[Review Blog] The Lostraveler: Warmer, Softer, Deeper

Apa yang kau harapkan dari sebuah tulisan perjalanan? Data dan fakta akurat tentang suatu destinasi? Cerita perjalanan yang kocak meledakkan tawa? Atau sudah cukup bosan dengan itu semua, dan sedang mengharapkan sebuah penawaran yang berbeda?

Mungkin kau sudah berkunjung ke banyak tempat di dalam dan luar negeri. Sudah hafal dengan semua hal tentang tempat-tempat itu. Tak ingin lagi membaca blog demi blog untuk mendapatkan informasi. Yang kau inginkan adalah membangkitkan memori akan sebuah destinasi. Kau sedang mencari sebuah cerita perjalanan yang sesungguhnya!

Maka, datanglah berkunjung kepada Sang Pejalan yang Terhilang, The Lostraveler.

Yofangga di Bromo, Jawa Timur

The Lostraveler menawarkan sesuatu yang berbeda. Travel-blog milik Yofangga Rayson ini tidak menyajikan sebuah artikel tentang suatu destinasi, tak juga memaparkan detil sebuah perjalanan secara runut dengan sederet angka dan data-datanya. Dia menceritakan sebuah kisah perjalanan dalam hidupnya.

Membaca The Lostraveler, bagai membaca penggalan sebuah novel perjalanan. Menyentuh hati. Menggugah memori. Melambungkan kontemplasi.

Dengan pemilihan kata (diksi) yang tepat, penggunaan kata yang kaya, The Lostraveler sukses menerbangkan imajinasiku. Lembar-lembar foto berkualitas baik ditempelkan di sela-sela paragraf, membantu pembaca menghayati kisah yang diceritakan. Aku bagai tersedot masuk ke dalam layar komputer, melihat dan merasakan sendiri momen yang dipaparkan.

Satu tulisan yang paling kusukai dari The Lostraveler adalah yang berjudul Ternyata di Kawah Ijen Ada Kehidupan. Begitu menyentuh. Aku dapat merasakan pedih dan kerasnya hidup seorang pendulang belerang. Perjuangan yang dilakukan tak sebanding dengan upah yang didapatkan. Aku lantas teringat akan bapak di rumah, yang juga berjerih payah menghidupiku selama ini.

Tulisan-tulisan terbaru, daftar penghargaan, badge Facebook, dan statistik per negara

Tulisan-tulisan terbaru, daftar penghargaan, badge Facebook, dan statistik per negara

Header, slideshow, dan navigasi

Header, slideshow, dan navigasi

Ruang iklan dan deretan brand yang telah bekerjasama

Ruang iklan dan deretan brand yang telah bekerjasama

Tak heran bila The Lostraveler berhasil menyabet rumput tetangga beberapa prestasi dan penghargaan bergengsi. Travel of The Month dari detikTravel, Finalis Bloscar โ€“ Blog Travel Skyscanner 2014, dan Nominee Best New Comer Blog Travel Bloscars 2013. Sederet brand ternama pun tertarik untuk bekerjasama dengan The Lostraveler.

Ditanya tentang sejarah blognya ini, mahasiswa arsitektur Universitas Brawijaya ini menceritakan bahwa The Lostraveler lahir pada bulan Mei 2012. Namun saat itu, blog ini masih menggunakan gaya penulisan yang lazim digunakan pada blog-blog travel kebanyakan. Barulah pada Januari 2013 Yofangga menentukan diferensiasi blognya, menetapkan gaya penulisan seperti apa yang akan dia sajikan kepada pembaca.

Kepiawaian Yofangga dalam desain grafis ditunjukkan melalui header blog yang artistik. Pemuda kelahiran Bukittinggi, 4 Oktober 1989 ini tak asal menggunakan template dari blog provider. Tak sembarangan main asal tempel foto lalu memadukannya dalam sebuah gambar.

Navigasinya jelas dan memudahkan. Tinggal gulirkan kursor ke arah kiri atas di bawah header. Pilih mau menu apa. Tales From The Road atau Visit Indonesia misalnya. Nanti pengunjung akan dihadapkan dengan destinasi-destinasi yang lebih spesifik sesuai keinginan pembaca.

Tak ada kritik yang bisa kusampaikan untuk The Lostraveler. Hahaha. Biasanya, aku akan sangat kritis dengan penggunaan tanda baca, huruf kapital, typo, panjang paragraf, dan pemilihan kata. Tapi, blog ini menggunakan semua hal itu dengan sempurna!

Satu saran yang bisa aku berikan pun hanyalah tentang tampilan. Di mana aku akan lebih suka jika ada sedikit percikan warna-warna dinamis pada blog. Entah hanya sebagai aksen, atau pada seisi latar sekali pun. Nah, ini adalah perkara selera, bukan masalah benar-salah. Mungkin, sang empunya blog ingin tampil elegan dan dewasa dengan pemilihan warna putih untuk dominasi tampilan blog J

Yang jelas, aku selalu menikmati setiap kunjunganku di blog The Lostraveler ini. Frekuensi penerbitan tulisannya memang tidak terlalu tinggi. Satu minggu juga belum tentu ada tulisan baru. Tapi, justru itulah yang menjadikan blog ini spesial. Kata demi kata dirangkai dengan hati-hati, kalimat demi kalimat berpadu dengan manis, hingga tercipta sebuah tulisan utuh yang istimewa.

The Lostraveler akan menghisapmu dan melemparkanmu ke dalam sebuah kisah perjalanan penuh kontemplasi!

 

Tulisan ini diterbitkan untuk merayakan Hari Blogger Sedunia. Kunjungi blog-blog anggota Travel Bloggers Indonesia (TBI) yang lain dan nikmati setiap ulasan antar blogger-nya.

Bangkit dan bersinarlah, Bloggers! ๐Ÿ˜€

 

Daftar ulasan lainnya:

Kak Indri – Mengulikย Adlienz Si Gadis Pelarian Laut

Kak Firsta – Blog Review for Hari Blogger Nasional: Theย Uber Journey

Andre Handoyo –ย Blog Review: Obendon.com

Indra Setiawan – Jalan-Jalan Bersama Andrehandoyo.com

Rijal Fahmi Mohamadi – Wira Nurmansyah, Si Travel Photo Blogger

Olive Bendon – Catperku, Jejak Dalam Untaian Kata

Fahmi Anhar – Jalan2 Cuap2 Bersama Danan Wahyu Sumirat

Danan Wahyu Sumirat – Tindak Tanduk Arsitek

Yofangga Rayson – Langkah Kaki Titi

Felicia Lasmana – Sekilas www.titiw.com dan Titi Akmar

Titiw Akmar – Fahmi Anhar, Sang Pecinta Hiu

Atrasina Adlina – Mengenal Indonesia Lewat Jejak Firsta

Wira Nurmansyah – Berkenalan dengan Backpacker Borneo

Rembulan Indira – Tentang Kak Kembara

Parahita Satiti – The Bat Girl: Felicia Lasmana

daaannn, mas Tekno Bolang yang mengulas blog gue ini – Learning by Traveling

Iklan

29 thoughts on “[Review Blog] The Lostraveler: Warmer, Softer, Deeper

  1. Ping-balik: Langkah Kaki Titi
  2. salam kenal.
    setuju banget saya jg paling suka dengan tulisan Kawah Ijen itu. bacanya gak lama setelah saya baru dr sana. dan tulisan itu luar biasa sekali. sisi yang sangat tidak terpikirkan kebanyakan orang. mas yofangga Juara banget.

  3. Baca blognya Yofangga bisa bikin tiba-tiba jadi romantis.. Hehehe and then feel a bit ashamed about my own writing style, but hey everyone has their own style and that’s what makes life beautiful and colorful, isn’t it? ๐Ÿ™‚ Good review Nug. Btw, I haven’t met Yofangga yet, but I know that he has a beautiful soul. โค

    • Yep. Everyone (and also every blog) has its own style. Jadi tak perlu berkecil hati. Hihihi. Setiap blog punya pembacanya sendiri2 ๐Ÿ™‚

      Aku pun belum pernah ketemu mas Yof. Semoga kita bisa segera bertemu beliau ya ๐Ÿ˜€

  4. Ketika pertama kali mampir di blog beliau, saya bisa memastikan orangnya pasti serupa dengan tampilan cover blognya. Ketika pertama ketemu ngopi di kampus, ternyata benar! ๐Ÿ˜€

    Salam kenal mas Mathius ๐Ÿ™‚

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s