Sekam Padi Sebagai Sumber Energi Dimanfaatkan di Pabrik Jawa Tengah Ini

Peresmian boiler biomassa berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah!

Gue sadar, perubahan iklim itu nyata. Pemanasan global itu nyata. Maka dari itu, dalam perjalanan-perjalanan gue, transportasi umum dan berjalan kaki adalah kawan. Setidaknya, itu yang bisa gue lakukan untuk menjaga lingkungan. Gue bersyukur, beberapa perusahaan besar seperti Danone Indonesia juga memiliki kesadaran yang sama. Bahkan, belum lama ini gue menghadiri acara Inagurasi Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi yang digelar secara hybrid.

Pernah terpikirkan bahwa sekam padi bisa menjadi alternatif bahan bakar atau sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan? Gue sih baru tahu. Selama ini tahunya ya energi angin, uap, atau surya. 

Dari 1.500 ton sekam padi per tahun, bisa menghasilkan 6 ton steam sekam padi yang diperkirakan mengurangi jejak karbon hingga 32%. Diharapkan, sebanyak 8.300 ton emisi CO² mampu dikurangi dari kegiatan produksi di boiler biomassa ini. Kita patut mengapresiasi upaya ini untuk membuat bumi pertiwi tetap lestari. 

Penggunaan sekam padi sebagai bahan bakar menghasilkan 2 macam residu: gas buang dan abu sekam. Gas buangnya diolah oleh ESP sehingga saat dikeluarkan sudah dalam kondisi aman, sementara abu sekam dapat digunakan sebagai pupuk oleh petani. Nah, sekam padi sendiri dipilih sebagai alternatif bahan bakar terbarukan yang ramah lingkungan agar bisa menciptakan ekonomi sirkular atau ekonomi berkelanjutan. Sekam padinya diambil dari petani, terus abu sekamnya bisa digunakan lagi oleh petani. Maka, terciptalah sirkulasi produk pertanian dan kesejahteraan petani sekitar.

Kawasan pabrik Danone Specialized Nutrition Indonesia di Klaten, Jawa Tengah

Selain itu, sebuah boiler biomassa memang membutuhkan energi yang besar untuk kegiatan produksi. Beberapa bahan bakar yang sesuai di antaranya adalah solar dan CNG (Compressed Natural Gas). Kebetulan, karena berlokasi di daerah Klaten yang masih banyak persawahan, akhirnya dipilihlah sekam padi sebagai sumber energi terbarukan di PT Sarihusada Generasi Mahardika ini. 


Bagaimana dengan Pemanfaatan Energi Terbarukan di Jawa Tengah?

Bapak Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah, hadir dalam sesi talkshow usai prosesi inagurasi bersama 2 narasumber lainnya. Beliau dengan bangga mengungkapkan, saat ini masyarakat Jawa Tengah sudah menghasilkan 13,3 ribu megawatt listrik yang dihasilkan dari panel atap solar (tenaga surya). Itu baru dari yang terdaftar, riilnya mungkin ada atap-atap solar yang belum terdata.

Bapak Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah

Gue coba telusuri info-info pendukung dari berbagai sumber, tahun 2019 lalu Jawa Tengah mencanangkan forum Jateng Solar Province yang puji Tuhan masih terus konsisten hingga sekarang. Langkah ini lalu diikuti oleh instalasi PLTS Rooftop sebesar 2,9 megawatt pada Oktober 2020 di PT Tirta Investama Klaten yang merupakan bagian dari Danone Indonesia.

Hingga 2018 saja, sudah terbangun 575 unit PLTS Solar Home System (SHS) dengan kapasitas terpasang 33,1 kWp. Lalu hingga 2020, sudah terpasang 12.000 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Jawa Tengah. Mengikuti langkah baik ini, 31 unit PLTS Rooftop di 8 kabupaten/kota Jawa Tengah, di antaranya: Tegal, Sragen, Banyumas, Jepara, Wonogiri, dan Rembang. 

Selain energi surya, Bapak Sujarwanto mengungkapkan bahwa Jawa Tengah juga sudah menggunakan energi gas rawa atau biogenic shallow gas. Energi ini dimanfaatkan di desa Pegundungan, desa Pejawaran, kab. Banjarnegara sejak Agustus 2021. Saat itu, BSG sudah terpasang di 25 rumah. Sebelumnya, BSG juga sudah dimanfaatkan di Grobogan dan Sragen lho. BSG bisa menjadi pengganti LPG, ternyata Jawa Tengah memiliki rawa-rawa purba yang energi gas rawanya bisa dimanfaatkan.

Pemanfaatkan biogenic shallow gas di Jawa Tengah (sumber: website resmi Pemprov Jateng)

Jawa Tengah juga memiliki potensi panas bumi besar yang sudah mulai dikelola di Dieng. Dari berita yang gue baca di sini, energi panas bumi (geotermal) mencapai 250 mega watt untuk di permukaan saja! Rencananya, akan dilakukan pengeboran 10 sumur baru hingga 2023. 


Inagurasi Boiler Biomassa Terbesar di Jawa Tengah

Inagurasi Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah ini digelar pada hari Rabu (15/6) lalu di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardika di Prambanan, Klaten, yang merupakan bagian dari Danone Specialized Nutritions (SN) Indonesia. Gue sendiri menghadiri inagurasi ini sebagai blogger melalui tayangan Zoom, namun acara juga bisa disaksikan di siaran langsung Youtube. Untuk inisiatif ini, Danone menggandeng BECIS (Berkeley Energy Commercials Industrial Solution) yang memang sudah ahli soal teknologi energi terbarukan.

Dibawakan oleh mbak Santi Zaidan sebagai MC, acara dibuka dengan sambutan ibu Vera Galuh Sugianto sebagai Vice President General Secretary Danone Indonesia. Turut hadir dan memberi sambutan, Mr. Hannu Ikavalko selaku COO BECIS, Bapak Sumarno selaku Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Bapak Ganjar Pranowo (Gubernur), dan Bapak Edi Wibowo (Direktur Bioenergi) yang bergabung melalui daring. 

Btw, gue kira BECIS itu perusahaan dalam negeri, karena sekilas seperti kata “becus” atau “becik” (berarti “baik”) dalam bahasa Jawa.

Mbak Santi Zaidan, MC acara inagurasi hari itu
Komitmen Danone Indonesia melalui bahan bakar sekam padi

PT Danone Indonesia nggak asal-asalan dalam menentukan langkah ini, nggak sekadar ikut-ikutan tren. Perusahaan ini menargetkan 100% penggunaan sumber energi terbarukan pada 2030 dan 100% karbo netral pada 2050. Dua misi besar ini merupakan implementasi dari visi besar mereka, One Planet One Health. Danone sadar, kesehatan bumi adalah kesehatan kita. 

Inagurasi boiler biomassa berbahan bakar sekam padi terbesar di Jawa Tengah ini merupakan bukti komitmen Danone Specialized Nutrition Indonesia dalam memitigasi perubahan iklim. Mereka ingin terus pastikan, produk-produk Danone tak hanya bernutrisi dan aman untuk ibu, anak, dan keluarga, namun juga diproduksi dengan ramah lingkungan. 

Mengabadikan momen bapak ibu keren ini di inagurasi boiler biomassa berbahan bakar sekam padi

Dengan menempelkan telapak tangan pada layar biometric, maka para naratama tersebut meresmikan inagurasi boiler biomassa berbahan bakar sekam padi terbesar di Jawa Tengah ini. Kita doakan agar inisiatif ini bergulir di pabrik-pabrik Danone lainnya di Indonesia, bahkan diikuti oleh industri lainnya di Jawa Tengah dan seluruh Indonesia. Lingkungan terjaga, masyarakat juga sejahtera. Keep learning by traveling~

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu

%d blogger menyukai ini: