Travelbloggers Indonesia dan Karakteristik Mereka

Berawal pada pertengahan 2012 saat gue mulai membuat blog ini (saat itu masih bernama perantaubandung.wordpress.com), yang kemudian gue ubah menjadi sebuah travelblog dengan nama siranselhitam sekitar hampir setahun kemudian. Nama siranselhitam sendiri gue pilih karena nama itulah yang cukup merepresentasikan diri gue, yang selalu membawa-bawa ransel hitam Eiger-nya ke mana-mana — ya ke kampus, ya buat main, ya buat gerejaan. Maklum, nggak punya ransel lain. Ini juga ransel gratisan sih #eh

Sebagai travelblogger pendatang baru, gue pun berinisiatif untuk sowan ke rumah mas-mas dan mbak-mbak yang sudah lebih dulu malang melintang di jagad persilatan travelblogging Indonesia. Diawali dengan googling yang mengantarkan gue berkunjung ke beberapa travelblog, yang lalu mengantarkan gue menuju travelblog-travelblog yang lain, hingga akhirnya tahu tentang sebuah komunitas bernama Travel Bloggers Indonesia (dulu Indonesian Travel Bloggers / ITB).

TBI

Barangsiapa mau didatangi, ya hendaklah dia mendatangi terlebih dulu. Barangsiapa mau dikomentari, ya hendaklah dia mengomentari terlebih dulu. Begitu pun, barangsiapa yang mau di-follow, ya hendaklah dia mem-follow dulu. Meski begitu, harus tetep ikhlas juga kalau nggak di-follow balik #eh. Blogwalking pun menjadi hobi baru gue. Sebut saja gue ini kutu loncat yang hinggap dari satu blog ke blog lain. Tapi kenapa aku tak pernah bisa hinggap di hatimu?

Lambat laun, gue mulai memahami karakteristik setiap travelblog. Setiap travelblogger memiliki interest-nya masing-masing, yang menentukan konten blog mereka, dan akhirnya menumbuhkan sebuah kekhasan.

Kamu yang suka dengan eksplor kota, khususnya tata kota itu sendiri, coba deh sambangi blog-nya mas Fahmi Catperku dan Febry Fawzy. Gue paling suka sama cerita-cerita perjalanannya saat traveling di Jepang. Asyik banget membaca kisahnya menelusuri kota-kota di Jepang (dari ibukotanya hingga kota-kota kecilnya), mengunjungi area-area publiknya, menjajal sistem transportasinya. Seru deh! Blog-nya mas Zavitto juga cocok, gue paling suka dengan cerita perjalanannya di Brunei dan Cina. Kedua blog itu begitu memanjakan mata gue (yang juga suka dengan tata kota) dengan foto-foto pemandangan kota yang cantik! Selain mereka, juga ada mbak Indri Juwono yang emang seorang arsitek. Jadi bisa ketebak lah ya apa yang paling dia perhatikan saat melakukan sebuah perjalanan 🙂

Yang suka eksplor kota dengan spesialisasi budaya dan kuliner, rekomendasi gue adalah blognya mas Bama, Halim, kak Eka (sekarang udah ibu sih), mas Fahmi Anhar, dan mas Danan (mas Danan cenderung ke kuliner). Untuk mas Bama, blog ditulis dalam bahasa Inggris, dengan galeri jepretan kameranya yang selalu memukau para pembacanya dari seantero dunia.

Eh ya ampun baru sadar, semuanya udah pada pake dot com yaaa. Gue ketinggalan dong *salah fokus*

Rekomendasi city explorer lainnya adalah mas Dansapar, mas Ogi (yang ini juga suka ngebolang di alam sih), kak Nova,  atau Wenni Christina.

Sementara kalau kamu tertarik dengan aspek sejarah dari sebuah kota, ya blog-nya kak Olive Bendon udah yang paling top tuh. Sebuah tulisan yang kaya wawasan, dikemas dengan rangkaian kata yang apik nan artistis. Kak Olive juga kadang menulis tentang review buku dan topik-topik cerdas lainnya. Kamu yang anak sejarah, anak sastra, anak bapak-ibu, pasti suka. Gaya menulisnya serius namun anehnya tetap dapat dinikmati dengan santai, tanpa perlu membaca dengan mengernyitkan dahi seperti Draco Malfoy #pffft

Buat kamu yang lebih tertarik dengan eksplor alam, ada banyak blog yang bisa kamu kunjungi. Di antaranya, blog mas Wira Nurmansyah, mas Sutiknyo, mbak Firsta (ditulis dalam bahasa Inggris), mas Gio, bang Yunaidi Ransel Kosong, Indra Backpacker Borneo, bang Hendri, mas Wisnu dan masih banyak lagi. Blog-blog mereka kaya dengan foto-foto alam Indonesia yang bikin ngiler deh.

Kamu yang begitu terobsesi dengan traveling ke luar negeri hingga Eropa dan belahan dunia lainnya (yang biasanya masih jarang dijamah travelblogger Indonesia yang lain), baca cerita perjalanannya mbak Debby deh. Ditulis dengan bahasa Inggris, dipermanis dengan foto-foto kota-kota yang eksotis.

Daftar lengkap semua travelblogger top tadi bisa kamu lihat di sini.

Buat kamu yang ingin sebuah travelblog yang menghibur, ada 3 favorit gue: mas Ariev Rahman, Adis, dan Acen Sutrisno. Sementara Adis dan Acen memang sudah memiliki gaya bahasa kocak dengan banyak menyelipkan kosakata-kosakata gaul, mas Ariev pun tetap bisa menyelipkan humor demi humor dengan gaya bahasa yang semi-formal. Kalau kamu baca tulisan-tulisan mereka tapi nggak ketawa juga, yah, mungkin selera humor kamu agak bermasalah, hehe. Nggak cuma lucu, tapi blog-nya mas Ariev dan Adis bahkan sudah berprestasi (macem anak sekolahan aja) dan mampu menghasilkan pundi-pundi uang bagi hidup mereka.

Jadi, yang mana favoritmu? Gue sih paling rajin mantengin blognya mas Ariv, kak Olive, mas Danan, mas Febry, atau mas Halim. Selain karena sama-sama ber-platform di wordpress (sudah saling follow), juga mereka memiliki frekuensi menulis yang cukup konsisten. Topik tulisan yang mereka tawarkan selalu membuat gue tergoda untuk open link in a new tab, dengan gaya penulisan yang gue sukai — mas Ariev dengan gaya narasinya yang kocak, hingga kak Olive dengan gayanya yang cerdas merangkai kata dengan indah.

So, dare to join them on Travel Bloggers Indonesia? 🙂

25 thoughts on “Travelbloggers Indonesia dan Karakteristik Mereka

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s