#ViziTrip Part 2: Menjelajah Pattaya Dalam 1 Hari (Big Bee Farm, Silverlake Vineyard, dan Nong Nooch Village)

vizitrip goes to pattaya!

Hey, travelearners! Siapa nih yang udah nunggu-nunggu episode kedua #ViziTrip? Buat yang baru pertama kali mampir ke sini, di bagian pertama kemarin gue cerita tentang perjalanan gue dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta, penerbangan Jakarta-Bangkok dengan Thai Lion Air, perjalanan dari Don Mueang Airport menuju hotel, dan gimana gue menghabiskan malam pertama di Bangkok. Di bagian kedua ini, gue akan ceritain perjalanan kami di hari kedua, di mana kami menjelajah Pattaya dalam 1 hari! Mau tau apa aja yang gue kunjungi di Pattaya?

Jam 5 pagi, gue memaksakan diri move on dari enaknya kamar tidur di Thomson Hotel & Residences dengan kelopak mata yang berat, mata yang terasa agak pedas, dan kantung mata yang menggantung. Kalau ini perjalanan gue sendiri, gue kayaknya bakal baru bangun jam 8 atau 9 pagi, dah. Hari pertama kemarin capek banget. Di hari pertama aja gue udah kurang tidur karena harus bangun jam 3 pagi, lalu melakukan perjalanan seharian dan baru istirahat sekitar jam 9 malem karena makan malam dulu di The Mall. Setelah itu gue baru mandi, dan gue bukan tipikal orang yang bisa langsung tidur setelah mandi. Kenapa nggak mandi dulu baru tidur, Gie? Keburu mall-nya tutup dan gue kelaperan, Tong.

:suram:

Jadi kebayang, kan, gimana lelahnya gue menghadapi netizen baper?

Selesai mandi, gue packing, sarapan, lalu check-out. Gue sempet menanyakan itinerari ini sama mbak Antika, sih. Karena menurut gue, agenda dari pihak tur kurang efektif. Kenapa harus check-out kalau besoknya nginep di sini lagi? Kenapa nggak ke Pattaya di hari ketiga aja biar kami istirahat di hari kedua? Ya, intinya gue kemudian tersadar bahwa pihak penyelenggara tur udah lebih tau medan daripada Padang, lah. Perencanaan kayak gini juga pasti udah melalui tahap penggodhokan yang sengit. Jadi gue yang sok tau ini lebih baik manut kayak burung perkutut.

Ngomong-ngomong, kalo dengan transportasi umum, Pattaya bisa dicapai dari Bangkok dengan bus, van, atau kereta api. Kamu bisa beli tiket transportasi dari berbagai kota di Thailand ke Pattaya dan sebaliknya di Bookaway. Praktis! 

my breakfast at thomson hotel & residences hua mak, bangkok

dining room | thomson hotel & residences hua mark, bangkok

Ngomong-ngomong, menu sarapan di Thomson Hotel & Residences Bangkok oke juga. Tersedia nasi putih dan nasi goreng. Ada lauk sayuran, telur, dan daging. Buah, jus, dan kopi juga ada sesuai yang diharapkan. Gue sendiri cuma ngambil nasi goreng, kwetiaw goreng, telur, sosis, dan semacam tumis bunga kol dengan daging. Nggak ada kue-kue basah, tapi ada roti tawar. Nggak perlu ragu sama kehalalan, wong ini udah jadi hotel langganan paket tur orang Indonesia.

Njir, ini baru bagian pembukaan dan gue udah nulis sepanjang ini.


Mengunjungi Big Bee Farm, Pattaya

Sebetulnya belum masuk wilayah kota Pattaya ding, tapi masih di Bang Lamung, Chonburi. Biar nggak bingung, gue kasih tau aja kalau Chonburi adalah nama provinsi, lokasinya memang dekat dengan Bangkok. Kalau di Indonesia, Chonburi ini ibarat Jawa Barat atau Banten. Ibukotanya adalah kota Chonburi, tapi Pattaya memang jadi kota yang paling terkenal dan berkembang. Dari Thomson Hotel & Residences kami di Hua Mak, waktu yang diperlukan adalah kurang dari 2 jam perjalanan. Kami melalui jalan tol (highway) yang, kalau dilihat sekilas, mirip Jalan Tol Purbaleunyi yang menghubungkan Bandung-Jakarta.

:peace:

Big Bee Farm terletak di antara Bangkok dan Pattaya, jadi memang cocok agenda kunjungannya ditempatkan di urutan pertama (atau terakhir). Di bagian depan, ada patung lebah raksasa yang, tanpa disuruh, langsung jadi spot berfoto sejuta umat. Inget ya, gue nggak cuma traveling berempat, kami ikut tur bareng rombongan buibuk dan pakbapak, terus ada 2 kelompok kecil anak-anak muda sebaya, dan sepasang suami istri. Eh, ternyata sampai sekarang gue masih inget mereka semua.

selfie on the bus

vizitrip team in front of the giant bee

left: taking a photo for myself, right: information board

Di Big Bee Farm, kami disambut oleh seorang tour assistant perempuan yang Bahasa Indonesia-nya bagus bangeeettt! Sama sekali nggak ada medhok Thailand, bahkan kosakata bahasa slang dan tren terkini Indonesia pun dikuasai. Pak Aheng aja (tour guide kami) kalah, deh. Kalau dia nggak bilang dia orang lokal, gue akan mengira dia bener-bener orang Indonesia yang kerja di sana. Mungkin akan gue kira orang Batak atau Manado karena raut mukanya cukup tegas. Tonton videonya di bawah buat menjawab rasa penasaranmu!

Gue sama sekali nggak tau soal Big Bee Farm, juga nggak kebayang apa yang bisa dilakukan serombongan turis di tempat macam ini. Thailand ini bener-bener pinter memanfaatkan tempat yang biasa-biasa aja menjadi tempat wisata. Bahkan, menurut mbak Antika, Big Bee Farm ini adalah tempat wajib kunjung buat rombongan tur.

the tour assistant speaks bahasa indonesia so well!

improve our knowledge about bee at big bee farm, pattaya

Setelah seluruh peserta siap (baca: udah puas foto-foto dan pipis di toilet), mbak-mbak You-Know-Who itu mengajak kami memasuki komplek kecilnya untuk:

  • Belajar tentang jenis-jenis lebah dan mengenali ratunya
  • Belajar tentang alat membuat royal jelly dan produk-produk turunan madu lainnya
  • Belajar tentang proses metamorfosis lebah.

Kesan pertama gue cukup bagus. Walau mungkin kami agak dipaksa mampir ke sini, tapi gue memandang Big Bee Farm sebagai obyek wisata edukasi yang cocok buat anak-anak dan keluarga.

Setelah itu, kami dibawa masuk ke dalam sebuah ruangan kecil di mana kegiatan dokumentasi (foto/video) nggak boleh dilakukan. Di ruangan ini, kami duduk mengelilingi sebuah meja yang di atasnya sudah tersedia beberapa sampel produk yang mereka hasilkan. Kami lalu mencoba sampel madu, royal jelly, dan serbuk sari (yang dicampur ke dalam madu, bukan dikunyah gitu aja wkwkwk).

Mbak You-Know-Who menjelaskan tentang manfaat dari produk-produk itu. Serbuk sari, misalnya, berkhasiat untuk menyembuhkan asam lambung, rambut rontok, memperlancar metabolisme, dan mendukung program diet. Untuk menyembuhkan alergi dingin, aduk 2 sendok teh serbuk sari ke dalam air panas lalu hirup uapnya. Sementara itu, royal jelly membantu menyembuhkan kram, kebas, kesemutan, dan regenerasi sel. Tau nggak? Gue bisa nulis ini semua karena gue catet di buku, udah kayak anak kuliahan dengerin pelajaran dari dosen. Antusias banget waktu itu, gue nggak sungkan duduk di barisan pertama.

Mbak You-Know-Who juga kasih tau gimana caranya membedakan madu asli dan madu palsu. Madu asli nggak akan putus saat dituang, juga nggak akan larut saat dicampur dalam air. Tempatkan madu asli pada piring atau bidang datar lainnya yang punya cekungan, lalu kocok atau putar-putar. Madu asli akan membentuk “lukisan” sarang lebah di dasar piring. Kalau cara membedakan janji palsu dan janji asli gimana, mbak?

:siul:

how to test honey | big bee farm, pattaya

big bee farm, pattaya

recognizing the queen bee | big bee farm, pattaya

Selesai presentasi, saatnya mbak You-Know-Who melancarkan agresi promosi, hihihi. Ia sudah menyiapkan beberapa produk satuan dan paket produk di atas meja dan di dalam rak di belakangnya. Pertama-tama sih gue masih biasa-biasa aja, ya. Namanya juga industri komersil, pasti akan memanfaatkan banyak celah buat promosi supaya lebih banyak dapet untung. Tapi lama kelamaan―mbak You-Know-Who mulai keliatan ngotot dan maksa bahkan agak ngambek, hehe. Beberapa staf di dalam ruangan juga membantu mempromosikan produk dengan bahasa Indonesia sederhana.

Meski pakbapak dan buibuk itu nggak kayak #sobatmiskin, tapi mereka nggak serta merta tertarik buat beli juga, lho. Satu hal yang mereka pikirkan adalah bagasi, mereka akan pulang ke Indonesia naik AirAsia. Gue agak bingung sih, kenapa nggak pilih maskapai murah yang udah include bagasi kayak Thai Lion Air? I mean, mereka adalah kalangan usia yang biasanya bakal belanja saat jalan-jalan di luar negeri, harusnya antisipasi bagasi. Yang paling berminat adalah sepasang suami-istri Tionghoa itu. Tapi setelah dirayu-rayu dan kami terasa seperti “terpenjara” di ruangan itu, ada juga beberapa bapak yang membeli produknya meski hanya produk-produk satuan. Harganya mahal, cuy! Jutaan Rupiah gitu lah.

shopping area of big bee farm, pattaya

Kami kemudian digiring keluar melalui minimarket internal mereka. Ada kedai makan kecil-kecilan juga. Harganya lebih murah dari yang di dalam ruangan, sih, tapi sebagian besar produk oplosan/campuran. Dan, tetep masih terasa mahal buat gue, hiks…

:wait:

Oke, ini baru tempat pertama dan gue udah nulis sepanjang ini.


Mampir di Silverlake Vineyard, Pattaya

Dari Big Bee Farm menuju Silverlake Vineyard cuma butuh waktu sekitar 30 menit. Kami menghabiskan banyak waktu di Big Bee Farm sampai bisa duduk-duduk santai, tapi di Silverlake Vineyard yang instagrammable ini malah cuma bentar banget. C’est la vie, begitulah hidup. Kadang kita nggak mendapat apa yang kita inginkan.

Silverlake Vineyard ini terasa kayak resor wisata keluarga di Lembang. Ada banyak hotspot di area depan buat foto-foto, kayak botol anggur besar bertuliskan huruf S, mobil combi klasik, gazebo dan bangku-bangku taman yang menghadap ke arah danau dan pegunungan, dan patung malaikat. Banyak pengunjung yang duduk-duduk di gazebo dan bangku-bangku itu. Ngomong-ngomong, cuacanya panas bangeeettt!

:sweating:

enjoying the scenery at silverlake vineyard, pattaya

the angels guarding the complex | silverlake vineyard

Ada bangunan berwarna terakota bergaya klasik yang merupakan tempat coffee shop dan kedai penjualan es anggur. Kedua kedai disatukan oleh sebuah kanopi berdesain lengkung. Gue nggak beli apa-apa dari situ, cuma nyomot es anggur dari mbak Antika, huahahaha. Setelah melalui bangunan itu, ada sebuah plaza kecil dengan air mancur di tengah-tengahnya dan beberapa bangunan lainnya yang gue nggak tau fungsinya.

Melalui plaza kecil itu, ada area duduk luar ruangan dengan pemandangan yang bagus bangeeettt! Dari area terujung itu, kita bisa menikmati indahnya pegunungan, danau, dan perkebunan anggur. Kalau masih pagi atau udah senja, pasti nikmat menikmati suasana di situ dengan santai dan secangkir kopi (tetep). Dari situ, Laser Buddha yang terletak persis di Silverlake Vineyard juga kelihatan, lho.

the terracotta main building | silverlake vineyard, pattaya

the area is so tempting | silverlake vineyard, pattaya

Silverlake Vineyard menyediakan layanan “tram” yang membawa pengunjung berkeliling perkebunan. Gue kasih tanda petik karena ini bukan tram beneran, cuma semacam angkot terbuka atau odong-odong begitu. Sayangnya karena keterbatasan waktu, gue nggak sempet cobain “tram” itu. Tiketnya bisa dibeli di bangunan dekat plaza. Kata Pak Aheng, butuh waktu lama kalau mau naik “tram” karena dia baru jalan kalau udah terisi penuh. Entah memang begitu atau cuma akal-akalan dia menghibur kami, hehe.

panoramic view of the silverlake vineyard and the lake, pattaya

Sekali lagi, karena keterbatasan waktu juga, kami juga nggak mampir ke Laser Buddha meskipun udah deket bangeeettt, sebelahan gitu lho. Pakbapak buibuk juga pada protes. Jadi buat kalian yang ke Pattaya dengan itinerari sendiri dan punya banyak waktu, kalian bisa cobain “tram” di Silverlake Vineyard terus mampir ke Laser Buddha. Habis itu share ke gue gimana pengalamannya, hehe.


Makan Siang di Nong Nooch Village

Kalau ngomong liburan di Pattaya, pasti bakal akrab sama tempat yang satu ini. Nong Nooch Village adalah sebuah one stop entertainment buat liburan keluarga. Kalau googling, kita akan melihat foto-foto taman dan kebun bunga yang luaaasss banget dan dibentuk sedemikian rupa kayak labirin. Cek di website resminya, Nong Nooch Tropical Garden and Cultural Village ini punya segudang atraksi mulai dari:

  • Cars Garden
  • Dinosaur Valley
  • Taman-taman tematik:
    • French Garden & Italian Garden
    • Stonehenge Garden, Mammoth Garden, Flamingo Garden, Butterfly Hill
    • Bromeliad Display Garden, Adenium Garden, Riverside Garden, Cycad Valley
    • Flower Display Garden & Suspension Bridge, Sky Walk, Sansevieria Garden
    • Granite Marble and Ant Tower
    • Variety Garden, Bonsai Garden, Topiary Trees, Floating Garden, European Garden
    • Hortus Botanicus, Orchid Garden, Palms of The World, Caribbean Walk, Cactus Garden, dan masih ada lagi yang belum gue sebut
  • Animals Kingdom
  • Kegiatan yang bisa dilakukan: naik paddle boat, memberi makan Arapaima, naik gajah keliling taman, berkeliling dengan sepeda atau bus, Reduce Global Warming Project, sampai Nong Nooch Camp
  • Pertunjukkan Elephant Show dan Thai Cultural Performances.

Wakgelaseh, banyak banget yang bisa dilakukan! Kalau kamu mau puas eksplor, sediakan waktu sehari deh. Kalau perlu, sehari semalem. Eh, bisa lho nginep di Nong Nooch Village, karena ada beberapa vila sama resor, bahkan ada lakeside villa yang cakep! Sayangnya gue nggak eksplor taman-taman di atas, untungnya gue juga nggak terlalu tertarik, sih. Agenda tur kami di Nong Nooch Village cuma makan siang sama nonton pertunjukkan.

Pembelian tiket nggak dilayani resmi oleh website mereka. Jadi harus datang langsung atau menggunakan jasa pihak ketiga, rekomendasi gue adalah hotels2thailand. Buat Admission Fee + Show, harga untuk dewasa mulai 350 THB aja (fluktuatif). Cara kedua, pesan paket tur lengkap kayak dari Vizitrip ini. Harga tur 4 hari 3 malam Bangkok-Pattaya di Vizitrip ini dibanderol kurang dari Rp 2 juta lho! Udah termasuk menginap 3 malam di hotel bintang 3, makan mevvah 4 kali (di luar sarapan hotel), antar-jemput bandara, tour guide, driver, dan seluruh tiket masuk yang gue ceritakan di dalam seri perjalanan #ViziTrip ini. (iklan baris)

ticketing counter, nong nooch village pattaya

tourists sitting on the floor | nong nooch village pattaya

tourist buses | nong nooch village pattaya

Ada 4 tempat makan (termasuk 1 foodcourt) di Nong Nooch Village. Kalau melihat dari foto-foto di website mereka, kayaknya kami makan di Catleya Restaurant. Pilihan menunya lebih banyak daging daripada sayur, wkwkwk. Dagingnya ada macem-macem, tapi sayurnya cuma 1 atau 2 jenis dan nggak gue suka. Menu pendampingnya ada tom yum sama chicken curry. Rugi lho jauh-jauh ke Thailand nggak makan tom yum, gratis pula. Rasanya seger dan ada sensasi mint! Ada semacam es campur tapi nggak gue coba karena gue udah muak sama kemanisan gue sendiri.

:ngakak:

Jam 13:15, kami beranjak dari restoran menuju lokasi pertunjukkan di Nong Nooch Theater. Jadwal pertunjukkan kami adalah jam 13:30. Ada 4 jadwal yang bisa dipilih, yaitu 10:30, 13:30, 15:30, dan 16:30. Durasi keseluruhan show (elephant show dan cultural show ini sepaket) adalah sekitar 1 jam. Seandainya pilih show yang jam 15:30, kami bakal lebih puas di Silverlake Vineyard dan bisa mampir ke Laser Buddha. Tapi sebagai timbal baliknya, mungkin agenda ke Floating Market dan museum 3D Art in Paradise ditiadakan. Nggak apa-apa sih, nggak spektakuler juga, haha.

our group having lunch, nong nooch village pattaya

tom yum and chicken curry | catleya restaurant, nong nooch village pattaya

Bhaique, karena panjang tulisan ini udah melebihi tahun lahir gue sendiri, bagian kedua gue cukupkan sampai di sini dulu. Kebetulan vlog bagian kedua juga cuma sampai makan siang. Pantau terus thetravelearn.com buat tau kelanjutan perjalanan ini di mana gue akan menceritakan jalannya pertunjukkan di Nong Nooch Theater, jalan-jalan di Pattaya Floating Market, mampir ke Art in Paradise, menghabiskan malam di Pattaya sampai check-in di Weston Hotel Pattaya. Klik tombol Follow/Subscribe, dan jangan lupa share kalau kamu suka tulisan-tulisan gue supaya gue bisa terus berkarya. Keep learning by traveling…

37 komentar

  1. Itulah, Thailand tuh joss banget kalo urusan wisata. Nggak cuma sekadar buat, tapi dikonsep rapi. Promosinya juga. Dan melalui Vizitrip mungkin nggak bakal tau ada tempat seperti itu ya, Mas Nug.

    Lanjooot, Mas Nugi.

    1. Iya, dikonsep rapi lalu dipromosikan. Nggak heran Bangkok jadi kota paling banyak dikunjungi sedunia di tahun 2017.

  2. Hotelopedia · · Balas

    Seru banget siiiih. Jadi kepengen ke Thailand lagi kaaaan. Duh Gusti, kapan yaaak hahaha

  3. Selain jalan-jalan gratis, ternyata dapat pengetahuan membedakan madu asli. Suka bangat lihat foto-foto yang di Silverlike Veneyed.

    1. Iya, sangat edukatif 😉

  4. Terkonsep dengan baik kan ya wisatanya; jadi orang juga ngerasa hepinya ke situ nggak setengah-setengah (puas laaaaah).

    1. Iya betul. Cerdik banget mereka mengelolanya.

  5. Aku mbaca travelingmu ke thailand…jd nyicil merasakan jalan2 ke Thailand mas. Siapa tahu besok nyampe thailand juga..

    1. Amin amin, semoga disegerakan ya 🙂

  6. Aku penasaran dan belum bisa bayangin itu cara ngetest madu aslinya yang bisa membentuk “lukisan” sarang lebah di atas dasar piringnya Gi 🙂

    1. Tuang madu ke piring, terus piringnya diputer-puter gitu mas. Kayak diaduk. Nanti kalo madu asli bakal timbul permainan warna yang sekilas kayak sarang lebah, bentuk segi delapan gitu.

      1. Oooo ok Gi. Nanti kalau punya madu aku coba. Makasih infonya ya 🙂

  7. dgoreinnamah · · Balas

    Barengan orang lain ya, pantesan kok menyempatkan diri mampir ke bee farm. Ahahaha

    Nah vineyard-nya malah lebih bagus. Sayang ya malah lebih lama di tempat lebah.

    Kayaknya klo soal Thailand saya mesti berguru sama dirimu nih

    1. Iya bang. Kalo pergi sendiri juga nggak akan ke Big Bee Farm, hehe.

      Silakan, bang. Siapa tau ada yang bisa dibantu.

  8. Endah Kurnia Wirawati · · Balas

    kalau satu tempat bisa nulis sepanjang itu, kenapa gak dipisah-pisahina aja sih tulisannyaa.. biar lebih mendalam gitu dehh..
    trus vizitrip ini murce juga ya, cuma 2 juta buat 4 hari 3 malam. mantap lahh

    1. Kalo dipisah-pisahin terlalu pendek, kak. Itu aku nulisnya ngalir aja kok, nggak ditarget 1 tempat harus berapa kata.

      Terus aku juga nggak suka cerita mendalam tentang suatu tempat sih. Sukanya cerita perjalananan dengan mendalam, ehehe.

  9. Wah enak tuh mamam Tom Yam dan Chicken Curry nya : Seneng yach jalan2 terus hehehe. Btw siapa tuh perempuan berhijab di foto paling atas? Cantik 🙂

    1. Itu mbak Antika, kak. Account Executive dari Vizitrip yang mendampingi kami, penganten baru 😀

  10. ah pattaya belum sempat juga gw ke thailand

    1. Next time sempatkan, kak 🙂

  11. Thailand memang seruh ya? ditambah lagi fasilitas publiknya yang bersih dan pelayanannya jauh dari negara kita.

    1. Kita harus belajar tentang pelayanan dan fasilitas publik dari mereka. Petugasnya lebih berdedikasi, rakyatnya lebih bisa diatur.

  12. Sangar, orang Thailand dengan bahsa indonesia sangat lancar….

    1. Kita mungkin perlu belajar juga nih biar makin banyak turis Thailand ke sini 😀

  13. […] dan Pattaya, 5-8 September 2018. Di bagian sebelumnya, gue udah cerita tentang perjalanan kami dari Thomson Hotel & Residences Bangkok menuju Big Bee Farm, Silverlake Vineyard, sampai akhirnya makan siang di Nong Nooch Village Pattaya. Di bagian ini, gue akan melanjutkan […]

  14. kl dengar kata Thailand ku langsung ingat nasi goreng pattayanya wkwkw
    dulu pas kuliah punya teman orang thailand, hampir tiap minggu dimasakin tom yum.. ntap banget

    1. Waaahhh asik banget punya temen anak Thailand. Aku juga punya di Bangkok.

  15. Aku lebih tertarik Silverlake Vineyard-nya. Bisa glundang glundung seharian kalau disitu pasti. Maklum, ku selalu jatuh cinta dengan danau dan kehidupan di sekitarnya. Semacam tempat sempurna untuk membesarkan anak-anak #halah

    1. Sama, mbak. Bisa naik odong-odong di situ 😀

  16. Enak banget ada trip sampai ke sini. Jarang nih kalau opentrip ke sini. 😀

    1. Ini blog-mu yang lain ya, mas?

      Iya, mas. Ada paket Bangkok-Pattaya di Vizitrip.

  17. […] Setelah gue flashback dengan melihat foto-foto sendiri, ternyata gue sendiri terbilang sering―bahkan hampir selalu―memakai celana jeans dalam perjalanan-perjalanan gue. Celana jeans itu gue pakai dari sekadar staycation di Bandung sampai berkelana di Pattaya. […]

  18. […] di tulisan ViziTrip Part 2, follow/subscribe blog ini atau download aplikasi resminya supaya langsung tahu […]

  19. […] di Pattaya adalah Nong Nooch Tropical Garden, Silverlake Vineyard, Khao Chi Chan (laser Buddha), Pattaya Floating Market, Big Buddha Temple, Sanctuary of Truth, Tiffany Show (kabaret ladyboy), Jomtien Beach, Pattaya […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu