Uneg-Uneg dan Pengalaman Pertama Menghadiri Blogger Day 2022 Bersama Bloggercrony Community

Saya antusias sekali saat mengisi formulir registrasi online untuk kegiatan #BloggerDay2022 yang sekaligus memperingati #7thBloggercrony. Rasanya udah lama banget sejak terakhir kali saya mengikuti acara kumpul blogger di era sebelum pandemi. Jadi ketika ada kesempatan saya bisa mengikuti acara blogger lagi, meskipun hampir semua pesertanya adalah blogger-blogger yang belum saya kenal, saya excited! Tahun ini, tema yang diangkat adalah #ScaleUpYourSkill.

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, 27 Februari 2022. Saya bela-belain pakai polo shirt warna oren punya istri saya, demi penampilan maksimal saat online Zoom atau dokumentasi diri. Karena hari itu bertepatan dengan hari saya checkin di hotel, jadi saya harus berangkat dari rumah agak pagi untuk kemudian standby di cafe dekat hotel sebelum jam 10. Saya nggak mau terlambat.

Jam 10 tiba, saya sudah anteng di salah satu kursi, namun kegiatan belum dimulai. Baiklah, tipikal acara-acara Indonesia rupanya, molor 😂

Acara akhirnya berhasil dibuka sekitar 45 menit molor dari jadwal yang seharusnya. Saya agak kecewa dan kesal dengan hal ini. Selain itu juga sempat beberapa kali ganti link Zoom.

Etapi daripada berlama-lama membaca saya ngedumel, kita langsung bahas aja gimana acaranya yok. Saya harap lebih seru dari pembukaannya. 


Dibuka Mas Satto dan Mbak Wawa

Sudah rapi jali di cafe untuk Blogger Day 2022

Dipandu oleh kak Febria Silaen sebagai MC, acara dibuka dengan sambutan dari mas Satto Raji dan mbak Wardah Fajri, atau yang biasa dipanggil mbak Wawa. Pasangan suami-isteri ini sudah saya dengar sebelumnya dari Ara, dan malah udah temenan sama mas Satto di media sosial. Merekalah yang berada di balik berdirinya Komunitas Bloggercrony Indonesia, along with other co-founders

Mas Satto dan mbak Wawa kelihatan banget sebagai pendiri komunitas yang hangat, ramah, dan mengayomi. Seneng aja melihat sambutan mereka berdua. Oh, btw acara disiarkan langsung dari ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference, salah satu sponsor acara. 

Setelah dijeda dengan beberapa doorprize (yang saya kali ini belum beruntung), masuklah kami ke sesi talkshow


Online Talkshow Blogger Day 2022

Ketiga sesi dalam rangkaian acara Selebrasi Virtual BloggerDay 2022 ini dikemas seluruhnya dengan konsep talkshow. Ada moderator di tiap sesi yang akan memandu pembawaan materi dan melemparkan diskusi/pertanyaan kepada narasumber. Saya kurang suka dengan konsep ini, buat saya konsepnya susah diikuti daripada seminar. Apalagi, ternyata topik-topik yang dibawakan cenderung kurang saya minati/kuasai 😅 Monmaap, wkwk. 

Tapi syukurlah sebagian narasumber menyajikan presentasi materi untuk membuat perhatian saya sedikit terfokus, hehe

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022

Sesi 1 tentang multiverse, dibawakan oleh mas Tuhu Nugraha dan mas Anwari Natari. Sesi 2 tentang idealisme & komersialisme, oleh mas Matahari Timoer dan Joe Candra. Terakhir sesi 3, tentang menggali potensi diri, oleh mbak Tsurayya. Tapi dari materinya mas MT, saya mau sedikit cerita juga soal hari-hari saya dulu sebagai blogger. 

Dulu di masa-masa kejayaan saya sebagai travel blogger (ciyee), medio 2014-2019, saya juga sangat idealis dengan tema traveling. Saya hanya mau menerima blog job untuk topik-topik traveling, atau yang bisa mudah dikaitkan dengan itu. Itu pun dengan rate card yang sudah saya tentukan (dan saya cukup tegas dengan rate card ini). Kompromi rate card hanya saya terima untuk content placement atau paid post topik traveling

Menyimak sesi mas Matahari Timoer
Joe Candra membagikan pengalamannya melakukan monetisasi pada blog

Namun sejak awal 2020, statistik blog saya merosot tajam, hingga sepertiga bahkan seperempatnya. Kalau dulu ribuan views per hari, sekarang hanya ratusan. WordAds sudah sama sekali tak bisa diandalkan. Akhirnya belakangan ini, khususnya sejak menikah, saya mulai menjadi blogger komersil yang menerima job nyaris apa pun. Karena apa? Karena kebutuhan rumah tangga lebih banyak dari yang saya bayangkan 😂

Tapi harapannya tahun ini, setelah keuangan kembali pulih, mau “idealis” lagi. Tulisan personal dan traveling harus dominan, dan jatidiri thetravelearn.com pelan-pelan dipulihkan. 


Yang Disukai dari Blogger Day 2022

Nggak nyangka banget ada banyak doorprize di acara ini, meski kebanyakan “hanya” sesederhana GOPAY Rp25 ribu. Dari kuis, game Kahoot, sampai random pick dengan lucky wheel. Pokoknya seluruh peserta dipastikan kebagian doorprize! Mayan buat ganti makan di cafe 😂

Bicara soal hadiah, ke-100 peserta terpilih juga mendapatkan kiriman souvenir dari Bloggercrony Community (BCC) dan Cera Production, sebuah perusahaan yang bergerak pada jasa pembuatan souvenir untuk kantor swasta dan instansi. Produknya ada macem-macam, dari Premium Gift Set, seragam kerja, kebutuhan cetak (percetakan), seminar kit kantor, dan souvenir kantor lainnya. Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi, dan sekarang sudah hadir di 13 kota di Indonesia!

Ada 1 penghargaan juga yang diberikan, Most Wanted Blogger 2022, yang tentu saja pemenangnya bukan saya. Selain karena saya masih jarang dikenal oleh teman-teman Bloggercrony, juga karena isi blog saya sekarang banyak konten berbayar (yang menjadi salah satu kriteria pemenang). 

Selain itu, amazed juga dengan program-program Bloggercrony yang ternyata banyak dan nggak melulu soal dunia blogger. Ada Blogger Hangout yang seru banget, ke mana aja saya selama ini sampai nggak ada satu pun yang berhasil saya sambangi di masa sebelum pandemi? Ada Blogger Care juga sebagai program donasi Bloggercrony Community. 


Untuk rekan-rekan pengurus Bloggercrony Community dan panitia Blogger Day 2022, makasih bangeett saya sudah diizinkan mengikuti kegiatan ini. Mohon maaf sekali, bila tulisan saya ini bukan tulisan yang diharapkan, namun saya hanya ingin menulis apa yang ada di benak saya.

Bisa yuk, jadi diri yang lebih baik juga tahun depan!

Kabarnya sebelum pandemi, acara BloggerDay ini biasa menjadi acara offline bergengsi yang diimpi-impikan tiap travel blogger. Saya lihat foto-fotonya, memang nampak banget keseruannya! Era pandemi memang mengubah segala hal, termasuk dalam penyelenggaraan kegiatan. Saya berharap saat acara BloggerDay kembali diadakan tahun depan, online atau offline, kegiatannya bisa berjalan lebih baik serta memberikan manfaat lebih banyak untuk tiap pesertanya. 

Ngomong-ngomong, rangkaian acaranya belum selesai, ada beberapa hasil yang masih saya tunggu. Jadi, mungkin tulisan ini akan berlanjut. Keep learning by traveling~

7 komentar

  1. Hahahahha, emang kalau acara zoom memang agak molor, mas. Entahlah, ada aja permasalahannya ahhahahah

    1. Molor-molor dikit memang biasa ya, mas. Tapi kemarin sampai 45 menitan 😅 Udah mulai mengikis kesabaran.

  2. Iya sih, tulisan mas Nugie ada bbrp yg ga menyangkut traveling sejak pandemi ini, tapi aku toh msh suka bacanya, Krn memang tulisanmu selaku dikemas apik 😁👍. Bacanya ga bosen. Tapi toh blog The travelearn msh tetep sebagai travel blog Trutama yg membahas hotel dan kereta kalo utk karakteristik pembahasan utamanya. Pokoknya kalo udh bicarain hotel, biasanya aku LGS kebayang duluan blognya mas Nugie.

    Aku join juga di BCC ini, tapi jujur ga pernah ikut event2 nya. Palingan cuma share tulisan 😁. Di antara beberapa komunitas, aku paling suka BCC. Krn sbnrnya paling rame respon membernya juga. Jadi seru. Beda ya rasanya kalo share tulisan di komunitas yg sepi2 tanpa reaksi 🤣. Masih lebih enak di BCC deh.

    1. Makasih masih rajin mampir, mbak Fanniiii. Aku belum balik blogwalking lagi huhu, lagi padet banget minggu-minggu ini.

      Diusahakan per April 2022 mulai dominan tulisan personal lagi.

  3. A very accurate report! Gw seneng reportase jujur kayak gini. 🙂

    1. Hahaha. Makasih udah mampir, kak Vicky.

  4. seneng banget waktu ikutan acara ini, gapapa untuk sementara online dulu, semoga tahun depan bisa offline dan meet up sama temen temen yang lain juga

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: