Singapura, Travel, Wisata

Cara Hemat Menjelajah Pulau Sentosa Dalam Sehari

mandatory photo spot in sentosa island, singapore!
(partner in crime: bhisma, satu-satunya peserta open trip cowok saat itu)

Dulu, saat pertama dan kedua kalinya ke Singapura di tahun 2013 dan 2014, gue cuma mampir ke Pulau Sentosa sekadar buat naik monorel dan foto-foto di depan bola dunia Universal Studios Singapore. Saat itu, sebagai sebuah world resort, gue berpikir seluruh atraksi di Sentosa pasti mahal-mahal. Dua tahun kemudian, barulah gue sadar bahwa gue salah. Sungguh kaw disesatkan oleh asumsimu sendiri!

:lonely:

Saat mengadakan open trip ke Singapura pada Januari 2017, gue pun mengajak keempat peserta untuk memaksimalkan waktu di Pulau Sentosa. Biar ndak cuma foto-foto di depan bola dunia USS, ngono. Ternyata, ada banyak hal yang bisa dinikmati dengan gratis atau dengan harga murah di Pulau Sentosa. Ramah banget buat backpacker dan #sobatmiskin. Memangnya bisa ngapain aja, Gie?


Merlion Plaza Sentosa

Kawan-kawan #BibitUnggul, patung Merlion itu nggak cuma ada di Merlion Park Espalanade, tapi juga ada di Pulau Sentosa ini. Malah, patung Merlion di Pulau Sentosa yang selesai dibuat tahun 1995 ini menjulang setinggi 37 meter! Kurang oke apa coba buat jadi latar foto gratismu? Jadi sekiranya pas kamu ke Singapura patung Merlion yang di Esplanade lagi direnovasi atau tertutup tirai seperti beberapa bulan lalu, nggak usah syedih. Tinggal nyeberang bentar aja ke Pulau Sentosa.

walking toward the merlion plaza, sentosa
the merlion and the waterfall | pulau sentosa, singapore
during chinese new year weeks, 2017

Merlion adalah makhluk mistis legendaris berbentuk separuh singa separuh ikan yang jadi ikonnya Singapura. Konon, sang Merlion akan mengunjungi Singapura setahun sekali untuk memastikan kesejahteraannya. Entah bener apa enggak, namanya juga legenda, tapi yang pasti sampai saat ini Singapura masih jadi negara termaju di Asia Tenggara, sih.

Kalo kamu mau langsung ke sini (tanpa lebih dulu ke bola dunia USS karena udah pernah), kamu bisa naik monorel Sentosa Express lalu turun di Stasiun Imbiah. Jadi nggak perlu repot-repot turun di Stasiun Waterfront. Kalo naik cable car juga turun aja di Imbiah Cable Car Station. Nganu, kalo kamu sanggup naik cable car, berarti kamu bukan sobat miskin, wkwkwk.

:ngakak:

merlion plaza sentosa on chinese new year weeks, 2017
me against the crowd | merlion plaza sentosa

Buat yang nggak puas karena hanya foto-foto di depan Merlion Plaza Sentosa dan kebetulan masih punya sisa-sisa lembaran Singapore Dollar, sekalian masuk aja ke dalem. Harga tiket untuk turis dewasa adalah 18 SGD, nggak mahal-mahal amat lah ya. Jam operasinya adalah dari jam 10:00 sampai jam 20:00, last entry jam 19:30, jadi nggak usah dateng gasik-gasik amat ke sini. Di dalamnya ada galeri (yang menurut gue nggak terlalu menarik) dan yang pasti ada lookout point. Nah, lookout point ini yang worth the price, karena kamu bisa menikmati pemandangan gedung-gedung perkantoran daratan utama Singapura buat foto-foto selfie, biar derajat hits-mu di Instagram naik tingkat.

