tiket termurah dari Jakarta ke Berlin untuk keberangkatan bulan April dan Mei 2018. Harga termurah yang gue dapet adalah Rp7 jutaan, itu pun dengan maskapai low cost carrier dan harus berganti pesawat 3 kali. Ribet? Eym! Makanya, gue bersyukur banget begitu tahu Scoot akan membuka rute penerbangan dari Jakarta (dan 3 kota di Indonesia lainnya) ke Berlin dengan harga mulai dari Rp3 jutaan aja per 20 Juni 2018.

Excited? Penasaran? Baca tulisan gue sampai habis. Obat dokter yang pahit aja bisa kamu habisin, masak tulisan gue enggak?

000000

 

Eh, Udah Tahu Maskapai Scoot Belum?

Selasa, 27 Maret 2018, thetravelearn.com berkesempatan untuk menghadiri Media Gathering #Scoot2Berlin yang bertempat di Paulaner Brauhaus, lantai 2 East Mall Grand Indonesia pukul 11:30 – 14:30. Bersama awak media dan 5 travel blogger lainnya — Koper Traveler, Efenerr.com, Lenny Diary, Peek Holidays, dan Parahita Satiti — thetravelearn.com dipertemukan dengan tim FlyScoot dari Singapura!

blogger dan awak media yang menghadiri media gathering
Scoot, low cost carrier from Singapore

Beberapa di antara kamu mungkin masih asing mendengar nama Scoot. Maskapai apaan ‘nih? Jangan-jangan maskapai jadi-jadian! Ehem, kamu tahu Tiger Airways ‘kan? Di Indonesia, maskapai yang memiliki ikon harimau ini juga sempat merger dengan Mandala Airlines sebelum akhirnya menghentikan operasinya. Pendek kata, dapatlah gue bilang kalau Scoot adalah the new Tiger Airways.

Mr. Vinod Kannan, CCO dari SCOOT, hadir untuk memperkenalkan Scoot lebih dekat. Ternyata, Scoot sudah mulai mengudara sejak Juni 2012. Maskapai berbiaya rendah yang identik dengan warna kuning ini merupakan bagian dari Singapore Airlines Group (SIA) yang mengoperasikan Singapore Airlines dan Silk Air. Nah, nggak usah ragu lagi sama kualitas maskapai Scoot ya.

052052

scoot is a part of singapore airlines group
Mr. Vinod Kannan with mr. Chun Hoy Yuen

Pada tahun Juli 2017, Scoot melakukan merger atau akuisisi dengan TigerAir / Tiger Airways Singapore, mempertahankan eksistensi brand Scoot di dunia aviasi. Saat ini, Scoot melayani 63 destinasi di 17 negara! Empat di antaranya ada di Indonesia, yaitu: Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Palembang. Tahun ini, Scoot juga akan kembali melakukan ekspansi rute ke Pekanbaru.

 

Scoot Membuka Rute Penerbangan Langsung ke Berlin dari Singapura!

Per 20 Juni 2018, Scoot akan membuka rute penerbangan langsung ke Berlin, Jerman, dari Singapura. Dengan pencapaian ini, Scoot akan menjadi low cost carrier pertama yang menawarkan penerbangan langsung ke Jerman dari Singapura. Rencana ini merupakan ekspansi long haul flight (penerbangan jarak jauh) ketiga setelah sebelumnya sudah menjajah Athena (Yunani) dan Honolulu (Hawai). Keren!

Mr. Chun Hoy Yuen dari German National Tourism Board
Berlin, the gateway to Europe

Peserta yang beruntung dipanggil ke depan untuk memperebutkan hadiah tiket PP Scoot ke Berlin lengkap dengan hotel

 

 

Penumpang Indonesia dapat menikmati rute Singapura – Berlin ini dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Palembang. Untuk melayani rute ini, Scoot akan membuka 4 kali jadwal penerbangan dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Dari Singapura, Scoot akan berangkat pukul 00:25 lalu tiba di Berlin pada jam 7:20 waktu setempat. Dari Berlin, Scoot berangkat menuju Singapura pukul 9:40.

