5 Destinasi Wisata Keren yang Bisa Dikunjungi Naik Kereta Api

Gue yakin nggak cuma gue doang yang suka traveling dengan kereta api. Selain harga tiketnya yang terjangkau, bebas macet (jadwal kereta api sekarang udah nyaris selalu on time), perjalanan dengan kereta api juga menawarkan suasana romantis dan pemandangan alam Indonesia yang eksotis!

Kereta api juga memiliki rute menuju kota-kota di Pulau Jawa yang penuh destinasi wisata menarik untuk dieksplor. Nah, berikut ini ada 5 kota dengan destinasi wisata keren yang bisa kamu kunjungi dengan naik kereta api untuk tujuan liburan kamu selanjutnya.

Baca juga: Sebuah Cerita Perjalanan Bandung-Solo dengan Kereta Api Lodaya Pagi


1. Bandung

Yang pertama, tentu saja, kota tempat gue merantau saat ini. Berlokasi tidak begitu jauh dari Jakarta, Bandung memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata menarik yang bisa dijelajahi. Dari wisata arsitektur, sejarah, kuliner, belanja, budaya, sampai alam semua ada! 

Melalui persawahan dan bentang pegunungan bumi pasundan

Perjalanan kereta api Jakarta-Bandung ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam dan paling seru dilakukan pada pagi hingga sore hari karena kamu bisa melihat pemandangan apik selama perjalanan. Mulai dari suasana pedesaan yang tenang, padi yang menghijau (atau menguning, tergantung musim panen atau tidak) dan juga perbukitan serta lembah hijau yang sangat cantik. Tak ketinggalan Jembatan Cikubang yang membuat hati gamang tapi juga sekaligus indah dipandang.

Dari Stasiun Bandung, kamu bisa menuju penginapan atau destinasi wisata dengan angkot, ojol, atau taksi (online dan offline). Di sekitaran stasiun juga banyak hotel/hostel maupun lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Contohnya adalah kawasan Pasar Baru, pecinan, Jalan Braga, Jalan Asia-Afrika, Masjid Raya Bandung, Alun-Alun Bandung, dan Balai Kota Bandung.

Baca juga: Mengunjungi 3 Tempat Wisata Kekinian di Bandung

Jalan Asia-Afrika, Bandung
Panorama pusat kota Bandung dari U Janevalla Hotel

Berikut ini adalah beberapa review hotel/hostel di dekat Stasiun Bandung yang pernah gue inapi, klik untuk membacanya:

  1. Bandung House dan Pinisi Backpacker Hostel
  2. d’Sofia Hotel alias RedDoorz Premium near Bandung Station (bedakan dengan Grand Sofia Hotel)
  3. Zest Hotel Sukajadi

2. Cirebon

Masih di Jawa Barat namun sedikit lebih jauh, ada si kota udang Cirebon. Gue juga pernah tinggal di kota ini selama 2 bulan. Lama tempuhnya dari Jakarta pun masih di kisaran 3 jam!

Cirebon cocok buat kamu yang suka wisata sejarah dan kuliner. Keratonnya aja ada 4 lho! Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Kacirebonan, dan Kaprabonan. Belum lagi Tamansari Gua Sunyaragi yang unik! Buat kuliner, puas-puasin deh dengan empal gentong, nasi jamblang, empal asem, nasi lengko, dan banyak lagi. Petualangan kuliner gue bisa dibaca di: Bertualang Kuliner di Cirebon

Gua Sunyaragi, Cirebon
Memilih lauk di Nasi Jamblang Ibad Otoy Cirebon

Ada 2 stasiun kereta api di Cirebon: Stasiun Cirebon dan Stasiun Prujakan. Kereta api ekonomi biasanya berhenti di Stasiun Prujakan. Lokasinya nggak sestrategis Stasiun Cirebon, tapi masih di kota kok.

Rekomendasi hotel: Ibis Budget Cirebon dan Cordela Hotel Cirebon


3. Semarang

Ibukota Jawa Tengah ini pun sangat menarik untuk dikunjungi. Perjalanan Jakarta-Semarang dengan kereta api sendiri membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Semarang menyimpan banyak destinasi wisata yang seru untuk dijelajahi, utamanya wisata sejarah, budaya, dan gastronomi. Mulai dari Lawang Sewu yang ikonik dan legendaris, kawasan Kota Lama dengan bangunan bergaya khas Belanda, hingga Pagoda Avalokitesvara yang memesona! Ada juga Klenteng Sam Poo Kong bagi yang ingin berwisata religi sambil berburu foto estetik, atau Masjid Agung Jawa Tengah yang memadukan arsitektur Romawi dan Timur Tengah. Kamu juga bisa sedikit melipir ke untuk mengunjungi Candi Gedong Songo dan setelahnya mampir ke Ayanaz Gedong Songo untuk bersantai.

Sepasang menara Lawang Sewu yang cantik
Lumpia-lumpia siap disajikan di Gang Lombok

Baca juga: Itinerary Sehari Mengunjungi 6 Tempat Wisata di Semarang

Doyan kulineran? Semarang juga punya banyak menu menarik untuk dicicipi. Sebut saja lumpia yang sudah tersohor ke seantero negeri, soto bangkong, tahu gimbal, dan masih banyak lainnya. Untuk lumpia, kamu bisa mampir ke Gang Lombok sambil menikmati suasana klenteng dan pecinan, jangan kesiangan ya! Jelang malam, saatnya kulineran di Warung Semawis yang legendaris. Buat oleh-oleh, bandeng Juwana biasanya jadi salah satu pilihan.

Rekomendasi hotel: Neo Candi Semarang


4. Yogyakarta

Siapa yang tak kenal kampung halaman gue ini? Kota dengan banyak sekali pilihan destinasi wisata menarik menjadikan Yogyakarta jadi sasaran destinasi wisatawan domestik dan luar negeri. Rasanya nggak bosen-bosennya sama Jogja! Selain suasananya yang ngangenin, juga selalu ada yang baru. Gue yang lahir dan besar sama Jogja aja nggak pernah bosen sama kota ini.

Pantai Sadeng di perbatasan kab. Gunungkidul dengan Jawa Tengah
Berpose di hadapan sang surya di Bukit Pengilon

Sama seperti Bandung, Yogyakarta menawarkan paket wisata lengkap, dan malah menyimpan segudang destinasi seni dan budaya yang lebih banyak. Alamnya pun macam-macam, dari pantai pasir putih, gua, susur sungai, persawahan, perbukitan, hingga gunung berapi. Nggak perlu khawatir soal budget, biaya makan dan penginapan di Jogja itu murah banget! Asal jangan terjebak tourist trap aja, hehe.

Buat kamu yang udah bosen sama tempat-tempat mainstream macam Jalan Malioboro dan Keraton, kamu bisa melipir ke Bukit Pengilon, Puncak Kleco Nanggulan, Gunung Purba Nglanggeran, Kebun Buah Mangunan, dan masih banyak lagi. Mau ke candi? Selain Prambanan, kunjungi juga Candi Ratu Boko, Candi Sewu, dan lain-lainnya.

Pemandangan indah dari puncak mercusuar Pantai Pandansari, Bantul
Pos peristirahatan Gunung Purba Nglanggeran

Siapkan juga perutmu untuk berpetualang kuliner di kota gudeg ini! Dari kuliner khas seperti gudeg, lopis, mangut lele, bakmi jowo, atau sate klathak, hingga cafe-cafe khas Jogja seperti Kopi Ampirono, Kopi Klotok, atau Kebon Ndalem.


5. Solo

Kota di Jawa Tengah ini juga punya sejuta pesona bagi kamu yang suka berlibur. Pilihan tempat wisata di kota ini juga tak kalah banyaknya dari kota-kota sebelumnya. Mulai dari wisata budaya, seperti Keraton dan Masjid Agung Surakarta, Pura Mangkunegaran, Pasar Gede Hardjonagoro, hingga Candi Cetho di ketinggian yang menyajikan suasana bak Pulau Dewata Bali! Sekilas, Solo memang mirip Yogyakarta.

Bedanya, menurut gue yang orang Jogja, kuliner Solo itu lebih beragam! Dari jajanan-jajanan seperti es dawet telasih dan serabi notosuman, hingga makanan utama seperti tengkleng, selat solo, nasi liwet, dan timlo. Bahkan, ada babi pikul yang legendaris di Pasar Gede! Baca ceritanya di: 2 Hari Bertualang Kuliner di Solo

Rekomendasi hotel: HARRIS Hotel Solo

Es Dawet Telasih tapi bukan yang Mbok Dermi
Jalan kaki di sepanjang Jalan Slamet Riyadi saat Minggu pagi

Perjalanan Jakarta-Solo biasanya ditempuh dalam waktu 8,5 jam. Kamu bisa langsung menuju Solo, atau ke Jogja dulu dan melanjutkan perjalanan dengan KRL Jogja-Solo. Mau turun di Stasiun Balapan atau Stasiun Purwosari, sesuaikan dengan lokasi hotelmu ya.


Itulah lima kota besar di Pulau Jawa dengan pilihan destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Bicara soal tiket kereta api, kamu bisa dengan mudah lho pesan tiketnya secara online di Traveloka. Segera booking tiket KAI resmi di sini agar rencana liburan kamu jadi kenyataan! 

Oke, yes, masih ada banyaaakkk banget kota yang belum dibahas, terutama kota-kota di Jawa Timur. Berhubung gue belum banyak eksplor Malang dan Surabaya (ke sana saat sekolah dan kuliah, saat itu insting menjelajahnya masih kerdil), jadi nanti akan gue share di tulisan berikutnya. Ada lagi Dataran Tinggi Dieng yang bisa kamu capai dengan naik kereta api sampai Purwokerto.

Lodaya Pagi saat meliuk di bumi parahyangan

Baca juga: Tips, Budget, dan Itinerary 2 Malam di Dieng

Jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan untuk melindungi diri dari kemungkinan penularan virus COVID-19 ya. Selamat berlibur!

4 komentar

  1. Aku baru sekali naik kereta api yg di Indonesia ya mas :D. Pas ke JKT – solo. Itu juga udah lamaaaa , sebelum kereta sebagus sekarang :D. Mungkin bisa jd yg bikin aku ga tertarik lagi naik KA, Krn pengalaman pertama itu .

    Skr sih aku denger KA udh banyak banget berubah. Jauh LBH bagus pastinya. Pengen sih nyoba. Tp mungkin sehabis pandemilah. Kereta api luxury yg ke surabay itu mas, aku pgn banget cobain itu.

    Apalagi pas liat seat nya kayak kursi kls bisnis di pesawat 😀 . Kalo yg begitu aku mau pastinyaaa 😀

    1. Ayo naik kereta lagi, mbak. Aku juga pengen naik kereta priority atau luxury itu for the sake of experience (meski dari harga lebih mahal dari pesawat).

  2. Sebenarnya aku malah kepikiran ke Purwokerto naik kereta kalau dari Jogja, mas. Enak kayake.
    Misalkan ke Semarang naik Kereta dari Jogja rada ribet. Muter-muter.

    1. Nah iya asik tuh mas, dari Purwokerto lanjut ke Semarang gitu ya 😀

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Ulasan tempat, catatan perjalanan, dan daily blog

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

berjalan dan bercerita

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Jalan-Jalan Terus!

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: