9 Ide Konten Traveling Buat di Instagram versi thetravelearn

Paid minibar | All Sedayu Hotel Kelapa Gading

Gue tahu, seiring dengan berkembangnya waktu, blog tak lagi menjadi tren. Banyak kreator yang sudah meninggalkan platform ini dan lebih aktif berkarya di platform yang lebih baru, lebih digandrungi: Instagram. Dari sekian puluh travel blogger yang gue ikuti, yang masih aktif menulis bisa dihitung dengan jari. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?

Nah, kira-kira apa saja nih konten traveling yang oke buat di Instagram? Apakah sama dengan blog? Gue memang bukan selebgram, followers gue juga ajeg bertengger di angka 4 ribuan. Tapi, barangkali ide-ide gue ini bisa jadi inspirasi dan rekomendasi buat kamu. Ide ini cocok untuk blog perjalanan, video/vlog, IG Story, IG Feed, atau IG Reels yang lagi happening, khususnya buat di-publish di masa pandemi seperti sekarang.

Buat Postingan tentang “Kerja Sambil Liburan”

Work From Home (WFH) sudah menjadi kebiasaan baru dalam satu setengah tahun terakhir. Karena lockdown di sebagian besar negara, termasuk PPKM di negara kita sendiri yang nggak habis-habis, kita mengadopsi WFH untuk bertahan dari pandemi. Kita tetap bisa menyiasati ini dengan Work From Hotel atau menjadi digital nomad!

Ada banyak destinasi wisata di mana kita bisa menyewa kamar kost, hotel, apartemen, atau rumah dengan tujuan untuk bekerja. Apalagi kalau pekerjaanmu nggak menuntut tempat dan jam tertentu, seperti gue yang bekerja di digital agency. Beberapa rekan blogger gue ketahui sedang bekerja dari Bali. Posting lah tentang tempat-tempat ini dan bagaimana bekerja dari daerah dapat menjadi momen yang penuh kedamaian dan terapeutik.

Foto ala selebgram di Grand Tebu Hotel Bandung bareng Mahul hehe (dikembalikan ke kasur lagi kok)

Visual Ideas: foto kamu sedang bekerja dari hotel, apartemen, atau kamar kost yang cantik.

Merekomendasikan Itinerary Perjalanan Untuk Masa Depan

Orang-orang udah kangen banget traveling, termasuk gue sendiri. Akan tiba saatnya semua menjadi normal kembali, dan industri perjalanan sibuk dengan para pelancong lagi. Persiapkan rencana perjalanan followers kamu pascapandemi dengan rekomendasi itinerari perjalanan yang ramah di kantong. Kalau gue perhatikan, sekarang juga ada beberapa online travel agent yang menawarkan tiket atau voucher fleksibel.

Visual Ideas: foto terbaik kamu saat sedang berada di destinasi terkait, buat dengan bentuk carousel atau miniblog.

Tawarkan Tips Perjalanan Darat tentang Destinasi Lokal Untuk Dikunjungi

Meskipun mungkin ada beberapa pembatasan perjalanan dan pergi terlalu jauh mungkin bukan ide yang terbaik, kamu masih dapat mengunjungi tempat-tempat terdekat di atau dekat kota tempat tinggalmu untuk memuaskan nafsu berkelana. Apalagi, syarat perjalanan dengan kereta api dan bus masih cukup mudah. Saat cerita ini ditulis, cukup dengan swab test antigen dan sertifikat vaksin. Kalau naik angkutan aglomerasi, seperti KRL Jogja Solo dan Kereta Prameks malah lebih gampang lagi, cukup menunjukkan sertifikat vaksin.

Buat postingan atau IG Story tentang menjelajahi destinasi lokal di sekitar. Kamu bisa memberi rekomendasi trek, area perkemahan, atau jalur hiking yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Tempat-tempat ini juga aman untuk dikunjungi di tengah pandemi. Mau wisata di dalam kota seperti wisata kuliner, budaya, sejarah, dan seni juga bisa, tapi pastikan kamu dan pengelola tempat-tempat tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Visual Ideas: foto/video terbaik kamu saat sedang berada di destinasi terkait dengan gaya bercerita

Bagikan Tips Packing yang Bermanfaat

Kamu dapat mengkhususkan posting tentang “cara mengemas” sesuai tema-tema spesifik seperti packing buat nonton konser/festival musik, perjalanan ski, atau berpetualang di alam. Bisa juga dengan membuat cara packing yang cepat, aman, atau mematahkan anggapan umum. Banyak traveler yang sering merasa kesulitan untuk memutuskan barang apa aja yang perlu dibawa, dan postingan kamu bisa sangat membantu dalam memutuskan apa yang dibutuhkan seorang wisatawan dalam perjalanan tertentu. Kamu juga dapat menulis tentang cara memasukkan semua barang ke dalam bagasi tanpa harus over capacity.

Visual Idea: foto kamu sedang memanggul ransel, atau menggeret koper. Bisa juga dengan foto ransel atau kopernya aja dengan sedikit memperlihatkan isian di dalamnya. Kalau mau video, bisa buat video tutorial untuk IG Reels, itung-itung sekalian halu mau traveling, hehe.

Bagikan Aplikasi Perjalanan Favorit Kamu

Postingan bermanfaat lainnya dapat berupa daftar aplikasi yang berguna buat traveler versi kamu. Ada banyak banget aplikasi yang tersedia di internet atau Google Play, mulai dari penerjemah bahasa dan peta hingga aplikasi online travel agent. Kadang suka bingung sendiri memilih aplikasi yang paling oke dari sederet pilihan serupa. Nah, rekomendasi dari kamu bisa sangat membantu.

Kasih tahu apa aja aplikasi traveling yang kamu install atau paling sering kamu pake, lalu jelaskan fungsinya. Bagikan juga plus dan minus masing-masing aplikasi kalau ada 2 atau lebih aplikasi yang mirip-mirip, You-Know-What hehe.

Visual Idea: foto lagi memegang smartphone di tengah perjalanan

Bagikan Bucket List Kamu

Pasti setiap orang punya travel bucket list, dan salah satu cara untuk engage dengan audiens kamu adalah dengan share daftar impian kamu. Pengen merasakan cepatnya kereta api shinkansen? Ngopi-ngopi ganteng/cantik di tepi Sungai Danube? Menyelam dalam jernihnya laut Derawan, atau menapaki Puncak Wayag di Raja Ampat?

Posting bucket list kamu, dan ceritakan alasan kamu memasukkannya ke dalam daftar. Orang-orang suka saling membaca wishlist masing-masing karena memberi mereka ide untuk ditambahkan ke daftar mereka sendiri! Cobain deh saling bertukar atau berbagi bucket list sama followers kamu.

Visual Idea: foto saat sedang melamun di kasur atau di meja kerja, atau foto terbaik di salah satu destinasi dari bucket list yang sudah terwujud.

Buat Postingan Tentang Olahraga dan Tips Tetap Sehat Saat Bepergian

Melakukan perjalanan atau traveling sering kali bisa membatasi pilihan olahraga kita, padahal tetap bugar adalah salah satu prioritas utama bagi beberapa pelancong. Buat postingan dan kumpulkan ide agar tetap bugar dan sehat selama perjalanan. Sebutkan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan di destinasi wisata tertentu agar tetap sehat dan menikmati liburan. Bisa juga ceritain tentang jarak sosial dan sanitasi. Ini adalah salah satu detail terpenting yang harus ditangani dalam situasi saat ini. Berikan pencerahan kepada orang-orang tentang cara agar mereka tetap aman dari virus saat bepergian.

Kalau kamu masih stay at home aja atau hanya staycation dalam beberapa bulan terakhir, bisa share olahraga atau latihan-latihan yang bisa dilakukan dengan mudah untuk workout di rumah. Buat yang hobi review hotel kayak gue, bisa juga post tentang hotel-hotel recommended dengan fasilitas gym/fitness center dan kolam renang.

Visual Idea: foto/video workout di kamar, yoga di rumah, nge-gym di hotel, berenang di kolam renang, atau simply foto saat berjalan kaki di destinasi

Buat Instagram Reels tentang Perjalanan Sebelum Pandemi

Kurasi foto-foto dan video terbaik kamu sebelumnya dan buat video perjalanan untuk dibagikan ke followers kamu. Ini juga merupakan cara cerdas untuk menyiasati kondisi saat ini dengan menampilkan destinasi atau pengalaman yang telah kamu tulis atau sebutkan di postingan kamu sebelumnya. Yuk, ubek-ubek lagi galeri atau harddisk laptop kamu, siapa tahu masih banyak kenangan yang diendapkan.

Bikin Quiz atau Giveaway

Kamu bisa berinteraksi dengan followers dengan memanfaatkan fitur-fitur IG Story seperti Ask A Question, Poll, Quiz, atau Love Meter. Posting foto dan buat followers kamu menebak destinasi atau tempat yang dimaksud. Contohnya bisa kayak “Apakah Kamu Lebih Suka” atau posting dua destinasi perjalanan dalam 1 foto dan minta audiens untuk memilih salah satu. Ini juga membantu kamu mengenal audiens lebih baik dan memahami tren saat ini.

Kesimpulannya, kamu nggak perlu selalu jalan-jalan untuk membuat konten berbasis perjalanan. Dengan sebagian besar orang terjebak di rumah mereka, kita pun akhirnya “mencari pelarian” dengan smartphone untuk mencari konten terkait perjalanan. Jadilah kreatif dan coba ide-ide yang disebutkan di atas untuk menghibur followers dan temen-temen kamu! Ide-ide ini pasti akan membuat interaksi lebih menyenangkan dan membuka mata. Yuk kurasi posting dan cerita kamu sekarang! Keep learning by traveling. YANG KANGEN TRAVELING MANA SUARANYAAAA?

13 komentar

  1. Bener banget bro, mungkin 4-5 tahun lalu ada beberapa blog yg rajin gw pantengin dan pemiliknya rajin update. Sekarang ngisi blognya aja dalam setahun bisa diitung pake jari. Padahal branding awal mereka adalah travel blogger, sekarang malah sibuk jadi influencers. Huhuhu.m

    1. Iya, mas. Sedih sih, aku pun jadi berkurang banyak bahan bacaan dan temen nimbrungnya. Tapi begitulah, jaman berubah.

  2. Aku kangen traveliiing.. saking gak kemana2nya, aku yg gak hobi traveling bs jd kangen.. hhhm.. update di ig emang gampang populer, tp gak evergreen..

    1. Pandemi bener-bener berdampak buat semua ya.
      Iya bener, IG gak longlasting. Tos!

  3. banyak blogger yang mulai beralih platform. Mungkin menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan permintaan pasar. Tapi banyak blogger baru yang bermunculan dengan kualitas tulisan yang bagus.

    kalau bikin postingan, mungkin aku lebih tertarik berbagi pengalaman kerja sambil liburan. beberapa kali melakukan perjalanan keluar kota ketika pandemi memberikan pengalaman tersendiri. 😀

    1. Kenalin dong mas blogger-blogger baru itu, cupu dan kuper akutu xD

  4. masih setiaaa dengan blog, kayanya ada yg kurang kalau gak nulis blog.

    1. Aku juga mau terus menulis selama blog masih ada. Basically suka nulis dan share pengalaman traveling.

  5. Aku termasuk yg masih setia ngeblog Krn mungkin dari awal blog ini utk nyalurin hobi nulis sih. Memang bukan utk cari duit. Jadi mau orang2 pada pindah platform, aku tetep ga tertarik hahahaha.

    Tapi hrs diakuin, akupun sering stuck mau nulis apa, secara udah ga bisa jalan2. Makanya skr ini kebanyakan hanya staycation hotel ATO kulineran :D. Gapapa lah, yg penting ttp terupdate

    Ide2 dari mas Nugie tapi bisa banget buat masukan supaya ga bingung ntr mau ngonten apa 😁. Ya walopun kalo IG aku memang ga terlalu fokus di situ. Makanya feednya segala macam ada hahahahah.

    1. Salut lho sama kesetiaanmu, mbak. Gak cuma setia nulisnya, tapi setia blogwalking juga, dukung blogger-blogger yang mulai sepi pengunjung kayak aku.

      Mari terus menulis dan membaca, mbak Fanny. Makasih udah mampir ya.

  6. Memang aneh ya, kita-kita ini kok bisa-bisanya tetap doyan nulis di blog. Padahal yang lain, main instagram dan tiap hari berjibakunya sama engagement, view, reach dll kayaknya pusing hehehe.
    Entahlah, mungkin memang blog adalah media self healing juga, ga ruwet kayak instagram.

    1. Iya, mas. Aku nulis di blog buat self healing dan menuangkan isi kepala. Mau blog lagi hits apa enggak, banyak yang baca apa enggak, selama blog masih ada aku akan tetap ngeblog.

      Dan kalau sudah tak ada pun, akan mencari platform lain.

  7. ainunisnaeni · · Balas

    aku masih setia ngeblog dan ngeblog, Aktivitas blogwalking juga masih berjalan
    dan memang sejak pandemi jarang kemana-mana, palingan juga nggak bisa post foto foto baru juga.
    tapi setuju sama tips diatas, meskipun kita suka jalan dan sudah jarang ngelakuin perjalanan jauh, aku biasanya buka file foto lama, lumayan kangennya jadi terobati

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Seuramoe Liza

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Jalan-Jalan Terus!

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

%d blogger menyukai ini: