Ini Caranya Belanja Online Makin Hemat Tapi Tetap Aman!

shopback

Seperti yang gue ceritakan di tulisan sebelumnya, semakin lama, semakin gue menggampangkan beberapa persiapan dalam traveling. Beberapa kali, karena males keluar atau merasa udah nggak ada waktu, gue belanja perlengkapan traveling melalui online shop. Sleeping bag, matras, dan tas kamera yang gue punya saat ini gue beli dari online shop. Bahkan, backpack hitam kesayangan gue ini juga gue dapet dengan transaksi yang berawal dari online shop berbasis COD (cash on delivery). Oke, pada dasarnya, gue ini memang orang yang serba dadakan, hahahaha. Dasar sanguin!

Online shop itu praktis! Nggak usah panas-panas keluar ruangan, nggak usah habis bensin atau ongkos angkot, nggak perlu capek-capek keliling pasar atau mal dari satu toko ke toko lain, dan nggak perlu takut kecopetan karena bawa duit segepok di dalam dompet yang ujungnya nyembul dari balik saku celana jins ketat gue. (((jins ketat)))

000000

Bisa dibayangkan betapa berdebunya Gunung Cikuray ini?

Bisa dibayangkan betapa berdebunya Gunung Cikuray ini?

(jinsnya nggak kelihatan terlalu ketat karena pantatnya terlalu tepos)

Kelemahannya, kadang gue harus siap kalau ternyata barang pesanan gue nggak tampak sebagus yang ditampilkan di layar internet. Resiko penipuan tentu juga ada, tapi puji Tuhan selama ini gue belum pernah ketemu dengan online shop atau penjual daring yang tukang tipu.

Jadi, baiklah, sebelum gue bagikan tips berbelanja online shop yang hemat, gue akan berikan beberapa poin singkat dulu tentang berbelanja online yang aman:

  • Pilih online shop yang udah ternama. It means they can be trusted, contohnya: Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, Elevenia, MatahariMall, Blibli, BerryBenka.
  • Pilih online shop yang tidak melepas begitu saja transaksi antara toko dan pembeli, syukur-syukur sampai memberi jaminan uang kembali. Rata-rata online shop seperti pada poin pertama udah menerapkan prinsip ini, di mana mereka menjadi semacam “virtual mall” yang menaungi vendor-vendor di bawah atapnya.
  • Jangan pernah simpan data kartu kredit kamu! Setelah bertransaksi, biasakan cek profil kamu di online shop yang bersangkutan. Hapus data kartu kredit yang tersimpan dan setel agar data itu nggak akan pernah lagi tersimpan secara otomatis. Ribet dikit nggak apa-apa, yang penting uang aman.
  • Kalau kamu berbelanja di online shop buat pakaian, sepatu, dan barang-barang yang memiliki ukuran berbeda buat tiap orang, pastikan kamu memilih item yang sesuai dengan ukuran tubuh kamu.
  • Online shop yang bagus biasanya akan memberi asuransi pengiriman kalau nilai barang yang kamu beli di atas Rp 1.000.000,00 misalnya handphone, kamera, atau TV. Tapi nggak ada salahnya juga kamu pastikan dulu saat membeli. Jangan sampai barang kamu terima dalam kondisi rusak atau hancur lebur, sehancur cowok kegeeran yang ditinggal gebetannya. 024024

Nah, setelah kamu berani mengambil langkah untuk berbelanja melalui online shop, sekarang saatnya kamu tenggelam lebih dalam bersamaku dalam lautan online shop yang beriak bergelombang #iniapasik. Kamu bisa melakukan hal-hal ini supaya kegiatan online shopping kamu menjadi lebih hemat lagi, horeee!!!

 

Makin Banyak Tahu, Makin Bagus

Ketahui online shop apa aja yang ada dan tepercaya di Indonesia. Kamu bisa mencari tahu dari referensi emak-emak tetangga sebelah, teteh resepsionis kantor, mamah muda sosialita, atau simply bertanya sama mbah Google. Dengan semakin banyak tahu, kamu pun bisa melakukan perbandingan harga untuk barang yang sama, bahkan dengan merek dan seri yang sama sekalipun!

Daftar Jadi Member

Kayak mau pacaran, sekadar “tahu” aja nggak cukup broh! Kamu sebaiknya daftar jadi member di banyak online shop itu. Kalau perlu, siapkan satu akun khusus buat jadi email pendaftaran di banyak online shop (juga online travel agent). Maka, you’ll be the first to know kalau ada promo-promo menarik di online shop itu, baik promo pembelian dengan promo code, kartu kredit / debit bank tertentu, atau seasonal promo. Diskonnya emang nggak gede-gede amat, tapi lumayan buat uang jajan di café pojok jalan itu.

Pakai ShopBack.co.id

Gue baru tahu soal shopback.co.id ini sekitar seminggu yang lalu saat gue iseng browsing di Google. Rupanya, ShopBack ini platform online shop buat dapet cashback dari barang yang kita beli! Dengan kata lain, ShopBack adalah situs cashback yang udah hadir di Indonesia.

Waaahhh, gimana cara kerjanya?

003003

situs-cashback-shopback-indonesia

ShopBack ini ibarat pusat perbelanjaan murah meriah yang mengumpulkan berbagai vendor dan brand untuk dijual murah di bawah atapnya. Jadi, cukup dari laman ShopBack, kamu akan terhubung dengan mitra-mitra kerjanya, seperti: Tokopedia, Bukalapak, Zalora, BerryBenka, Elevenia, MatahariMall, Groupon, Blibli, Uber, AliExpress, eBay, Lazada, Hijup, JD.ID, dan ratusan toko atau merchant lainnya. Kita bisa memilih barang yang akan kita beli dengan filter toko atau filter barang. Sebagai contoh, gue akan membeli barang dari Tokopedia, maka gue klik Tokopedia dari laman ShopBack. ShopBack lalu akan otomatis mengarahkan kita ke laman Tokopedia buat berbelanja lebih lanjut sampai menyelesaikan transaksi. Jadi ya kayak belanja biasa aja di Tokopedia, tapi start page-nya dari portal ShopBack.

Nah, teknologi ShopBack akan bekerja menggunakan cookie sehingga dia tetap mampu melacak transaksi yang baru saja kita lakukan. Cashback akan diberikan dalam waktu beberapa hari, masing-masing toko dan produk memiliki persentase yang berbeda-beda sampai 30 persen! Kelihatannya memang kecil dan sepele, tapi kalau dikumpulin terus menerus, bisa kamu uangkan atau dikirimkan ke rekening buat dipakai belanja lagi, horeeee.

Belanja kamu bakal jadi makin hemat dan menguntungkan! Coba aja kalkulasi diskon dengan menjumlahkan promo, diskon, voucher, dan kode kupon dari toko yang bersangkutan ditambah cashback dari ShopBack. Biar lebih jelas, coba tonton video tutorial ini, kak dek.

https://www.youtube.com/watch?v=6TsrapgA2vs&feature=youtu.be

atau klik: https://www.shopback.co.id/cara-kerja

Oh ya, ShopBack nggak cuma punya cashback dan voucher belanja buat komoditi pakaian, elektronik, dan produk barang lainnya. Kamu juga bisa beli tiket pesawat dan booking hotel dari ShopBack! Traveloka, Pegipegi, Booking.com, Panorama Tours, AirAsiaGo, Agoda, Tiketcom, Travelio, Zuzu Hotels, KlikHotel, Hotelscom, Nusatrip, Airpaz, Expedia, Mister Aladin, Travelicious, dan Zen Rooms adalah contoh-contoh online travel agent yang udah bermitra dengan ShopBack. Buanyak banget, ‘kan! Promo Panorama Tour terlengkap di 2017 ada di ShopBack deh.

Selain hemat dengan cashback dan voucher khusus, ShopBack juga punya seasonal promo, berbagai promo Imlek di tahun ini dan semua promo Valentine ada di sini.

Biar lebih nyaman, sekarang ShopBack udah tersedia di PlayStore Android dan Apple App Store. Ada promo-promo eksklusif yang hanya ada di app lho! Jadi gue sarankan banget buat download aplikasinya segera. Soal keamanan, nggak perlu cemas, keamanan ShopBack sudah terjamin dan ShopBack sendiri sudah punya reputasi baik karena telah diliput di berbagai media besar, seperti detikcom, Kompas, Kaskus, dll.

Udah siap bertransaksi dengan ShopBack? Bagus. Masuk ke laman ShopBack melalui referral link gue ini: https://www.shopback.co.id/?raf=KfQSln, dan klik Daftar. Kamu bakal langsung dapet cashback Rp 25.000,00 langsung dari gue! Eh, maksudnya langsung dari ShopBack.

 

Oke, itulah tips yang bisa gue bagikan buat bisa berbelanja daring atau online shop yang aman dan murah meriah! Belanja cermat dan hemat? ShopBack-in aja!

Iklan

12 thoughts on “Ini Caranya Belanja Online Makin Hemat Tapi Tetap Aman!

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s