Rekomendasi Youtuber KPOP Reaction Video, Dalam dan Luar Negeri

Seperti yang udah gue singgung di tulisan sebelumnya, belakangan ini gue ada hobi baru: nontonin K-pop MV reaction video! Ternyata menyenangkan melihat orang lain menyukai dan menghargai apa yang kita sukai. Nah, buat kalian yang juga suka nontonin video-video reaction, atau tertarik buat mencobanya, ini dia beberapa rekomendasinya dari gue.

Sebelumnya mau cerita dulu. Jadi gue “terjerumus” dalam hobi baru ini saat NCT 127 mengeluarkan video klip “90s Love” beberapa bulan lalu. Sejak itu jadi keterusan, berlanjut dengan cari-cari dan ngepoin reaction buat lagu-lagu dari boyband/girlband lainnya yang gue suka, old and new. Tapi nggak lama-lama banget sih, 2018 ke atas, sebelum itu tren reaction video belum jamak di Youtube. Ngepoin GOT7, DREAMCATCHER, G(IDLE), TREASURE, dan banyak lagi.

Siapa aja sih yang langganan gue tontonin? 


RAHIM

Walaupun dia nggak engaged dengan personil-personil boy/girl group K-pop, alias nggak peduli dengan nama dan muka masing-masing member, tapi reaction video dan analisisnya adalah salah satu yang paling gue suka.

Youtuber Jerman ini klaim dirinya sebagai produser, jadi analisisnya sangat concern dengan sound/audio, terkadang juga video editing dan fashion yang dipakai para member. Oke, masalah baju lebih banyak dilontarkan oleh Dana, entah isteri atau partner-nya yang selalu ikutan nongol di video-videonya. Gara-gara reaction mereka, gue jadi ngeh mahal dan bergengsinya outfit para member Pentagon di MV Shine.

Awalnya dia nge-Youtube dengan bahasa Jerman. Tapi mungkin karena melihat pangsa pasar yang luas, sekarang Rahim nge-Youtube dengan bahasa Inggris.


GZBKARMA

A true K-pop multifandom girl! Range grupnya luas banget, and she always truly enjoys what she was watching. 

Berbeda dengan Rahim yang sesekali pausing buat analisis, cewek half-Asian yang tinggal di Swiss ini sama sekali nggak pause-pause. Tapi seru dan seneng aja mengamati ekspresi-ekspresinya! Gue juga amazed dengan bagaimana dia bisa hafal nama ratusan cowok K-pop dari berbagai grup padahal mukanya mirip-mirip wkwkwk.

Cocok buat yang nyari reaction video ringan-ringan.


JEFF AVENUE

I think he’s Pinoy. Cowok yang klaim sebagai performer ini khusus menganalisis dance video atau koreografi. Awalnya dia hanya membuat reaction buat video-video dance, tapi lama-lama ada beberapa official MV yang dia react juga.

Sebagian besar gue betah nyimak analisisnya, walaupun kadang saat dia too much analyzing di bagian yang gue nggak terlalu tertarik ya gue skip-skip aja hehe. Yang bikin lebih semangat, kadang gue dan dia punya person of interest yang sama, contohnya Woo-young ATEEZ.

Kalo kamu dancer, Jeff cocok kamu pantengin.

Selain Jeff, ada beberapa Youtuber serupa yang kadang gue tontonin juga: OG KPOP STAN (analisisnya nggak sedalem Jeff but still fun to watch), MR. OKAY, dan Z.


CALVIN JEREMY dan ATBIC NETWORK

Dua channel Indonesia yang gue recommend banget buat reaction video! Kenapa gue satuin, ya karena Atbic Network ini juga punyanya Calvin Jeremy and the gengs.

Sebagian besar Youtuber Indonesia lainnya cuma heboh-heboh dan teriak-teriak nggak jelas, tapi Calvin dkk selalu kasih analisis yang dalem dari segi visual, audio, message, vokal, lengkap deh! Dia biasanya nge-react bareng Ten, Dickson Halim, dan 2 orang lainnya yang namanya gue nggak hafal.

Kalo kamu suka juga, dukung mereka dengan subscribe dan turn on notification buat appreciate jerih payah mereka.


ITSANDYANDJAS

This Korean couple is so entertaining! Oh, mereka sangat fasih berbahasa Inggris kok, kemungkinan tinggal di AS.

Yang menarik dari mereka adalah ekspresi-ekspresinya yang kocak! Mereka, terutama Andy, juga suka make fun dari video-video yang mereka tonton. Tingkah polah mereka niruin koreografi atau pose dengan kemampuan yang ala kadarnya juga bikin makin betah buat ditonton! Iya bener, yang mereka tontonin nggak cuma MV tapi juga dance video.

Salah satu ciri khas mereka adalah saat Andy berpura-pura jadi bos KQ Entertainment dengan lebay dan kocak dalam video-video reaction ATEEZ.


AARON FREEMAN

Oke, buat yang concern dengan vokal, Aaron Freeman ini salah satu rekomendasi gue. Analisisnya juga panjang bok, pause dan rewind berkali-kali.

Nggak cuma masalah vokal, Aaron juga kadang analisis visual, audio, dan konsep. Sayangnya range grup yang dia analisis belum terlalu luas. Beberapa reaction video darinya yang gue suka adalah saat dia react lagu-lagunya NCT.


FORM OF THERAPY

Sama seperti Rahim, dia juga klaim sebagai produser. I’m sure he’s Asian, tapi nggak yakin Asia mana, probably Korean juga.

Analisisnya nggak sedalem Rahim sih, dan dia mengamati dengan lebih luas. Tapi karena nggak banyak pause, dan cukup hafal dengan siapa yang dia react, video-videonya tetep asyik ditonton.

___

REACTTOTHEK

Apa jadinya kalo sekumpulan musisi react dengan lagu-lagu K-pop? Ya mereka inilah.

Namanya juga musisi, jadi fokus mereka adalah audio, baik vokal maupun musik. Sering melontarkan istilah-istilah khusus yang nggak gue pahami hehe. Tapi favorit gue sebenernya rubriknya Umu, dia biasanya ngajak duet satu musisi lain entah Sean atau siapa. Umu ini keliatan banget cewek fans K-pop beneran, karena dia nggak cuma analisis tapi juga tau siapa yang lagi dia tonton.


JUS 2 REACT

Duo Johnny dan Jeremiah ini lagi sering-seringnya gue tonton karena video-video reaction mereka buat ATEEZ (dan Jessi). 

Subscriber dan view-nya belum tinggi karena masih baru. Tapi gue suka bagaimana mereka menghargai musik, rap, dance, dan vokal dari ATEEZ. Kayaknya mereka dancer, atau sedikit paham tentang koreografi. Video favorit gue adalah saat mereka react MV-nya ATEEZ yang WONDERLAND.


LAIN-LAIN

Selain daftar di atas yang gue udah paham distinctive-nya, ada beberapa Youtuber lain yang suka gue tonton juga tapi yaaa nggak ada ciri khas menarik yang bisa gue banyak ceritakan. Di antaranya adalah:

BRISxLIFE

African-American Youtuber yang khas dengan tawa renyahnya.

DEACS

Cowok Inggris yang rame ngomongnya, peka dengan vokal termasuk background vocal.

JREKML

Gue tonton karena banyak reaction buat DREAMCATCHER dan ATEEZ.

FO SQUAD KPOP

Duo African-American juga yang reaction-nya cocok ditonton sepintas-pintas wkwk.

RIVERSELIVE

Grup vokal beranggotakan 4 orang ini pun punya rubrik Riverse Reacts di channel-nya. Nggak ada analisis, murni reaksi dan opini aja selama nonton, nggak pause-pause juga. 


Buat yang bertanya-tanya, “Gie, kok lo rasis sih. Suka banget mendeskripsikan ras atau etnisnya.” Tolong pahami bahwa itu adalah bagian dari deskripsi gue. Sama sekali nggak ada yang gue puja atau remehkan lebih dari yang lain.

Belakangan ini gue lagi ngepoin ATEEZ, jadi lagi suka nonton video-video reaction terkait mereka. Yang gue suka dari ATEEZ ini adalah bahwa semua membernya bisa nge-dance! Nggak ada lead-dancer atau main dancer karena semua punya spotlight masing-masing. Koreografinya lakik abis dan gokiiilll. Lagu-lagunya juga seru bergenre hip hop, rap, dengan nuansa Latin atau Mediterranean yang konsisten. Coba aja dengerin lagu-lagunya. Mengingatkan gue dengan BTS di tahun-tahun awal mereka berkarya.

Kalo suka B.A.P, STRAY KIDS, BIG BANG, kamu mungkin bakal suka ATEEZ juga. Hong-joong, leader sekaligus rapper-nya ATEEZ, punya charm dan vibe seperti G-Dragon-nya Big Bang menurut gue.Selamat menikmati rekomendasi-rekomendasi di atas, Hyung dan Noona!

6 komentar

  1. Aku sepertinya belum perah lihat youtube mereka heheheh. Seringnya nonton Soleh Solihun dkk hahahahha

  2. Aku nonton yg gzbkarma, dan lgs ngakak liat reaksi dan ekspresinya hahahahahah. Gemesiiiin yaaa. Aku justru lebih suka liat ekspresi dia drpd MV yg dianalis :p.

    Aku bukan penyuka KPop sih mas, mungkin alasannya Krn yg kamu tulis juga, aku ga bisa bedain mereka, Krn mirip semuaaaa wkwkwkwk. Tapiiiii aku suka drakor, dan aku suka soundtrack lagu2 yg dipakai dlm drakor. Tp kalo KPop, ga deh, blm bisa masuk :D.

    1. Issoke, mbak. Tiap orang punya kesukaannya masing-masing. Susah bedain member boyband Kpop tapi kalo aktor2 drakor masih bisa lah ya.
      Lagu-lagu drakor tuh, aduh memang sesuatu deh.

  3. Haha aduh nontonin video reaction tuh kadang bikin ngakak sendiri 😀

    1. Wah suka juga ya, Sin

  4. ainunisnaeni · · Balas

    jarang banget nontonin video reaction begini, palingan kalau pas nggak sengaja nongol di timeline, baru aku buka
    biasanya reaksinya dari orang korea yang dengerin lagu lagu indo yang aku lihat
    liat expresi mereka lucu juga 😀

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Seuramoe Liza

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Jalan-Jalan Terus!

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

%d blogger menyukai ini: