Ada Kampoeng Dolanan Nusantara di Candi Prambanan

Ada yang baru di komplek Candi Prambanan. Saat gue dan rombongan berjalan menuju pintu keluar, kami menemukan tempat ini tak jauh dari area Candi. Sempat dikira kami harus bayar lagi untuk masuk ke dalam, tapi ternyata enggak. Pengunjung boleh masuk secara gratisss! Horeee!!! Eh tapi ternyata untuk beberapa permainan harus membayar lagi dengan tarif beragam, mulai Rp 3.000,00 hingga Rp 15.000,00 (mobil ATV misalnya). Sementara kalau mau main ayunan atau jungkat-jungkit, masih gratis kok.

Kampoeng Dolanan Nusantara

Kampoeng Dolanan Nusantara

Kereta-keretaan

Kereta-keretaan

Sementara beberapa anggota keluarga yang lain asyik dengan kesibukannya sendiri, gue sedikit muter-muter dan menemukan Galeri Permainan Nusantara. Bentuknya menyerupai sebuah rumah kecil, memamerkan aneka macam dolanan tradisional Indonesia. Yang paling banyak adalah macem-macem gasing dari berbagai daerah di Nusantara. Selain itu, masih ada dakon / congklak, bakiak, dan mainan yang lain. Selengkapnya ada di galeri foto di bawah ini.

Tanaman-tanaman Indonesia di depan galeri

Tanaman-tanaman Indonesia di depan galeri

Arena bermain gasing

Arena bermain gasing

DSC_0398 DSC_0399

Alarm kaleng. Nggak kebayang gimana cara kerjanya.

Alarm kaleng. Nggak kebayang gimana cara kerjanya.

DSC_0403 DSC_0404

Telepon kaleng. Bebas pulsa dan listrik. Ngiriiittt.

Telepon kaleng. Bebas pulsa dan listrik. Ngiriiittt.

Gasing Bali, terbesar kedua.

Gasing Bali, terbesar kedua.

Dan gasing terbesar jatuh padaaa... Gasing Lombok!

Dan gasing terbesar jatuh padaaa… Gasing Lombok!

DSC_0408 DSC_0409 DSC_0410

Agak kangen ya sama dolanan-dolanan itu. Jaman dulu, gue sering tuh main bakiak, egrang, gobag sodor, jamuran, engkling (nggak tahu apa bahasa Indonesianya), benthik, dan lompat tali #eh. Anak-anak sekarang nggak asyik! Mainnya cuma sama gadget. Padahal masih banyak permainan tradisional yang nggak membutuhkan lahan gede, tetep bisa dilakukan di tengah himpitan gedung-gedung modern.

Sayangnya, penjelasan di galeri dolanan ini kurang detil. Sebaiknya juga diberikan penjelasan mengenai cara bermain atau cara bekerja sebuah alat, terutama Alarm Kaleng itu tuh yang paling bikin gue penasaran. Informasi yang ada hanya nama benda, asal, dan komposisi.

Jalan dikit, gue menemukan sebuah kolam buatan lengkap dengan air terjun dan sungai-sungaian yang menjadi sebuah oase di tengah “gurun” Prambanan yang panas menyengat ini.

Onion Head Emoticons 9

 

DSC_0412

Ada ikannya kok di kolam buatan ini. Gue duduk aja di tepiannya, di atas salah satu batu-batuan yang ada, lalu berlagak galau #pffft

Buat yang udah gede, bisa main trampolin yang ada di sisi kanan taman. Permainan ini dilakukan secara serius, lengkap dengan peralatan keamanan ala pecinta alam. Bisa juga main sepedaan berkeliling komplek Candi Prambanan. Awas nabrak! Banyak orang wira-wiri, soalnya.

Setelah beberapa menit leyeh-leyeh, akhirnya kami memutuskan buat udahan. Udah kaki pegel dan capek panas-panasan di Candi, paling pas emang makan mie ayam dan menenggak segelas es teh manis, muehehehe. Ada banyak warung makan kayak gini di Terminal Prambanan yang juga jadi satu dengan pasar. Kalau mau yang agak berkelas, ya tinggal jalan aja di sekitar Prambanan, terutama yang ke arah Jogja.

Selesai 🙂

Iklan

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: