6 Rekomendasi Produk Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

Kecuali mahasiswa-mahasiswa sultan atau crazy rich, rasanya tiap mahasiswa di Indonesia butuh pendapatan sampingan nggak sih? Gue pun dulu begitu kok. Meski gue sudah dibantu dengan program beasiswa yang mencakup uang kost dan uang bulanan juga, ternyata gue masih harus kerja sambilan buat nambah-nambah duit jajan. Saat itu gue jualan risol ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Khas mahasiswa banget ya.

Syukurlah dengan kemajuan teknologi sekarang, mahasiswa-mahasiswa Indonesia nggak lagi cuma dihadapkan dengan opsi jualan risol sebagai cara mendapatkan usaha sampingan. Ada banyak gawai, aplikasi, dan jalan yang bisa diulik. Sebagian bisa jadi content creator, sebagian lagi cuan dari aplikasi saham, sebagian lagi yang hobi jualan mungkin bisa jadi reseller atau dropshipper.

Nah, buat kamu yang tertarik jadi dropshipper atau reseller sebagai jalan memperoleh pendapatan sampingan, bisa banget pake Evermos.

Evermos merupakan platform reseller dan dropship yang akan memudahkan kamu dalam mengembangkan bisnis. Kamu juga dapat memasarkan produk dengan mudah dan gratis yaitu dengan cara menyebarkan link tokomu kepada target pasarmu. Namun sebelum itu, berikut beberapa rekomendasi produk usaha sampingan buat kamu sebagai mahasiswa.


Produk Preloved

Salah satu rekomendasi produk usaha sampingan yang dapat kamu jual adalah produk preloved. Produk preloved adalah produk milik pribadi yang dijual kembali. Kamu dapat mengumpulkan barang-barang kamu yang masih memiliki kualitas yang bagus walaupun telah dipakai beberapa kali atau mengajak teman-teman kamu untuk memasarkan barang mereka melalui tokomu.

Produk preloved dapat berupa pakaian, rok, celana, tas, dompet, hingga aksesori yang masih berkualitas walaupun telah digunakan beberapa kali. Untuk target pasarnya, kamu dapat menargetkan kepada remaja hingga mahasiswa usia 17 hingga 27 tahun. Selain mudah, produk preloved juga dapat ditemukan di mana saja.


Makanan Ringan

Usaha sampingan yang dapat kamu lakukan lainnya yaitu menjual makanan ringan. Sekarang ini, telah banyak online shop yang menyediakan produk berupa makanan ringan seperti makaroni dengan rasa variasi, mie lidi, pudding, keripik, hingga roti bakar. Kamu dapat melakukan inovasi sesuai kebutuhan dan kebutuhan pasar.

Kamu perlu melakukan riset akan seperti apa makanan ringan tersebut dibuat dan variasi seperti apa yang disukai oleh target pasarmu nantinya. Untuk melakukan promosi, kamu dapat menggunakan Evermos yang cukup dengan menyebarkan link produk. Link tersebut nantinya akan menarik minat calon pelanggan kamu, dan tentunya disertai dengan promo yang menggiurkan.


Jasa Kursus atau Les

Sebagai mahasiswa, kamu juga dapat menjadikan pengetahuan dan kemampuanmu untuk mendapatkan tambahan uang. Kamu dapat membuka jasa kursus atau les untuk anak sekolahan atau umum sesuai kebutuhan mereka. Atau, kamu juga dapat memberikan jasa berupa kiat-kiat masuk ke perguruan tinggi.

Ide usaha sampingan ini cukup banyak dilakukan oleh kalangan mahasiswa, karena selain tidak membutuhkan modal banyak, kebanyakan menyukai kegiatan tersebut karena dapat membagikan ilmu pengetahuan yang mereka ketahui.


Buku

Usaha sampingan lainnya adalah menjual buku. Kamu dapat bergabung sebagai reseller dari sebuah toko buku untuk menjual buku-buku mereka secara online atau membeli buku yang kemudian dijual lagi. Kamu dapat memulai usaha sampingan via Evermos dengan mudah dan mencari toko-toko terpercaya yang menjual buku sesuai keinginanmu. Namun, tentukan target pasar buku tersebut sebelum menentukan.

Cara lainnya adalah kamu dapat menjual buku-buku bekas. Kalau kamu memiliki banyak buku namun tidak digunakan, kamu dapat menjualnya sesuai kualitas dan sesuai tahun terbit buku tersebut. Sebab, semakin lama buku tersebut telah terbit maka semakin banyak peminat buku tersebut karena telah berhenti produksi.


Pakaian

Selain buku, kamu juga dapat menjual berbagai jenis pakaian sebagai reseller. Dengan Evermos, kamu dapat mencari produsen pakaian terbaik yang dapat kamu pilih untuk menjual produk mereka. Caranya juga cukup mudah karena kamu dapat terhubung langsung dengan produsen tersebut melalui Evermos.

Kamu juga dapat menjual pakaian preloved atau pakaian yang masih layak pakai walaupun telah dipakai beberapa kali. Kamu juga dapat melakukan penjualan ini melalui platform Evermos dan mencari siapa saja yang ingin menjual pakaian mereka di tokomu.


Merchandise Idol

Naini nih yang lagi hype banget. Merchandise idol juga dapat menjadi produk untuk usaha sampingan kamu. Kalau kamu merasa menjadi first hand membutuhkan banyak modal, kamu dapat menjadi dropshipper atau reseller dari toko pihak pertama. Kamu dapat menemukan banyak toko-toko dengan produk serupa di Evermos yang dapat diajak bekerja sama denganmu sebagai reseller mereka.

Itulah beberapa rekomendasi produk usaha sampingan buat kamu sebagai mahasiswa. Selain membutuhkan modal kecil atau bahkan tanpa modal, cara promosi dan menjalankan bisnisnya pun cukup mudah.

Jadi, kamu bisa fokus dengan kuliah sambil menghasilkan uang jajan tambahan. Untuk mencari supplier di Evermos, kamu dapat langsung mengecek pada laman resmi Evermos, tak hanya itu kamu juga dapat mencari ide usaha sampingan via Evermos lainnya di laman resmi Evermos.

3 komentar

  1. ainunisnaeni · · Balas

    jadi inget waktu aku jadi mahasiswa dulu, jadi guru les privat
    waktu dapet gaji pertama kali seneng banget, nggak nyangka. Akhirnya mau ga mau aku juga balik belajar pelajaran anak SD gitu, karena yang diajar murid SD

  2. Dulu sempet pengen mas cari sampingan pas kuliah, sayangnya ga bisa. Krn aku dulu di Penang, dan Visa yang aku pegang Visa pelajar. Dilarang keras kerja sampingan, kecuali ada izin kerja juga.

    Jadinya kadang cuma nemenin temen kuliah yg warga lokal, yg kerja sampingan di counter hp. Tapi sebatas nemenin doang wkwkwkwk.

    Cumaaaa nih, pas kuliah di sana banyak temen2 Indonesia yg pada nitip sepatu vincci, Krn dulu vincci masih hype banget di Indonesia, dan tokonya blm banyak di Jakarta atau di kota2 lain. Jadi aku kalo mau balik Indonesia, beli deh tuh titipan mereka, berdua Ama temen yg tinggal di Medan. Temenku yg mendata, aku yg cari sepatunya. Trus profit kami bagi 2. ๐Ÿ˜. Itu doang. Padahal pengen banget waktu itu bisa cari tambahan uang . Jadinya kalo mau beli sesuatu, terpaksa nabung dari uang saku yang papa kasih ๐Ÿ˜„

    1. Lho ternyata mbak Fanny kuliah di Penang, asyik banget! Pelopor bisnis jastip nih, hehe.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places โ€œfurther beyondโ€.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlinaโ€“ whatever you or dream can do, do it! travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu

%d blogger menyukai ini: