Review, Travel

Langkah-Langkah Cetak Kartu Nama Online dengan Gogoprint

akhirnya gue punya kartu nama juga

Hari gini? Kartu nama? Masih jaman gitu? Monmaap, Netizen Maha Benar. Namun sampai hari ini, kehadiran kartu nama tetap tak bisa tergantikan oleh bio Instagram, apalagi status WhatsApp. Jasa pembuatan kartu nama justru ikut berinovasi sesuai dengan tuntutan zaman. Kalo dulu kita harus ucluk-ucluk datang ke tempat percetakan dengan desain yang sudah siap, sekarang kita bisa cetak kartu nama secara online! Pilihan gue pun jatuh pada (drum roll) Gogoprint!

Lalu gimana kepuasan gue menggunakan jasa Gogoprintย ?

Secara singkat, gue PUAS BANGET! Website-nya mudah dimengerti, tampilannya sedap dipandang, caranya mudah, harganya murah, timnya responsif, kerjanya cepet, dan hasilnya bagus. Nggak percaya? Bagus, berarti kamu harus baca tulisan ini sampai kelar.

Percayalah hanya kepada Allah.


Masih Pentingkah Kartu Nama?

Sebelum gue benar-benar mengulas Gogoprint, gue mau membagikan beberapa alasan pentingnya sebuah kartu nama. Biar kamu makin mantep gitu, tsay!

  1. Terkesan profesional
  2. Terkesan sopan dan rendah hati
  3. Praktis untuk mengingat dan diingat
  4. Menyatakan kesungguhanmu (atau perusahaanmu)
  5. Selama disimpan dengan benar, kartu nama tidak akan hilang.

Gue jelasin poin-poin di atas, deh. Kartu nama biasanya diberikan kepada calon klien atau calon teman, ini artinya kalian belum akrab, belum siap diajak ghibah #eh. Rasanya nggak sopan kalo kita yang butuh dia, tapi kita yang minta dia buat save kontak kita. Kartu nama juga praktis, kesannya ribet dan jumawa gitu kalo harus ngomong, โ€œHalo, saya Nugi, Digital Marketing Head dari PT Skidipapap Sawadikap.โ€ Dengan punya kartu nama, berarti kamu (kalo freelancer) atau perusahaanmu mau menganggarkan dana untuk membuat kartu nama, berarti kamu niat dengan bisnismu.


 

Langkah-Langkah Mencetak Kartu Nama dengan Gogoprint

Setelah menghidupkan komputer, memastikan koneksi internet, dan membuka laman Gogoprint, maka kamu akan melihat tampilan ini.

tampilan muka gogoprint

 

Pilih produk Kartu Nama. Setelah menentukan jenis produk, kamu akan dihadapkan dengan laman untuk menyesuaikan pesananmu.

laman pemesanan kartu nama online dengan gogoprint

Pilih apakah mau dua sisi atau satu sisi, format, jenis kertas, dan sentuhan akhir. Nggak usah bingung kalo kamu merasa nggak tahu menahu soal ini, gue juga gitu kok. Ya udah, diamkan aja bagian format dan jenis kertas karena Gogoprint sudah memilih sesuai dengan permintaan paling banyak atau paling populer. Tinggal pilih apakah mau dua sisi atau satu sisi, gue sendiri pilih kartu nama satu sisi aja. Lalu pilih sentuhan akhir. Gue ambil finishing matte, biar nggak gampang rusak tapi tetap kelihatan cukup natural.

Di sidebar sebelah kanan, ada opsi buat kamu yang nggak punya desain (juga nggak mau bikin). Klik Buat Desain Anda Online, lalu klik Buat Desain Anda. Pertama-tama, kamu harus menentukan desainnya dulu. Pilihannya banyak banget dan bagus-bagus! Satu templat aja ada beberapa pilihan warna. Setelah desain ditentukan, maka selanjutnya kamu harus mengisi data diri pada kolom yang disediakan pada desain dan meng-upload logo perusahaanmu. Kalo nggak ada logo, pake aja profile picture andalanmu. Barulah klik Options and Quantity kalo udah selesai.

pertama-tama, tentukan template-mu di gogoprint
kedua, sesuaikan logo dan data diri pada kartu nama gogoprint kamu
setelah selesai adjustment, klik options and quantity

 

Karena gue udah punya desain sendiri (yang mana gue ambil dari templatnya Canva lalu gue edit-edit tipis), gue langsung pilih jumlah cetakan dan tanggal penerimaan yang ada di laman konfigurasi tadi. Jumlah cetakan paling sedikit adalah 100 pcs. Ya kali lu pesen kartu nama tapi cuma mau cetak 10 bijik, percetakan offline juga menerapkan minimal kuota kok. Kalo nggak buru-buru amat, pilih tanggal penerimaan yang paling lama biar makin murah.

:peace:

Setelah kuantitas dan tanggal penerimaan (Options and Quantity) ditentukan, tiba-tiba akan ada pop-up seperti ini.

pop-up pemesanan kartu nama online di gogoprint

Pop-up tersebut menampilkan rangkuman desainmu, harga yang harus dibayar, ketentuan pembayaran, dan fitur untuk meng-upload desain. Kalo udah siap lahir batin, pilih aja Upload Sekarang. Kalo mas kawin desain belum siap, pilih Upload Nanti. Karena gue udah ada desainnya, jadi gue pilih Upload Sekarang.

desain kartu nama buatan gue, hehe

 

Nah, kamu harus login atau daftar dulu buat bisa upload desainmu. Prosesnya gampang dan cepet kok, lalu akan dengan sendirinya redirect ke proses pembelianmu. Di proses pendaftaran ini, kamu akan diminta untuk mengisi nama, alamat pengiriman, dan informasi kontak.

Masuk ke tahap berikutnya, sekali lagi kamu akan dihadapkan dengan rangkuman pemesananmu. Klik Lanjutkan ke Checkout kalo pemesanan udah selesai, atau klik Lanjutkan Berbelanja (kiri bawah) kalo masih mau pesan buat produk lainnya.

kalau pemesanan sudah selesai, lanjutkan ke checkout

Terakhir, pilih metode pembayaran yang kamu mau, bisa Transfer Bank atau Kartu Kredit. Lunasi pembayaran sebelum tenggat waktu, jangan lupa upload desain (buat yang pilih Upload Nanti) sebelum tenggat waktu juga, atau bisa berakibat pada terlambatnya pengiriman. Konfirmasi pemesanan akan dikirimkan kepada alamat email-mu.

pilih opsi pembayaran yang kamu mau di gogoprint

 

Beberapa menit setelah menyelesaikan pesanan, gue mendapat email dari pihak Gogoprint yang isinya seperti ini. Wakgelaseh, kinerjanya cepet dan responsif!

:good:

email permintaan konfirmasi dari gogoprint

Intinya, salah satu desain yang gue input rupanya punya resolusi yang terlalu rendah, jadi mereka meminta persetujuan untuk tetap mencetak sebagaimana adanya (penampilannya ditunjukkan setelah klik Memeriksa Proof) atau gue upload ulang file dengan resolusi yang lebih tinggi. Ya udah, gue upload ulang dengan format .ai, ternyata bisa diterima sama sistem.

Setelah itu, nggak ada hambatan lagi dalam pengerjaan, paket kartu nama dan kartu pos (iya, gue bikin kartu pos isi muka gue, wgwgwg) gue terima pada hari Jumat. Telat sehari dari permintaan memang, tapi mungkin kendalanya ada di pihak kurir, lalu sempat terkendala resolusi file juga. Namanya juga estimasi, telat sehari masih bisa dimaklumi.

nih, kartu pos gue hasil cetak online gue di gogoprint. ada yang mau? xD

 

Gue dan Kartu Nama

Biasanya, latar belakang cerita personal ini gue jelaskan di bagian awal tulisan. Tapi karena netizen Indonesia itu cuma punya waktu kurang dari 3 menit buat baca satu tulisan di blog, dan gue takut malah inti tulisan ini nggak tersampaikan lantaran gue kelamaan ngelantur, makanya bagian ini gue sisipkan di bagian akhir. Anggaplah kejutan buat para pembaca setia yang bertahan membaca hingga titik energi penghabisan.

:siul:

Tahun 2014 silam, tepatnya saat penyelenggaraan Skyscanner Travel Blogger Gathering yang dihadiri puluhan travel blogger, adalah kali pertama gue menyadari kebutuhan akan sebuah kartu nama. Saat itu, gue cuma bisa pasif menerima beberapa kartu nama dari rekan-rekan travel blogger tanpa bisa memberikan kembali. Hiks, maaf ya kartu nama kalian bertepuk sebelah tangan.

selfie menjelang keberangkatan | blogger trip bersama BPTJ
bersama travel-travel blogger jakarta lainnya saat 1st anniversary ibis budget jakarta tanah abang

Selama kurang lebih 4 tahun, acara demi acara gue hadiri dan gue tetap nggak punya kartu nama. Niat itu rasanya masih kurang kuat karena rasa malas, lupa, dan kesibukan selalu jadi alasan. Padahal beberapa di antaranya adalah acara bergengsi (seperti Media Trip Grand Cordela Hotel Bandung di mana gue bertemu dengan abang-abang jurnalis dari media massa travel ternama) atau acara yang melibatkan perusahaan internasional (seperti dalam media briefing peluncuran rute Jakarta-Berlin dari maskapai berbasis di Singapura, Scoot)

Beberapa bulan lalu, untuk pertama kalinya gue punya kartu nama, tapi sebagai karyawan agensi sih. Nggak bisa menyematkan alamat blog dan media sosial pribadi di situ. Nah, beberapa minggu lalu, gue menemukan ada satu blogger saat blogwalking (gue lupa siapa, monmaap) yang nulis soal Gogoprint. Dari situ, niat untuk mencetak kartu nama itu meletup kembali.

(((meletup))) (((balon hijau keles)))

kartu nama gue sebagai copywriter, siapa tau ada yang membutuhkan ๐Ÿ˜€

Mudah-mudahan belum terlambat kalo gue baru punya kartu nama sekarang. Ditunggu undangan gathering, media briefing, atau famtrip-nya ya, qaqa. Kabari juga kalo ada yang mau gue kirimi kartu nama gue, nanti gue poskan, biaya kirim ditanggung penerima ya, wgwgwg. Bhaique, semoga tulisan ini lebih banyak faedahnya daripada mudharat-nya. Atas nama Nugi of The House Slytherin, The Unpredictable, Lord of Orcas, Breaker of Laughter, A Proud Cancerian, ulasan ini dicukupkan sampai di sini. Sampai jumpa pada ulasan-ulasan ahoy berikutnya.

Iklan

16 tanggapan untuk “Langkah-Langkah Cetak Kartu Nama Online dengan Gogoprint”

  1. Akyu masih punya donk kartu nama, nanti kufotoin deh hahahha meskipun jarang dipakek jugak karena kadang2 pada langsung nama nomor WA saja ๐Ÿ˜€ meluncur ke GoGoPrint ๐Ÿ™‚ tengkyuuuu …

  2. Ngomongin kartu nama jadi ingat pas ikut Asean Blogger Festival 2013, rata2 pada bagi kartu nama ku cuma jadi kolektor ahaha. Sejak itu berketetapan hati mau bikin tapi sampe sekarang cuma wacana. Kalau postcard malah sering bikin dan ku kirim ke teman2.

  3. Wah, bermanfaat banget ini, apalagi buat gw yg gak terlalu paham dunia desain. Klo sudah ada tempalte kan terbantu banget.

    Memang kartu nama ini masih berguna banget. Gw pun ke depannya akan coba bikin.
    Thanks sharingnya ya

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.