18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan Saat Transit di Bandara Changi Airport, Singapura

Ada yang akan melakukan perjalanan jauh via Singapura dan harus transit cukup lama di Bandara Internasional Changi? Atau mungkin saat ini kamu sedang membaca artikel ini, duduk dengan cemberut dalam dinginnya departure hall Changi Airport karena penerbangan yang tertunda? Kalau begitu, selamat! Kamu datang di tempat yang tepat―semoga begitu. Di dalam tulisan kali ini, gue mau share hal-hal yang bisa kita lihat dan lakukan di Changi International Airport, Singapore.

Bhaique, tanpa berlama-lama menunggu rilisnya Game of Thrones Season 8, kita mulai saja cerita ini. Siapkan kopimu, duduklah, dan jauhkan diri dari syaiton nirojim. Subhanallah.


Social Tree – Terminal 1

Mari kita mulai cerita ini dari Terminal 1 yang menjadi tempat beroperasinya Jetstar, maskapai yang gue dan peserta open trip gue gunakan untuk penerbangan kembali ke Jakarta.

Social Tree, Terminal 1 Changi International Airport Singapore

Persis setelah keluar dari imigrasi, ada Social Tree. Pas di sana sih gue nggak paham ini apaan, mikirnya cuma instalasi seni biasa buat dekorasi atau putu-putu lucu. Setelah baca informasi di website resmi Changi Airport, ternyata Social Tree ini adalah instalasi interaktif di mana kita bisa foto selfie menggunakan kamera yang tersedia, lalu nanti hasilnya akan di-email dan tersimpan dalam sistemnya Bandara Changi.

Baca Juga: Ini Dia Tips Dapet Tiket Murah ke Gardens by The Bay Singapura


Jewel Changi – Dekat Terminal 1

Kita lanjutkan dengan primadona terbaru Bandara Changi: JEWEL. Jewel ini memang bangunan baru, tapi lokasinya terhubung dengan Arrival Hall Terminal 1 Changi International Airport. Jadi begitu keluar imigrasi, tinggal jalan sebentar. Daya tarik utama Jewel adalah air terjun HSBC Rain Fortex setinggi 40 meter, menjadikannya the largest indoor waterfall in the world! Dari T2 atau T3, kamu tinggal naik skytrain atau jalan kaki melalui jembatan pejalan kaki. Sementara kalau dari Terminal 4, harus naik shuttle bus dulu.

Skytrain at Jewel Changi

Sudah sah ke JEWEL Changi!

Selain air terjun super gede, di Jewel juga ada Shiseido Forest Valley, Canopy Bridge, Canopy Park, Manulife Sky Nets, dll. Dari yang gue sebutkan itu, cuma Shiseido Forest Valley yang gratis hehe. Tapi buat gue, yang paling menarik adalah mengamati skytrain hilir mudik di depan air terjun. Nggak usah khawatir soal makan dan minum, ada area makan di sekitarnya.

Ulasan selengkapnya, baca di: Transit di Jewel dan Terminal 4 Changi Airport Singapura


Enchanted Garden (Taman Pesona) – Terminal 2

Setelah peserta open trip gue boarding, gue lantas menghampiri petugas Information Center buat nanya ada taman apa di Terminal 1 itu. Kata mbak-mbak itu, nggak ada taman yang gimana-gimana di Terminal 1. Ya udah, setelah mampir di Waterlily Garden dan merasa udah cukup eksplor Terminal 1, gue lalu naik Skytrain menuju Terminal 2 Changi International Airport.

Enchanted Garden (Taman Pesona) Terminal 2, Changi International Airport Singapore

Enchanted Garden (Taman Pesona) Terminal 2, Changi International Airport Singapore

Nah, yang banyak fasilitasnya itu T2 sama T3, tsay! Di T2 ini ada taman dalam ruangan yang dinamakan Enchanted Garden, tepatnya di Departure Hall Level 2. Ada pepohonan, tanaman-tanaman bunga, kolam, jembatan kayu, dikelilingi oleh bangku-bangku.

Rasanya sejuk banget menemukan suasana hijau dan air di dalam bangunan bandara yang masif. Di sini kita bisa foto-foto, duduk-duduk, dan berjalan santai berkeliling taman. Nggak usah mancing, capek sendiri nanti. Sabar ya kalau mau foto-foto, soalnya bukan ngana aja sih yang suka foto-foto.

Baca Juga: Menjelajah Chinese Garden Singapura Hingga ke Puncak Tertinggi


Xperience Zone – Terminal 2

Gue nggak terlalu paham ini apaan, lokasinya deket Enchanted Garden. Kalau merujuk laman resmi Changi Airport, di Xperience Zone ini kita bisa nonton program olahraga di layar yang disediakan sama bisa bikin kartu pos elektronik buat nanti dikirim via email.

Xperience Zone, Terminal 2 Changi International Airport Singapore


Movie Theater (Bioskop) – Terminal 2 dan Terminal 3

Bioskop di Bandara Changi ini bener-bener kayak bioskop di mana kita nonton di dalam sebuah ruangan gelap dengan susunan kursi berundak. Buka 24 jam setiap hari (kecuali saat maintenance). Sayangnya saat itu bioskopnya udah penuh, huhuhu. Ya bisa dimaklumi sih, bioskop sekecil itu untuk ratusan bahkan ribuan orang di Terminal 2 Changi. Tapi tenang kalau kamu nggak kebagian kursi kayak gue, kita bisa foto-foto di depan bioskop karena ada instalasi seni berbentuk popcorn raksasa!

Movie Theater Terminal 2, Changi International Airport Singapore

Movie Theater, Terminal 3 Changi International Airport

Movie Theater, Terminal 3 Changi International Airport

Di depan bioskop juga ada bilik-bilik dan beberapa personal computer buat digunakan secara gratis. Bilik-biliknya, sekali lagi, juga penuh. Huvt. Lokasi bioskop ini ada di Departure Hall Level 3.


Sunflower Garden (Taman Bunga Matahari) – Terminal 2

Taman Bunga Matahari Bandara Changi ini berada di lantai yang sama dengan bioskop. Selain bisa foto-foto dan menikmati taman bunga mataharinya sendiri, karena dia terbuka dan ada di level 3, jadi kita bisa menikmati langit dan pesawat terbang yang sedang tertambat di apron, mendarat, atau lepas landas. Orang kota seperti ngana jarang liat langit, ‘kan?

Sunflower Garden, Terminal 2 Changi International Airport Singapore

Sunflower Garden, Terminal 2 Changi International Airport Singapore

Sunflower Garden, Terminal 2 Changi International Airport Singapore

Kalau ke sini, kira-kira kamu mau ngapain?


Entertainment Deck – Terminal 2

Kamu gamer? Pas banget nih, Changi International Airport mungkin bisa menjadi bandara paling ramah gamer sedunia! Masih satu level dengan Movie Theater dan Sunflower Garden, ada Entertainment Deck di mana kamu bisa seru menghabiskan waktu dengan game. Ada computer games, Play Station, sampai Xbox Kinect.

Entertainment Deck, Terminal 2 Changi International Airport Singapore

Entertainment Deck, Terminal 2 Changi International Airport Singapore

Jangan banyak nanya soal ini, karena gue sama sekali bukan gamer haha. Mainan gue tiap hari cuma Bubble Witch, dulu sukanya Feeding Frenzy, Holiday Express, Zuma, Diner Dash, atau Wedding Dash. Game-game receh lah.


Merlion Statue – Terminal 3

Puas dengan Terminal 2, gue naik Skytrain lagi menuju Terminal 3. Berjalan beberapa meter dari peron Skytrain, gue disambut oleh patung Merlion kecil yang ada di sudut ruangan, dikelilingi dengan beberapa tanaman. Kayaknya patung Merlion ini cuma dekorasi biasa, karena nggak ada di daftar atraksi website Changi Airport.

Merlion at Terminal 3, Changi International Airport Singapore

Melihat pepohonan di Immigration Hall, Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Dari Level 2 Departure Hall Terminal 3 Changi Airport itu, gue bisa melihat kesibukan bagian imigrasi yang ada di bawahnya. Area imigrasi Terminal 3 Changi yang luas dan tinggi itu diisi dengan pepohonan tinggi yang menjulang di tepi ruangan. Can you believe this is an airport?


Crystal Garden – Terminal 3

Satu hal yang gue kagumi dari Terminal 3 Bandara Changi ini adalah―desain langit-langitnya! Desainnya sangat modern dan futuristik, serasi dengan karpet di bawahnya yang juga berwarna lebih bright dari karpet di Terminal 1 dan 2.

Crystal Garden, Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Crystal Garden, Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Crystal Garden seolah menjadi pusat kehidupan Terminal 3 Changi. Ia menjadi poros di mana gerai-gerai komersil elit mengitarinya. Nuansa elegan yang kaku diredam dengan penerapan bunga-bunga marigold di sekeliling bola-bola kristal yang menjadi obyek foto beberapa pengunjung bandara.


Butterfly Garden (Taman Kupu-Kupu) – Terminal 3

Ini dia salah satu fasilitas menarik di Bandara Changi! Changi boleh berbangga, karena dia menjadi bandara pertama di dunia yang punya taman kupu-kupu. Butterfly Garden di Terminal 3 Changi ini bahkan menempati dua level, yaitu level 2 dan level 3, jadi bukan taman seuplik sekadarnya di lahan sisa gitu.

Butterfly Garden, Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Butterfly Garden, Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Nggak cuma kupu-kupu, di dalam rumah kaca Butterfly Garden ini juga diisi dengan tanaman-tanaman, bunga-bunga, dan air terjun setinggi 6 meter.


Cactus Garden (Taman Kaktus) – Terminal 1

Karena udah mendekati jam makan malam, dari Terminal 3 gue balik ke Terminal 1 dengan Skytrain. Dalam perjalanan mencari tempat makan itu, gue malah menemukan Cactus Garden. Apakah ini pesan dari Ilahi agar gue makan kaktus? Agak sebel juga sih sama mbak-mbak yang gue tanya tadi, katanya Terminal 1 nggak ada taman, lha ini ada taman kaktus!

Cactus Garden, Terminal 1 Changi International Airport Singapore

Cactus Garden ini ada di Level 3 Departure Hall Terminal 1 Changi Airport. Selain tanaman kaktus, di dalamnya juga ada cycad dan tanaman arid lainnya. Ada bar juga, lho. Lalu, karena dia terbuka dan ada di level 3, kita bisa menikmati pemandangan aviasi di sini.


Viewing Mall – All Terminals

Buat kamu yang suka foto-foto khususnya foto-foto aviasi, atau blogger/vlogger yang mau membuat ulasan detil holistik komprehensif kayak gue (halah), Viewing Mall ini oke banget. Di setiap terminal, selalu ada sisi bangunan yang terbuka dengan jendela floor-to-ceiling, memungkinkan kita untuk memandang pesawat, langit, sunrise, sunset, dan harapan.

Aircrafts of Singapore Airlines from Terminal 2, Changi International Airport

My most favorite shoot! Taken from Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Air France, taken from Terminal 1 Changi International Airport Singapore

Panoramic view from Changi International Airport Singapore

Kalau beruntung, kamu bisa menikmati pemandangan itu dengan duduk bersantai di kursi atau sofa yang masih kosong. Kalau udah penuh semua, ya antara kamu berdiri aja atau cari viewing mall yang lain. Jangan lesehan, please. Apalagi sampai gelar tiker terus buka rantang.


Internet Corner – All Terminals

Buat kamu yang nggak bawa laptop atau tablet dan udah engap sekral-sekrol pencat-pencet di handphone, kamu bisa memanfaatkan internet corner yang ada di seluruh terminal Bandara Changi. Internet corner-nya juga nggak cuma satu aja di tiap terminal, tapi ada di banyak sudut.

Internet Corner, Changi International Airport Singapore

Tapi yah, monmaap, nggak ada kursi apalagi bilik, bray (jadi warnet nanti). Mungkin biar nggak berlama-lama internetan, haha. Terus, jangan buka yang aneh-aneh ya, malu kalau dilihat orang.


Duduk-Duduk Sambil Terserah

Terpujilah, wahai engkau pengelola Bandara Changi, karena sudah menyediakan kursi-kursi, sofa-sofa, bangku-bangku yang berlimpah ruah. Nggak cuma di boarding lounge atau waiting room doang, tapi ada di mana-mana. Sebagian di antaranya bahkan sangat menarik buat dijadikan obyek foto linimasa Instagram. Sebagian lagi dilengkapi dengan colokan listrik. Di Terminal 3 malah ada TV Lounge yang dilengkapi TV (ya kalo dilengkapi radio namanya Radio Lounge)

TV Lounge, Changi International Airport Singapore

Birds in Flight and Seating Area, Changi International Airport Singapore

Enjoying the view while take a seat, Changi International Airport Singapore

Mau duduk sambil ngemil, ngobrol, bengong, liatin orang-orang, main game, chatting, internetan, baca, nulis, nggambar, tidur, ngupil, terserah! Gue menghabiskan waktu beberapa menit di salah satu bangkunya dengan buka laptop ditemani cemilan dan minuman, udah kayak kantor dadakan belom?

Udah kayak kantor dadakan belom?

Selain itu, Changi Airport memanjakan penggunanya dengan free rest area, semacam flatbed yang gratis dipake. This is everyone’s favorite, jadi langsung lari aja kalo ketemu satu yang kosong! Ada juga pay-per-use lounge yang bernama Premium Lounge (Terminal 1) dan Ambassador Transit Lounge (Terminal 2 dan 3). Kamu bisa duduk-duduk dengan lebih tenang dan privat, internetan dengan kursi, dan mandi. Biaya 58 SGD buat pemakaian 5 jam dan 16 SGD buat shower. Nggak usah nanya komentar gue soal harganya, you know me.

Ambassador Transit Lounge, a paid rest area at Terminal 2 and 3 Changi International Airport

My boarding lounge for Jetstar at Terminal 1 Changi Airport

My boarding lounge for Jetstar at Terminal 1 Changi Airport

My boarding lounge for Jetstar at Terminal 1 Changi Airport

My boarding lounge for Jetstar at Terminal 1 Changi Airport

Kalau beruntung, kamu bisa dapet boarding lounge yang cakeeeppp kayak gue kemarin. Paling pojok sih, tapi bagus! Ada sofa warna-warni, kursi-kursi kelinci, kursi-kursi kayu, beberapa tanaman, dan bahkan dekorasi pemanis.


Naik Turun Skytrain – All Terminals

Kalau kamu suka bergerak atau suka kereta kayak gue, naik Skytrain aja! Rutenya adalah T1-T2, T2-T3, dan T1-T3. Jangan cuma naik doang, tapi juga dokumentasikan perjalananmu! Bisa video atau foto aja. Dari peron, interior kereta, sampai pemandangan yang terlihat. Serunya, karena driverless (tanpa awak), kamu bisa berdiri di posisi terdepan dan menikmati pemandangan tanpa terhalang apa pun, kecuali jendelanya of course.

Platform for Skytrain, Changi International Airport Singapore

Changi Airport’s Skytrain, front view

Inside the Changi Airport’s Skytrain, Singapore

Skytrain, connecting the 3 terminals of Changi International Airport Singapore

Go to this gate to take a shuttle bus from Terminal 2 to Terminal 4 Changi International Airport Singapore

Gimana kalau mau ke Terminal 4?

Dari gate F51/F52 di Terminal 2, naiklah shuttle bus yang akan mengantarkanmu menuju Terminal 4 Bandara Changi. Percayalah, gue udah mau cobain shuttle bus itu biar bisa kasih petunjuk dan review jelas buat kalian. Tapi rupanya di gate itu udah ada petugas dan pemeriksaan keamanan, jadi kayaknya hanya yang benar-benar calon penumpang Terminal 4 dengan boarding pass yang sahih sajalah yang bisa naik shuttle bus. Tapi minimal sekarang kamu udah tau, yekan.

Ngomongin soal transportasi, dari Bandara Changi kamu bisa naik bus ke Johor Bahru atau kota-kota tetangga lainnya. Pesan tiketnya secara online di Bookaway!

Baca Juga: Memahami Transportasi Publik di Singapura: MRT, LRT, Sentosa Express Monorail, dan Bus


Free Singapore Tour – Terminal 2 dan Terminal 3

Buat kamu yang punya waktu 5,5 – 24 jam sebelum penerbangan lanjutanmu (connecting flight), maka kamu eligible (halah, bahasanya) buat ikutan Free Singapore Tour! Total ada 7 jadwal dalam sehari yang terbagi menjadi 5 Heritage Tour dan 2 City Sights Tour. Masing-masing berdurasi selama 2,5 jam dengan 2 photo-stop. Syaratnya cuma nunjukkin paspor sama boarding pass aja kok.

Free Singapore Tour, Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Loket Free Singapore Tour ini bisa kamu temukan di Level 2 Transit/Departure Hall Terminal 2 dan 3 Changi Airport.


Inspeksi Toilet – All Terminals

Apa cuma gue yang foto-foto di bandara sampai ke dalem toiletnya? Semoga tidak. Gue baru ngeh, di 2 bandara terakhir yang gue kunjungi (Phuket International Airport dan Yangon International Airport, Myanmar) gue selalu foto rest room-nya. Kebetulan kondisinya lagi sepi, jadi gue semakin merasa leluasa buat foto-foto.

Rest room (lavatory) Changi International Airport Singapore

Di depan toilet Bandara Changi biasanya ada dispenser air minum gratis

Rest room di Bandara Changi ini bersiiihhh. Ingat, nggak semua toilet ada water gun. Jadi kalau kamu mau buang air besar, siapkan dirimu dengan tisu yang tersedia atau sediakan air bersih di dalam botol. Gue sih pake tisu juga bisa, ya.


Menikmati Seasonal Decoration

Changi Airport ini benar-benar ingin menyambut setiap pengunjung dengan tampilan terbaik! Di bulan November 2018 kemarin, setiap sudut Bandara Changi dibalut dengan dekorasi bernuansa Natal. Ada pohon-pohon Natal yang bagus bangeeettt, rumah kayu, dan pernak-pernik lainnya. Gue sama ketiga peserta gue puas foto-foto sebelum mereka boarding.

An interesting Christmas Tree at Terminal 3 Changi Airport Singapore

There is no corner left unadorned, Changi International Airport Singapore

Harry Potter themed redemption booth, Changi Airport

Terus pas di Terminal 3 ada loket Harry Potter dengan petugas yang memakai jubah seragam ala Hogwarts, tapi gue nggak terlalu paham itu apa, cuma berani wara-wiri sambil plirak-plirik di depannya.


Makan dan Minum – All Terminals

Salah satu hal yang gue suka dari Singapura adalah harga makanan di bandara yang nggak beda jauh dengan harga makanan di luar sana. Nggak kayak Indonesia atau Malaysia yang harga makanan di bandara bisa berkali-kali lipat! Di setiap terminal ada foodcourt dengan harga makanan bersahabat dan pilihan menu beragam. Di luar foodcourt juga ada gerai-gerai independen.

A hawker center at Departure Hall Terminal 2, Changi International Airport Singapore

Dine and Wine, Departure Hall Terminal 3 Changi International Airport Singapore

Malam itu gue memutuskan buat makan di Killiney Kopitiam Terminal 1 karena lagi ngidam roti kaya. Setangkup roti kaya, mee rebus, dan kopi-c panas cuma sekitar 8 SGD aja dong! Gue kenyang (karena ada makanan berat) dan puas (berhasil nemuin roti kaya dan kopi-c).

Mee Rebus, Kaya Toast, and Hot Kopi-C for only 8.4 SGD at Killiney Kopitiam Changi Airport

killiney, terminal 1 changi international airport singapore

Travelearners, jangan putuskan mahal murahnya makanan di Singapura dengan standar harga di Indonesia, tapi dengan standar negara itu. Kalau harga makanan di hawker center pusat kota adalah sekitar 5-6 SGD, maka harga 7-8 SGD di Changi Airport tentu masih terbilang murah. Harga makanan di bandara-bandara Indonesia malah lebih nggilani. Gue pernah makan nasi padang di Bandara Soekarno-Hatta dengan harga nyaris Rp100.000,00.

Baca Juga: Pengalaman Makan Murah di 7 Tempat Singapura


Taman-Taman Lainnya

Selain taman-taman di atas, masih banyak taman-taman lainnya di Bandara Changi Singapura, baik yang memang dinamakan maupun yang “sekadar” sekumpulan tanaman di sudut-sudut bandara. Di antaranya adalah Water Lily Garden dan Central Piazza Garden yang keduanya ada di Departure Hall Terminal 1. Bandara Changi seolah menyelaraskan dirinya dengan branding Singapura sebagai City In A Garden, dan bukannya Garden In A City.

Central Piazza Garden, Terminal 1 Changi International Airport Singapore

Water Lily Garden, Terminal 1 Changi International Airport Singapore

Sudut hijau di Bandara Changi Singapura

Mudah-mudahan bandara-bandara di Indonesia juga punya semakin banyak area hijau, ya. Baca baik-baik, gue bilang “semakin banyak”, itu artinya sekarang sudah ada. Selain Bandara Soekarno-Hatta, contoh signifikan lainnya adalah Bandara Internasional Banyuwangi dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali. Ada contoh lagi?


Nggak Pernah Males Transit di Bandara Internasional Changi

Selain Kuala Lumpur, Singapura adalah transit-hub-nya Asia Tenggara yang menghubungkan sudut benua Asia ini dengan seisi dunia. To be honest, Kuala Lumpur International Airport (KLIA) memang agak membosankan. Gede sih, nyaman, modern, tapi isinya kebanyakan adalah tempat makan dan tempat belanja yang mana adalah which is kurang sesuai dengan kode etik backpackerisme. Tapi tidak dengan Changi International Airport. Sebagai World’s Best Airport alias bandara terbaik sejagad, Changi punya banyak “senjata” untuk membunuh waktu!

Welcome to Terminal 1 Changi International Airport, Singapore

Changi International Airport, Singapore

Nah, berkali-kali bolak-balik Singapura (monmaap, ini mo pamer apa gimana nih?), baru di bulan November 2018 kemarin gue berkesempatan buat benar-benar menjelajah Changi. Saat itu gue baru saja mengantar peserta open trip yang jadwal penerbangan baliknya menuju Jakarta adalah jam 14:55, sementara penerbangan balik gue baru jam 20:30. Itu artinya gue masih punya waktu sekitar 3-4 jam buat ngubek-ngubek Changi. Sebelum-sebelumnya sih, gue cuma eksplor sekenanya aja dari apa yang bisa dilihat saat berjalan kaki setelah mendarat menuju stasiun MRT dan sebaliknya.

Sebetulnya gue pernah transit cukup lama di Changi pada tahun 2015 untuk connecting flight Ho Chi Minh City – Jakarta dengan Tiger Airways. Tapi saat itu gue lebih memilih buat kabur ke Bedok, makan siang di hawker center-nya, terus balik lagi haha.

Terminal 3, Changi International Airport Singapore

A junction of Terminal 1, Changi International Airport Singapore

Jika nanti di masa mendatang gue harus mengambil penerbangan dari Changi menuju destinasi utama gue, gue nggak akan sungkan-sungkan buat mengambil penerbangan lanjutan dengan jeda yang lama. Itu karena Bandara Changi punya banyak taman (indoor dan outdoor), komputer gratis, internet, air minum gratis, tempat main game, sudut-sudut instagrammable, bahkan bioskop gratis! Selain itu, mengambil jeda yang lama untuk connecting flight juga menjadi antisipasi penerbangan pertama yang delayed atau penerbangan kedua yang terbang lebih cepat tanpa woro-woro. Hah!

Baca Juga: 11 Tips Memangkas Pengeluaran Jalan-Jalan di Singapura


Eh, kamu masih bertahan baca sampai sini? Selamat, kamu baru saja membaca sebuah tulisan sepanjang lebih dari 2.200 kata! Makasih banget lho buat kesabaran dan kesetiaannya. Semoga kesabaranmu nggak sia-sia, mendapatkan banyak informasi berfaedah dari thetravelearn.com. Selamat menikmati Bandara Changi! Keep learning by traveling…

85 komentar

  1. […] Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi […]

  2. […] Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi […]

  3. […] Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi […]

  4. […] Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi […]

  5. […] Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi […]

  6. […] Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi […]

    1. Isnainipe · · Balas

      Terima kasih kak sudah menulis artikel ini, saya hendak bertanya, apakah tempat2 yang kakak bahas di atas bisa dikunjungi oleh turis yg datang ke singapura? Jadi setelah sampai di changi berkeliling dulu di changi sebelum pergi ke kota… terima kasih

      1. Iya semuanya bisa ya, kak.

  7. […] Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi […]

  8. setiap ane di bandara, kenapa mau makan di bandara Indonesia selalu deg degan, tapi kalau ke luar negeri kagak ya..hahaha..

    1. Haha, karena jauh di dalam lubuk hatimu, kau tau realita harga makanan di bandara 😀

  9. Kbnyakaan yg taman2 ala2 yahh.. hihii

    1. Taman ala gimana maksudnya? Taman tematik? Well, it is an airport afterall. Jadi mungkin mereka berpikir kalo taman gitu doang kurang cocok.

  10. Gookil ya perkembangannya. Udah lama nih gak ke singapore. Lagi liat-liat tanggalan nigh. Begitu cocok..langsubg capcus, nyampe bandra, puas-puasin trus pulang lagi deh

    1. Waduh, masak main di bandara doang bang, hahaha

      1. Ahaha, soalnya gak Ada bujet buat akomodasi Dan belanja. Yang penting geotag di medsos aja kak.

      2. Nggak usah belanja, bang. Akomodasi murah2 lah.

  11. Larasati Neisia · · Balas

    Terlalu banyak yang belum dikunjungi di Changi huhu. Mau ke sunflower garden aja nggak sempet karena nyampe kemaleman banget waktu itu. Baca ini kangenku sedikit terobati kak Nugi. Semoga cita-cita Lilis kesampaian untuk balik lagi dan bertemu mbak Mer. 🙏😂

    1. Hahaha. Amin amin semoga terwujud segera, Lis.
      Mbak Mer apa Mas Mer nih?

  12. changi udah beda banget dari terakhir kali aku ke sana.
    aku bakalan ke sana lagi kalau ada yang sudi bayarin akuhh

    1. Haha, emang kapan terakhir ke sana, kak? Ke Singapura murah2 kok tiketnya.

  13. Fanny Fristhika Nila · · Balas

    udah ga bisa bilang apa2 lagi kalo ttg changi… Berhak jd nomor 1 airport terkeren sedunia sih ;p Akupun kalo nanti traveling lg, dan memungkinkan utk transit di changi, aku bakal cari yg lama transitnya mas :D… baru kali ini yaa pgn lama2 transit dan berharap delay kalo changi ;p.

    skr lg ada pameran harpot kan? temenku kesana hanya utk melihat harpot nya itu :D. aku trakhir ke changi pas january thn lalu.. tp transit ga lama… cuma sempetlah liat2 toko Nike dan adidas fav… daaaaaan nyaris kalap ama temen.. secara mereka jual sepatu adidas yg terbaru dgn hrg kalo di Rp hanya 1.5 jt!!… di jkt model itu blm keluar dan kalopun nanti masuk biasanya selalu nyaris 3 jt.. surga banget utk semua kalangan changi ini , terlelbih buatku yg hobi shopping 😀

    1. Iya, malah pengen berlama-lama kalo di Changi, hihihi. Oh ada pameran Harry Potter, i see..

      Bener, cocok buat banyak kalangan. Yang suka makan, yang suka belanja, suka arsitektur atau desain interior, dapet semua!

  14. Lengkap banged review Changi nya… mantab!! Jadi kepingin keliling Changi nihh..
    Mas, kalo theaternya itu biar tetap kebagian tempat, cara daftarnya bgmn?

    1. Movie theater maksud sy

    2. Nggak ada daftar-daftaran sih mas, siapa cepat dia dapat! 😀

  15. andromedaelroza · · Balas

    Kalo lagi nonton di movie theater takutnya bisa ga ngeh sama pengumuman boarding 😄

    1. Pastikan boarding-nya masih lama bro. Di atas 4 jam 😀

  16. Besok 18 hal itu bakal saya lihat juga dong, kalau main ke SG huahuahua 😀 Aamiin ya Allah, Aamiin :p

    1. Amin amin, nggak sabar baca gimana tulisan lo soal Singapore Feb 😁😁😁

  17. Daebak!
    lengkap banget ini penjelasannya
    bisa – bisa banget ngetrip satu harian cuma kelilingin Changi Airport

    1. Betul sekali, mas. Jelajah Changi bisa dialokasikan buat satu hari.

  18. Mas, itu 3-4 jam aja bisa keliling tempat sebanyak ini? Luar biasa, udah sangat direncanakan kayaknya. Beberapa kali transit di Singapore, kalau udah bisa ke ruang tunggu biasanya langsung ke sana, tiduran karena teler kecapekan. 😅

    By the way, bioskopnya gratis apa bayar Mas? Filmnya baru apa lawas?

    1. Sama sekali nggak direncanakan, mas. Aku cuma jalan ke setiap sudut yg bisa dilihat, hehe.

      Bioskopnya gratis. Filmnya bukan film lama tapi ya nggak baru-baru banget.

      1. Salut ah, beres jalan jalan, sampe bandara masih bisa keliling bandara ya. 👏🏼

        Mayan lah ya, killing time.

  19. Inilah kejelian dan kepintaran memaksimalkan kepuasan wisatawan dari pemerintah Singapore yang negaranya cuma luasnya ‘secuil’ itu, ya ..
    Bandara difasilitasi sekeren itu untuk menyiasati minimnya lokasi wisata alam.

    Semoga menginspirasi bandara-bandara di negara kita 🙂

    1. Betul sekali, mas. Amin amin, semoga bandara-bandara kita juga semakin berbenah.

  20. Yanto Soeseno · · Balas

    pernah sekalinya nyoba explore setiap sudut antar Terminal di Singapore,
    efeknya kaki berasa gempoorrr…. but worthed banget sih 🙂

    Yups betul, thema di bulan Januari kmrn about Harry Potter, ada Honey Dukes dan HOGWARTS Express yg terkenal itu

    1. Bener mas. Saya aja gempooorrr.

  21. wow 2.200 kata gie, di tengah tengah tadi juga kebayang “panjang bener ni ga selesai2” 😀
    sekarang makin cakep aja nih bandara, kalo kayak gini fasilitasnya pastinya betah asal ga capek jalan buat wara wiri di bandara segede ini

    1. Ahahaha, panjang amat yak 😀
      Untung dibuat poin-poin.
      Iya betah banget di Bandara Changiii

  22. dgoreinnamah · · Balas

    Ahaha, saya malah suka tulisan yang panjang. Dan tulisanmu ini jelas banget. Suka bingung sama yang ngeblog tapi tulisannya irit banget.

    Btw, sebagai bandara tersibuk, Changi ini memang harus terus berinovasi. Gue pun ngakuin klo interior Changi itu bagus banget. Pemberian fasilitas gratis juga membuat senang sobat misqueen seperti saya. Ahahahah

    Kayaknya, walking tour Changi ini ide bagus deh buat saya jika ke Singapura lagi 🙂

    1. Ada juga yang isinya nggak seperti judulnya, bang. Judulnya “panduan”, tapi aku ngebacanya sama sekali nggak merasa terpandu -____-

      Makasih sudah mampir dan makasih apresiasinya, bang. Explore Changi in a day would be a great idea!

  23. bang saya ada transit 6 jam di changi mau coba ikut free tour dan yang saya khawatirkan takut gak keburu check in connecting flight selanjutnya. kira2 paling lambat check in itu berapa jam sebelum flight ya?

    1. Paling lambat 1 jam sebelum boarding. Amannya 2 jam sebelum boarding udah siap di bandara.

  24. Kayaknya Changi Airport itu luas banget ya bang, karena antar terminal mesti naik kereta. Poin2 yang dijelaskan bisa terbayang dengan baik bang, semoga bisa mampir sana. 🙏🏻😊

    1. Bagus banget. Changi adalah bandara terbaik sedunia!

  25. Adriyani · · Balas

    Mau nanya misal bandara tujuan kita itu engga internasional airport tapi sebelum nyampe ke bandara tsb kita transfer di Bandara Internasional. Apakah kita harus Stempel cap imigrasi di bandara transfer setelahnya baru balik ke gate di bandara transfer itu ?

    1. Bisa kasih tau detil rencana riilnya aja nggak? Kamu mau ke mana, dari mana, transit di mana?

  26. Antony · · Balas

    Saya ada penerbangan transit tgl 1 Juni 2019 nanti dgn maskapai Scoot (Jakarta – Singapura (Changi) – Hongkong ) , transit selama 15 jam di Changi Singapura (jam 15:00 s/d 06:00)
    Pertanyaan : saat transit di Changi nanti kalau saya mau jalan2 keluar bandara (ke Jewel salah satunya & mungkin juga ke daerah Bugis)….bagaimana prosedur keluar & balik lagi ke Bandara Changi ? … apakah prosedurnya ribet / memakan waktu / tidak disarankan kah ? atau aman2 saja dan malah menguntungkan …:) …
    Terima Kasih sebelumnya.
    Antony, Jakarta.

    1. Halo, mas Antony. Aman-aman saja kok. In case ditanyain tiket balik, bilang aja kamu transit ke HK dan tunjukkan tiketnya.

  27. William Koerniawan · · Balas

    Nice Review! 2.200 kata yang gak membosankan & Keren ulasannya. Btw saya rencana pertengahan November main ke Sg, kira2 dekor Chirstmas nya udah ada belum ya? hehe 🙂

    1. Niat banget sampe ngitungnya, mas. Ahaha, thank you udah mampir ya.
      Udah mas. Itu saya juga ke SIN bulan November kok.

  28. Woowww… what a comprehensive information !!!
    Ga kerasa saya bacanya udah di akhir aja, dan sempat ngakak pas baca udah 2200 kata … Sempat ngarepin bs lebih panjang lagi 😂😂 sampe akhirnya malah terinspirasi utk eksplore artikel lainnya..

    1. Halo halooo. Terima kasih sudah mampiiirrr. Semoga berfaedah ya 😂😂😂

  29. jazeerahusna · · Balas

    Keren sih ini, lengkap banget bro

    1. Terima kasih sudah mampir, kak

    2. Wah dimana itu boarding lounge terminal 1 nya? Masih inget ga posisinya? Cocok bgt kykny buat nunggu ampe pagi sebelum flight pulang, sofanya menggoda 😂

      1. Paling ujung pokoknya

      2. Halo mas mau tanya, saya niatnya mau stay di changi dari jam 8 malam – 8 pagi krn penerbangan baliknya pagi di T1. Kira kira enak nya barang bawaan kita bawa atau ada tempat aman untuk taroh barang nya secara free? Misal bioskop mini gitu? Haha Krn kalo titip di baggage storage lumayan juga 4 koper cabin

      3. Kalau yg free gak ada sih 😂 Dan gak boleh juga asal taruh barang. Mau gak mau harus dibawa, bayar loker, atau sewa hotel airport sekalian.

  30. ga sabar minggu depan punya waktu transit 8jam kyknya bisa puass explore bandara sin.

    1. Mantap! Enjoy your trip, kak.

  31. Kak, maaf mau tanya, mohon maklum udik, hihihi, boarding lounge itu maksudnya gmn kk? Semisal saya nyampe di changi tengah malam, bole numpang tidur disana gak? Trus kalau ketiduran di movie teater nya bole gak? Terima kasih sebelumnya.

    1. Boarding lounge itu maksudnya ruang tunggu kalo mau boarding (terbang). Selain di boarding lounge/room ini, area tunggu atau tempat duduk juga ada di berbagai sudut bandara.

      Kalo ketiduran di Movie Theater, belom pernah sih. Cobain aja kalo berani, dan kalo masih dapet kursi.

  32. Salam kenal mas, sy mau nanya kalau sy naik air asia dr jkrt turunnya kan di terminal 4. Bisa gak sebelum keluar imigrasi sy explore terminal yang lain? Gimana dgn bagasi saya? harus kembali lg ke terminal 4 apakah akan dicegat petugas saat mau naik shuttle bus?

    1. Halo kak. Terminal 4 gedungnya terpisah dari terminal lainnya. Jadi kalo mau eksplor terminal lainnya, mau nggak mau harus keluar imigrasi. Ada waktu transit berapa jam?

  33. Chaterine · · Balas

    Mau tanya nih, kalo ikut free tour semisal saya ambil transit nyampe singapur nya tengah mlm jam 12. Trs setelah itu ke imigrasi kan ya. Nah abis itu cetak boarding pass penerbangan selanjutnya kah? Kan syaratnya free tour harus paspor dan boarding tiket nya. Sblmnya sya gak pernah transit sgp soalnya.

    Kan register utk heritage tour dibuka smpe jam 8 pagi ya.. Sdgkan waktu lowong transit saya sblmnya kan panjang dari jam 12 mlm sampe nunggu register free tour nya buka. Kalo misal keliling explore bandara changi buat ke terminal” itu gpp kah?
    Mohon bantu info
    Trims

    1. Mbak, saya bingung pertanyaannya. Cuma paham pertanyaan terakhir. Gpp keliling bandara.

  34. mas mau tanya saya ada jadwal transit di changi sekitar 6 jam dari jam 00:25 sd 7:20 , kira2 disana bisa ngapain aja ya? secara kan transitnya pas tengah malem mas

    1. Muter-muter taman, nonton film, foto-foto, basically hampir semua yg kusebut di atas itu 24 jam.

  35. […] panas dan comot beberapa biji french fries yang dibeli peserta opentrip-ku di Hello Kitty Café, Changi International Airport. Sungguh, perjalanan ini adalah salah satu momen yang nggak akan kulupakan seumur hidup. Kecuali […]

  36. […] segala sesuatu tentang fasilitas negara kota ini di urutan pertama, hehe. Kereta yang menghubungkan Bandara Changi dengan pusat kota Singapura bukanlah kereta khusus bandara, namun MRT (mass rapid transit). Lebih […]

  37. […] menjadi pelengkap dalam 18 hal yang bisa dilakukan saat transit di Bandara Changi. Daya tarik utamanya adalah air terjun HSBC Rain Fortex yang jatuh dari ketinggian 40 meter, […]

  38. mas mau nanya kalau transit di changi butuh visa transit kah? (sebelumnya blm pernah ngambil penerbangan yg transit :D)
    rencananya penerbangan dari bangkok–transit changi–lanjut surabaya. ini nanti prosedurnya gimana? sampai changi langsung ke bagian transit atau ke imigrasi dulu? (penerbangannya menggunakan maskapai singapore airlines)
    mohon pencerahan. makasih

    1. Sama sekali nggak perlu. Seluruh ASEAN bebas visa. Kamu bisa keluar imigrasi, muter-muter bandara terus check-in penerbangan lanjutan, terus masuk imigrasi lagi.

      Atau kalo dari Bangkok udah dapet 2 boarding pass dari maskapai kamu, maka gak usah keluar imigrasi juga bisa.

  39. […] Boarding room atau ruang tunggu adalah area di mana calon penumpang bisa duduk menunggu sampai dipanggil untuk menaiki pesawat (boarding). Pastikan kamu berada di boarding room yang dekat gate/gerbang keberangkatan, apalagi kalo kamu di bandara-bandara besar seperti Changi Airport Singapore.  […]

  40. […] Line ini mungkin cocok disebut APM, automated people mover, seperti skytrain di Bandara Soetta dan Bandara Changi itu. Yang unik, keretanya menggunakan rubber tyres yang nampak seperti ban […]

  41. […] Tinggal buka masker saat diminta, scan dua jari, lalu gue melenggang jaya memasuki arrival hall Changi International Airport. Bahkan aplikasi TraceTogether dan SG Arrival Card pun nggak ditanyai. Nyaris nggak ada bedanya […]

  42. Terima kasih informasinya, next year ada rencana mo jalan2 k SING bareng temen tapi karna jadwal kedatangannya berbeda jadi harus nunggu teman di bandara selama 6 jam baru keluar bareng menyusuri kota 😀

    Kalo misalnya aku mau keliling2 sampe ke pojok2 changi (keluar masuk terminal 1/2/3), apa harus ke imigrasi dulu ya buat ngelapor? Imigrasi lounge itu di mana ya? Apa kalo udah lapor keluar imigrasi udah ga bisa bolak/balik masuk/keluar terminal?

    1. Halo, mbak. Makasih udah mampir ya. Wah lumayan tuh 6 jam. Kalau mau leluasa eksplor terminal 1-4 memang harus keluar imigrasi. Bisa masuk lagi selama punya boarding pass yg valid. Kalau mbak posisinya udah mendarat (arrival), keluar imigrasi, maka gak akan bisa masuk lagi. So, segera tentukan aja titik temunya sama temen-temen.

  43. […] penerbangan dengan maskapai berbiaya rendah, kamu bisa naik Scoot dari Changi International Airport seharga mulai Rp1,5 jutaan dengan jadwal penerbangan pukul 01:00, 07:00, dan 11:30. Masing-masing […]

  44. […] eksplor, belanja, dan istirahat. Apalagi kalau bandaranya sekelas Changi atau Hong Kong. Kalau cuma bandara kecil yang fasilitasnya sekadarnya, kita harus siapin alat-alat […]

  45. […] Orchid Garden di Changi Airport atau National Orchid Garden di Singapore Botanic Gardens, dua-duanya sudah pernah saya kunjungi. […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu