Kriteria Rumah yang Bikin Traveler Betah

Biar kata traveler, hobinya keluyuran dan melanglang buana sampai ke ujung dunia, tapi tetep, kita membutuhkan sebuah tempat yang bisa kita sebut “rumah”. Apalagi, selepas kita melakukan sebuah perjalanan jauh dalam kurun waktu beberapa hari (bahkan beberapa Minggu), kita ingin segera tiba di rumah dan tidur seharian dengan nyaman. Padahal di rumah juga sendirian aja sik. #nasibperantau

Seringkali kita tergoda dengan iklan-iklan yang menerpa kita dari berbagai macam media. Baik cetak, visual, atau audio visual. Below the line, atau above the line. “Rumah Dijual Murah”, “Jual Rumah Mulai…”, “Jual Apartemen…”, dan kawan-kawannya, yang membuat hasrat kita untuk memiliki rumah langsung menggelegak di dalam dada.

Well, meski sekarang kita belum memiliki uang yang cukup, setidaknya kita bisa cari tahu dulu ‘nih beberapa kriteria rumah yang cocok untuk kaum divergent traveler seperti kita. Atau jangan-jangan ada yang sudah siap beli rumah buat istri?

 

Berada Dalam Jangkauan Transportasi Umum

Traveler sebaiknya menggalakkan penggunaan angkutan umum. Entah itu angkot, bus kota, busway, commuter line, apapun. Kalau kita seringkali terkagum dengan kota-kota di negeri tetangga yang rapi dan tidak macet, maka ubah rasa irimu itu menjadi sebuah aksi nyata di tanah sendiri dengan menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki.

The Kota - Bekasi train passing by at Gondangdia Station, Jakarta

Kota – Bekasi train passing by at Gondangdia Station, Jakarta

Baca Juga: Using Commuter Line As Your Public Transportation in Jakarta

 

Berada Dalam Lingkungan yang Sehat dan Aman

Hindari tempat-tempat kotor yang rawan menjadi sumber penyakit, seperti misalnya tempat pembuangan sampah atau sungai yang kumuh. Pastikan juga rumah yang akan kamu beli tidak berada di daerah rawan longsor yang menyalahi aturan tata kota. Jangan sampai rumahmu jadi seperti hatimu, tiba-tiba ambruk longsor karena guyuran deras hujan masa lalu.

 

Memiliki Material Berkualitas

Pastikan rumah dibangun dengan material yang bermutu, sehingga tidak mudah rusak dan mendukung kenyamananmu di rumah. Lihat apakah cat temboknya mengelupas atau tampak tipis, apakah kayunya berderak saat dipijak, dsb. Untuk rumah baru yang dijual oleh pengembang, kualitasnya cenderung bisa dipertanggungjawabkan. Namun untuk rumah yang dijual secara independen (perorangan), apalagi kalau rumah bekas, kamu harus lebih kritis dan cermat. Nggak banget lah ya, lagi enak-enak hibernasi di tengah cuaca hujan, eh atapnya bocor dan dindingnya rembes.

 

Memiliki Panorama Indah yang Bikin Betah

Entah itu panorama alam, atau panorama gedung-gedung bertingkat, traveler menyukainya dengan preferensi masing-masing. Nah, ini adalah kriteria tambahan yang bisa bikin kamu semakin mantap menentukan pilihan. Biar kalau stress, atau galau, atau butuh Vitamin SEE, bisa coba dipuaskan dengan duduk santai di rumah sendiri.

Selamat pagi, Tebing Keraton

Andai rumah punya pemandangan seperti ini

 

Nah, keempat kriteria di atas dapat kamu temukan dengan mudah di UrbanIndo.com. Web jual rumah online yang satu ini menghadirkan seluruh kriteria yang kamu cari. Kamu bisa memilih sesuai dengan budget dan lokasi yang diinginkan. Nggak perlu repot-repot keliling buat cari rumah yang diinginkan!

Ehem, kira-kira ada rumah yang dijual dengan bonus istri juga nggak ya? #eh

Iklan

7 thoughts on “Kriteria Rumah yang Bikin Traveler Betah

  1. Eh dulu kan ada ya yang booming itu, rumah dijual sepaket dengan istri :hehe :peace.
    Iya nih, harus pilih rumah yang terjangkau tapi ke mana-mana bisa dekat (ke kantor jauh tak apalah, yang penting ada jalur komuter). Waah cari rumah itu mesti hati-hati banget, pertimbangannya banyak, soalnya ini keputusan seumur hidup (buat saya yang penghasilan terbatas) yang kalau salah bisa berabe tujuh turunan :haha.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s