Jujur tanpa disogok, gue cocok sama jam penerbangan yang dipilih Scoot. Berangkat tengah malam lalu tiba pagi-pagi memberi kita kesempatan untuk beristirahat selama perjalanan. Setibanya di Berlin, kita bisa langsung berkelana menjelajah kota secara efektif tanpa ada waktu yang terbuang di jalan. Jam keberangkatan tengah malam juga berarti kita-kita yang fakir cuti ini (kita? Lu aja kali, Gie) nggak usah ambil cuti buat ke Singapura. Dengan jadwal penerbangan kembali pada jam 9:40 pagi, berarti kita bisa maksimal menggunakan waktu hingga malam pada hari sebelumnya. Hari selanjutnya, kita udah akan bisa beraktivitas seperti biasanya.

 

Memangnya Enak Terbang Berjam-Jam dengan Maskapai LCC Macam Scoot?

Nggak perlu cemas sama masalah yang satu ini. Scoot udah menyesuaikan dirinya supaya cocok dipake terbang berjam-jam ke Berlin dari Indonesia atau Singapura. Untuk rute ke Berlin ini, Scoot akan menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner yang badannya bongsor! Akan ada 3 baris (twin aisles) tempat duduk penumpang, jarak antar kursi yang lega hingga 31” untuk kursi ekonomi, kompartemen (head storage) lebih besar, dan in-seat power buat ngechas handphone atau gadget lainnya.

Super Seat (Kursi Super) Scoot
Kursi Regang (Stretch Seat) Scoot
Standard Economy Seat di Boeing 787 Dreamliner
Standard Economy Seat Scoot di Airbus A320
ScootinSilence, layanan terbang bebas kebisingan

Oh ya, gue baru tau kalo setiap pemesanan dengan Scoot akan mendapatkan kuota gratis 100 MB dari Flexiroam. Mayan yekan? Flexiroam adalah sebuah microchip yang ditempelkan pada SIM card handphone kita, jadi kita bisa terus terkoneksi internet di lebih dari 130 negara! Praktisnya lagi, kita nggak perlu ribet gonta ganti SIM card karena Flexiroam cukup ditempel di SIM card kita.

Selain beberapa fasilitas wajib di atas, kita juga bisa memesan Kursi Super (34” seat pitch), Kursi Regang (50% leg room, setidaknya 34” seat pitch), dan ScootinSilence. Ketiganya dilengkapi dengan sandaran kursi yang dapat diatur (adjustable headrests). ScootinSilence adalah zona hening di dalam kabin Scoot yang bebas dari gangguan anak-anak di bawah usia 12 tahun. Lokasinya berada di baris terdepan masing-masing kelas, baik itu kursi ekonomi, kursi regang, maupun kursi super. Kursi ekonomi ScootinSilence juga punya adjustable headrests lho. Fasilitas tambahan ini bisa kita pesan dengan mudah saat melakukan reservasi online di flyscoot.com.

Makanan yang gue pilih dalam acara media gathering #Scoot2Berlin, saat itu sedang pantang daging menjelang Jumat Agung

Dijamu dengan beragam kuliner Jerman di Paulaner Brauhauss

Fasilitas tambahan lainnya adalah Scoot Café (layanan makanan di dalam pesawat), in-flight wifi, dan ScooTV (layanan in-flight entertainment). Buat Scoot Café, gue sarankan banget kalian pesan sekalian saat booking tiket deh. Pilihan menunya lebih banyak, lebih menggoda, dan harganya lebih murah. Sementara buat layanan in-flight wifi, paket termurahnya adalah USD 4.99 (kalau beli sebelum penerbangan) untuk kuota hingga 20 MB saja. Buat generasi milenial macam gue sih, 20 MB udah langsung abis begitu semua notifikasi muncul, hahaha. Jadi opsi paling oke kayaknya ambil paket Explore 50 MB (USD 9.99) atau Surf 100 MB (USD 15.99). Untuk bisa mengakses ScooTV, kamu harus install aplikasinya lebih dulu di handphone, tablet, atau laptop kamu. Harga paketnya cuma USD 11 aja kok, udah bisa mengakses semua koleksi ScooTV. Plis, jangan lupa bawa gadget kamu ke kabin, percuma udah bayar kalo gadget-nya kamu taruh di bagasi.

056056

Layanan Flexiroam untuk setiap pembelian tiket Scoot

Karena penasaran dengan berapa jumlah total harga yang harus gue bayar biar bisa tetap terbang dengan nyaman, gue mempraktekkan sendiri langkah-langkah pemesanan rute Jakarta – Berlin untuk tanggal 13 November 2018. Harga awalnya adalah Rp2.860.000. Setelah ditambah long haul meal package, wifi 100 MB, kursi standar ScootinSilence (ini opsi termurah buat dapet kursi yang punya adjustable headrest), dan Scoot Protect, harga akhirnya adalah Rp4.175.978. Ditambah ScooTV sebesar 11 USD, kemungkinan bakal jadi sekitar Rp4.3 jutaan. Masih terbilang murah dong buat penerbangan sejauh Jakarta – Berlin.

Layanan tambahan yang nggak gue pesen adalah bagasi 20 kg, PlusPerks, dan ScootinStyle. PlusPerks  memungkinkan kita memperoleh KrisFlyer Miles (bisa ditukar dengan penerbangan dari Singapore Airlines atau Silk Air), BoardMeFirst, Extra Leg Room, dan Booking Flexibility. ScootinStyle adalah layanan exclusive lounge di Bandara Internasional Changi di mana kita bisa menikmati wifi, makanan, kursi pijat, working space, dan kamar mandi. Kamar mandi sebetulnya cukup menarik buat kita-kita para backpacker yang harus ngemper di bandara. Lokasinya ada di SATS Premiere Lounge, Departure Transit Hall, Level 3, Terminal 2. Dapat dinikmati selama 3 jam sampai maksimal 3 jam sebelum penerbangan dengan harga Rp390.000,00.

Tahap awal pembelian tiket Jakarta – Berlin
Proses pembelian makanan. Perhatikan, tiket terdiri atas 2 penerbangan.
Proses pemilihan kursi, perhatikan ada penerbangan di sini, yaitu Jakarta -Singapura dan Singapura – Berlin.
Tahap akhir pembelian tiket Jakarta – Berlin

Kalau kamu nggak mau ribet beli masing-masing layanan satu per satu, langsung pilih paket ScootBiz aja pas booking online. Setiap penumpang ScootBiz akan mendapatkan kursi kulit khusus dengan footrest (sandaran kaki) dan adjustable headrest, bagasi 30 kg, bagasi kabin 15 kg, on board meals, welcome drink, in-seat power, privilese BoardMeFirst, dan ScooTV. Harga paket ScootBiz untuk rute Singapura – Berlin mulai dari Rp20 jutaan pulang pergi.

Layanan bisnis ScootBiz ala Scoot
ScootinStyle, bersantai di exclusive lounge Scoot

Dengan harga dasar mulai Rp6.3 jutaan pulang pergi untuk keberangkatan dari Jakarta dan Palembang, atau Rp7 jutaan dari Surabaya dan Denpasar, rute ke Berlin yang ditawarkan maskapai Scoot ini adalah one of our best deal! Ayo buruan hunting tiket ke Berlin di Flyscoot.com, ada fitur buat lihat harga sebulan penuh kok. Gue cek masih ada harga tiket Rp3 jutaan sekali jalan sampai November 2018 ini.

 

Kenapa Harus Traveling ke Berlin?

Mendampingi Mr. Vinod Kannan, hadir Mr. Chun Hoy Yuen, Director Marketing & Sales German National Tourism Board (GNTB) kantor ASEAN. Mr. Chun mengungkapkan bahwa selama periode 2014-2016, kunjungan wisatawan Indonesia ke Jerman meningkat 2 kali lipat dari hanya 50.000 kunjungan menjadi 110.000 kunjungan. Indonesia menjadi pasar terbesar Asia Tenggara bagi pariwisata Jerman.

Sebagai sebuah ibukota, Berlin nggak hanya sebuah kota modern yang dipenuhi gedung pencakar langit dan memiliki 10 jalur subway (belum termasuk 15 jalur kereta komuter dan puluhan jalur tram atau bus). Berlin memiliki seabrek atraksi wisata sejarah, arsitektur, seni, kuliner, dan gaya hidup. Pada tahun 2006, UNESCO menganugerahinya penghargaan City of Design sehingga menjadi bagian dari Creative Cities Network. Beberapa obyek wisata menarik di Berlin adalah: Tembok Berlin, Gerbang Brandenburg, Reichstag Building, Berlin Cathedral, Alexanderplatz, Gendarmenmarkt, Sanssouci, Charlottenburg Palace, dan banyak lagi.

Berlin adalah salah satu kota di Eropa dengan biaya hidup terjangkau
Berlin adalah kota yang punya banyak daya tarik
Selamat untuk mbak Pryscilla yang beruntung mendapatkan tiket ke PP ke Berlin

Dengan lokasinya yang berada persis di tengah-tengah Eropa, Berlin nggak cuma jadi pintu gerbang Jerman, namun juga Eropa. Jerman terletak di antara negara-negara Skandinavia (Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia), Eropa Tengah (Swiss, Austria, Ceko, Slovakia, Hongaria), Eropa Barat (Belanda, Belgia, Luxemburg, Perancis) dan Eropa Timur (Polandia, Belarusia). Oke banget sebagai titik awal keberangkatan kamu menjelajah Eropa.

Ada photo booth dan Virtual Reality di lokasi media gathering ini

Baca juga: Tips Packing Cepat ala thetravelearn.com

Dengan kualitas yang memuaskan sebagai maskapai berbiaya rendah, Scoot sangat layak melebarkan sayapnya hingga ke Benua Biru, Eropa. Siapa tahu, Berlin (and Athens) is just a start, dan selanjutnya Scoot akan membuka rute di kota-kota Eropa lainnya. Memperkuat tren penerbangan jarak jauh dengan low budget carrier yang selama ini dianggap hanya bisa dilakukan maskapai full service. Tertarik sama rute baru ini? Udah pernah naik Scoot sebelumnya?

Catatan: kecuali foto-foto selama acara, infografis, dan screenshot, konten visual di dalam tulisan ini diambil dari FlyScoot.com

Iklan

62 tanggapan untuk “Terbang ke Berlin dari Jakarta Bersama Scoot dengan Harga Rp 3 Jutaan!”

  1. wah postingannya lengkap deh review dan infografiknya… suka kak! moga bisa jumpa kopdar lagi di acara scoot yang keren ini yah 😀

  2. Aku langsung buka website Flyscoot dong abis baca ini. Websitenya playful banget yah dengan warna kuning, trus ada gambar awan-awan. Ada iconnya juga yang lucu. Tapi buat ke Eropa, cuma Berlin aja ya? Kapan ya mereka buka rute baru lagi yang murah meriah gitu…

  3. Waah..sekarang makin banyak pesawat dengan harga terjangkau untuk ke beberapa kota di negara lain, termasuk eropa. Kalo gini, jadi bikin makin rajin kerja dan nabung biar bisa ke eropa.
    Tampilan scoot juga sangat fresh dan enak dilihat

  4. Sejauh ini aku udah 2 kali naik Scoot. Dan bakalan naik lagi sebentar lagi (di Palembang ada soalnya). Emang kayaknya berjodoh dengan LCC yang satu ini. Nyaman, krunya ramah, cuma belom nyobain makanannya aja hwhwhw

  5. Waktu di mana gitu agak lupa, pernah lihat pesawatnya scoot, lucu warna kuning, ku pikir punya australia, ternyata maskapai baru ya, seneng deh bisa ke yurop dengan harga tiket yg low cost, buat pejalan seperti saya yg budget nya terbatas amat sangat membantu hehe

  6. Membaca cukup Rp3.000.000 untuk sampai ke Berlin langsung saja ngecas air liurnya. Duh kalau begitu perjalanan ke Berlin tidak akan begitu mahal ya. Nanti mau stalking stalking ah

  7. Abis baca ini aku langsung doa biar dapet rezeki buat naik Scoot ke Jerman trus keliling Eropaaaah.. 😀 Mayan ya lebih murah dari maskapai lain.. Aku paling suka sama Scoot itu desainnya kak, seger dengan aksen warna kuning. Maskotnya juga lucu.. 😀

  8. Terus terang belum pernah naik Scoot. Kalau lihat harga dan aneka pilihan tempat duduk dan fasilitas nya lumayan banget ya…

  9. mantap ulasannya.. lengkap & ada infografis nih, nanti bisa saya belajar dari kakak yak 😀
    anyway harga tiketnya menggiurkan kalau mau jalan-jalan seru ke iurop neh kak, cuma yaa itu kala maskapai LCC takutnya ga oke, mungkin Scoot bisa dicoba nih ya, sambil banyakin kerja dan siapin visa schengen kali yak hehehe, oia saya gw tertarik sama flexiroam nya tuh, bisa jadi salah satu yang dicoba selain scootnya.. surantap deh artikelnya!

    1. LCC itu bukan berarti nggak oke, mas. Dia cuma menganut servis: “You get what you paid”. Bisa mendapatkan kenyamanan seperti maskapai full service, tapi ya harus bayar lagi.

      Ayo sama-sama nabung buat mampir ke Yurop. Makasih udah mampir ya 😀

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s