Psst, Ini Dia Tips Dapet Tiket Murah ke Gardens by The Bay Singapura

gardens by the bay, salah satu wisata andalan singapura

Mentang-mentang luasnya cuma seuprit, banyak wisatawan Indonesia yang berpikir buat membabat Singapura dalam 2 hari perjalanan, bahkan 1 hari! Buktinya, gue udah beberapa kali menerima pertanyaan atau konsultasi itinerari seperti itu dari travelearners. Meeennn, Singapura emang kecil, tapi Singapura punya banyak obyek wisata yang menarik, unik, belum tentu ada di negara lain, yang sayang banget kamu lewatkan.

Kalau gue bilang, waktu ideal untuk menjelajah Singapura adalah 3 hari bersih. Kuala Lumpur di Malaysia lebih cocok dijadikan pelarian singkat, karena tempat-tempat wisatanya saling berdekatan dan nggak sebanyak di Singapura. Singapura nggak cuma Merlion atau Sentosa Island. Di balik dua tempat wisata sejuta umat itu, tersimpan seabrek destinasi lainnya yang nggak akan bikin kamu nyesel. Salah satunya adalah Gardens by The Bay.

Baca Juga: Cara Hemat Menjelajah Pulau Sentosa Dalam Sehari


Apa Itu Gardens by The Bay?

Gardens by The Bay adalah sebuah komplek taman kota seluas 101 hektar (gilak, luas banget!) yang berada di kawasan Teluk Marina, berseberangan dengan Merlion Park. Tapi jangan pikir Gardens by The Bay sama kayak taman-taman lainnya, GTB menyajikan indah dan rindangnya taman raksasa berpadu arsitektur dan teknologi. Di GTB, kamu nggak cuma bisa duduk-duduk di bawah pepohonan hijau yang berjajar di tepi danau, namun juga mengagumi pohon-pohon artifisial raksasa dan atraksi-atraksi canggih lainnya yang nggak ada di negara manapun!

Sudah ada sederet penghargaan dalam dan luar negeri yang diraih oleh Gardens by The Bay. Di antaranya adalah World Building of the Year 2012 dan Largest Green House (Rumah Kaca Terbesar) dari Guinness World of Records pada tahun 2015. Kamu nggak akan rugi deh main-main ke Gardens by The Bay.

Baca Juga: 18 Hal yang Bisa Dilihat/Dilakukan di Bandara Changi


Ada Apa Aja di Gardens by The Bay?

Beuh, banyak banget. Kamu butuh waktu seharian dari siang sampai malem buat menikmati semua atraksinya. Ada Bay East Garden, Children Garden, Dragonfly & Kingfisher Lakes, Sun Pavilion (koleksi flora padang pasir, seperti kaktus), Supertree Grove, The Canyon (koleksi patung-patung batu), OCBC Skyway, Flower Dome, dan Cloud Forest. Dulu, gue kira atraksi-atraksi yang ada di GTB itu berbayar semua, ternyata gue salah besar. Hampir semua atraksi itu — kecuali OCBC Skyway, Flower Dome, dan Cloud Forest — bisa dinikmati secara gratis! Mereka bahkan buka 24 jam, atau sampai larut malam.

Pohon-pohon artifisial (buatan) itu namanya Skytree. Total ada 18 Skytree di Gardens by The Bay yang dapat kamu nikmati keindahannya dari luar maupun dari dalam. Kamu bisa masuk ke dalam Skytree dan naik ke atas, gratis! Pengunjung cuma perlu membayar kalau mau masuk ke OCBC Skyway, sebuah jembatan setinggi 22 meter yang menghubungkan 2 Skytree. Jembatan ini buka dari jam 9:00-15:00 (tiket terakhir dijual jam 14:30) dan jam 16:00-22:00 (tiket terakhir dijual jam 21:30).

Skytree harus kamu nikmati saat terang dan saat gelap. Ketika malam tiba, Skytree akan tampak lebih spektakuler dengan permainan cahaya lampunya. Setiap jam 20:45 dan 21:45, Skytree-Skytree itu malah akan menampilkan pertunjukkan Garden Rhapsody dalam permainan musik dan cahaya yang ritmis. Keren banget!

skytree of gardens by the bay (source: gardensbythebay.com.sg

Flower Dome dan Cloud Forest, 2 atraksi utama Gardens by The Bay, akan gue jelaskan secara lebih detil di bawah.


Flower Dome – Gardens by The Bay

Ini dia The Largest Greenhouse in The World in 2015 yang tercatat oleh Guinness World of Records! Total luasnya mencapai 1.2 hektar lho. Nggak cuma itu, dengan bentuknya yang menyerupai cangkang telur, Flower Dome juga menjadi The Largest Columnless Greenhouse di dunia. Kubahnya terbuat dari 3.332 panel dan 42 bentuk bervariasi, sehingga — kalau kamu adalah seseorang dengan daya imajinasi tinggi — Flower Dome akan kelihatan kayak puzzle raksasa.

Di dalam rumah kaca raksasa ini, travelearners akan dipuaskan dengan koleksi flora dari berbagai belahan dunia yang kaya. Flower Dome beroperasi pukul 9:00 – 21:00. Kubah Bunga ini terasa nyaman karena suhu di dalam konservatorinya dijaga pada kisaran 23-25 derajat Celcius. Jadi nggak usah takut kepanasan di dalem, shay.

Ada 8 area di dalam Flower Dome Gardens by The Bay, yaitu: Baobabs and The Bottle Trees, South American Garden, Succulent Garden, Californian Garden, Australian Garden, Mediterranean Garden, South African Garden, dan Olive Grove. Pohon Baobab ini adalah salah satu flora khas Benua Afrika, Guys. Dengan berat mencapai 32 ton, Pohon Baobab jadi koleksi terbesar di Flower Dome. Area menarik lainnya ada Succulent Garden, yang menampilkan koleksi flora khas daratan kering, yaitu kaktus, lidah buaya, dan crassula. Nah, oke banget ‘kan ke sini?!

flower dome – gardens by the bay
(pic by missnidy.com)

flower dome – gardens by the bay
(pic by missnidy.com)

flower dome – gardens by the bay
(pic by missnidy.com)

flower dome – gardens by the bay christmas edition
(pic by voyagin)

flower dome – gardens by the bay christmas edition
(pic by voyagin)

Selain koleksi permanennya, Flower Dome di Gardens by The Bay ini juga punya Changing Floral Display yang berubah-ubah sesuai momentum yang sedang berjalan. Nah, kalau kebetulan kamu ada rencana ke GTB sampai 8 Januari 2018 besok, temanya adalah Poinsettia Wishes yang bakal bikin kamu berasa lagi ngerayain Natal di Eropa! Pengunjung akan dimanjakan dengan koleksi flora Nordik di negara-negara Skandinavia (Eropa Utara: Finlandia, Swedia, Norwegia, Denmark) dan pohon-pohon konifer.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Hostel Murah Singapura


Cloud Forest – Gardens by The Bay

Kamu udah pernah naik gunung? Singapura emang nggak punya gunung tinggi dengan panorama samudera awan dan bayang-bayang kabut sih, tapi negeri mungil ini punya Cloud Forest di Gardens by The Bay! Di sini, travelearners akan merasakan suasana persis seperti di atas gunung di dalam sebuah konservatori, lengkap dengan tanaman anggrek, kantung semar, pakis, dan kabut buatan. Atraksi menarik lainnya adalah kehadiran air terjun dalam ruang tertinggi sedunia pada ketinggian 35 meter!

Buat dirimu terpukau dengan menyusuri Cloud Walk dan Treetop Walk, rasakan atmosfernya. Cloud Walk berada lebih tinggi daripada Treetop Walk. Cloud Forest buka dari pukul 9:00 sampai 21:00, tapi kabut buatan hanya ada pada jam 10:00, 12:00, 14:00, 16:00, 18:00, dan 20:00. Jadi pastikan kamu dateng di saat yang tepat ya.

cloud forest – gardens by the bay
(pic by missnidy.com)

cloud forest – gardens by the bay
(pic by missnidy.com)

Selain itu, di Cloud Forest ini juga ada area Lost World, Secret Garden, Crystal Mountain, Cloud Forest Theatre, dan atraksi terbarunya — Cloud Forest Gallery. Di dalam galeri, kamu bisa menikmati video, diorama, artefak, atau panel grafis yang menarik. Lost World, area tertingginya, akan membawamu terhisap dalam imajinasi berada pada ketinggian 2.000 mdpl.


Tips Murah Membeli Tiket Masuk Gardens by The Bay

Hampir semua atraksi di Gardens by The Bay dapat dinikmati secara gratis, kecuali OCBC Skyway, Flower Dome, dan Cloud Forest. Tiket masuk OCBC Skyway udah gue kasih tahu di atas. Nah, buat Flower Dome dan Cloud Forest, harga tiket masuk standarnya adalah 28 SGD buat turis dewasa dan 12 SGD buat turis anak-anak umur 3-12 tahun. Tiket dapat dibeli sampai jam 20:00 setiap harinya. Jam terakhir untuk masuk adalah pukul 20:30, jadi jangan sampai kemaleman ya kalau mau masuk Cloud Forest sama Flower Dome.

Ternyata nggak terlalu mahal, ‘kan? Nah, gue punya “rahasia” yang bisa bikin tiket masuk Gardens by The Bay jadi lebih murah: beli di Voyagin.

Di Voyagin, harga tiket masuknya akan dipotong sekitar 20% dari harga sebelumnya, lumayan banget! Nggak perlu antri beli tiket. Tiketnya pun nggak perlu dicetak, tinggal ditunjukkin ke petugas, dan berlaku maksimal sampai 30 hari setelah pembelian. Gue baik, ‘kan? Udah ngasih tahu tips eksklusif buat masuk ke Gardens by The Bay dengan harga lebih murah. Jadilah orang baik juga dan bagikan informasi berfaedah ini ke seluruh umat!

Oh ya, Voyagin nggak cuma buat beli tiket masuk online Gardens by The Bay lho. Dia juga menjual tiket-tiket masuk atraksi lainnya (termasuk tiket shinkansen di Jepang) di lebih dari 50 destinasi di Asia! Voyagin bahkan udah merambah Perancis, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Pastinya, harga yang ada di Voyagin udah lebih murah daripada harga tiket kalau dibeli langsung. Selain lebih murah, pemesanan di Voyagin juga gampang, cepet, dan bisa dibatalkan gratis. Kalau ada pertanyaan, Voyagin (yang udah punya platform berbahasa Indonesia ini) juga melayani email dan telfon buat pertanyaan atau masukan lainnya.

Baca Juga: 11 Tips Memangkas Pengeluaran di Singapura


Cara Menuju Gardens by The Bay

Gardens by The Bay di Singapura dapat kamu capai dengan naik MRT Downtown Line (Blue Line) atau Circle Line (Yellow Line) dan turun di Stasiun Bayfront. Bayfront ini adalah stasiun yang berada di bawah bangunan hotel Marina Bay Sands. Pilih Exit B, lalu ikuti aja papan petunjuk menuju Gardens by The Bay yang mudah dan sangat jelas terlihat.

Baca artikel selengkapnya di: Memahami Transportasi Publik di Singapura

perhatikan jalur biru atau jalur kuning untuk menuju gardens by the bay


Dengan tiket masuk yang murah, atraksi yang memanjakan hati, dan lokasi yang strategis di kawasan wisata Singapura, Gardens by The Bay ini gue rekomendasikan banget buat masuk agenda perjalanan kamu di Singapura. GTB cocok buat solo backpacker, liburan keluarga, liburan rame-rame, atau jalan-jalan romantis sama pasangan. Karena semua orang jaman sekarang suka foto-foto (entah itu foto diri sendiri atau foto pemandangan), gue pun yakin, Gardens by The Bay ini bisa bikin semua orang bergembira di Singapura!

Iklan

51 komentar

  1. Wah makasih infonya. Terakhir ke Singapura, GTB ini masih lumayan baru. Terus belum paham ini apaan, kirain taman biasa aja gitu. Eh tahunya bagus yaa.. dan sekarang ngehits banget. Semoga bisa ke sini kalau next time ke SG lagi. 😀
    Btw, pas ke sini ngabisin waktu berapa jam?

    1. Wah ini hits banget, kak. Aku di GTB cuma bentar pas malem, nonton Garden Rhapsody doang sama istirahat wkwk. Mungkin sekitar 1 – 2 jam.

  2. kayaknya ini destinasi paling favorite deh klo ke singapore. wajib malah hahaha

    1. Iya wajib. Aku nyesel baru ke sana saat kunjungan yang ke-4 di Singapura 😦

      1. wah kunjungan yg ke 4 ya, hahaha lama banget

      2. Iya haha, which is bulan Januari tahun ini.

  3. Gue pernah mau masuk kesini tapi ngga jadi, hahaha karena memang mahal sih ya tiket masuknya. eh kalo tahu ada gratisan mah gue kesini deh.

    1. Lebih banyak yang gratisan mas. Yang pake tiket masuk pun gak mahal kok 😀

  4. waaaahh gardennya luas banget. ini mah harus seharian muter muter sini. biar puas kalo foto foto

    1. Iya bener. Makanya aku bilang sebaiknya dari terang sampai gelap, hahaha.

  5. […] masuk ke Universal Studios Singapore tapi duit limited edition? Atau Gardens by The Bay? Atau Sea Aquarium yang kece itu? Beli online aja, kak. Lumayan lho, harganya bisa lebih murah […]

  6. minggu lalu aku ke sana ke bawah skytree-nya udah mbayar. jadinya aku cuma ke cloudforest aja yang 16 dollar karena emang perlunya (riset) ke situ sama keliling-keliling di dalam sekitar 2 jam-an. seneng banget dan kayaknya pengen balik lagi deh. sayangnya pas nungguin skytree-nya nyala, malah hujan. jadilah melipir lari2 ke MRT stasiun, trus ke… Orchard #eh

    1. Hee, ke bawah skytree-nya aja bayar? Aku Januari 2017 masih gratis, puji Tuhan nggak hujan dan bisa liat Garden Rhapsody 😀

      Haha, mbak Indri jadi buibuk masa kini di Orchard 😀

  7. Aku pernah ke bagian gratisannnya dulu, di bagian atas mall gitu. Tapi ya cuma bisa lihat dari atas doang.

    Naksir ke sini buat ambil foto malam.

    1. Wah wajib ke sini malem-malem mas

  8. Pemerintah Singapore serius banget mengurus pariwisatanya. Oke tidak punya lahan luas dan tak punya wisata alam, tapi mereka sanggup menciptakan air mancur seperti di Cloud forest itu, keren banget..

    1. Iya mbak. Tapi kalo gak salah, hutan beneran dengan air terjun tetap ada, cuma nggak ada hawa sejuk hehe.

  9. aku pengen lagi balik ke singapore 😦

  10. Saya suka sekali tempat ini. Magical. Makasih tipsnya. Lumayan diskonan nya nanti buat jajan Roti Canai

    1. mayan yak buat sekali jajan, wkwkwk

  11. Sudah pernah ke sini tp sayang gak masuk ke Flower Dome. Kalau balik mau masuk ah manfaatin diskon 20% lumayan. Tjx infonya ya

    1. sama-sama, kak. dijamin nggak nyesel xD

  12. Noted voyagin. Makasih informasinya 🙂

    1. Sama-sama. Senangnya berbagi 😀

  13. Endah Kurnia Wirawati · · Balas

    waktu ke singapura dulu nih garden by the bay belum ada euy (2012).
    harus main ke singapura lagi nih sepertinya. tiap tahun adaaa ajaa yang baru disana

    1. Wah, aku pertama ke sana tahun 2013. Sampai sekarang udah 4 kali. Dibisa-bisain aja kak, misalnya buat transit 🙂

  14. wah, noted banget ini sharingnya. Terakhir ke Sing tahun lalu ga sempet kesini, padahal udah 3 hari 2 malem itu, wkwk. bagusss banget. TFS ya, berfaedah bgt ini artikelnya 🙂

    1. Aku pertama ke SIN tahun 2013 juga baru Januari 2017 lalu sempet ke sini, hahaha. Sama-sama 🙂

  15. Asyik nih tipsnya. Kebetulan belom pernah ke Spore, dan udah masukin Garden by the bay ini di list. Mayaan banget kalo bisa dapet diskon buat beli tiketnya. Yeaay. Moga kesampean ke spore taun depan 😀

    1. Sekalian buat beli tiket yang lain, kak 😀

  16. Asyiknyaaaa… Kapan bisa jalan jalan ke singapura yaa, wqwq
    Semoga taun depan bisa terwujud, terus keliling SG 🙂

    1. Amin amin, tiket ke Singapura murah kok mbak

  17. Aku punya rencana ngajak anakku ke sini. Asyik bangettt kayaknya ih. 😀

    1. baru tau kamu udah punya anak, kak. iya, cocok banget buat wisata keluarga.

  18. Flower dome edisi Natal cantik banget, dulu kesana pas orchid season. Singapore emang paling jago bikin gini2an

    1. Keterbatasan mendorong kreativitas 😀

  19. Gue juga kalau ke Garden by the bay beli tiketnya online, lebih murah. Kalau punya member MBS juga dapat diskon kalau ke GBTB.

    1. Wuogh member MBS juga ya. Makasih infonya kak.

  20. Ngek ngok 100 ha? Eh 101 ya… Itu gak apa apa mereka bikin seluas itu? Wkwkwkw… Kan singapur kecil… Tempat wisata luas apa masih cukup ya buat pemukiman? (kurasa cukup ya. Soalnya ga ada masalah sampe skr tuh. — nanya sendiri dijawab sendiri. Ahahaha)

    Itu ada gratisannya ya. Emmm… Kalo gratis mau.. Kan enak ngerifiunya… Tinggal masuk….. 😅😅😅

    *anaknya emang suka gt*

    1. hahaha. buat residensial, warga singapura tinggal di blok-blok apartemen gitu, mas. kotanya emang punya konsep “city in a garden”.

  21. kalo tiket pesawat n hotel bisa dapet potongan 20% juga ga mas? hehehe…

    1. semua tiket di situ dapat potongan sekitar 20% mas. kayaknya nggak ada tiket pesawat sama hotel sih 😀

  22. Inti pariwisata itu kreativitas. Kapan2 kalo ke Sing, gw mampir sini deh.. Mau belajar, kira2 apa yg bisa adopsi buat Indonesia..

    1. setuju, kreativitas!

  23. Aaaaa… Jadi pengen balik ke singapura lagi… :O

    Saya sama suami nggak sempet mampir ke GTB gara2 kecapean di Universal Studio. Alhasil jadi nyesel banget waktu itu wkwkwkkwkw

    Di voyagin ada tiket diskon untuk tempat2 wisata Singapura yang lain berarti kan mas?

    1. iya ada, mbak. selamat berbelanja di voyagin 😀

  24. Aku betah di dalam sini berasa adem terus bunga dan tanamannya cakep-cakep buat foto 😀

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

  25. […] papan petunjuk di stasiun, aku berjalan memimpin rombongan menuju Gardens by The Bay. Ya, ini juga pertama kalinya aku berkunjung ke Gardens by The Bay. Tahun lalu, aku salah memilih […]

  26. […] Mau tau trik dapet harga diskon buat Gardens by The Bay, baca di sini. […]

  27. […] Baca Juga: Ini Dia Tips Dapet Tiket Murah ke Gardens by The Bay Singapura […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: