Tips dan Budget Jalan-Jalan ke Singapura

Yak! Selesai sudah travel series gue yang berjudul “Gempor di Singapore” ini, sukses menarik minat pembaca majalah Bobo hingga 13 episode, dengan tambahan 1 episode special untuk Johor Bahru. Gimana, enjoy nggak? 😀

Nah, di akhir seri inilah, saatnya gue share tips dan budget jalan-jalan ke Singapore kemarin, terutama buat kalian yang masih baru banget travelling. Kita mulai dari tips dulu. Perhatikan baik-baik ya, adek-adek.

Ini adalah tips PALING PENTING buat yang mau jalan-jalan ke Singapore: sedia colokan kaki tiga dari Indonesia. Standar colokan di Singapura adalah kaki tiga, bukan colokan dua kaki kayak yang lazim di Indonesia. Hotel gue aja semuanya colokan kaki tiga, dan nggak disediakan adapter. Ada sih satu, punya staf botak itu. Gue lupa banget soal perbedaan yang satu ini, padahal sebelumnya juga udah browsing dan blogwalking ke sana kemari. Alhasil, gue nggak bisa nge-charge hape. Tahu sendiri ‘kan, betapa borosnya batere smartphone itu. Nah, cukuplah gue yang mengalami kekurangpersiapan ini. Kalian silakan bawa colokan kaki 3, atau adapter, atau travel charger dari Indonesia. Beli di sini mahal, bok! Biar kalian nggak mati gaya aja sih di sana. Ingat: hape, tablet, notebook, kamera, handycam, semuanya butuh listrik!

Kalau itinerary kalian hanyalah mengunjungi tempat-tempat yang biasa dikunjungi turis (Marina Bay, Orchard, Little India, Chinatown, Bugis, dsb), maka pakai tiket single-trip dengan MRT Train juga cukup. Tapi, jika kalian juga berencana mengunjungi tempat yang agak kurang lazim, misalnya gue kemarin yang ke kampus NUS, sebaiknya kalian pakai Singapore Tourist Pass (STP) deh. Bisa pilih untuk jangka waktu 1-3 hari. Ini karena ada saat-saat di mana kalian harus menggunakan bus, dan nggak ada Ticket Machine di shelter. Shelter hanya dijadikan tempat untuk menaik-turunkan penumpang, tiap penumpang udah punya kartu sendiri-sendiri.

Untuk warga Singapura sendiri, mereka biasanya pakai EZ Link Card yang bisa dipakai hingga 5 tahun. Jadi, STP ini disarankan banget buat kalian yang punya daftar itinerary seabrek, atau sekedar pengen ngerasain gimana naik bus SMRT dan SBS Transit yang kece parah itu. Biar jangan kayak kami kemaren, harus jalan kaki bolak-balik 4 kilometer karena nggak bisa naik bus. Bisa sih bayar ongkos pakai uang tunai, tapi nggak ada kembalian. Jadi kamu harus menyiapkan uang receh pas!

Wan Wan Emoticons 28

 

Kalau kalian mau liburan sambil kerja, pastikan hotel tempat kalian menginap benar-benar menyediakan ruang komputer. Kecuali kalau kalian mau bawa laptop sendiri dari rumah dan rela laptop itu menambah massa ransel atau carrier kalian. Jangan sok tahu kayak gue kemarin. Yakin aja di hostelnya ada ruang komputer yang memadai, tapi ternyata hanya ada satu set komputer. Itu pun dipakai staff.

Nggak usah jalan kaki berlebihan, jalan kakilah seperlunya. Percayalah, rencana awal kalian untuk berhemat dengan berjalan kaki akan sirna karena — ujung-ujungnya — kalian kepanasan, kehausan, dan akhirnya mampir ke Seven Eleven beli sebotol Pocari Sweat. Iya kalau cuma sebotol. Gue itu kalau udah capek dan haus banget, pengennya minum yang dingin dan ada rasanya. Lagian, kalau udah capek, kalian juga nggak bakal enjoy menikmati suasana kota. Jadi, jalan kakilah seperlunya, misalnya saat bener-bener nggak ada moda transportasi apapun yang bisa kalian gunakan. Hemat tenaga, hemat uang, dan hemat waktu. Kalian bisa mengunjungi lebih banyak tempat lagi.

Nah, buat kamu yang bingung dengan rute Singapore MRT (SMRT), nih gue kasih petanya langsung. Silakan dipelajari sendiri. Karena gue nggak akan hafal dengan rute MRT dari ini ke ini, ambil warna apa, dsb dkk dst. Semua udah gue tulis di masing-masing bagian. Lagipula di setiap stasiun ada petanya kok.

Pusing baca peta MRT kayak di bawah ini? Baca tipsnya di: Panduan Menggunakan Peta MRT / LRT Untuk Pemula

SMRT Map (originally from smrt.com.sg)

SMRT Map (originally from smrt.com.sg)

Cari makan di tempat-tempat yang udah jelas murahnya, misalnya: Little India, Lucky Plaza, Wisma Atria, Chinatown, atau Northbridge Road. Singapore bukanlah tempat yang cocok buat wisata kuliner, buat cobain tempat-tempat makan yang mengundang rasa penasaran. Jadi, makan di tempat yang pasti-pasti aja deh. Jangan kayak gue kemaren, yang harus menebus niat “coba-coba” dengan harga sebesar 12 SGD

Wan Wan Emoticons 28

Suasana foodcourt di Chinatown

Suasana foodcourt di Chinatown

Nah, itu tipsnya. Sekarang gue mau kasih rekomendasi waktu buat itinerary kalian. Kalau kalian mau ke Marina Bay, gue sarankan malam hari aja. Ada pertunjukkan cahaya dari Marina Bay Sands dan gedung-gedung di sekitarnya. Saat malam hari juga, tempat-tempat ikonik di Marina Bay (Esplanade, Singapore Flyer, The Fullerton Hotel, Gardens by The Bay) memberikan pemandangan yang cantik dengan lampu berwarna-warni. Ke Sentosa juga disarankan dari sore hingga malem, biar bisa nonton pertunjukkan Songs of The Sea.

Lalu budget-nya gimendes yes? Kurang lebih kayak gini.

Buat tiket pesawat PP, standarnya adalah Rp 700.000 atau 800.000-an. Lebih dari itu berarti mahal. Syukur-syukur kalau dapet tiket promo. Jangan lupa sedia ongkos buat bayar pajak bandara di Indonesia. Gue kemaren berangkat pakai Jetstar Rp 200.000 plus plus, lalu balik naik Tiger Airways Rp 723.000. Mahal!

Standar hotel di Singapore adalah Rp 150.000 ke atas. Untung banget kalau bisa dapet yang lebih murah lagi. Gue kemarin dapet yang Rp 200.000 semalem di Tresor Tavern Hostel, Jalan Besar 243, kawasan Little India.

Untuk biaya hidup, sedia 17-20 SGD per hari. Cari hotel yang udah menyediakan breakfast. Buat makan, standarnya 4 SGD. Beli air mineral 2 botol sehari, katakanlah 3.5 SGD. Sisanya adalah ongkos MRT, sekitar 5 SGD sehari atau dua kali perjalanan, kecuali kalau kalian pakai STP yak. Gue kemarin abis 50 SGD untuk 3 hari di sana.

Suasana di dalam MRT Train

Suasana di dalam MRT Train

Kesimpulannya, budget normal di Singapore untuk 3 hari adalah sebesar Rp 1.500.000,00. Belum termasuk paspor, oleh-oleh, dan biaya tempat-tempat hiburan seperti Universal Studios, Jurong Bird Park, Singapore Zoo, dsb. Gue kemarin abis sekitar Rp 2.000.000, karena dapet tiket balik dan hotel yang agak mahal.

Gue berencana ke Singapore lagi untuk mendatangi tempat-tempat yang kemarin belum didatangi seperti Bugis Street, Arab Street, SBG, Henderson Waves, dan nonton Songs of The Sea. Oh, bahkan Chinatown pun belum gue eksplor! Rencana sih sekalian ke Kuala Lumpur dan ke Melaka atau Penang. Anyone join me? 😀

Sampai jumpa di travel series berikutnya 😀

Iklan

73 thoughts on “Tips dan Budget Jalan-Jalan ke Singapura

  1. Kalau banyak nemplok ke sana kemari mending beli STP emang :p terus ke luar negeri universal charger is a must! terus jangan lupa bawa botol kosong buat di isi di hostel/hotel, atau di taman kota singapore (ada tap water) :p itu aja, kangen singapore deh pengen kesana lagi xixi

  2. Salam kenal Matius, Kalau kemarin belum sempat mengunjungi Universal Studio Singapore (USS) atau punya teman-teman yang berminat ke USS, silahkan hubungi kita untuk tiket murah USS. Harga tiket dewasa 510 ribu, berlaku kapan saja (weekday/weekend/public holiday).

    Kunjungi facebook page kita dan kasih tau juga ke temen2. Thanks ya.

    https://www.facebook.com/tiketmurahuss
    whatsapp +65 9 8 Satu 7 7 9 Tiga 4

    • STP itu Singapore Tourist Pass. Bisa dipake untuk berbagai moda transportasi, yaitu kereta sama bus. Biayanya kalo nggak salah 10 SGD buat sehari, 16 SGD buat 2 hari, 20 SGD buat 3 hari. Cmiiw ya. Plus deposit 10 SGD buat jaminan. Minta ke stasiun MRT ya.

  3. Aku suka s’pore karena bersih n cantik, enak jalan2 di orchard road n marina bay sands…WOW…! Terutama infinity pool nya benar2 mantap! Tapi ada 1 hal yg bikin aku kecewa n sedih, yaitu…hotel phoenix sudah ga ada di orchard road, sudah dibongkar n digantikan supermarket. Padahal itu adalah hotel favoritku n banyak kenangan disitu, disanalah aku jumpa cewe cakep ( kayaknya dia orang indonesia juga ), dia selalu bersama ortunya, jd ga bisa kudekati hehehehe….itu peristiwa 27 tahun yg lalu ( june 1987 ). Setelah pulang liburan, aku jd sering berkurung di kamar mengingat cewe cakep tsb sambil mendengar lagu ‘all through the night’ cindy lauper. Bahkan…sampai saat inipun aku masih bisa mengingat dgn jelas wajah tu cewe, benar benar cakep…damn!! I miss her smile. PS : Bagi yg ingin liburan ke S’pore, lebih mantap perginya jelang akhir tahun, benar2 meriah namun tetap santai. Lagipula sekarang masih bulan 2, jadi masih banyak waktu utk nabung, n setelah december tiba….silahkan terbang ke s’pore n check in di marina bay sands, ambil kamar yg menghadap kota ( city view ), lalu pergilah ke lantai 57 dan……berenanglah di infinity pool n anda pasti akan bahagia……

  4. Sy br pulang dr sana tgl 2 feb 2014 lalu dengan perjalanan semuanya gratis…..oya kl bisa berangkat lg dg harga murah ingin juga ngajak keluarga.. gimana ya caranya?

  5. Waah…bener-bener tips yang bermanfaat…
    Untuk tambahan saja apabila ada rencana ke Universal Studio Singapore…Tiket dewasa 510rb/tiket ; Anak-anak 450rb/tiket….untuk rekomendasi tempat makannya juga banyak…bisa dilihat di thread kaskus ane Gan disini : http://goo.gl/00exG4

  6. gan mau tanya,
    1. STP itu kok agan abis $50? ane bingung, yang 3 hari kan $20 dollar, nah itu udah termasuk deposit $10 belum? nanti kalo udah selesai dan mau dibalikin depositnya bisa diambil lagi kan?
    2. kalo nonton songs of the sea itu bayar ga gan?
    3. kalo makan ditempat ‘yang pasti-pasti aja’ itu kisaran berapa ya sekali makan?
    4. Yang hostel 98SG itu daerahnya deket ga ke pusat-pusat wisata macam marina bay sand, little india, china town, sentosa, dll gitu ga gan? berapaan ya kemarin permalam?
    5. thanks gan. masih newbie bgt soalnya baru pertama mau travel abroad.hahaha

    • Halo, gan.

      1. STP sekarang per harinya 20 SGD udah sama deposit 10 SGD. Kalo langsung ambil 3 hari, kalo gak salah 50 SGD. Iya deposit bisa dibalikin lagi pas kita balikin kartu.
      2. Songs of The Sea bayar, Gan.
      3. Standarnya 5 SGD sekali makan. Kalo mau makan serba 2 SGD, cari Ananas Cafe atau Khun Thai. Lumayan udah bisa dapet Nasi Lemak.
      4. 98SG itu di daerah Geylang. Di situ emang banyak hostel murah. Deket sama Bugis Street. Sama kawasan Marina Bay, lumayanlah.

      Sama2, kak. Selamat membuat rencana 🙂

      • wih online terus kayanya ini blognya haha 😀
        1. lah kok udah naik? jadi selama 3 hari $50? dan itu sudah termasuk deposit $10 yang nanti bisa diambil setelah mengembalikan kartu? begitu?
        3. kalo ananas cafe atau khun thai itu dimana ya lokasinya? maklum gan kantong mahasisa, bukan mahasiswa.bwahhaah
        4. katanya Geylang itu red district ya? ga berpengaruh besar sama turis kan ya?
        5. jadi lebih baik ngambil STP atau EZLink gan? kan EZLink cuma $12 (KATANYA). tapi kalo EZLink itu cuma bisa beberapa perjalanan ya?

      • Gue udah install aplikasinya di hape. Jadi ada notifikasi kalo ada yg komentar 😀

        1. Betul, Gan.
        2. Ananas Cafe misalnya ada di MRT Aljunied. Waktu itu ketemu Khun Thai di MRT Chinese Garden. Non muslim kan?
        3. Iya katanya red district. Tapi pas di sana gue nggak ketemu yg aneh2 tuh.
        4. Kata gue lebih baik STP. Ez Link itu juga bisa semua moda transportasi, tapi dia sistemnya bukan unlimited. Kalo STP kan bebas mau berapa kali.

      • eciyeehh canggih bener kaya singaporean.whahha
        2. ane muslim gan. whehehe lah emang itu makanannya ga halal kah? :/
        4. tapi $50 gan -__- jadi itu selama 3 hari harganya $40 dong? 😮 kalo EZLink itu bisa top-up kan tapian? ada deposit2nya ga kalo EZLink?

      • Muslim ya? Iya, pengelola Ananas Cafe sama Khun Thai itu kayaknya bukan orang Melayu, meski menunya Nasi Lemak. Coba kamu tanya dulu dia pakai minyak babi atau nggak.
        Iya. EZ Link itu kayak Flazz BCA, bisa di-top up. Dan tarif pake EZ Link lebih murah daripada tarif kalo beli tiket single trip. EZ Link sebenernya didedikasikan buat mereka yg ada di Singapore dalam jangka waktu lama.

  7. mau tanya, kalau dari changi ke stasiun farrer park litle india, naik mrt warna apa dan berapa lama sampainya? Trus harga STP terbaru untuk 3 hari itu benar 50 SGD? Itu sudah termasuk deposit yang 10 kan? Btw, kalau harga tiket masuk garden by the bay berapa ya, oya sama tiket cable car juga?. Thank infonya.

    • Halo. Kereta MRT warnanya sama semua ya. Mungkin maksud mbak warna jalurnya ya. Kalau itu, saya tidak ingat. Karena saya selalu mengacu pada peta yg ada di stasiun. Mbak bisa download petanya dari google. Ada banyak kok 🙂
      Untuk harga STP, terakhir memang 50 SGD untuk 3 hari sudah termasuk deposit.
      Tiket cable car dan Gardens by The Bay saya kurang tahu, karena tidak mencobanya. Mungkin bisa ke blog sebelah, hehe. Makasih udah mampir.

  8. Kangen dengan Singapore, perkotaan, orang lalu lalang (dimana pun ada yak haha), dan kebersihannya. Kalo aku sendiri menggunakan EZ Link yg udh dibeli pas pertama kali ke sana, 2011 mungkin. Lumayan sering dipake bolak-balik tahun lalu. Dan pastinya aku lebih senang jalan kaki.. Kerasa gempornya pas pulang hostel malam2.

  9. mas NUgie sy ada mau rencana ke SIN, dari Batam, pulangnya ke Jakarta dari SIn ada saran nggak, budget nya brp SIN kl pergi dari Sabtu pulangnya minggu siang?

  10. Pengen dong ke singapore tp saya belom berpengalaman ttg travelling gtu apalagi ke luar negri, invite nih 579E121B.buat nanya2 kalo mau ksana

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s