Mau lebih mendalami Sentosa Express dan transportasi lainnya di Singapura, baca aja: Memahami Transportasi Publik di Singapura


Eksplor Pantai di Pulau Sentosa

Iya iya, pantai-pantai di Singapura ini mah nggak ada apa-apanya dibanding pantai di Sumba, Papua, Maratua, atau Sumatera. Tapi ambience-nya beda, kok. Lho iya, wong kamu bakal main-main air sama babang-babang India yang pake kolor doang, nyahahaha. Ada 3 pantai yang ada di Pulau Sentosa: Pantai Tanjong, Palawan, dan Siloso. Dari ketiga pantai itu, gue baru ke Pantai Palawan. Nggak perlu takut nyasar, ikuti aja Beach Walk dari Merlion Plaza Sentosa, langkahmu akan tiba di Pantai Palawan.

pantai palawan (beach), pulau sentosa
a green public square next to the beach | pulau sentosa, singapore

Ada semacam lahan berumput yang luas, lapang, rapi, dan bersih di tepi Pantai Palawan. Lumayan asik buat duduk-duduk santai atau tiduran ganteng sambil menikmati semilir angin pantai.

Tapi kalo liat foto-foto di Internet, Pantai Siloso nampaknya lebih instagrammable karena ada huruf-huruf balok berukuran besar berbunyi, “SILOSO.”

Baca Juga: 11 Tips Memangkas Pengeluaran Jalan-Jalan di Singapura


Adventure Cove Waterpark

Yang satu ini gue agendakan untuk kunjungan gue ke Pulau Sentosa berikutnya. Secara Singapura itu panas dan gerah banget, yekan. Kalo jalan siang-siang itu rasanya pengen ciprat-cipratin air ke muka sendiri biar seger. Nah, daripada alay kayak gitu, mending gue ciblon-ciblon aja. Adventure Cove Waterpark di Pulau Sentosa ini punya macam-macam seluncuran dan wahana air lainnya. Sebutlah Dueling Racer (meluncur dalam posisi telungkup dengan mat), Pipeline Plunge, Riptide Rocket, Spiral Washout, Splashworks, Tidal Twister, Wet Maze, Whirlpool Washout, Adventure River, Big Bucket Treehouse, Bluwater Bay, Ray Bay, Sea Trek Adventure, Shark Encounter, dan Dolphin Island.

Nah, pembelian tiket memang bisa dilakukan melalui website resmi Resorts World Sentosa seharga 38 SGD. Cuma ternyata kalo gue beli di Voyagin harganya lebih murah, bisa dapet 28 SGD aja! Lumayan, diskon 10 SGD-nya bisa buat beli nasi lemak.

baca-baca testimoninya, dan gue jadi lebih yakin sama Voyagin

Kalo menurut gue, harga 28 SGD buat wahana kayak gini udah tergolong murah sih di Singapura. Kita bisa asik main-main seharian dari (katakanlah) siang sampai sore. Fyi, Adventure Cove Waterpark buka dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Bandingkan dengan ongkos yang keluar dalam durasi yang sama buat keluar masuk museum dan ongkos transportasi. Apalagi, Adventure Cove Waterpark ini masuk Top 10 Waterparks in Asia berdasarkan TripAdvisors’ Travelers Choice Awards 2017. Gue sih rasanya nggak akan rugi main-main di sana, ada atraksi yang belum pernah gue coba di Indonesia pula.

Mau tau trik dapet harga diskon buat Gardens by The Bay, baca di sini.


Nonton Pertunjukkan Gratis Crane Dance dan Lake of Dreams

Siapa yang matanya melotot begitu lihat kata-kata “pertunjukkan gratis”? Nah, satu lagi―eh maap, 2 lagi―atraksi yang dapat dinikmati oleh backpacker proletar kasta waisya. Kalo emang berminat nonton kedua pertunjukkan ini, kamu harus mau bertahan di Pulau Sentosa sampai malem, mylov. Crane Dance berlangsung jam 8 malam di Waterfront, sementara Lake of Dreams malah jam 11 malam di Festive Walk.

Tenang, sob. Monorel Sentosa Express beroperasi sampai jam 00:00, bus RWS8 juga beroperasi sampai jam 23:45. Pertunjukkan Lake of Dreams sendiri berlangsung sekitar 15 menit, masih ada cukup waktu buat buru-buru naik monorel atau bus. Sekiranya kamu terlalu woles atau keretanya terlalu penuh, kamu bisa jalan kaki aja ke daratan utama. Makanya lebih baik kalo hotel/hostel kamu nggak jauh-jauh dari Harbourfront. Rekomendasinya bisa dibaca di: Rekomendasi 4 Hostel Murah di Singapura

Mudah-mudahan tips gue di atas bisa membantu, ya. Kalo masih mau ubek-ubek lebih banyak soal Singapura, klik aja banner Singapura di sidebar sebelah kanan blog ini atau klik ini. Keep learning by traveling!

Iklan

27 tanggapan untuk “Cara Hemat Menjelajah Pulau Sentosa Dalam Sehari”

  1. Sungguh kaw disesatkan oleh asumsimu sendiri! 😛 huehehe. Lucu baca kalimat ini karena sering pula dirikyu tersesat oleh asumsi sendiri 😀 LOL.

    Itu serius ada semacam lapangan berumput di tepi Pantai Palawan? Aaarrgghhh asyik sekali ini. Sukses selalu ya … dan selalu ditunggu cerita jalan-jalan berikutnya 🙂

  2. Tapi kalau dari nilai estetika (halah–estetika, jare), kok patung Merlionnya bagus yang di deket Merlion Park Espalanade itu, ya? Backgroundnya pun lebih menarik yang disitu, sih, menurutku. Kalau yang ada di Plaza Sentosa, MEDENI. Mana pas malam, matanya nyala merah gitu.

    Fix! Saat ini aku cuma jadi sobat misqin, karena belum bisa ke Singapura. Hahaha

  3. Bagian dlm si merlion sentosa itu memang bosenin sih :p. Aku pertamkali masuk ksana pas smp, dan sjk itu tiap ke singapur lg ogah masuk. Ttp lebih milih USS huehehehe.. Tp pernah aku trpaksa jelajah pantai2nya di sentosa, krn pas dtg kesana lg hamil. Dan aku ga mungkin naik rollercoaster di USS. So, krn sepupu pgn main ksana, aku dan suami jd trpaksa jelajah sentosa yg bagian pantai :D. Udh paling aman utk ibu hamil

  4. Bagian dlm si merlion sentosa itu memang bosenin sih :p. Aku pertamkali masuk ksana pas smp, dan sjk itu tiap ke singapur lg ogah masuk. Ttp lebih milih USS huehehehe.. Tp pernah aku trpaksa jelajah pantai2nya di sentosa, krn pas dtg kesana lg hamil. Dan aku ga mungkin naik rollercoaster di USS. So, krn sepupu pgn main ksana, aku dan suami jd trpaksa jelajah sentosa yg bagian pantai :D. Udh paling aman utk ibu hamil

  5. hahaha, sama aku dulu ke Sentosa island juga pingin foto ala ala di Studio, biar kelihatan kece. Dapat info dari teman, kalau disentosa banyak bisa dinikmati dan murah. akhirnya jelong jelong juga. hehehe lumayan murha lah 28 Dollar sing. paling nggak bisa beraktifitas

  6. Detil sekali ya. Gw sudah menikmati yg lo sebutkan semua tapi gw gk hafal lokasi halte dan cable carnya.
    Tenang, gw bagian dari sobat missqueen kok, waktu itu cuma lagi tugas kantor aja 1 bulan.

    Dan bener yg lo bilang, gw gk betah main di pantainya karena udah kebiasaan liat yg di timur 😂

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.