11 Tips Memangkas Pengeluaran Jalan-Jalan di Singapura

blog-tips-jalan-jalan-hemat-gratisan-di-singapura

Siapa di sini pernah mengalami insiden dompet ketinggalan saat traveling? Iya, ketinggalan dompet. Dompet yang isinya uang saku, kartu ATM, kartu kredit, dan kartu member fitness bulanan. Gue pernah, baru banget gue alami dalam Open Trip yang gue adakan akhir Januari lalu di Singapura.

Gue sendiri baru sadar bahwa dompet tertinggal di kost pada menit-menit menjelang keberangkatan travel ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Gue udah berusaha telfon dan SMS teman yang sebelumnya mengantar gue, namun rupanya dia sudah kembali ke alam pulau kasur.

Untungnya — wong Jawa pancen akeh untunge — seluruh uang dollar Singapura gue simpan di dalam tas daypack dan tas kamera, nggak ada yang gue simpan di dompet sama sekali. Jadi, ya sudah, gue bertekad mencukupkan diri dengan uang yang ada, sekitar 124-an SGD, di mana 10 SGD di antaranya merupakan recehan sisa-sisa trip sebelumnya. Dari jumlah itu, masih harus dipotong 80 SGD untuk membeli 5 kartu Singapore Tourist Pass (STP), dan 12.5 SGD untuk ongkos MRT pertama kali dari Changi International Airport sampai Bugis.

Namun, dari sinilah, gue akhirnya mendapat wahyu dan hidayah-Nya untuk menemukan, menyadari, dan melakukan beberapa hal berikut ini untuk memangkas pengeluaran selama di Singapura.

 

Andalkan Fasilitas Sarapan di Hotel / Hostel

Makanya, cari hotel / hostel yang menyediakan sarapan, bahkan cemilan gratis. Meskipun cuma roti dan kopi, tapi lumayanlah buat isi perut cuma-cuma di awal hari.

 

Andalkan Air Minum Gratis dari Hotel / Hostel

Makanya, bawa tempat minum atau botol air mineral kosong dari rumah, isi dengan air minum gratis dari penginapan kapanpun kamu butuh, terutama di pagi (sebelum trip) dan malam hari (usai trip)

Free water (hot or cold) at Moni Gallery Hostel, Boon Keng

Free water (hot or cold) at Moni Gallery Hostel, Boon Keng

Baca Juga: 3 Hotel di Singapura, Ekonomis Untuk Budget Traveler

 

Minum dari Wastafel Toilet

Kehabisan air di jalan? Segera cari toilet umum terdekat dan minum air dari situ. Air di Singapura dijamin kebersihannya, aman untuk langsung diminum! Hal ini akhirnya gue lakukan juga di Gardens by The Bay karena kehausan. Lakukan hal serupa saat berada di Changi International Airport, baik saat tiba maupun saat akan kembali ke Indonesia. Ada keran-keran air minum di sepanjang lorong Boarding Room.

 

Beli Makan di Stasiun Atau Hawker Center

Kalau kamu lagi di stasiun dan ketemu kedai makan, jangan sia-siakan! Kedai makan di stasiun MRT Singapura biasanya menjual menu super murah!!! Akhir bulan Januari lalu, gue beli bakmi bungkus + telor ceplok seharga 3.2 SGD aja dong, dan awet dimakan sampai malem. Bakminya satu stereofoam penuh, dan gue nggak bisa menghabiskannya sekaligus dalam sekali waktu.

Nasi Rames di Food Plaza Vivo City, Harbourfront

Nasi Rames di Food Plaza Vivo City, Harbourfront

Sebelumnya, gue menemukan Ananas Café di Bugis MRT Station dan Khun Thai di Chinese Gardens MRT Station dengan paket Nasi Lemak ala-ala seharga 2 SGD sahaja, hahaha. Pernah juga makan di Bedok Hawker Center dengan harga serupa.

Beberapa hawker center / pujasera / medan selera murah di Singapura yang pernah gue jajal:

  • Food Plaza Vivo City, lantai paling atas, di samping stasiun monorel Sentosa Express, ada makanan Indonesia
  • Lantai dasar Lucky Plaza di Orchard Road, ada makanan Indonesia
  • Foodcourt di Botanic Gardens, kopinya cuma 1 SGD
  • Kedai-kedai makanan di Bugis Street.

Harga makanan di ketiga tempat itu mulai di kisaran 5 SGD, udah makan layak dan kenyang. Harap pastikan kehalalan lebih dulu.

Baca Juga: Gerimis Pagi di Singapore Botanic Gardens

 

 

Beli Makan di Seven Eleven

Selain hawker center dan stasiun, Seven Eleven (711) di Singapura juga menjual beberapa paket makanan siap saji seharga mulai 3 SGD. Lumayan di saat-saat terdesak, misalnya saat udah larut malam atau udah nggak tahu lagi mau cari makan di mana.

 

Beli Makan di Rumah Makan India atau Melayu

Warung atau rumah makan orang India atau Melayu biasanya murah-murah. Di Mustafa Center ada warung India yang menjual menu Nasi Lemak seharga 4.5 SGD dan sederet menu hemat lainnya. Ditambah Teh Tarik panas yang nikmat, cuma 5.5 SGD aja dong.

Many cheap food vendors at Little India, Singapore

Many cheap food vendors at Little India, Singapore

Baca Juga: Tips Jalan-Jalan Hemat di Singapura

 

Beli Oleh-Oleh di 2 Dollars Shop, Chinatown

Gue baru menyadari keberadaan oleh-oleh ini saat Open Trip akhir Januari lalu. Barang-barang di sini super murah, mulai dari 1 SGD aja broooo. Dari pintu keluar Chinatown MRT Station, tinggal sedikit berjalan lurus, toko ini ada di kanan jalan, di seberang TinTin Shop. Harga-harga di Chinatown seringkali lebih murah daripada di Bugis atau Lucky Plaza — sepanjang pengalaman gue ya.

Two Dollar Shop, Chinatown

Two Dollar Shop, Chinatown

 

Pakai Kartu Singapore Tourist Pass (STP)

Tersedia kartu STP untuk 1 hari, 2 hari, dan 3 hari. Bebas kamu gunakan sebanyak mungkin buat MRT, LRT, dan bus selama masa berlaku — kecuali monorel Sentosa Express. Harga STP adalah 10 SGD (1 hari), 16 SGD (2 hari), dan 20 SGD (3 hari), belum termasuk deposit 10 SGD yang nanti akan dikembalikan kepadamu saat kamu mengembalikan kartunya. Kartu dapat dikembalikan di stasiun manapun maksimal 5 hari setelah habis masa berlakunya.

Sepanjang pengalaman gue, total pengeluaran Single Trip Ticket (tiket satuan) dalam sehari selalu lebih dari 10 SGD, jadi kartu ini memang menghemat banget!

Jalan kaki di Singapura itu nyaman banget!!!

Jalan kaki di Singapura itu nyaman banget!!!

Kalau tempatnya nggak jauh-jah banget, kurang dari 2 km, jalan kaki ajaaa hahaha. Atau jalani secara bertahap, misal setiap 500 meter istirahat atau mampir ke tempat menarik yang dilalui.

Baca Juga: Membaur Bersama Singapura dengan LRT

 

Menyeberang ke Sentosa Island? Jalan Kaki Aja!

Selat yang menghubungkan daratan utama Singapura dan Pulau Sentosa ini sempit kok, jadi masih cukup walkable. Apalagi selama menyeberang kamu pasti bakal sering berhenti buat foto-foto, jadi perjalanan akan semakin nggak terasa deh. Opsi lainnya adalah naik monorel Sentosa Express seharga 4 SGD pulang pergi.

Ada banyak atraksi gratis di Pulau Sentosa, salah satunya adalah Merlion Plaza ini

Ada banyak atraksi gratis di Pulau Sentosa, salah satunya adalah Merlion Plaza ini

 

Kunjungi Obyek Wisata Gratisan

Seluruh obyek wisata terbuka dan tempat ibadah di Singapura adalah gratis, misalnya: Merlion Park, Singapore River, Bugis, Chinatown, Little India, Orchard Road, Sentosa Island (tanpa masuk-masuk wahana lho ya, hehehe), Botanic Gardens, Chinese Gardens, Gardens by The Bay bagian luar, dan seabrek taman di negeri mungil ini.

Pertunujukkan gratis Wonder Full at Marina Bay Sands, dilihat dari Merlion Park

Pertunujukkan gratis Wonder Full at Marina Bay Sands, dilihat dari Merlion Park

Di Merlion Park, Gardens by The Bay, dan FestiveWalk Sentosa, ada pertunjukkan tarian cahaya setiap malam.

 

Menginap di Dormitory atau Rumah Warga Lokal ala Couchsurfing

Untuk penginapan yang murah, carilah hostel, dan pilih tipe kamar Dormitory (asrama). Semakin banyak kapasitas dorm, makin murah pula harganya, rata-rata 150 SGD per malam per orang. Tenang, seluruh dorm di Singapura dilengkapi dengan AC kok. Jangan lupa, pastikan hostel berada dekat dengan stasiun MRT.

Family Room nggak sampai IDR 1,000,000 untuk 6 orang di Moni Gallery Hostel, Boon Keng

Family Room nggak sampai IDR 1,000,000 untuk 6 orang di Moni Gallery Hostel, Boon Keng

Kalau kamu punya akun Couchsurfing, manfaatkan untuk mendapat tumpangan gratis dari member Couchsurfing di Singapura. Cari tahu lebih lanjut di:

Tips Aman Menginap di Rumah Warga Lokal ala Couchsurfing

 

Very well, semoga ke-11 tips di atas bisa membantumu buat jalan-jalan hemat atau murah ke Singapura ala backpacker yak.

Namun, ke-11 tips di atas harus didampingi oleh satu petuah bijaksana ini: jangan menyiksa diri ya, hehehe. Kamu tetap harus menikmati liburanmu. Kalau masih laper, ya udah makan lagi aja. Kalau pengen banget masuk ke satu atau beberapa obyek wisata berbayar, misalnya masuk museum atau naik Cable Car, ya udah masuk aja, daripada balik ke rumah tapi nyesek. Keep learning by traveling

Iklan

27 thoughts on “11 Tips Memangkas Pengeluaran Jalan-Jalan di Singapura

  1. Serem banget bro ceritanya, lebih horor dari cerita hantu. Untung aja cuma di Singapura, lah kalo ke Eropa misalnya..mati sudah. Puji Tuhan ya ada uang dollar di tas 🙂
    Keren tipsnya, berguna banget buat menghemat budget.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s