Hotel Cordela Cirebon, Rekomendasi Bintang 2 di Kota Udang

Terletak hanya 4 jam perjalanan kereta api dari Bandung (dan Jakarta), membuat Cirebon cocok jadi pelarian singkat selama 2 hari di akhir pekan. Selain itu, kalau kehabisan kereta, Kota Udang ini juga dapat dicapai dengan bus Bandung-Cirebon yang hanya seharga Rp 50.000,00 atau travel shuttle car seharga kurang lebih Rp 200.000,00.  Jadilah, weekend  7-8 Oktober 2017 lalu, gue dan temen-temen traveling singkat di Cirebon, Jawa Barat.

Selama 2 hari 1 malam, kami menginap di Hotel Cordela Cirebon. Pemilihan hotel ini berawal dari Media Trip di Hotel Grand Cordela Bandung yang gue ikuti bulan Juli 2017 lalu. Dari acara itu, seluruh peserta mendapatkan voucher menginap 1 malam di seluruh unit hotel Omega Hotel Management di Bandung, Kuningan, Jakarta, Cirebon, Yogyakarta, Bali, Pangkal Pinang, atau Medan. Karena udah bosen sama Jakarta dan Bandung, tapi juga berat diongkos kalau harus ke Bali, Pangkal Pinang, apalagi Medan, maka Cirebon gue tetapkan sebagai pilihan.

 

Lokasi

Hotel Cordela Cirebon beralamat di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo no. 111 Pekiringan, Kesambi, kota Cirebon. Lokasinya sangat strategis, karena berada di pusat kota Cirebon. Dekat dengan Cirebon Super Block (CSB), Nasi Jamblang Ibu Nur, Nasi Jamblang Ibad Otoy, Empal Gentong Mang Darma, Nasi Jamblang Mang Dul, Seafood H. Moel, Grage Mall, dan tempat-tempat makan menarik lainnya.

Untuk mencapainya, kami memilih layanan Go-Car dengan tarif Rp 10.000,00 saja dari Stasiun Cirebon Kejaksan.

 

Check-In dan Lobi

Dengan kereta Ciremai Ekspres yang berangkat pukul 6:15 dari Stasiun Bandung, kami tiba di Stasiun Cirebon pukul 10:30. Sesampainya di hotel, kami belum bisa check-in, maka kami menitipkan tas lebih dulu di resepsionis. Petugas lalu memberikan sebuah kartu untuk nanti diberikan saat kami mengambilnya kembali. Hal serupa juga kami lakukan saat check-out keesokan harinya.

resepsionis hotel cordela cirebon

cordela hotel cirebon (chc) lounge

seating area cordela hotel cirebon

seating area cordela hotel cirebon

seating area cordela hotel cirebon

suasana lobi cordela hotel cirebon
(in frame: bunga erwita dan dika vemberiadi)

Proses check-in berjalan dengan cepat. Seperti biasa, tamu akan diberikan smart card untuk mengakses elevator, pintu kamar, dan sumber daya (listrik). Sekiranya harus menunggu, ada sofa-sofa dan kursi-kursi nyaman di area lobi. Di sudut ruangan juga ada CHC Lounge berupa coffee shop dengan bar dan kursi-kursi tingginya. Gue sempet ngintip daftar menunya, pilihan kopinya cukup bermacam-macam seperti Black Coffee, Cappucino, Latte, dan sebagainya, dengan harga yang masuk diakal pada kisaran Rp 20.000,00-an. Toilet juga tersedia buat pengunjung yang belum bisa check-in tapi udah kebelet. Wastafel dan toiletnya bersih, wangi, dan modern!

 

Fasilitas Kamar

Hotel Cordela Cirebon memiliki 52 kamar, yang terdiri dari 40 Deluxe Room dan masing-masing 4 kamar Deluxe Business, Deluxe Executive, dan Family Room. Kecuali Family Room, tiap kamar dapat mengakomodasi hanya 2 orang. Nggak bisa ditambah Extra Bed sih karena keterbatasan ruangan.

Kamar Deluxe seperti yang kami pesan dapat diinapi dengan rate Rp 200.000 – Rp 300.000,00 / malam lengkap dengan sarapan. Fasilitasnya cukup lengkap untuk sebuah hotel bintang 2: ranjang Queen Size atau Twin Bed, meja kerja, TV, telepon, air mineral, complimentary snacks (biskuit, kopi, teh, gula, dan krimer), teko pemanas dengan cangkir, AC, wifi, lemari, dan toilet / kamar mandi dengan shower air panas. Nggak ada perbedaan berarti antara Deluxe, Deluxe Business, dan Deluxe Executive selain ukuran yang lebih luas.

Buat Family Room, sebetulnya ini adalah 1 kamar dengan ranjang Queen Size dan 1 kamar di sebelahnya dengan ranjang Twin Bed yang dihubungkan dengan Connecting Door. Deluxe Business, Executive, dan Family Room memiliki fasilitas tambahan berupa sebuah mini sofa panjang di tepi ruangan, seperti yang gue inapi di Grand Cordela Hotel Bandung. Di Family Room, kamu juga bisa dapet kamar dengan pemandangan.

complimentary water and snack

kopi, teh, krimer, cangkir, dan teko pemanas

televisi di kamar cordela hotel cirebon

nyaman beristirahat di cordela hotel cirebon

wastafel, toilet, dan shower

kiri: lemari penyimpanan, kanan: pemandangan dari jendela kamar

Buat area shower, seperti hotel-hotel budget jaman now, didesain dengan dinding plastik. Sebetulnya cukup luas sih, tapi karena gue mandinya cukup aktif (lo bayangin sendiri deh tuh gimana itu “mandi aktif”, hahaha), jadi siku gue sempet beberapa kali kejeduk dinding. Area shower dan toilet dipisahkan dengan dinding kaca.

 

Sarapan dan Ruang Makan

Ruang makan Hotel Cordela Cirebon ada di lantai 1 di atas lobi. Beberapa set meja dan kursi warna-warni ditata di dalam sebuah ruangan yang cukup lapang, berdindingkan jendela kaca dengan gaya floor-to-ceiling. Selain itu, ada pula outdoor seating area buat pengunjung yang lebih suka menikmati pemandangan luar. Walaupun nggak terlalu tinggi, tapi lumayanlah bisa mengamati jalan raya dan gedung-gedung di sekitarnya.

kopi, puding, buah, bubur, dan roti tawar

nasi goreng dan lauk pauk

nasi uduk dan lauk pauk

Menu sarapan Cordela Hotel Cirebon hampir serupa dengan menu sarapan di Grand Cordela Hotel Bandung, tapi dalam versi yang lebih mengerucut. Pertama, buat appetizer dan desert, ada puding, buah-buahan, sereal, bubur kacang ijo, dan roti yang bisa dibakar atau dioles-oles gitu aja. Nasinya tersedia dalam pilihan nasi putih, nasi goreng, dan nasi uduk. Nasi uduknya enaaakkk. Lauk pauknya juga cukup beragam, kayak daging, cap cay, bihun, telur balado, dan tahu. Buat pilihan minum, seperti biasa, ada kopi, teh, dan jus.

 

Fasilitas Meeting Room

Hotel Cordela Cirebon memang nggak punya fasilitas kolam renang, fitness center, apalagi spa and massage. Tapi hotel ini menawarkan 3 buah Meeting Room yang bernama Patran Keris 1, Patran Keris 2, dan Patran Keris 3. Masing-masing memiliki luas 86 m², 76 m², dan 38 m². Untuk Patran Keris 1, misalnya, mampu mengakomodasi 80 orang berdiri, 60 orang dengan susunan teater, 38 orang dengan susunan class room, masing-masing 30 orang untuk susunan board room dan round table, atau 22 orang untuk susunan u-shape.

 

Kesimpulan

Dengan tarif per malam tak sampai Rp 300.000 yang dapat mengakomodasi 2 orang, Hotel Cordela Cirebon is one of your best bet di kota ini. Selain buat traveler muda, keluarga, dan business traveler, hotel ini juga pas buat kegiatan perusahaan kecil berkat fasilitas meeting room-nya.

ruang makan indoor cordela hotel cirebon

ruang makan outdoor cordela hotel cirebon

cordially served you

Lokasinya strategis banget! Mau kulineran atau nongkrong, tinggal jalan kaki. Dari stasiun atau Keraton Kasepuhan, tinggal naik Go-Car atau Grab Car yang paling-paling cuma bayar Rp 10.000,00. Kamarnya cukup luas, ada kopi dan teh, teko pemanas, dan slippers (sandal hotel). Hotel bintang 2 lainnya belum tentu menyediakan kopi dan sandal lho, hehe. Menu sarapannya termasuk beragam buat sekelas hotel bintang 2. Kalau kelaperan malem-malem, ada coffee shop dan in-site restaurant. Pokoknya kalua travelearners ke Cirebon, Hotel Cordela akan jadi rekomendasi gue!

Iklan

36 thoughts on “Hotel Cordela Cirebon, Rekomendasi Bintang 2 di Kota Udang

  1. Buat yang ke Cirebon untuk aktif jalan-jalan, kayanya emang hotel ini pas banget. Harga terjangkau dan fasilitasnya cukup lengkap. Tapi yang paling suka adalah kabar kalau di Cirebon udah ada taksi online 😀

  2. Sekarang hotel mah banyak dicari orang ya mas.. Gak cuma buat yang lagi melancong, tapi juga liburan, pacaran (eh), bisnis meeting, dll… Fasilitasnya raya2 pasti begitu ya… Hhehe.. Btw.. Itu mas nug emg gak pernah lepas dr kaos tanpa lengan yak. Aku gak pede.. Bulu ketek kiwir2. Dan suka keringetan. Kebayang kan kalo ada yang deket2. Langsung mencium aroma semerbak. Wkwkwk. Gak punya juga sih kaos begituan juga sihhh

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s