14 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Semarang

Predikatnya sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah sekaligus kota terbesar ke-5 di Indonesia (setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan) membuat Semarang menjadi kota yang mudah dijangkau. Layanan transportasi dengan bus, kereta api, pesawat, bahkan kapal tersedia untuk melayani kota ini. Namun, pamor pariwisata Semarang masih kalah jika dibandingkan dengan dua kota tetangganya yang berukuran lebih kecil — Yogyakarta (Jogja) dan Surakarta (Solo).

Yuk, kita angkat pariwisata Semarang. Kota ini memiliki beragam atraksi wisata religi, sosial, budaya, arsitektur, bahkan alam yang layak untuk dihargai.

Nah, bertepatan dengan momen Valentine ini, gue dan teman-teman dari Travel Bloggers Indonesia (TBI) bersepakat membuat sebuah #posbar (posting bersama) bertemakan #14on14. Kebetulan gue lagi membahas Semarang di blog ini, jadi gue cocokkan tema #14on14 tersebut dengan apa yang lagi gue kerjain di blog ini. Tulisan ini sekaligus menjadi rangkuman perjalanan gue di Semarang pada 2-3 Januari lalu, mencakup tips-tips penting dan panduan itinerari.

Oke, tanpa perlu berlama-lama ngobrol ngulon ngetan, ini dia 14 hal tentang Semarang yang harus kamu tahu:

  1. Semarang memiliki 2 stasiun kereta api, yakni: Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol. Stasiun Poncol yang beralamat di Jl. Imam Bonjol ini terletak dekat dengan objek wisata Lawang Sewu / Simpang Tugu Muda. Jadi kalau kamu tiba di Semarang pada pagi hari di stasiun ini, maka Lawang Sewu sebaiknya kamu jadikan sebagai destinasi pertama. Bisa dijangkau dengan berjalan kaki.
  2. Tiket masuk Lawang Sewu adalah Rp 10.000,00. Catettt!!! #travelerperhitungan

    Gedung A Lawang Sewu, tampak dari dalam kompleks

    Gedung A Lawang Sewu, tampak dari dalam kompleks

  3. Destinasi wisata selanjutnya adalah kawasan Kota Lama dan Gereja Blenduk. Kalau mau masuk ke Gereja Blenduk, pengunjung diminta untuk memberikan sumbangan sebesar Rp 10.000,00. Catettt!!!
  4. Kawasan Kota Lama Semarang berada dekat dengan Pasar Johar (pasar tradisional terbesar di Semarang), Kranggan, dan Pekojan — kampung Arab dan kampung Gujarat-nya Semarang. Toko-toko emas berderet di sepanjang jalan.

    Persimpangan Kota Lama Semarang

    Persimpangan Kota Lama Semarang

  5. Kawasan Pecinan Semarang ada di kawasan Gang Lombok. Ada Klenteng Tay Kak Sie yang dapat kamu kunjungi, gratis! Bisa mencoba Ciam Si (seni meramal Tiongkok) dengan memberikan sumbangan seikhlasnya. Lumpia Gang Lombok yang terkenal itu juga ada di sini. Catettt!!! Datang pagi-pagi atau kamu akan kehabisan lumpianya, kayak gue. Huft.

    Detil ukiran di pintu masuk klenteng Tay Kak Sie

    Detil ukiran di pintu masuk klenteng Tay Kak Sie

  6. Ingin menikmati pusat kuliner jalanan seperti di Jalan Alor, Malaysia? Kamu bisa berkunjung ke Warung Semawis pada malam hari. “Warung” di sini bukan “warung” yang sebenarnya, namun sebuah jalan di pecinan yang disulap menjadi pusat kuliner jalanan. Saat siang hari, Warung Semawis hanyalah sebuah jalanan pertokoan biasa. Saat hujan, Warung Semawis tutup lebih awal.

    Saat siang hari, Warung Semawis hanyalah sebuah jalan biasa

    Saat siang hari, Warung Semawis hanyalah sebuah jalan biasa

  7. Destinasi berikutnya adalah Klenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan atau Kedungbatu. Klenteng terdiri atas komplek luar dan komplek dalam. Jika hanya melihat-lihat di komplek luar, cukup membayar Rp 3.000,00. Kalau mau masuk ke komplek dalam (di mana klenteng dan tempat sembahyang berada), pengunjung harus membayar lagi Rp 10.000,00 kecuali untuk para jemaat. Itu adalah tarif untuk wisatawan domestik, tarif untuk wisatawan mancanegara beda lagi: Rp 10.000 untuk komplek luar dan Rp 20.000 untuk komplek dalam. Klenteng mulai buka jam 07.00 pagi. Catettt!!!

    Cakrawala terbuka di Klenteng Sam Poo Kong

    Cakrawala terbuka di Klenteng Sam Poo Kong

  8. Ada lagi destinasi budaya Tiongkok yang nggak boleh dilewatkan: Pagoda Avalokitesvara. Nggak ada biaya masuk, cukup bayar biaya parkir. Tapi lokasinya jauh, ada di daerah Watugong.

    Pagoda Avalokitesvara, Semarang

    Pagoda Avalokitesvara, Semarang

  9. Untuk wisata religi Islami, berkunjunglah ke Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki 6 payung hidrolik raksasa seperti di Masjid Nabawi, Madina. Nggak ada biaya masuk, cukup bayar biaya parkir. Pengunjung dapat naik ke Menara Asmaul Husna dan masuk ke dek observasi dengan membayar Rp 3.000 (untuk kunjungan jam 08.00-17.30). Harusnya ada lagi jam kunjungan pukul 17.30-21.00 dengan membayar Rp 4.000, tapi waktu gue ke sana sekitar pukul 17.00, dek observasi sudah tutup dan baru dibuka lagi beberapa puluh menit kemudian.

    Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

    Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

  10. Transportasi dalam kota Semarang dilayani oleh angkot, bus lama, dan BRT Trans Semarang. Ongkos angkot standar Bandung sih, mulai Rp 3.000,00. Ongkos Trans Semarang juga Rp 3.000. Tinggal naik dari halte yang tersedia, lalu membayar di dalam bus kepada kondektur. Iya, nggak ada petugas di halte kayak Trans Jakarta atau Trans Jogja. Saat ini, Trans Semarang memiliki 3 koridor, dan ingat: Trans Semarang HANYA beroperasi sampai sekitar pukul 18.00. Catettt!!!

    Bus dan halte Trans Semarang. Sumber: haysanta.blogspot.com

    Bus dan halte Trans Semarang. Sumber: haysanta.blogspot.com

  11. Pusat oleh-oleh Semarang ada di Jalan Pandanaran, nggak jauh dari Simpang Tugu Muda. Kamu bisa membeli lumpia, bandeng presto, wingko babat, dll.
  12. Kawasan kuliner di Semarang ada di Warung Semawis, Simpang Lima, dan Taman BK. Warga asli Semarang, mau menambahkan? Beberapa kuliner khas Semarang yang sebaiknya harus kamu coba adalah Tahu Gimbal, Lumpia, Nasi Ayam Semarang (semacam nasi uduk, namun sedikit berkuah santan), dan Soto Bangkong. Masak jauh-jauh ke Semarang makannya Nasi Padang juga?

    Tahu Gimbal, kuliner khas Semarang

    Tahu Gimbal, kuliner khas Semarang

  13. Saat cuaca cerah dan musim kemarau, Semarang memang panasss!!! Namun saat cuaca mendung, suhu di Semarang relatif adem. Awas, sama seperti Jakarta, beberapa ruas Jalan Semarang akan tergenang air saat diguyur hujan deras. Persiapkan outfit dan perlengkapan yang mendukung, seperti: payung atau jas hujan, sepatu boot atau sandal, baju hangat, dan maskara anti badai. #eh
  14. Terakhir, tolong banget diingat: Semarang itu ada di Jawa Tengah, bukan Jawa Timur. Serius, ada temen gue yang nggak bisa bedain Semarang dan Surabaya.

*ngeles* *padahal biar lengkap 14 aja* *udah bingung mau nulis apa lagi*

Untuk kawasan hotel murah, sebaiknya langsung tanyakan pada web reservasi hotel terdekat seperti travelio.com #eaaa #promosimeneh

Kenapa? Karena “murah” itu relatif. Jadi untuk hotel, lebih baik cari sendiri, tentukan harganya sendiri, lalu bayar sendiri-sendiri. Oke? Let’s learning by traveling. Cheers!

Baca juga tulisan #14on14 yang lain:

Albert Ghana – 14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat

Arie Oktafriyanto – 1 Ragam Wisata dari Tanah Kelahiran

Astin Soekanto – 14 Motif Tenun dari Nusa Tenggara

Danan Wahyu – 14 Alasan ke Kerinci

Fahmi Anhar – 14 Wisata Menarik di Dubai

Dea Sihotang – 14 Things to Do in Paris

Wisnu Yuwandono – 14 Foto Romantis di Sekitar Kepulauan Komodo

Sutiknyo “Tekno Bolang” – 14 Senja yang Bikin Kamu Galau

Yofangga Rayson – 14 Film Inspirasi Perjalanan

Danang Sapar – 14 Hal yang Manis dan Murah di Inggris

Titiw Akmar – 14 Lagu Momen Untuk Traveling

Indri Juwono – 14 Tindak Tanduk Asyik di Wae Rebo

Ridwan Sidik – 14 Barang yang Sebaknya Kamu Bawa Ketika Traveling

Lenny Lim – 14 Travel Selfies Around USA

Parahita Satiti – 14 Tempat Cantik Untuk Natarajasana

Olive Bendon – 14 Langkah Menikmati Perjalanan Tak Biasa

Rembulan Soetrisno – 14 Places I Would Want to Share with My Loved One

Wira Nurmansyah – 14 Tips Simpel Agar Komposisi Foto Makin Kece

Bobby Ertanto – 14 Tips SEO Basic Travel Blogging Ala VirusTraveling.com

Atrasina Adlina – 14 Alasan Kenapa Harus Traveling Saat Muda

Indra Setiawan – 14 Hal yang Bisa Dilakukan di Kota Palangkaraya

Taufan Gio – 14 Hal Seru Jalan-Jalan Bareng Traveler Sedunia

Rijal Fahmi Mohamadi – 14 Kuliner Enak Penang yang Bikin Saya Mupeng

64 pemikiran pada “14 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Semarang

  1. Ping balik: 14 Lagu Momen Untuk Traveling | titiw.com

  2. Oke kaaaaak, dicateeet semuaaah di buku utaaang! :))

  3. cang ada kata CATET nya sudah disimpan baik-baik dalam ingatan

  4. Ping balik: Makna Filosofis 14 Motif Tenun dari Nusa Tenggara | kotak pandoraku

  5. Candi Gedung Songo, mana? di Semarang juga kan ya..

  6. kaaaakkk.. nama belakangku Soekanto (bukan Soekamto).itu nama bapak, nanti keluar dari kuburnya #penting
    😀

  7. Ping balik: 14 Reasons Visit Kerinci | Danan Wahyu Sumirat

  8. aku mesti catet apaa?? aku kalau ke semarang duduk manis dianter kak astin ke mana-mana sih, termasuk ke semua tempat tersebut di atas. ihiiy!!

  9. Taman BK atau Taman KB ya, Mas? Yang di depan SMA itu kan posisinya ya?
    Itu Tahu Gimbal Pak Edi bukan, sih? Perlak mejanya terlihat familiar… atau semua meja di daerah itu pakai perlak sponsor teh botol itu? :hehe
    Di Simpang Lima ada Nasi Pecel Bu Sador sama Tahu Petis Prasojo yang terkenal, ada Tahu Bakso Woning juga di jalan ke arah Bandungan :hehe
    Ah, jadi kangen Semarang! Satu-satunya kota berlambang wanita cantik pada zaman Belanda dulu :hehe

  10. Ping balik: 14 Film Inspirasi Perjalanan - An Independent Traveler

  11. Penasaran sama “Masjid Nabawi”-nya Semarang itu. Buat pecinannya recomended ga nih bang?

  12. Ping balik: 14 Places I Would Want to Share with My Loved One | The Uber Journey

  13. Ping balik: 14 Tips Simpel Agar Komposisi Foto Makin Kece — Wira Nurmansyah

  14. Semarang ya?
    Selalu suka makan lumpia gang lombok dan minum es rujaknya restoran semarang

  15. “Semarang itu ada di Jawa Tengah, bukan Jawa Timur”

    huahahaa.. jadi inget dulu pas kuliah punya temen gak tau lokasi Australia, katanya sih letaknya di Eropa.. -_-“

  16. no 14. Jangan lupa beli batik semarangan, kak :))
    padahal aku sendiri aja belum sempet beli… hahahhahaa

  17. Dari sekian point, pecinan, warung semawis dan pagoda adalah tempat yang belum pernah gue kunjungi, semoga pas kesana lagi bisa mampir

  18. Terakhir ke Semarang, 2 tahun lalu dan pesawatnya delay 2 jam. Jadinya sampenya cuma malem dan cuma jalan2 di Simpang Lima doang. Besoknya udah pindah tempat lain😦

  19. Ping balik: 14 Things to do in Paris | "Travel brings yourself back as yourself" - Dea Sihotang

  20. next time kalo ke semarang lagi, mampirlah ke “restoran semarang” di jl. gajahmada, kak, ngga jauh dari simpang lima. selain ada menu lontong cap go meh & jus sari kacang hijau yang endeusss, pemiliknya, om jongkie, adalah salah satu sesepuh di semarang. kalo beruntung, bisa ketemu & ngobrol-ngobrol sama beliau tentang sejarah semarang ..😉

  21. makasih infonya. lengkap dan padat. mantab🙂

  22. Sip, ada panduan Semarang nih!
    Btw naik Trans Semarang nyaman gak, kak?

  23. Wew saya belum pernah ke Masjid Agung Jawa Tengah, lain kali kalau ke Semarang eike berkunjung kesana aaah ^_^

  24. Pas banget kebetulan belum pernah ke semarang…dulu numpang lewat di terminal bis aja…

  25. Ping balik: 14 Barang Yang Sebaiknya Kamu Bawa Ketika Traveling | Jarang Panas

  26. lg blogwalking, ketemu blog ini. artikelnya mengingatkan saya tahun 1989 yg lalu pernah tinggal di semarang sampai hampir 7 th

  27. entah kenapa, saya suka dengan kota yang menjaga arsitektur bangunan lamanya, kapan-kapan nanti saya ke semarang.hahaha

  28. semarang kaline banjir! haha. udah 1,5 tahun hidup di semarang, tapi jujur banyak tempat di list diatas yang belum aku datangi… lha cuma kantor-kos-mudik-kantor-kos-mudik. gitu terus rutenya

    *apadeh malah tsurhat dimari*

    • Hahaha. Biasanya emang gitu sih, mas. Warga lokalnya malah belum ke tempat-tempat wisata kotanya. Objek wisata Bandung atau Jogja juga banyak yang belum aku datangi.

      Tapi berhubung objek-objek wisata Semarang kebanyakan berada di dalam kota, sempatkanlah berkunjung ke sana, mas🙂

  29. baiklah walaupun belom pernah ke semarang..ini bisa jadi panduan..
    makasih kakak hehehe

  30. Aku baru ke sam poo kong, kota lama semarang sama foto – foto di depannya lawang sewu😛 Harus banget balik ke semarang nih😄

  31. Baru balik dari Semarang semalam. Dan kota itu jauh jauh lebih menyenangkan sekarang, dibanding dulu yang saya kenal (ya iyalah, terakhir kesana tahun 90an). Semarang lebih tertib, lebih bersih, jalanannya gak macet, dan banyak banget tempat makan enak di luar makanan/masakan yang sudah menjadi ikon nya selama ini. Kayaknya bakal balik lagi ke Semarang dalam waktu dekat deh ,,, masih kurang eksplor kemarin😀

  32. Kayaknya harus segera balik ke Semarang untuk membayar hutang2 tempat yang belum sempat didatangi

  33. Kalo wisata alam yang ada di Semarang apa aha ya :O soal nya saya lebih suka mengunjungi tempat wisata alam😀 hehe lebih sejuk dan menyegarkan mata

  34. wooo di sana juga ada pagodanya ya :O

  35. kok kayaknya menarik banget ya? saya catet deh. *padahal orang Semarang.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s