Tips, Budget, dan Itinerary Jalan-Jalan 2 Hari 2 Malam di Dieng

Batu Pandang Ratapan Angin, Dieng

Di tulisan sebelumnya, gue udah membahas 8 tempat wisata di Dieng yang gue kunjungi dalam 2 hari 2 malam. Buat yang belum baca, silakan klik buat baca. Maka di tulisan kali ini, gue akan fokus share tentang budget, itinerary, dan tips secara general seputar jalan-jalan di Dieng berdasarkan pengalaman gue. Tips dari gue mungkin berbeda dengan traveler lainnya, so please do your research.

Secara umum, tempat-tempat wisata utama di Dieng bisa dibabat dalam 1 hari 1 malam dan―menurut gue―masih cocok untuk berbagai kalangan dari segi usia dan derajat sosial #eh. Beberapa obyek wisata utamanya adalah: Puncak Bukit Sikunir, Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Candi Arjuna, dan Bukit Pandang Ratapan Angin. Udah, menurut gue itu aja yang wajib, selebihnya disesuaikan sama situasi dan kondisi.


Tips Jalan-Jalan di Dieng

Apakah Bisa Jalan Mandiri dan Jalan Sendiri?

Jawaban singkat: bisa banget.

Jawaban panjang: Dieng adalah sebuah desa, obyek wisatanya terletak saling berdekatan, paling cuma Bukit Sikunir aja yang agak jauh. Basecamp pendakian Gunung Prau aja masih within walking distance dari konsentrasi homestay di Dieng. Bahkan dari homestay gue ke Candi Arjuna aja bisa jalan kaki karena jaraknya nggak sampe 1 kilometer. Kalau kamu punya banyak waktu dan tenaga, kamu bisa eksplor Dieng dengan jalan kaki, ditambah sesekali ngojek. Kalau mau enak tapi murah, sewa motor aja, cocok buat solo atau duo traveler.

Nah, keputusanmu tentang gaya jalan ini akan berdampak pada moda transportasi apa yang cocok buat kamu dari kota asal ke Dieng.


Naik Apa ke Dieng, Kereta Atau Bus?

Kalau kamu adalah seorang backpacker yang mau eksplor Dieng dengan jalan kaki atau sewa sepeda motor, maka sebaiknya kamu naik bus. Dari kota-kota besar di Pulau Jawa―kayak Jakarta, Bandung, Semarang, atau Jogja―ambil bus jurusan Wonosobo. Nggak ada bus yang langsung ke Dieng. Dari Terminal Wonosobo, nanti kamu harus naik angkot lagi ke Dieng. Gue pernah cobain cara kayak gini pas gue mau nanjak Gunung Prau tahun 2014 lalu. Tanya-tanya aja sama orang terminal, atau sok akrab sama sesama backpacker yang mau ke Dieng, gue lupa juga apa nama atau ciri-ciri angkotnya.

:peace::peace:

Dalam perjalanan ke Purwokerto dengan kereta api Serayu

Stasiun kereta api terdekat dari Dieng adalah Stasiun Purwokerto. Itu pun keretanya terbatas karena lokasi Purwokerto yang ada di jalur tengah, bukan jalur utara kayak Semarang atau jalur selatan kayak Jogja ngono. Dari Jakarta atau Bandung ada kereta api Serayu, harga tiketnya Rp63.000,00 aja tapi cuma ada kelas ekonomi, 7 jam perjalanan. Ada 2 jadwal keberangkatan tiap harinya. Sebagai pejalan PJKA (Pergi Jumat Kembali Ahad) yang lebih memilih menabung cuti demi trip ke luar negeri, gue naik kereta api Serayu dengan jadwal keberangkatan jam 13:10 dari Stasiun Kiaracondong Bandung di hari Jumat, lalu kembali ke Bandung dengan jadwal keberangkatan jam 16:30 dari Stasiun Purwokerto di hari Minggu. Hari Senin paginya langsung ngantor lagi seperti biasa, wkwkwk.

:hero::hero:

Kamu juga bisa memesan online bus/mobil/van menuju Dieng dari kota kamu dan sebaliknya di Bookaway.

Kalau kamu udah reservasi persewaan mobil, dari Stasiun Purwokerto kamu tinggal minta jemput driver kamu, begitu pun sebaliknya saat kamu mau kembali ke kota asal. Dari Stasiun Purwokerto butuh kira-kira 3-4 jam perjalanan menuju Dieng. Gue juga baru tengah malem nyampe Dieng karena mampir makan dulu, hahaha.


Booking Homestay di Dieng, Online Atau Offline?

Jawaban singkat: offline, bisa telfon atau WhatsApp.

Jawaban panjang: penginapan-penginapan di Dieng nggak masuk radar online travel agent (OTA), beb. Kayaknya memang dari merekanya juga yang nggak mau masuk. Gue udah coba cari di beberapa OTA kayak Traveloka, PegiPegi, dan Booking.com. Ada sih beberapa penginapan yang terdaftar, tapi begitu review-nya dibaca, banyak banget komplen yang bilang kalau penginapannya nggak sesuai dengan yang mereka pesan dan kualitasnya mengecewakan. Kemungkinan sih itu bukan dari pihak homestay-nya yang mendaftarkan diri di OTA, tapi calo atau pihak luar.

Yowis, akhirnya gue buka Google Maps, terus gue googling setiap penginapan yang nongol di peta. Beberapa punya blog pribadi, beberapa mencantumkan nomor telfon di informasi Google Maps mereka. Gue save beberapa nomor telfon mereka yang sekiranya homestay meyakinkan, lalu gue WhatsApp satu per satu. Ada yang penuh, ada yang harganya mahal, tapi dapet juga yang sesuai kriteria: Dahlia Homestay Syariah. Review-nya bakal gue ulas di bagian berikutnya.

Di Dieng nyaris nggak ada hotel, cuma ada homestay alias penginapan sederhana di rumah-rumah warga, setau gue karena memang mereka nggak mau ada penetrasi hotel di tempat mereka. Tolong koreksi kalau ada informasi yang salah.


Rekomendasi Homestay di Dieng: Dahlia Homestay Syariah

Buat yang non-muslim, nggak usah buru-buru sensi sama kata “syariah”, lha wong gue sama dua orang temen gue juga semuanya kresten. Homestay ini cuma nggak mau mencampur tamu cowok dan cewek dalam satu kamar. Yang punya (sekaligus PIC WhatsApp-nya) adalah mbak Iin, orangnya ramah kok. Mbak Iin minta setengah dari total biaya menginap dibayarkan sebelum hari kedatangan sebagai uang muka.

Ruang bersama di Dahlia Homestay Syariah Dieng

Apakah gue takut tertipu? Jujur iya. Sebagai seorang pemuda yang biasa pake OTA, ini adalah pertama kalinya gue booking hotel di luar OTA. Tapi setelah gue telaah, akun WhatsApp-nya adalah business account, jadi insyaallah aman. Puji Tuhan semuanya berjalan dengan lancar, and this homestay is beyond my expectation!

:wow::wow:

Kami diberi kamar keluarga dengan tarif Rp400.000,00 per malam untuk bertiga, jadi tiap orang patungan sekitar Rp270.000,00 buat 2 malem. Ternyata yang dimaksud “kamar keluarga” ini adalah 2 buah kamar di lantai dua rumahnya, terpisah dari kamar lainnya di lantai 1. Tiap kamar dilengkapi dengan sebuah ranjang besar untuk berdua, TV, dan balkon kecil. Dua kamar ini disatukan oleh sebuah ruang bersama dan kamar mandi. Tenang, ada shower air panas kok di kamar mandi, meski hanya dengan tenaga gas tapi berfungsi baik. Dispenser air minum tersedia di ruang keluarga, setiap pagi akan disiapkan kopi, teh, gula, dan cangkir.

Sesaat setelah tiba di Dahlia Homestay Syariah Dieng

Ruang bersama kami di lantai 2 Dahlia Homestay Syariah Dieng

Ruang bersama kami di lantai 2 Dahlia Homestay Syariah Dieng

Kamar mandi dengan shower air panas di Dahlia Homestay Syariah Dieng

Yang gue suka dari Dahlia Homestay Syariah ini, selain harganya yang terjangkau, adalah kondisi kamar dan bangunannya secara umum yang bersiiihhh, rapi, bahkan lumayan instagrammable! Nggak ada sarapan (seperti hampir semua homestay lainnya), tapi ada cemilan di ruang bersama lantai 1. Communal room-nya luas dan nyaman, bisa buat nongkrong sama tamu lainnya. Eh tapi selama di sana kami nggak pernah lihat ada tamu lainnya sih.

Buat yang mau reservasi kamar di Dahlia Homestay Syariah, silakan hubungi mbak Iin di nomor 085226390053.

Alamatnya ada di Jl. Dieng no. 18, Krajan, Dieng Kulon. Nggak usah misuh-misuh sama mbak Iin atau sama gue kalau harganya beda sama yang gue tulis di sini. Harga penginapan di mana-mana itu fluktuatif, dari homestay sampai hotel bintang berapa pun. Harga tiket pesawat juga gitu. Yang punya penginapan punya hak penuh buat mengontrol sendiri harganya.


Rekomendasi Sewa Mobil di Dieng (+ Sopir dan BBM)

Dari mbak Iin, gue mendapat kontak mas Himin. Gue kira mas Himin ini adalah bagian dari bisnisnya mbak Iin, ternyata enggak. Jadi memang para pemilik homestay dan penyewaan mobil (dan pebisnis terkait lainnya) di Dieng saling berkoordinasi dengan baik saat ada tamu yang membutuhkan. Dengan mas Himin, kami mendapat harga Rp1.700.000,00. Mas Himin ini recommended banget! Selain harganya oke, mobilnya bagus (maaf gue lupa foto), orangnya ramah, dan sabar melayani kami yang tak tentu arah, dia juga jago ambil foto. Kalau nggak percaya, lihat aja foto-foto yang ada di artikel Dieng sebelumnya.

Hasil bidikan mas Himin di Watu Angkruk Dieng

Penting buat kamu tahu, harga dihitung per hari, bukan per 24 jam. Jadi meskipun kami baru mulai pakai hari Jumat malam, tapi udah dihitung sebagai 1 hari. Harga dari mas Himin ini menurut gue adalah salah satu harga terbaik yang gue peroleh, jadi akhirnya kami sepakati harganya.

Mas Himin bisa dihubungi di nomor 081326850099.

Sekali lagi gue tekankan, jangan merengut kalo harga yang kamu dapet beda dari harga yang gue peroleh.


Itinerary dan Budget Jalan-Jalan di Dieng 2 Hari 2 Malam

Oke, setelah membahas transportasi dan akomodasi di Dieng, sekarang gue mau share rincian pengeluaran dan itinerary perjalanan kami bulan Agustus 2019 lalu.

Untuk pengeluaran, monmaap nih nggak semuanya gue catet. Harga tiket masuk wisata Batu Pandang Ratapan Angin, Telaga Warna, dan Kawah Sikidang + Candi Arjuna masing-masing adalah Rp15.000,00. Harga tiket masuk Bukit Sikunir adalah Rp10.000,00. Harga tiket masuk Telaga Menjer adalah Rp6.000,00. Lupa berapa harga tiket masuk Watu Angkruk, tapi yang jelas murah banget. Kalau ada tempat wisata lain yang mau kamu datangi tapi nggak ada dalam daftar itinerary gue, amannya diasumsikan Rp15.000,00 aja.

Itinerary (agenda perjalanan) yang terealisasi di Dieng

Naik perahu di Telaga Menjer

Surprisingly, biaya makan di Dieng itu mahal, bahkan lebih mahal dari biaya makan gue sehari-hari di Bandung. Namanya juga tempat wisata, yekan. Untuk sekali makan, expect to pay sekitar Rp20.000,00 – Rp30.000,00. Gorengan di sekitar Bukit Sikunir harganya Rp1.000,00/biji. Nasi goreng di rumah makan sederhana Rp17.000, dan nggak memuaskan wkwkwk. Seporsi nasi tongseng kambing Rp30.000,00. Yang murah adalah pecel di depan Telaga Menjer (Rp6.000,00) dan Mie Ongklok Pak Muhadi di Wonosobo (Rp8.000, tapi jadi Rp30.000 kalo sama sate sapi).

Jadi, kalo kamu mengikuti perjalanan dengan itinerary yang mirip sama gue, siapkan buat merogoh kocek di kisaran Rp1.100.000,00 – Rp1.200.000,00 per orang. Amannya mungkin siapkan Rp1.500.000,00.


Gue dan temen-temen berpendapat supaya obyek-obyek wisata di Dieng ini terintegrasi dengan 1 sistem pembayaran berupa satu tiket terusan atau day pass gitu, supaya bisa lebih praktis dan bahkan lebih hemat. Apakah menurut gue Dieng mahal? Mm, lebih tepatnya di luar ekspektasi, karena harapan gue total pengeluarannya nggak sampai sejuta. Mungkin karena kami cuma bertiga. Kalo berempat bakal bisa di bawah sejuta mungkin. Jadi, pinter-pinter atur jumlah peserta trip aja. Kalo kamu traveling ke Dieng dalam jumlah besar, pertimbangkan mengambil paket tur atau paket wisata Dieng.

Good place, good time, good friends

Trio SNS di Telaga Warna, Dieng

Yak, selesai sudah tips, budget, dan itinerary jalan-jalan Dieng yang bisa gue bagikan kali ini. Kalo ada pertanyaan, sampaikan aja di kolom komentar atau kirim direct message di email/media sosial. Dukung gue bisa ber-PJKA lagi di kota-kota Pulau Jawa supaya bisa jadi inspirasi buat kalian sesama faqir cuti. Jangan jadikan pekerjaan sebagai halangan buat jalan-jalan! Keep learning by traveling~

41 komentar

  1. Kalau sekarang pengen ke Dieng sudah gampang. Kalau dari Jogja tinggal naik travel sampai Wonosobo. Naik ke atas sewa motor di rentalan atau malah sewa motor teman yang rumahnya Wonosobo. Urusan menginap, cukup banyak pilihan selama hanya untuk istirahat.

    1. Nais! Trimakasih buat tambahan infonya, mas.

  2. sangat menyenangkan, dulu didaerah sini malah 2 bulan saya hahaha

    1. Wah pasti puas banget tuh mas

      1. Ora mung puas mas..bossen wkwkw pengen pulang solo tiap 2mg sekali

  3. Jadi guesthousenya itu 400rb utk 2kamar ya mas? Itu harga off peak season ya?

    Kalo tahu WA itu bussiness drmn sih? Maaf gaptek hahahaha

    1. Betul, mas. Rp400rb untuk 2 kamar per malam. Bisa diklik di profil, nanti ada keterangannya.

  4. Homestay bersih … pluss air panas paling penting ; nggak kebayang dinginnya Dieng

    1. Dingin bangeeettt sampai 7 derajat!

  5. Lengkap banget, gi! Gue belum pernah ke Dieng, boleh jadi panduan nih kalau gue ke sana nanti.
    Btw, saran aja pas bagian budget dibikin list gitu aja gi biar gampang ngerti, baru dijelasin lagi detailnya kayak di atas.

    1. Tadinya mau gitu, kak. Tapi karena nggak semua kucatet, jadi nanggung. Next time seluruh budget harus dicatet biar bisa bikin list sempurna. Makasih ya 😀

  6. Ajegile, ku sedari lama sudah merencanakan diri ke Dieng bareng temen-temen kuliah, tapi belom terlaksana. Mungkin inilah waktunya…

    1. Ajegile, sekaranglah waktunya, bro

  7. Sudah lama sekali ingin berkunjung ke DIeng. Akhirnya kutemukan juga guideline terbaik nih, hehehe. Otw bookmark ah! Makasih reviewnya yang super duper lengkap ini ya bang Matius!

    1. Hey, bro. Sama-sama. Semoga bermanfaat ya.

  8. […] tengok saja semua foto-foto yang ada guenya di dalam artikel ini. Tertarik buat hire mas Himin? KLIK DI SINI untuk mendapatkan nomor kontak mas […]

  9. Wiii.. asek tenan bisa maen ke dieng,, Saya juga pingin bisa kesini juga suatu hari nanti. Mkasih infonya bisa jadi panduan nantinya

    1. Semoga segera terwujud, mas!

  10. Asik tenan iki mas.. bisa main ke dieng, Pengen juga bisa kesini suatu hari nanti, Untuk sekarang simpan dulu artikel ini biat bisa jadi panduan

  11. Sudah ada wacana kalau PT.KAI akan menghidupkan kembali jalur kereta api Purwokerto Wonosobo Mas. Jadi yang mau ke Purbalingga, Banjarnegara hingga Wonosobo bisa menggunakan moda trans Kereta Api.

    1. Nais! semoga segera terwujud, terima kasih ya infonya.

  12. terima kasih ya infromasinya 🙂

  13. Mas untuk sewa mobil Rp 1.700.000 per satu hari atau 2 hari mas??

    1. Untuk 3 hari, mbak. Durasi kami dihitung 3 hari, meski baru sampe Jumat malem tapi udah dihitung satu hari.

      1. kak, ini rental mobil anterin sampai stasiun purwokerto atau sampai hotel aja pas hari terakhir ?

      2. Sampai Stasiun Purwokerto

  14. ainunisnaeni · · Balas

    untuk tujuan destinasi yg transport dan akomodasinya agak susah memang lebih enak rame-rame share cost, biar hemat pangkal kaya gitu 😀

  15. Yayat Hidayat · · Balas

    Terimakasih kak atas infonya. Kebetulan lagi cari2 tips buat travel ke dieng. Ahahhaa soalnya pertama kali mau kesana. Jadi cari2 infonya.

    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat.

  16. Lengkap Bro, kayak makan mi ongkok pake satesapi hehehe

  17. mohon infonya mas… apa kita di jemput dari stasiun purwokerto ama mobil rentalnya

  18. […] Baca juga: Tips, Budget, dan Itinerary 2 Malam di Dieng […]

  19. Sekarang sudah ada van DAMRI dari Yogyakarta Monumen Jogja Kembali-Borobudur-Terminal Dieng, 2x sehari. Lihat IG Damri Yogyakarta.

    1. Makasih tambahan infonya bro

  20. dduuh senang banget bisa ketemu tulisan ka nugi, aku mau ke wonosobo nyari penginapan, eeh malah dapat bonus tempat2 wisatanya juga 🙂

    1. Halo, kak Sarah. Aaakkk senangnya tulisanku bisa bermanfaat. Happy traveling!

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu