Category Jawa Tengah

Berjalan Menyusuri Jalan Slamet Riyadi Untuk Berburu Kuliner di Pasar Gede Hardjonagoro Solo

Sesungguhnya, kelopak mata ini masih terasa berat ketika suara nyaring alarm gawai membangunkanku pagi itu. Namun karena sudah berjanji untuk bertemu jam 6 pagi di lobi HARRIS Hotel Solo dengan beberapa rekan kantor, aku memaksakan diriku untuk bangun dan terhuyung menuju kamar mandi. Tanpa membasuh seluruh badan, aku mempersiapkan diriku dengan hanya mencuci muka dan […]

Review HARRIS Hotel Solo, Ada Kolam Renang Infinity Pool!

HARRIS Hotel and Conventions Solo beralamat di Jalan Slamet Riyadi no. 465, Purwosari, Surakarta. Dari alamatnya kita udah tau, hotel ini cuma sepelemparan Ipod dari Stasiun Purwosari. Sayangnya kereta api Lodaya yang kami naiki nggak berhenti di Purwosari, cuma berhenti di Stasiun Solo Balapan. Jadi kami masih harus naik GoCar sekitar 3 km menuju hotel. […]

Sebuah Cerita Perjalanan Bandung-Solo Bersama Kereta Api Lodaya Pagi

Waktu sudah menunjukkan pukul 6:55 ketika pengemudi ojol tiba di depan gerbang kost-ku di Gang Guan no. 16¾ (alamat sengaja disamarkan untuk melindungi penulis dari stalkers). Jam 7:20, keretaku akan bertolak dari Stasiun Kereta Api Bandung. Jelas, perkiraan waktu keberangkatanku meleset, molor karena―seperti biasa―tanpa sadar mandi terlalu lama. “Bang, kalo bisa yang cepet ya,” pintaku […]

Itinerary Sehari Mengunjungi 6 Tempat Wisata di Semarang

Nampaknya belum banyak yang tahu, bahwa kota Semarang di Jawa Tengah adalah kota yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kalau ngomongin tujuan wisata di Pulau Jawa bagian tengah, biasanya semua mata akan langsung tertuju padamu pada Jogja, atau Solo. Padahal kota Semarang menyimpan seabrek atraksi yang nggak bisa ditemukan di Jogja atau Solo. Di Semarang inilah, […]

Pengalaman Baru Naik Kereta Api Solo Ekspres dari Jogja

  Sudah bertahun-tahun kawasan metropolitan Yogyakarta dan Solo Raya dilayani oleh kereta rel diesel elektrik (KRDE) Prambanan Ekspres atau yang biasa disingkat Prameks. Kalau Jabodetabek punya Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, maka Jogja punya Prameks. Kehadirannya merupakan jawaban atas tingginya frekwensi masyarakat yang bepergian di antara kota Jogja dan Solo, seperti untuk bekerja dan […]

Berkenalan dengan Mranggen, Kampung Ragam Warna yang Bikin Jatuh Cinta!

Gelap telah menyergap ketika kami beranjak dari Jalan Raya Timur Kaliwungu, memasuki jalanan desa yang tak lebar, menanjak, dan remang-remang. Meski raga sudah mulai kehilangan daya, lesu telah membalut bahu, namun ada sukacita yang bertunas di dalam diri, tak sabar ingin segera berkelana di Kampung Ragam Warna Mranggen, kecamatan Kaliwungu, kabupaten Kendal. Buncah kegembiraan itu […]

Menjalani 27 di Tahun 2017: Sebuah Cerita dan Kaleidoskop

Sebelumnya, gue mau jujur dulu, ini memang sebuah artikel yang terlambat ditayangkan, hahaha. Hari terakhir 2017 udah berlalu lebih dari 1 bulan lamanya, berkas tulisan ini juga udah ngendon sebulan di laptop. Niatnya sih emang mau tayang awal tahun kemarin, tapi lalu ada beberapa interupsi tulisan buat klien (ciyeee) dan pemikiran-pemikiran impulsif gue, sementara gue […]

Kopi Dalam Tulisan, Kopi Dalam Perjalanan

  Siapkan segelas cangkir, lalu lemparkan tiga sendok bubuk hitam itu ke dalamnya. Tambahkan tiga sendok gula pasir lokal yang berwarna kecoklatan sampai ia tertumbuk di dasar cangkir. Tuang air putih panas secukupnya, lalu aduk perlahan hingga kedua unsur di dalamnya berbaur menjadi satu. Sekejap kemudian, aroma kopi yang khas menyeruak lepas, seiring dengan kepulan […]

Kesengsem Lasem #3: Menikmati Alam di Pantai Caruban dan Watu Congol

Aku tak pernah tahu bahwa Lasem juga memiliki obyek wisata alam, seperti Pantai Caruban dan Watu Congol yang kami kunjungi saat itu. Ulasan blogger seputar Lasem biasanya hanya berputar-putar di antara Lawang Ombo, Omah Candu, dan bangunan-bangunan tua lainnya. Obyek wisata Pantai Caruban kami kunjungi pada hari Sabtu sore, 20 Mei 2017. Sebelum mencapai pantai, […]

Kesengsem Lasem #2: Nafas Toleransi di Pondok Pesantren Kauman dan Vihara Ratanavana Arama

Selain Klenteng Poo An Bio dan Rumah Oma Opa, masih ada satu obyek wisata lagi yang ditawarkan kawasan Karangturi, Lasem, ini. Dari Rumah Oma Opa, tim Vakansinesia membawa kami menuju sebuah tempat lagi yang tak jauh letaknya: Pesantren Kauman. Menyusuri kota tua Lasem dengan mobil memang membutuhkan sedikit kesabaran. Mobil harus berbagi lahan dengan kendaraan […]

Kesengsem Lasem #1: Klenteng Poo An Bio dan Rumah Oma Opa

Perlahan, keping-keping mimpi itu terangkai menjadi sebuah mozaik kehidupan yang kian utuh. Setelah pada bulan April 2017 berhasil menjejakkan kaki di kota khatulistiwa, Pontianak, akhir Mei lalu Tuhan membawa langkahku hingga tiba di Tiongkok Kecil, Lasem. Terlambat Buyar sudah perkiraan tiba pukul 3 atau 4 dini hari. Nyatanya, bus Pahala Kencana baru menurunkanku di Krapyak, […]

Pesona Pantai Teluk Penyu dan Pantai Karang Bolong, Cilacap

Cilacap? Jalan-jalan? Emang ada apa di sana? Ya, nama Cilacap mungkin memang belum populer sebagai kota wisata atau destinasi jalan-jalan. Kalah telak dibandingkan Yogyakarta, Solo, bahkan Semarang. Belum juga dapat menandingi ketenaran tetangganya, Pangandaran, yang sudah tersohor dengan pantai dan atraksi Green Canyon. Tapi bukan berarti Cilacap nggak punya potensi. Kota dan kabupaten ini punya […]

[Review] Tune Hotels / Red Planet, Solo: Minimalis Fungsional

Sebenarnya, lokasi Tune Hotels Solo (yang sekarang sudah berganti nama menjadi Red Planet) masih berada di kawasan pusat kota Surakarta. Tepatnya di Jalan Dr. Soepomo 49. Namun, mungkin karena sopir bus Batik Solo Trans yang gue naiki saat itu kurang awas dengan keberadaannya, dia pun sempat bingung saat gue lontarkan pertanyaan tentang Tune Hotels Solo. […]

Perjuangan Haru Menuju Merbabu [Bagian 3]: Kepingan Surga di Kentheng Songo

Mendekati puncak, hujan berangsur reda, tepatnya saat kami tiba di titik pendakian yang berbatu-batu itu. Gue seneng banget bisa lepas dari jeratan jas hujan yang membatasi dan merepotkan mobilitas gue. Tak ada lagi hutan. Kini kami berjalan melalui jalan setapak yang terjal dan berbatu-batu, sementara tanaman-tanaman rendah ada di kanan dan kiri kami, tumbuh menyelimuti […]

Perjuangan Haru Menuju Merbabu [Bagian 2]

“Lo nggak capek, Ji?” tanya gue penuh keheranan melihat cowok tanggung satu itu. Aji berlari-lari gesit sepanjang jalur pendakian, lalu berhenti untuk mengambil foto, lalu berlari-lari kecil lagi, dan begitu seterusnya. “Saking antusiasnya, Mat!” jawabnya sembari tetap memicingkan mata di balik viewfinder. Padahal gue, Hanny, dan 3 orang temannya yang entah siapa namanya — gue […]

Perjuangan Haru Menuju Merbabu [Bagian 1]

Sebenernya, gue sempat merasa ragu dengan pendakian ke Merbabu ini. Am I gonna make it? Pertama, bulan April adalah bulan tersibuk selama gue bekerja. Kelar kerja kantoran jam 8 pagi sampai jam 5 sore, langsung kerja freelance lagi di kost sampai tengah malam. Sabtu Minggu pun gue tetep sibuk dengan kerjaan freelance. Kalau udah sibuk […]

Sepenggal Siang di Pura Mangkunegaran

Pintu gerbang itu berdiri beberapa meter di hadapanku. Aku sempat ragu, itukah pintu masuk menuju Pura Mangkunegaran? Beberapa sepeda motor terparkir di depannya, lalu seorang wanita paruh baya berjalan memasuki gerbang. Aku memantapkan diri, berjalan melalui pintu gerbang yang hanya setengah terbuka pada satu sisi itu. Tak ada yang menghalangi langkahku. Tiba di dalam kompleks, […]

Memahami Arsitektur Masjid Agung Surakarta

Aku berjalan meninggalkan Pasar Gede Hardjonagoro dan Katedral Santo Antonius menuju Alun-Alun Utara Surakarta. Sejenak tertarik dengan Benteng Vastenberg yang berdiri di tengah kota, mengitarinya untuk menemukan jalan masuk, lalu pergi dengan sedikit kecewa karena rupanya benteng itu dibiarkan terbengkalai. Semak-semak dan rumput tumbuh liar mengelilingi benteng, padahal konon benteng ini lebih besar dari Benteng […]

Dua Hari Bertualang Kuliner di Solo, Jawa Tengah

Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, masih semarak dengan ornamen-ornamen Tionghoa saat aku tiba di hadapannya pagi itu. Aku turun dari bus Batik Solo Trans Koridor 2 yang kunaiki dari Stasiun Purwosari, bergegas menghampiri pasar dan siap memulai petualangan kulinerku hari ini. Rupanya aku datang terlalu pagi saat sebagian besar pedagang pasar masih bersiap-siap untuk menggelar lapaknya. […]

Terpesona dengan Pagoda Avalokitesvara, Semarang

Kami berdua berkendara di bawah guyuran sinar matahari yang terik siang itu. Sang surya kembali menunjukkan keperkasaannya di atas langit Semarang. Di bawah balutan kaos dan kemejaku, bulir-bulir keringat menyembul keluar dari pori-pori hingga meninggalkan bercak-bercak basah pada punggung. Kami sedang bergerak menuju destinasi kedua terakhir dalam rangkaian perjalanan Semarang Ekspres kali ini. Meninggalkan klenteng […]

14 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Semarang

Predikatnya sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah sekaligus kota terbesar ke-5 di Indonesia (setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan) membuat Semarang menjadi kota yang mudah dijangkau. Layanan transportasi dengan bus, kereta api, pesawat, bahkan kapal tersedia untuk melayani kota ini. Namun, pamor pariwisata Semarang masih kalah jika dibandingkan dengan dua kota tetangganya yang berukuran lebih kecil — […]

Semarang Ekspres: Gereja, Klenteng, dan Masjid Agung

Gerimis mulai turun saat kami beranjak keluar dari gedung Lawang Sewu. Namun rintik hujan tidak menyurutkan hasrat kami untuk… berfoto selfie di samping Lawang Sewu dan di depan Monumen Tugu Muda, tepat membelakangi Lawang Sewu. Manuver monopod (baca: tongkat narsis, tongsis) dilakukan dengan gesit di bawah rintikan air hujan, nggak peduli dengan tetes air yang […]

Bertamu ke Lawang Sewu, Semarang

Malam pertama (juga terakhir) gue di Semarang pada edisi jalan-jalan kali ini harus dicukupkan dengan: muter-muter di Terminal Terboyo untuk memesan bus balik ke Bandung, menerabas jalanan kota Semarang yang banjir karena guyuran hujan deras, nunggu temen di depan Kantor Pos Johar sambil ngangkring di tengah rintik hujan, dan makan Nasi Goreng Babat di… Simpang […]

Review: Hotel Neo Candi, Semarang

Nama Hotel Neo Candi berada pada urutan pertama dalam daftar search result pencarian hotel melalui web Traveloka berdasarkan… you know me, daftar harga dari rendah ke tinggi. Tarifnya Rp 251.217,00 saja per malam. Gue lihat sekilas informasi hotel yang terletak di Jalan S. Parman no. 56 itu. Menurut peta, hotel hanya terpaut jarak 1.5 kilometer […]

Belajar Sejarah di Museum Ranggawarsita, Semarang

Lepas dari Klenteng Agung Sam Poo Kong yang mulai ramai dikunjungi wisatawan, gue melanjutkan perjalanan #SemarangEkspres kali ini menuju Museum Ronggowarsito, atau Ranggawarsita. Kata Google Maps, jarak dari Klenteng Sam Poo Kong ke museum ini hanya 2.5 kilometer saja. Karena setiap hari gue juga udah terbiasa pulang kantor dengan berjalan kaki selama 20 menit (bahkan […]

Jejak Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Sekitar pukul 05.00, bus Bandung Express yang gue naiki mulai memasuki kota Semarang. Sesaat gue bingung mau turun di mana. Lalu gue ingat kalau Hotel Neo Candi yang akan gue inapi terletak nggak jauh dari Klenteng Agung Sam Poo Kong. Dengan cepat gue memutuskan Klenteng Sam Poo Kong sebagai tujuan pertama gue dalam jalan-jalan edisi […]

Semarang Ekspres, Sebuah Perjalanan Tanpa Perencanaan

Siapa di sini yang pernah melakukan sebuah perjalanan tanpa perencanaan? Nge-trip tanpa bikin itinerari? Pesan tiket dan book hotel secara dadakan? Nggak tahu di sana mau ngapain aja, ke mana aja, pokoknya cuma pengen PERGI. Titit. Nah, ini adalah kali pertama gue melakukan sebuah perjalanan tanpa perencanaan. Meskipun nggak random-random amat sik. Pokoknya alasan gue […]

Selalu Ada Jalan Untuk Pulang

Kereta Matarmaja berderak cepat menerabas gelapnya malam kala itu. Aku berusaha untuk membuat diriku duduk senyaman mungkin di dalam gerbong 5 yang semua kursinya terisi penuh. Sayangnya kereta Matarmaja ini masih menggunakan gerbong tipe lawas. Memang sih, sudah ada colokan listrik, pun fasilitas AC yang menempel di langit-langit gerbong yang menghembuskan udara dingin sekedarnya. Tapi […]

Jadi Ketagihan Naik Gunung

Pagi di Puncak Prau terasa sangat dingin. Sementara yang lain sudah terbangun dari sejak subuh demi menunggu momen matahari terbit, gue dan bang Ridho lebih memilih untuk bertahan dalam balutan sleeping bag kami di dalam tenda. Bahkan meski sudah mengenakan jaket dan sleeping bag pun, gue tetap masih merasa kednginan. Parah! Gue hanya bisa mendengar […]

Keindahan Syahdu di Puncak Prau

Basecamp pendakian sangat ramai di siang hari yang cerah itu. Kami berkumpul di sisi basecamp, sementara beberapa anggota kami melakukan repacking — termasuk gue. Gue harus menahan sabar banget banget karena terganggu dengan para pendaki yang terus hilir mudik. Sori ya. Matras yang tadinya gue gulung rapat di dalam keril (karena nggak bisa diikat di […]

Pesona Telaga Warna

Belum genap setengah hari di kantor, sekitar pukul 1 gue udah memutuskan buat cabut dan pulang ke kost. Gue udah nggak sabar buat segera packing dan berangkat menuju ke Wonosobo malam hari itu. Akhirnya, setelah kurang lebih tidur siang selama dua jam, gue mulai memasukkan perbekalan ke dalam keril 60 L yang gue sewa semalam […]

Petualangan di Purwokerto #4: d’Best Cafe & Resto

Cafe d’Best itu berdiri tak jauh dari hotel tempat gue menginap di Purwokerto, tepat di persimpangan antara Jl. Gatot Subroto – Jl. Gereja. Bangunannya yang bergaya ala go green dan papan nama berukuran besar membuatnya cafe mudah ditemukan. Setelah beberapa kali berjalan melaluinya dan hanya mengabaikannya, siang ini gue memutuskan untuk menyambangi cafe yang memberikan […]

Petualangan di Purwokerto #3: Alun-Alun dan Pasar Wage

Petualangan gue di Kota Satria ini belum berakhir. Matahari yang bersinar cerah berhasil membangunkan gue pagi itu. Gue membuka pintu kamar, dan menemukan dua porsi sarapan sudah tertata rapi di atas sebuah baki. Sarapan pagi itu — mungkin juga pagi-pagi biasanya — adalah sepiring nasi goreng telor ceplok dan segelas teh tawar panas yang dituang […]

Petualangan di Purwokerto #2

Usai mandi dan tidur-tidur ayam, gue dengan bersemangat melanjutkan petualangan gue di kota yang berjuluk Kota Satria ini. Mengenakan kaos oblong dan celana selutut yang bikin penampilan makin kayak bocah SMA, gue melenggang santai melalui Jl. Gatot Subroto yang mulus, diapit oleh trotoar yang rapi di kedua sisinya. Tak terlalu banyak kendaraan yang melintas, membuat […]

Petualangan di Purwokerto #1

Akhirnya, setelah sekian lama sibuk dengan pekerjaan hingga mengorbankan blog yang mulai membusuk ini, gue punya waktu dan koneksi internet lagi buat ngeblog. Sebelum melanjutkan series CireBon Voyage, gue selipin series Petualangan di Purwokerto dulu ya. Fresh from the oven! 😀 Selama lebih dari satu minggu, gue berada di Banyumas buat urusan pekerjaan. Nah, karena […]

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveller

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel