Alternatif Murah Jatinangor-Bandung PP

Artikel ini sudah pernah dipublikasikan sebelumnya pada 08 Oktober 2012 di akun blogspot gue. Di-repost di sini agar lebih mudah dipantau dan direspon. Maklum, artikel paling laris.

 

Hai, all. Kali ini gue mau ngebahas soal moda transportasi alternatif buat bolak balik Jatinangor-Bandung yang relatif lebih hemat nih daripada naik Damri apalagi travel. Sebelumnya sori ya, gue bukannya mau bikin pendapatan damri atau travel berkurang. Gue cuma mau membantu temen2 mahasiswa UNPAD kampus Jatinangor, khususnya yang anak perantau jauh kayak gue πŸ™‚

Sebelumnya gue cerita dulu nih. Belakangan ini gue jadi sering pulang-pergi Bandung-Jatinangor. Sebagai mahasiswa bangkotan, gue lagi cari-cari tambahan kegiatan biar gak ngurung diri di kamar terus ngerjain skripsi. Kalau sebelumnya gue cuma latihan cover-dance tiap Sabtu dan ibadah gereja di BTC tiap Minggu, sekarang kegiatan gue bertambah dengan pelayanan ngajar di daerah Pagarsih tiap Rabu-Kamis. Bahkan sebulan dua kali gue ada komsel di Paskal Hyper Square tiap Selasa. Idealnya gue mending tinggal di Bandung sih, tapi masalahnya gue harus tetep di Jatinangor buat ngerjain skripsi di perpustakaan dan bimbingan. Mungkin nanti kali ya kalo studi kepustakaan gue udah kelar dan gue tinggal penelitian komunitas di Bandung.

Nah, Paskal Hyper Square kan deket stasiun tuh. Jadi waktu itu gue lebih memilih naik KRD yang harganya cuma SERIBU PERAK dan jauh lebih cepet daripada naik damri yang rutenya muter-muter. Belum lagi harus ngangkot dan kejebak macet. Yah, emang sih di KRD itu kadang-kadang gue harus berdiri, terus kebersihannya juga kurang. Tapi, buat orang yang doyan hemat kayak gue, plus cari cepet, ya semua kekurangan tadi gue abaikan. Lagipula perjalanan ke Stasiun Hall cepet kok, gak sampai sejam. Terus tinggal jalan kaki deh ke Paskal Hyper Square, tanpa perlu ngangkot dan kejebak macet.

Dari situ, gue ketagihan buat naik KRD lagi. Tarifnya itu berkisar antara Rp 1.000,00 sampai Rp 1.500,00. Dari Jatinangor, tinggal ngangkot sekali ke Stasiun Rancaekek naik angkot Sayang-Gedebage dengan tarif Rp 3.000,00. Atau kalau punya gopekan, kasih aja Rp 2.500,00 hihi. Nah, jadwal KRD-nya itu ada tiap SATU JAM SEKALI sampai jam setengah sepuluh. Nih gue kasih tahu rutenya:

Stasiun Rancaekek – Stasiun Cimekar – Stasiun Gedebage – Stasiun Kiaracondong – Stasiun Cikudapateuh (deket Jl. Jakarta, Jl. Sukabumi, Jl. Supratman, Jl. Laswi) – Stasiun Hall / Bandung (deket Jl. Pasir Kaliki, Paskal Hyper Square, Jl. Pajajaran, Istana Plaza, Jl. Braga, Jl. Wastukencana, Jl. Astana Anyar, Pasteur, BEC, dan sekitarnya) – Stasiun Ciroyom – Stasiun Cimindi
(sori gue gak tahu rute sebelum St. Rancaekek dan rute setelah Cimindi, tapi ini KRD berangkat dari St. Cicalengka sampai St. Padalarang)

Nah, angkot Sayang-Gedebage itu kan cuma beroperasi sampai jam 17.00. Jadi kalau temen-temen mau ke St. Rancaekek di atas jam 17.00, naik aja angkot Cileunyi-Majalaya dari Cileunyi. Stasiunnya ada di kiri jalan, deket relnya. Oh ya, angkotnya berhenti di pintu belakang stasiun. Jadi kalau temen-temen sampai di St. Rancaekek dan mau ke Jatinangor, jangan lupa keluarnya lewat pintu belakang.

Nah, kalau mau jalan-jalan ke Bandung, coba dihitung-hitung dulu efektifnya naik apa? Damri, atau KRD? Gue sih sekarang kayaknya bakal naik KRD aja deh kalau mau ke Pagarsih atau BTC. Bahkan ke Jl. Siliwangi juga masih mending naik KRD. Ayo jalan-jalan di Bandung Kota, jangan di Jatinangor aja haha. Buat cerita keluarga di rumah, soalnya mereka kan ngertinya kita di Bandung -_______-

Kalau ada pertanyaan-pertanyaan bisa tanya aja ya. Misalnya: “Bang, kalau ke BIP enaknya naik apa?” atau “Bang, angkot ini ke sini tarifnya berapa?” Selama gue bisa jawab, pasti gue jawab (ya iyalah). Disuruh nganterin juga gak apa-apa hihi. Oke, mudah-mudahan bermanfaat. Tuhan memberkati πŸ™‚

 

UPDATE:

Tarif KRD sekarang jauh-dekat Rp 1.500,00

Iklan

55 komentar

  1. jarwadi · · Balas

    posting seperti ini nih yang bermanfaat buat para pengguna angkutan umum seperti saya πŸ™‚

    1. Wahaha. Senasib, mas. Ayo budayakan naik angkutan umum! πŸ˜€

  2. Ini tulisan pasti jadi ngehits karena jatinangor deket sama STPDN deh. Iya kaaan? *todong langsung* Hahaha

    1. Hahaha. Banyak yg tanya arah πŸ˜€

  3. Okeeh…kapan2 dicoba kalau ke πŸ™‚

    1. Nanti mampir kampusku ya, mbak πŸ˜€

  4. ridho · · Balas

    Mau tanya donk, itu angkot sayang- gedebage udah langsung ngelewati stasiun rancaekek’y ya ? Trus dri st.rancaekek bisa k jogja juga gak ? Trimakasih

    1. Iya. Bilang aja sama sopirnya, stasiun.
      Lewat sih lewat, mas. Tapi bukan buat menaikan penumpang. Kalo pas menurunkan iya berhenti.

      1. berarti kalo saya mau main k jogja dari st.rancaekek ke st.kiaracndong dulu ya mas. ok ok thanks

      2. Iya gitu dulu aja, bro. Nanti kalo ternyata berhenti, besok lain kali naik dari Rancaekek. Dulu pas jaman kereta ekonomi berdiri sih, petugasnya nggak menyarankan naik dari Rancaekek. Gak tau kalo sekarang.

  5. Sekarang masih beroperasi itu KRD BD – PDL?
    Tarif berubah lagi gak mas?
    Btw kalo dari BD ke JAKK kereta apa ya?

    1. Masih. Tarif yg biasa kalau tidak salah Rp 2.000.
      Patas non AC 7rb, patas AC 9rb.

      Dari Bdg ke Jkt dan sebaliknya bisa naik Argo Parahyangan (bisnis) atau Serayu (ekonomi)

  6. aku mau nanya. kalo mau ke staisiun kiaracondong dari jatinangor naik apa ya? apa naik kereta dari stasiun rancaekek? berarti ke stasiun rancakek dl naik angkot sayang-gedebage atau gimana ya? makasih.

    1. Bisa naik kereta dari Rancaekek. Iya, ke Rancaekek naik angkot arah Sayang.
      Kalo naik damri, turun di simpang Supratman – Jakarta terus lanjut angkot Cicaheum-Ciwastra arah Ciwastra.

  7. berapa ya waktu tempuh kira2 dari dari st.rancaekek ke st.cikudapateuh? makasih

    1. Sekitar setengah jam sepertinya.

  8. mas, klo dari jakarta mau ke daerah jalan raya rancaekek km 26, gmna ya mas teguh rute nya. Dari jakarta ke bandung dulu ato gmn?

    1. Dari Jakarta mbak masuk Jalan Tol Purbaleunyi, lalu keluar di tol Cileunyi. Nanti ketemu perempatan, ambil kanan. Nah, udah masuk Jl. Rancaekek, tinggal cari alamat yg dicari.

  9. mas, saya mau ke Ipdn jatinangor. dari jakarta naik primajasa. kalau turun di cileunyi naik angkot apa ya? dan rencana pulang-pergi, untuk menghemat waktu pulangnya naik kereta kira2 brp jam ya? dan dari stasiun mana serta kelas ekonomi harganya brp? makasih mas

    1. Turun di Cileunyi langsung naik angkot apapun ke arah IPDN. Cuma ada 2 angkot, angkot Sumedang dan Majalaya, semuanya lewat IPDN. Deket kok.

    2. Eh iya, naiknya dari pertigaan Cileunyi ya. Jadi dari perempatan besar setelah keluar tol (namanya perempatan Rancaekek), jalan dikit lagi lurus. Busnya bakal belok kanan.

      Di depan RS AMC juga udah pada ngetem angkotnya.

  10. Halo… Saya berencana k Unpad minggu depan. Rencananya mau naik kereta dari Solo ke St. Bandung.
    Kalau dari stasiun bandung ke daerah unpad rute yg paling simple naik apa dari mana turun dimana ya? Saya masih bingung dengan penjelasan rute di atas.. >.< Bisa tolong dibantu dijelaskan? Terimakasih banyak…
    Salam kenal. πŸ™‚

    1. Halo.

      Sebelumnya akh make sure dulu deh. Kamu turun di Stasiun Bandung ya, bukan Kiaracondong?
      Terus, UNPAD kampus Jatinangor betul?

      1. Iya, betul. di stasiun bandung kota, ke unpad kampus jatinangor. πŸ™‚

      2. Oke. Ada 3 opsi. Pertama kamu naik KRD ke Rancaekek. Sampai St. Rancaekek, keluar terus naik angkot Gedebage-Majalaya.
        Kedua, dari St. Bandung naik angkot Sarijadi, turun di BTS, lalu naik travel ARNES Shuttle dari situ. Agak mahal, tapi cepat dan praktis.

        Ketiga, naik angkot apapun dari St. Bandung yg bisa oper angkot Cicaheum-Ciroyom. Setelah naik angkot Cicaheum-Ciroyom, turun kampus Unpad DU, lalu naik damri Jatinangor.

  11. Hoo.. Ok, dicatat. Terima kasih banyak! πŸ˜€

  12. ikutan nanya seputaran bandung dong πŸ˜€
    kalau dr BTC ke museum geologi ada angkutan umumnya ga ya, kalau ada naik apa ?? ditunggu pencerahannya hehe..

    1. Ada dong, kak. Tapi agak ribet. Dari BTC naik angkot St.Hall – Sarijadi atau St.Hall – Gunung Batu sampai Simpang Pasteur. Sambung angkot Cicaheum-Ciroyom arah Cicaheum. Turun di Gasibu. Nyeberang ke Gedung Sate, terus jalan dikit ke kiri.

  13. Halo kak!
    Pertama-tama mau blg thank you for posting this, saya jd tau yang namanya KRD (selama ini kl ga naik a*nes ya naik ge*lis, pernah jg sih damri 1x). :”)
    Mau nanya kalau mau ke mekarwangi/kopo enaknya turun di mana terus lanjut apa ya?
    Trus kl gereja yg jadwalnya pagi” dan deket /di jatinangor selain yg di ipdn apa ya?
    Makasih kak. Tuhan berkati.:D

    1. Halo, senang dapat berbagi informasi πŸ™‚

      Wah, susah kalau Kopo, jalur kereta nggak lewat situ. Kudu ngangkot sih. Gereja pagi juga banyak, tergantung kamu mau denominasi yg mana.
      Karena aku kharismatik, aku kadang ibadah di GBI Setiabudi jam 8.

  14. Halo mas terimakasih informasinya,
    saya rencana mau ke UNPAD jatinangor.
    saya mau nanya mas kalo dari UNPAD jatinangor (fak.peternakan) mau ke stasiun Rancaekek nunggu angkot sayang-gedebage harus jalan kemana ya mas?kira-kira dari stasiun Rancaekek ke stasiun Hall Bandung berapa menit ya?

    terimakasih

    1. Sama halnya dengan fakultas yg lain, kamu harus naik angkot ke Stasiun Rancaekek dari depan gerbang lama.

      Dari Rancaekek ke Bandung kira-kira 45 menit perjalanan.

  15. hafsah ragil · · Balas

    kalau dr stasiun hall mau ke ciparay enaknya naek apa ya?

    1. NAINI. Aku belum pernah ke Ciparay, dan nggak tahu itu ada di belahan yg mana. Jadi maaf gak bisa bantu 😦

  16. mas sekarang ongkos KRD dari rancaekek ke bandung berapa, trus tiap jam brp aja KRD nya ada?

    1. Hai, Liza. Untuk harga dan jadwal aku belum ada update lagi nih, udah gak pernah naik. Maaf ya 😦

  17. Daryanto · · Balas

    Saya mau tanya mas.
    Sayakan dari semarang mau ke UNPAD jatinangor.
    Pertama dari semarang saya naik kereta jam.8 malam. Sampai distasiun Bandung jam 4 pagi. Terus dari stasiun bandung ke jatinangor naiknya apa ya?

    1. Kamu naik kereta api bisnis atau ekonomi? Kalau ekonomi, turun di Stasiun Rancaekek aja bro. Kejauhan kalau sampai stasiun Bandung.

  18. Wdhdnleldkfls · · Balas

    Sekarang ongkos krd udah 4000 hehe

    1. Thank you infonya, saya udah lama nggak update nih.

  19. Rani Dewi Ryani · · Balas

    Kak kalo dri st. rancaekek kan naik angkot sayang-gedebage trus turun dimana? Kalo mau ke ipdn

    1. Di depan IPDN persis

  20. fahri alfatah · · Balas

    mau tanya dong, kalo dari st.rancaekek mau ke BTC nanti turun nya di stasiun mana yah terus naek angkot apa ke BTC nya?
    terimakasih mohon bantuan nya

    1. Stasiun Bandung lanjut angkot St. Hall – Sarijadi arah Sarijadi. Nanti BTC akan ada di sebelah kiri.

  21. Ninda · · Balas

    Kalau dari kampus farmasi unpad mau ke stasiun kiaracondong enaknya naik apa ya?

    1. Bisa naik KRD dari stasiun Rancaekek

  22. Leonytha · · Balas

    Kak mau tanya, kalau dari stasiun bandung ke stasiun rancaekek ada keretanya?

      1. Leonytha · ·

        Soalnya kata temen ku gak ada ka, kan jadi panik-panik ajaib

  23. Hallo Kak! Saya masih maba di unpad, kebetulan kalau mau ke 23 paskal hyper square rute palung mudah naik damri jurusan apa ya? Terimakasih!

    1. paling mudah naik kereta sih, karena paskal 23 itu deket banget sama stasiun. tinggal keluar via pintu selatan terus jalan kaki.

  24. Irwan Aprianto · · Balas

    Halo kak, Kalo dari bandara husen ke cileunyi alternatif termurah bagaimana rutenya ya..

    1. Itu jauh dan kompleks banget kalo naik angkot. Naik gocar aja udah xD

  25. kak, kalo misalnya ke jatinangor dari bandung lebih cepet pake travel, damri, atau pake krd bandung-rancaekek?

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveller

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places β€œfurther beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: