Gempor di Singapore #6: Menikmati Tarian Cahaya Marina Bay Sands

Akhirnya, gelap menyelimuti seisi Singapura. Lampu-lampu kota menyala menerangi jalanan, sementara sang chandra sudah menampakkan diri, keluar dari peraduannya. Di Singapura, selain lebih cepat satu jam dari waktu Jakarta / Jawa Barat, juga memiliki sore yang lebih lama. Jam 18.00 itu masih terang benderang kayak jam 5 sore.

Gue dan Al masih terus melangkah menuju Marina Bay yang sudah di depan mata. Menyempatkan diri dengan berfoto narsis di sekitar Promenade, kami lalu kembali berjalan menyusuri Promenade, melalui rumah-rumah makan dan hotel-hotel elit, hingga sampai di patung Merlion. Suasana Marina Bay ramai banget, anak-anak pra-remaja berheboh ria di sekeliling patung Merlion. Gue bertanya-tanya mereka anak sekolahan dari negara mana. Nggak mungkin dari Singapore sih, karena mereka.. ehem, agak norak, lengkap dengan perangkat tablet yang tergenggam erat di tangan, sibuk memfoto si patung singa yang tak bergeming. Tiba-tiba gue menangkap sebuah kalimat khas Indonesia yang terlontar dari mulut mereka. Yeah right! They’re Indonesians! Nggak heran sih, gue juga udah curiga -_____-

Panorama gedung Marina Bay Sands, Singapore Flyer, dan gedung-gedung eksotik lainnya

Panorama gedung Marina Bay Sands, Singapore Flyer, dan gedung-gedung eksotik lainnya

Beberapa menit kemudian, anak-anak itu akhirnya hilang ditelan angin. Kami berjalan menghampiri Merlion, berfoto-foto narsis dan alay jablay di depan patung. Well, nggak beda jauh sama anak-anak tadi sih, ehehehe 😀

Bosen duduk-duduk sok ganteng di depan patung Merlion bersama kerumunan turis lainnya, kami beranjak pergi menuju arah Esplanade — si gedung belah duren yang tampak semakin seksi di malam hari. Gue nyaris aja jatuh ketabrak warga lokal yang masih asyik jogging, melejit dari belakang melalui celah kosong di antara kami berdua. Gilak! Jam segini juga masih semangat, padahal baju udah basah kuyup bermandikan keringat.

Tepat di tengah perjalanan kami menuju Esplanade, garis-garis cahaya berwarna hijau melesat dari gedung Marina Bay Sands.

Well, that’s what I’m talking about! Tiap jam 8 malem ada pertunjukkan laser dari Marina Bay Sands dan gedung-gedung lain di sekitarnya!” gue berseru norak kepada Al.

Hampir aja kelupaan! Kami lantas menghentikan langkah kami, duduk di tepi laut menyaksikan harmonisasi teknologi yang tersinergi dalam sebuah tarian cahaya yang unik. Meskipun nggak seluar biasa dengan laser show di Hong Kong, tapi saya tetap menikmatinya, melihat gedung-gedung berpendar kehijauan dan kemerahan, air mancur yang ikut menari-nari, seiring dengan alunan musik klasik yang bergaung bagai sebuah radio raksasa. Yah, yang kayak gini ‘kan belum ada di Indonesia.

Enjoy videonya ya, meski cuma sebentar dan kualitasnya nggak terlalu bagus. Gue rekam dengan kamera poket punya Al, karena handycam gue matek! -____-

Pertunjukkan selesai, kami melanjutkan langkah kaki kami yang udah gempor berjalan seharian menuju Esplanade. Gue ikut masuk ke dalam, mengantar Al yang pengen ke toilet (yes! dia itu beseran), sebelum akhirnya kami (kembali) berfoto-foto narsis di depan Esplanade, di sebuah kolam yang indah dengan bola-bola cahayanya.

Hari memang udah agak larut, tapi kami tetep semangat buat jalan. Masih ada Gardens by The Bay yang menanti untuk disambangi. Sebenernya sih kami udah berusaha mencari petunjuk arah dengan membuka lapak peta di pinggir jalan, tapi mungkin karena udah kecapekan, otak udah bego, kami berjalan kebablasan sampai Singapore Flyer. Dikiranya Gardens by The Bay ada di belakangnya, tapi setelah masuk, ternyata ada di seberang sungai. Ilusi mata ‘nih. Harusnya tadi kami berbelok menuju arah Marina Bay Sands.

Ya sudahlah, kami akhirnya duduk kayak orang yang abis lomba marathon 40 kilometer, di hulu sungai, menyaksikan “pohon-pohon” Gardens by The Bay dari kejauhan.

Kami lantas menuju stasiun MRT terdekat, lalu turun di Orchard. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki, dan asli itu capek banget nget nget! Salah perhitungan. Kami kembali melalui gedung kampus SMU dan jalanan yang kami lewati tadi pagi. Laper, haus, capek, semuanya numpuk jadi satu. Sampai di kawasan Little India, kami memutuskan untuk makan malem di sebuah warung makan di Kitchener Road. Modelnya kayak warteg atau rumah makan Padang, nasi dan aneka lauk pauk tersaji di dalam etalase. Gue cuma makan dengan ayam goring dan sejenis sayur, ditebus dengan uang 4 SGD. Muraaaahhh! Dengan nasi berlimpah! Sementara itu, Al makan dengan sepiring makanan berbentuk mie — entah apa namanya, tapi itu selalu tersaji di warung makan ala India, sebagai alternatif selain nasi putih — dengan opor ayam. Laper mata, dia lalu memesan sepiring besar prata yang akhirnya — dua-duanya — nggak dia habiskan. Masih tersisa banyak, nyaris nggak dimakan -_____-

Setelah makan dan bisa duduk, agak lega rasanya buat jalan kaki menuju hotel yang udah nggak jauh lagi. Kami berjalan melalui sebuah bar ala India, hentakan musiknya terdengar sampai luar. Sebuah ruko di sebelah hotel kami pun berubah menjadi sebuah club, dengan semacam patung dan sesajen yang nangkring di depan pintunya.

Senangnya bisa beristirahat di hotel setelah seharian berjalan menyusuri kota sampai kaki gempor luar biasa. But I enjoyed it though. Jalan kaki di Singapore itu asyik, melalui trotoar yang lebar dan aman, jalanan yang mulus dan tidak terlalu ramai, disuguhi gedung-gedung modern dan unik serta pohon-pohon rimbun yang memberi keteduhan. Ah, I’m in love with Singapore 🙂

Iklan

3 komentar

  1. belum pernah ke singapur… jadi pengen ke sini 😀

    1. Aku jatuh cinta sama kota ini, Bang. Kota yang modern, namun tetap bersih, rapi, hijau, dan tidak terlalu ramai 😀

    2. Oh iya sebenernya ini ada foto-foto yang belum dimasukkin: foto-foto di depan Merlion sama Esplanade, plus video rekaman tarian cahaya Marina Bay Sands. Tapi sayang masih di temen saya, dan belum dikirim sampai sekarang.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: