Enjoy Jakarta #8: Wisata Gratis ke Museum Bank Mandiri

Hello, backpacKeren dan travelista. Saatnya melanjutkan tulisan jalan-jalan saya di Jakarta beberapa hari lalu yang harus tertunda karena kesibukan bekerja dan ngopi darat #ceileee

Puas sarapan mie ayam di pinggir Jl. Pintu Besar Selatan sampai kekenyangan, saya melenggang menuju Museum Bank Mandiri yang ada di kawasan Kota Tua. Sebuah gedung bergaya Nieuw Zakelijk berdiri anggun di sisi kiri jalan, tepat di seberang halte JakartaKota, berdiri berdampingan bersama Museum Bank Indonesia bak sepasang pengantin. Saya berjalan naik menapaki anak-anak tangga berwarna hitam, disambut oleh sepasang patung di puncak tangga.

Gedung museum dinaungi awan mendung

Gedung museum dinaungi awan mendung

PHTO0118.JPG

Beberapa petugas yang masih berusia muda, kayak orang-orang fresh graduate, menyambut saya di balik sebuah meja yang panjang. Untungnya saya masih berstatus mahasiswa, dan masih punya Kartu Tanda Mahasiswa, jadi saya boleh masuk ke museum secara gratis. Horeee! Let the exploration begin!

Museum Bank Mandiri ini adalah salah satu bangunan cagar budaya yang ada di ibukota Jakarta dengan luas mencapai 1.039 meter persegi. Alamat tepatnya di Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Jakarta Barat. Gedung yang dibangun pada tahun 1929 ini pada awalnya difungsikan sebagai kantor Nederlandsche Handel Maatschappij NV Batavia, semacam perusahaan perdagangan. Lalu pada tahun 1960, NHM dinasionalisasi menjadi salah satu gedung Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor-Impor. Sebelumnya menjadi Museum Bank Mandiri, BKTN difungsikan menjadi Bank Exim (Export Import). Bank Exim lalu merger dengan Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri. Jadi deh bekas Gedung NHM ini menjadi aset Bank Mandiri.

Kebetulan, pas saya berkunjung hari itu, sedang berlangsung sebuah pameran foto. Karya-karya fotografi berjajar rapi di sisi kiri meja depan, mengantar pengunjung untuk lebih jauh menjelajahi Museum Bank Mandiri.

PHTO0092.JPG

Ada banyak banget koleksi perbankan yang ada di Museum Bank Mandiri ini. Yang pertama kali mencolok adalah si Buku Besar, atau The Great Book, yang dulu digunakan untuk mencatat setiap transaksi. Nggak kebayang gimana rempongnya jaman dulu dengan buku segede gaban kayak gitu.

PHTO0093.JPG

Selain itu, ada bermacam-macam mesin seperti mesin potong, printer, komputer, dan mesin-mesin kuno lainnya.

Semacam "flashdisc" jadul

Semacam “flashdisc” jadul

Senapannya tiba-tiba jatuh pas ada pengunjung yang mau foto. Jadi agak serem :p

Senapannya tiba-tiba jatuh pas ada pengunjung yang mau foto. Jadi agak serem :p

Robot Gedek

Robot Gedek

Aneka mesin ketik

Aneka mesin ketik

Mesin-mesin "sesuatu"

Mesin-mesin “sesuatu”

PHTO0105.JPG

Mesin ketik dan komputer jadul

PHTO0097.JPG

Timbangan

PHTO0100.JPG

ATM kuno

PHTO0103.JPG

Mesin fotokopi dan printer segede gambreng

Beberapa diorama aktivitas perbankan jaman dulu juga mengisi beberapa sudut museum. Sayang, ada satu diorama yang gede banget, ada dalam 1 ruangan, namun tidak dapat dimasuki. Pengunjung hanya bisa melongok dari balik teralis besi (napi kali)

Diorama "Ruang Direksi"

Diorama “Ruang Direksi”

Diorama kegiatan sehari-hari

Diorama kegiatan sehari-hari

Ternyata museumnya lebih luas dari yang saya kira, haha. Selain ruangan besar utama yang pertama menyambut pengunjung, masih ada ruang-ruang lain di belakang. Gedung Museum Bank Mandiri ini memiliki bentuk persegi dengan halaman di tengah-tengahnya. Pengunjung harus berjalan melingkar mengelilingi gedung untuk dapat menjelajahi museum secara menyeluruh.

Bagian halaman saat itu digunakan untuk tempat berlatih sebuah komunitas silat. Saya nonton beberapa menit dari atas, itung-itung beristirahat, duduk di atas pagar pengaman balkon. Tak lama kemudian, seorang bapak-bapak meneriaki saya dari bawah sambil melambaikan tangannya. Saya buru-buru turun, ternyata nggak boleh duduk di situ. Kaget aja sih, karena nggak melihat ada papan larangannya. Baru setelah saya berjalan ke sayap kanan gedung, saya melihat tulisan (dalam bahasa Inggris) berbunyi: “Dilarang duduk di sini. Hargailah warisan budaya.”

Walah!

Penasaran ada apa di lantai bawah, saya beringsut menuruni tangga. Dan ternyata.. nothing. Nggak ada apa-apa, ruang-ruang di lantai bawah difungsikan sebagai deretan gudang raksasa, dengan barang-barang segunung yang teronggok asal di dalamnya. Saya pun naik lagi, dan bergerak ke luar.

Oh ya, ada cafe juga di dalam Museum Bank Mandiri ini. Letaknya ada di sudut kiri dari pintu masuk, lumayan kalau mau ngemil-ngemil cantik atau ngopi-ngopi ganteng.

PHTO0095.JPG

Lanjut ke Museum Wayang dulu deh :))

Iklan

9 komentar

  1. dua minggu lalu mau ke sini tapi hari senen, tutup dehhhhh

    1. Ahaha, ya besok kapan-kapan ke sini lagi mas 😀

  2. Sarashanti · · Balas

    sekarang udah ada kafenya toh? gaul sekaleeeh 😀

    1. Iyes! Habis capek jalan-jalan bisa langsung leyeh-leyeh :3

  3. satu pertanyaan….. enggak ngerasa horror pas di bagian bawah tanahnya? *serem banget disitu rasanya*

  4. […] harus lebih ditertibkan. Oh! Juga sopir-sopir angkot (dan kawan-kawannya) yang mangkal di depan Museum Bank Mandiri. Bayangkan.. Rasakan.. Kota Tua yang bersih, tenang, rapi, dengan sungai yang mengalir jernih, […]

  5. Hi Mathius..masuk dan keluar museumnya waktu itu jam berapa? dan apa benar ttg gosip adanya tumpukan peti mati tua. Makasih ya

    1. Saat itu masih pagi, mas. Keluarnya mungkin siang hari.

      Kalau peti mati tua kurang tahu saya. Memangnya ada apa, mas? Jadi penasaran 😀

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveller

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: