Category Solo

Berjalan Menyusuri Jalan Slamet Riyadi Untuk Berburu Kuliner di Pasar Gede Hardjonagoro Solo

Sesungguhnya, kelopak mata ini masih terasa berat ketika suara nyaring alarm gawai membangunkanku pagi itu. Namun karena sudah berjanji untuk bertemu jam 6 pagi di lobi HARRIS Hotel Solo dengan beberapa rekan kantor, aku memaksakan diriku untuk bangun dan terhuyung menuju kamar mandi. Tanpa membasuh seluruh badan, aku mempersiapkan diriku dengan hanya mencuci muka dan […]

Review HARRIS Hotel Solo, Ada Kolam Renang Infinity Pool!

HARRIS Hotel and Conventions Solo beralamat di Jalan Slamet Riyadi no. 465, Purwosari, Surakarta. Dari alamatnya kita udah tau, hotel ini cuma sepelemparan Ipod dari Stasiun Purwosari. Sayangnya kereta api Lodaya yang kami naiki nggak berhenti di Purwosari, cuma berhenti di Stasiun Solo Balapan. Jadi kami masih harus naik GoCar sekitar 3 km menuju hotel. […]

Sebuah Cerita Perjalanan Bandung-Solo Bersama Kereta Api Lodaya Pagi

Waktu sudah menunjukkan pukul 6:55 ketika pengemudi ojol tiba di depan gerbang kost-ku di Gang Guan no. 16¾ (alamat sengaja disamarkan untuk melindungi penulis dari stalkers). Jam 7:20, keretaku akan bertolak dari Stasiun Kereta Api Bandung. Jelas, perkiraan waktu keberangkatanku meleset, molor karena―seperti biasa―tanpa sadar mandi terlalu lama. “Bang, kalo bisa yang cepet ya,” pintaku […]

Pengalaman Baru Naik Kereta Api Solo Ekspres dari Jogja

  Sudah bertahun-tahun kawasan metropolitan Yogyakarta dan Solo Raya dilayani oleh kereta rel diesel elektrik (KRDE) Prambanan Ekspres atau yang biasa disingkat Prameks. Kalau Jabodetabek punya Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, maka Jogja punya Prameks. Kehadirannya merupakan jawaban atas tingginya frekwensi masyarakat yang bepergian di antara kota Jogja dan Solo, seperti untuk bekerja dan […]

[Review] Tune Hotels / Red Planet, Solo: Minimalis Fungsional

Sebenarnya, lokasi Tune Hotels Solo (yang sekarang sudah berganti nama menjadi Red Planet) masih berada di kawasan pusat kota Surakarta. Tepatnya di Jalan Dr. Soepomo 49. Namun, mungkin karena sopir bus Batik Solo Trans yang gue naiki saat itu kurang awas dengan keberadaannya, dia pun sempat bingung saat gue lontarkan pertanyaan tentang Tune Hotels Solo. […]

Sepenggal Siang di Pura Mangkunegaran

Pintu gerbang itu berdiri beberapa meter di hadapanku. Aku sempat ragu, itukah pintu masuk menuju Pura Mangkunegaran? Beberapa sepeda motor terparkir di depannya, lalu seorang wanita paruh baya berjalan memasuki gerbang. Aku memantapkan diri, berjalan melalui pintu gerbang yang hanya setengah terbuka pada satu sisi itu. Tak ada yang menghalangi langkahku. Tiba di dalam kompleks, […]

Memahami Arsitektur Masjid Agung Surakarta

Aku berjalan meninggalkan Pasar Gede Hardjonagoro dan Katedral Santo Antonius menuju Alun-Alun Utara Surakarta. Sejenak tertarik dengan Benteng Vastenberg yang berdiri di tengah kota, mengitarinya untuk menemukan jalan masuk, lalu pergi dengan sedikit kecewa karena rupanya benteng itu dibiarkan terbengkalai. Semak-semak dan rumput tumbuh liar mengelilingi benteng, padahal konon benteng ini lebih besar dari Benteng […]

Dua Hari Bertualang Kuliner di Solo, Jawa Tengah

Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, masih semarak dengan ornamen-ornamen Tionghoa saat aku tiba di hadapannya pagi itu. Aku turun dari bus Batik Solo Trans Koridor 2 yang kunaiki dari Stasiun Purwosari, bergegas menghampiri pasar dan siap memulai petualangan kulinerku hari ini. Rupanya aku datang terlalu pagi saat sebagian besar pedagang pasar masih bersiap-siap untuk menggelar lapaknya. […]

Selalu Ada Jalan Untuk Pulang

Kereta Matarmaja berderak cepat menerabas gelapnya malam kala itu. Aku berusaha untuk membuat diriku duduk senyaman mungkin di dalam gerbong 5 yang semua kursinya terisi penuh. Sayangnya kereta Matarmaja ini masih menggunakan gerbong tipe lawas. Memang sih, sudah ada colokan listrik, pun fasilitas AC yang menempel di langit-langit gerbong yang menghembuskan udara dingin sekedarnya. Tapi […]

Suatu Sore di Pandawa

Hai hai, kaum backpacKeren dan travelista yang keren bingits! Kali ini gue mau cerita nih acara jalan-jalan gue ke Pandawa kemarin. Buat yang belum tahu, Pandawa adalah sebuah waterpark yang ada di Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo. Pandawa ini udah jadi waterpark paling keren sejagad Jawa Tengah dan Selatan, walaupun kalau dibandingkan sama Waterboom Cikarang atau […]

Terminal Tirtonadi Solo

Naaahhh terminalnya Solo itu namanya Terminal Tirtonadi. Kayaknya sih ada perubahan sekarang dari yang jaman baheula. Gue kan mau naik Bandung Express buat balik ke Bandung. Gue lantas masuk dari pintu depan, terus masuk ke gedung terminalnya. Nah, loket-loket bus berjajar di sudut gedung. Jadi jangan dicari di luar ya. Petugas resmi punya kartu identitas. […]

Jalan-Jalan di Solo: Galabo yang Tidak Terlalu Ramai

Akhirnya tanggal 5 kemarin gue punya kesempatan buat jalan-jalan di Solo. Cuma di satu tempat sih, tapi nggak apa-apa haha. Gue emang udah pernah beberapa kali ke Solo, tapi itu semua karena ada acara, dan begonya gue nggak menyempatkan diri buat jalan-jalan. Kemarin setelah kelar jadi panitia camp yayasan, gue sempetin buat sedikit jalan-jalan. Cuma […]

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Denai Bumantara

Travel - Foto - Ebook - Review - Tips

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Hi, Tom!

A Journey Story by Iwan Tantomi

Koh Huang

Jalan-jalan Tak Sekedar Foto

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

The Spiffy Traveller

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai