OPPO N1, Travelblogger Harus Punya ‘Nih!

Halo halo kaum backpacKeren dan travelista dan para banci kuis! Sebelum melanjutkan tulisan untuk travel series Enjoy Jakarta episode 8 season 1 (naha jadi kayak sinetron kieu?), izinkanlah saya untuk sedikit berbagi tentang sebuah gadget yang recommended banget buat kita-kita (?) para travelblogger. What is it? Well, it’s OPPO N1 🙂

Tapi sebelum kita lebih jauh membicarakan OPPO N1 secara spesifik, saya mau kasih tahu dulu nih sejarah perusahaan OPPO ini.

Opo sih Oppo?

Nah, mungkin masih ada yang belum tahu apa itu Oppo, dan dikira nama salah satu daerah di Bandung (itu Kopoooooo!!!). Katakanlah, Oppo adalah pendatang baru dalam industri telekomunikasi seluler yang berbasis di Dongguan, Guangdong, Cina. Jadi nggak usah minder ya kalau belum tahu Oppo. Saya sendiri pertama kali mengetahui Oppo dari iklan di televisi beberapa bulan yang lalu. Iklannya terlihat menarik, terkesan sebagai sebuah gadget yang elegan, stylish, dan canggih, dengan kemampuan mumpuni dan spesifikasi kamera yang baik 🙂

Saat pertama kali berdiri pada tahun 2004, Oppo masih merupakan sebuah produsen barang elektronik standar seperti DVD Player, Multimedia player, LCD TV, atau ebook reader. Barulah pada tahun 2008, Oppo mengembangkan sayapnya dan terbang tinggi bagai rajawali dengan memproduksi perangkat komunikasi seluler, melihat tren dan potensi pasar yang sedang berkembang. Di Indonesia sendiri, Oppo memulai kiprahnya pada April 2013. Bahkan beberapa hari lalu, tepatnya pada 23 September 2013, Oppo dengan resmi meluncurkan produknya yang bertitel Oppo Find Mirror. Selengkapnya tentang Find Mirror dan produk-produk jebret yang lain bisa dilihat di web resmi Oppo.

Oppo N1 juga baru saja diluncurkan di Beijing, Cina, pada 23 September 2013 lalu di hadapan 600 insan pers, kaum developer, dan rakyat jelata. Peluncuran dilakukan dengan menyuguhkan sebuah presentasi visual yang menakjubkan di AOYA Exhibition Center, Beijing. Sementara di Indonesia sendiri, ehem.. sabar dikit yak, baru di-launch 15 hari lagi 😉

Lalu apa sih istimewanya Oppo N1? Apa bedanya sama smartphone lain? Apa bedanya sama Jalan Kopo, Soreang?

Selain layar sentuh yang luas, disain yang kece, hal yang paling menarik dari Oppo N1 adalah: DIA PUNYA KAMERA PUTAR!!! Yes, it’s the world’s first rotating camera in the world! Kamera putar dengan resolusi 13 megapixel ini dilengkapi dengan Pure Image (semacam hardware dan software fotografi), 6 lensa, dan aperture f/2.0 untuk membuat hasil jepretan semakin kece nan rupawan. Itu pun masih ditambah dengan beberapa modus pengambilan gambar seperti normal, panorama, high speed, rewind, beautify, dan slow. Wah! Dijamin foto kamu bakal ajib, Sob! Nggak kalah sama kamera DSLR atau Mirroreless. Serasa ada kebanggan juga kalau bisa punya smartphone dengan kamera putar pertama di dunia ini 😀

Tenang aja, meski sudah dipakai berputar berkali-kali, tapi pihak Oppo mengklaim bahwa kamera akan tetap berfungsi dengan baik seperti baru meski sudah diputar-putar berkali-kali dalam satu hari. Nggak akan pusing dan muntah-muntah juga kok. Derajat rotasinya mencapai 206 derajat! Bisa banget buat foto narsis-narsisan, atau foto cewek sebelah tanpa takut ketahuan hihihihi. Oppo N1 juga dilengkapi dengan teknologi O-Click Control, memungkinkan kamu untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh, sampai 50 meter! Weleh weleh..

Layar sentuhnya memiliki luas 12 sentimeter persegi, dilengkapi dengan teknologi O-Touch Panel. Artinya, pengguna dapat mengoperasikan layar (scrolling, menekan tombol, dan ambil gambar) dari belakang. Kurang canggih dan unik apa coba?

Courtesy of Oppo Mobile

Courtesy of Oppo Mobile

Untuk jeroannya, Oppo mengembangkan sebuah sistem operasi bernama Color yang berbasis dari Android 4.2 Jelly Bean. Beberapa produk Oppo N1 juga akan dijual dengan OS pre-install CyanogenMOD, dan akan menjadi perangkat CyanogenMOD pertama di dunia. CyanogenMOD ini juga masih menjadikan Android OS sebagai basisnya. Performanya ditunjang dengan prosesor Qualcomm Snapdragon berkecepatan 1.7 GHz, GPU Adreno 320, dan RAM 2 GB. Tersedia dua pilihan untuk versi 16 GB dan 32 GB. Berikut adalah detil spesifikasinya, diambil dari laman resmi Oppo internasional.

OPPO N1 Specifications

– Color
White
– Dimensions
170.7 x 82.6 x 9 mm
– Weight
213 g
– Operating system
Color, based on Android 4.2
– Processor
1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 600 Quad Core
– GPU
Adreno 320
– Memory
16 or 32 GB ROM / 2 GB RAM
– Battery
3610 mAh
– Display
  • 5.9-inch, 1080p Full HD IPS display (1920 x 1080 pixels), 377 PPI
  • 16 million colors
  • Multi-touch, capacitive screen
O-Touch
Slide up or down, left or right, tap, double tap and long press for different functionality
Rotating camera
  • 13-megapixel sensor with dedicated ISP
  • Dual-mode LED
  • Aperture f/2.0
  • Normal, Panorama, High Speed, Rewind, Beautify, and Slow Shutter scene modes
Network
  • GSM: 850/900/1800/1900MHz
  • WCDMA: 850/900/1700/1900/2100MHz
Features
  • USB OTG
  • Bluetooth 4.0
  • 5G Wi-Fi 802.11 ac
  • Wi-Fi Direct
  • Wi-Fi Display
  • GPS
  • Distance sensor
  • Light sensor
  • G-sensor
  • 4D Gyroscope
In the box
  • OPPO N1
  • O-Click Bluetooth Remote Control
  • In-ear type earphones
  • Micro USB cable
  • Charger
  • SIM ejector tool

Asli, saya pengen banget dapet Oppo N1 ini untuk memfasilitasi kegiatan traveling saya. Fasilitas dokumentasi saya yang ada saat ini masih belum bagus. Hasil gambarnya kadang kurang natural dan bahkan gelap saat diambil dalam keadaan malam atau minim cahaya. I badly want this OPPO N1 for me! Kalau gue punya Oppo N1 ini, foto-foto panorama kota di malam hari atau kecantikan alam Indonesia yang penuh dengan gradasi warna akan terdokumentasikan dengan baik.

Siapa yang tahan digoda OPPO N1 yang canggih dan manis ini? 😀

4 thoughts on “OPPO N1, Travelblogger Harus Punya ‘Nih!

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s