#ViziTrip Part 1: Review Thai Lion Air Jakarta-Bangkok dan Perjalanan Menuju Hotel

arriving at don mueang international airport with @rezafw_

Hari itu akhirnya tiba. Hari yang sudah gue tunggu-tunggu selama hampir 2 bulan lamanya. Hari yang membuat backpack hitam yang sudah lama teronggok di sudut kamar itu kembali penuh terisi. Hari yang memaksa gue terbangun jam 3 pagi, lalu melesat menuju bandara ibukota menerobos gelapnya dini hari. Hari yang memuaskan rindu kepada sang Kota Malaikat setelah hampir 2 tahun lamanya tak berjumpa.

Rabu, 5 September 2018, adalah hari di mana gue akan melakukan perjalanan selama 4 hari 3 malam di Bangkok dan Pattaya. Singkat cerita, perjalanan ini merupakan buah kemenangan gue sebagai Juara 1 Vizitrip Blog Competition yang diumumkan pada 9 Juli 2018. Tuhan memang baik, kalau bukan karena kasih-Nya, mana pantas gue mendapat berkat berlimpah seperti ini.


Perjalanan Bandung-Bandara Soekarno Hatta yang Lebih Lama Dari Dugaan

Dengan jadwal keberangkatan pesawat pada jam 13:30, normalnya gue aman berangkat jam 6 pagi dengan mobil travel dari Bandung. Tapi untuk antisipasi, gue berniat memajukan jadwal keberangkatan ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menjadi jam 5:00. Akhirnya, karena sangat takut terlambat mempertimbangkan lalu lintas yang nggak bisa diprediksi, akhirnya gue pun memilih jadwal keberangkatan jam 4:00 dengan operator Jackal Holidays. Ternyata itu adalah keputusan yang tepat! Setelah gue bangun jam 3 pagi, gue langsung ganti baju dan panggul backpack, tanpa repot-repot gosok gigi, cuci muka, apalagi mandi.

:ngakak:

Kemacetan yang luar biasa sepanjang jalan tol di area Cikarang dan Bekasi membuat lama tempuh perjalanan molor dari yang seharusnya. Normalnya, 4 jam cukup untuk mencapai Bandara Soekarno-Hatta dari Bandung. Apalagi saat itu gue berangkat jam 4 pagi, harusnya bisa lebih cepat lagi, mungkin 3 jam atau 2.5 jam. Gue sendiri udah 2 kali melakukan perjalanan seperti ini (berangkat pagi-pagi menuju Bandara Soekarno-Hatta) yang semuanya berakhir dengan tiba di tempat tujuan sebelum waktu estimasi. Coba tebak saat itu gue sampai di bandara jam berapa. Jawabannya, gue baru tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta jam 9:30. Itu artinya, lama perjalanan gue molor jadi 5.5 jam!

Sepanjang perjalanan, gue udah harap-harap cemas karena takut telat check-in. Kecemasan itu memperburuk rasa mulas yang mulai gue rasakan sejak sekitar jam 7 pagi, waktu di mana biasanya gue menunaikan panggilan alam. Rest Area udah lewat (saat itu gue lagi pules-pulesnya tidur), dan nggak ada lagi Rest Area di sisa perjalanan itu, yang memaksa gue meringis-ringis menahan mules selama lebih dari 2 jam! Begitu sampai di Terminal 2, gue langsung bergegas mencari toilet, puji Tuhan banget lagi nggak ada antrian. Aaahhh, leganyaaa!

:sweating:

Ada 3 peserta lainnya dalam perjalanan ini. Reza @rezafw_ sebagai Juara 1 Vlog Competition, mbak Antika (Account Executive Vizitrip), dan Renaldi atau Aldi sebagai tim dokumentasi Vizitrip. Kami janjian ketemu di Terminal 2 sekitar jam 10 pagi. Syukurlah, gue masih menjadi orang pertama yang tiba di titik janjian. Reza, yang sama-sama berangkat dari Bandung dan mengambil jadwal jam 5:30, tiba beberapa menit kemudian. Gue lupa memperhitungkan bahwa Rabu adalah hari kerja, yang artinya gue akan bertemu para penglaju yang menuju ibukota di sepanjang jalan tol. Makanya tambah macet!


Proses Check-In Thai Lion Air

Sekitar jam 11, setelah seluruh personil lengkap, kami langsung menuju konter check-in Thai Lion Air di Gate 3. Sesuai dugaan gue, proses check-in Thai Lion Air agak lama, seperti pengalaman gue sebelumnya dengan Lion Air dan Malindo Air. Gue check-in memanggul backpack berkapasitas 60 L dan tripod, niatnya sih tripod aja yang masuk bagasi, sementara backpack tetap di kabin. Ternyata berat backpack gue mencapai 10 kg, hahaha. Maklum, di dalamnya ada laptop 15 inch, kamera DSLR, dan tas ransel kecil. Akhirnya gue bongkar backpack gue di depan konter check-in. Gue keluarin tas kecil yang letaknya ada di dasar backpack (sigh), lalu beberapa item penting gue pindahkan dari backpack ke tas kecil itu: laptop, kamera, paspor, dan dompet.

cabin view | thai lion air jakarta-bangkok
leg room | thai lion air

Selesai check-in, kami melalui proses imigrasi, pemeriksaan keamanan, dan masuk ke dalam boarding room. Aldi melakukan kegiatan recording saat kami bertiga berjalan memasuki pemeriksaan keamanan. Dua orang petugas di garda terdepan pun menegurnya dan meminta Aldi menghapus dokumen yang baru saja ia ambil.

Catatan buat temen-temen yang baru pertama kali naik pesawat, khususnya ke luar negeri. Jangan mengambil dokumentasi apa pun (baik foto atau video) menggunakan alat apa pun (hape kamera VGA sekalipun) di area imigrasi dan pemeriksaan keamanan bandara. Selain itu, cairan di atas 100 ml juga nggak boleh masuk kabin, termasuk air mineral dan air minum lainnya, sabun cair, shampo, parfum, hand and body lotion, atau bensin #eh.

:evilsmirk:

Penerbangan Perdana Jakarta-Bangkok dengan Thai Lion Air

Dari boarding room, kami masuk ke dalam pesawat menggunakan garbarata. Seluruh flight attendant merupakan orang Thailand, saat itu yang gue lihat ada 1 perempuan dan 2 laki-laki. FA cowok memakai kemeja putih dan celana hitam kayak sinoman mantenan, sementara FA cewek tampil anggun dengan gaun terusan model kebaya dengan motif bunga-bunga. Jadi kalau kamu naik Thai Lion Air, even dari Indonesia sekalipun, jangan heran kalau mereka menyapa dengan, “Sawadee kraaappp! Sawaddee khaaa!”

a flight attendant explaining the safety prochedure | thai lion air
lion mag, the in-flight magazine of thai lion air

Penerbangan Jakarta-Bangkok dengan Thai Lion Air ini juga menjadi penerbangan terlama yang pernah gue tempuh selama ini. Lho, bukannya udah pernah ke Bangkok sebelumnya? Udah pernah ke Yangon juga, ‘kan? Iya tapi semuanya gue jalani dengan ikhlas dengan transit di Kuala Lumpur International Airport, bukan direct flight. Thai Lion Air melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Bangkok via Don Mueang International Airport dengan lama tempuh perjalanan selama 3 jam lebih dikit. Duh, 3 kali ke Bangkok, semuanya turun di Don Mueang, sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di Suvarnabhumi International Airport. Sungguh backpacker haqiqi.

:good:

Konfigurasi tempat duduk terbagi ke dalam 2 baris dengan 1 lorong (aisle), masing-masing baris terdiri dari 3 kursi. Gue duduk di kursi nomor 11B bareng Aldi dan mbak Antika, sementara Reza terpisah di 11D. Nggak ada in-flight entertainment dan in-flight meals, tapi ada free baggage seperti yang udah gue singgung secara implisit di atas. Makanan bisa dibeli melalui sistem pre-book meal di website atau beli langsung di dalam penerbangan. Saran gue, belilah dengan pre-book meal karena ada menu-menu kombo yang harganya murah, serba 150 THB atau sekitar Rp60.000. Sementara kalau cuma mau beli cemilan, minuman, atau pasrah dengan 2 menu yang tersedia (seharga 130 THB, belum termasuk minum seperti di pre-book meal), silakan beli langsung di perjalanan.

left: pre-book meal menu of thai lion air, right: arriving at hotel

Passenger Announcement (PA) hadir dalam Bahasa Inggris dan Thailand. Ada in-flight magazine Lion Mag, tapi nggak tersedia di setiap kursi. Kalau penumpang sebelah kamu nggak tertarik buat baca, comot aja dah. Tapi sebagian besar isi majalahnya juga ditulis dalam aksara Thai, nyahahaha. Ada beberapa rubrik yang sama sekali nggak ada terjemahan Bahasa Inggris, padahal foto-fotonya cukup menarik.

:suram:

Gimana rasanya penerbangan 3 jam? Agak membosankan, to be honest, hahaha. Apalagi gue tipe orang yang susah tidur di jalan, even dalam kondisi ngantuk sekalipun. Kalaupun bisa tidur, cuma beberapa jam aja. Untung gue udah masukkin 3 episode anime yang lagi gue ikutin di handphone biar bisa nonton di jalan, itu pun masih terasa kurang. Tadinya mau beli pre-book meal, tapi entahlah, saat gue masuk menu Manage My Booking, ada keterangan berbunyi, “Pre-Book Meal tidak dapat dipesan melalui penerbangan ini.”

Jadi, saat nanti gue harus menjalani penerbangan langsung lagi di atas 3 jam, gue mending naik full service airlines aja kalau harganya nggak beda jauh sama low cost carrier. Tonton vlog di atas buat bisa mendengar dan melihat gimana perjalanan di hari pertama ini, Gengs!


Mendarat di Don Mueang International Airport

Dengan jadwal penerbangan jam 13:30, pesawat baru benar-benar mengudara sekitar pukul 13:53. Sekitar jam 17:00, kami tiba di Don Mueang International Airport. Syukurlah, antrean imigrasi sedang lengang. Tahun 2016 lalu, gue terjebak 2 jam di imigrasi DMK ini karena tiba bersamaan dengan ratusan turis Tiongkok. Antreannya chaotic banget! Di sini, Reza kena tegur petugas imigrasi karena melakukan kegiatan pengambilan dokumentasi.

baggage claim | don mueang international airport, bangkok
immigration at the upper floor | don mueang international airport, bangkok

Beres menjalani proses imigrasi dan pengambilan bagasi, kami berniat membeli SIM Card lokal di konter yang berjajar di area Arrival Hall. Tapi rupanya tour guide kami, Pak Ibrahim alias Pak Beroheng alias Pak Heng, bilang supaya kami beli SIM Card DTAC dari dia aja dengan harga 180 THB, unlimited selama 5 hari! Baiklah, karena lebih murah dan dapet unlimited, kami iyakan anjuran beliau. Ngomong-ngomong, baru kali ini gue tiba di bandara dengan disambut tour guide yang bawa-bawa papan nama di arrival hall, hehe. Backpacker haqiqi.

Dari Don Mueang International Airport menuju pusat kota Bangkok dapat dicapai dengan bus A1 seharga 30 THB sampai Mochit, lalu disambung BTS atau MRT menuju tujuan kalian. Cerita lengkapnya bisa dibaca di: Memahami Transportasi Publik di Bangkok

information board | don mueang international airport, bangkok

Tapi karena kami ikut operator tur, kami dipandu keluar gedung bandara melalui pintu lain di mana bus-bus pariwisata sudah berjejer rapi. Saat itu sudah sangat gelap (karena awan mendung, bukan karena udah malem, apalagi karena hati yang hampa), padahal saat kami landing tadi matahari masih bersinar cerah.  Nggak lama kemudian, hujan deras mengguyur disertai angin yang cukup kencang. Ketibaan kami di Bangkok disambut dengan hujan air mata bahagia dari sang Kota Malaikat yang merindukanqu.

:crying:

Perjalanan Menuju Thomson Hotel & Residences

Setelah seluruh peserta berkumpul, Pak Aheng memberangkatkan bus menuju penginapan kami di Thomson Hotel & Residences, Hua Mak. Pak Aheng memperkenalkan diri dengan Bahasa Indonesia yang sangat fasih, rupanya dia orang Jawi yang tinggal di Thailand bagian selatan sehingga Bahasa Melayu sudah menjadi kesehariannya. Beliau memberikan kami kalung bunga dan sebotol kecil minyak gosok, manis banget dapet kalung bunga kayak gini.

:shy:
left to right, top to bottom: me, reza, aldi, and antika. our tour guide is the man on the left.

Suasana bus rameeeeee banget! Bukan, bukan karena sekumpulan anak-anak muda alay yang keluar negeri cuma demi upload foto selfie di Instagram. Tapi karena ada serombongan bapak ibu usia 50-an tahun ke atas dari Pontianak yang lagi liburan sebagai agenda reuni mereka. Gue amazed sama energi dan antusias mereka yang nggak habis-habis, kami berempat yang masih muda belia aja cuma terduduk layu di kursi depan, hahaha.

Dua kali ke Bangkok, gue nggak pernah mengalami kemacetan yang berarti. Saat itu gue memang banyak naik BTS atau MRT, bahkan saat banyak naik taksi di kunjungan tahun 2016 pun macetnya masih bisa dihadapi. Tapi saat itu, kombinasi antara jam pulang kerja dan hujan deras membuat bus merayap lambat di atas jalan-jalan layang Bangkok, berjuang bersama barisan mobil-mobil warga lokal dan kendaraan lainnya.

Baca Juga: Naik Perahu Menyusuri Kanal Menuju Victory Monument Bangkok

traffic jam in bangkok is real!
entry/exit gate of bangkok’s highway

Nggak hanya bergerak lambat, namun juga ada saat-saat di mana bus sama sekali tidak bergerak. Hampir sama kayak di Jakarta. Bedanya, di Bangkok macetnya tenang karena nggak sibuk klakson-klakson. Para pengendara juga tertib di jalurnya masing-masing, nggak asal mengacau ke lajur sebelah, atau berjalan di tengah-tengah 2 lajur seperti yang banyak terjadi di Indonesia. Tapi tetep aja, karena gue sedang berada dalam kondisi lelah, ngantuk, dan kelaparan (belum ketemu nasi sejak membuka mata), kemacetan ini terasa sangat frustrating.

:suram:

Normalnya, kata Pak Aheng, perjalanan dari Don Mueang ke Thomson Hotel hanya memakan waktu 30 menit aja. Tapi kalau lagi macet begini, bisa 1 jam atau lebih. Benar saja, sekitar jam 19:00 kami baru sampai di hotel. Syukurlah proses check-in berjalan cepat, sehingga kami berempat dapat segera masuk ke dalam kamar, menyimpan barang bawaan, lalu keluar untuk makan malam sebelum mall-nya tutup.

Review Thomson Hotel & Residences akan gue tulis dalam pos terpisah.

Baca Juga: 5 Hotel dan Hostel di Bangkok Dekat Stasiun BTS/MRT


Makan Malam di The Mall

Nah, walaupun hotel kami lokasinya agak jauh dari pusat peradaban dan kami juga males jalan kaki karena becek habis hujan, kami memilih makan malam di The Mall yang lokasinya persis di depan Thomson Hotel & Residences. Kedua bangunan ini bahkan terhubung dengan lahan parkir tertutup. Dipimpin oleh gue, kami langsung naik menuju Food Hall yang ada di lantai tertinggi, lantai 4.

the mall ramkhamhaeng 3, bangkok

Karena keyakinan gue nggak punya larangan khusus dalam hal makanan, maka gue dengan mudah menjatuhkan pilihan pada salah satu vendor makanan. Harganya murah-muraaahhh, mulai dari 50-an Baht. Gue pilih salah satu menu yang, entah namanya apa, tapi terdiri dari nasi dan cumi. Sama sekali nggak ada aksara Latin di daftar menunya. Ternyata itu belum cukup buruk, karena waitress-nya juga sama sekali nggak bisa bahasa Inggris. Terus piye, jal?

Selama beberapa saat, mbak-mbak itu cuma wara-wiri konter antara depan dan dapur di belakangnya sambil senyum-senyum malu dan menggumamkan sesuatu dalam bahasa Thailand. Gue kira dia lagi menyiapkan pesanan gue, ternyata nggak sama sekali, karena beberapa saat kemudian datang seorang ibu-ibu berkacamata bersamanya. Dengan bahasa Inggris terpatah-patah dan logat Thailand yang kental, ibu itu mencoba meminta gue untuk mengambil foto gambar menunya dengan handphone, lalu gue tunjukkan ke mbak-mbak itu. Boleh juga idenya.

Baca Juga: Tips Mengunjungi Grand Palace Bangkok

my dinner at the mall ramkhamhaeng 3

Setelah gue foto dan tunjukkan menu mana yang gue mau, ibu itu bilang kalau mereka udah kehabisan nasi. Ya sudah, akhirnya gue pesen Pad Thai. Padahal gue belum ketemu nasi dalam sehari, ya Lord. Mau pindah kedai juga nggak enak karena kami sudah sama-sama menghabiskan waktu sekian menit hanya untuk berkomunikasi. Pesanan jadi, gue siap membayar dengan lembaran uang tunai. Ternyata mereka tidak menerima uang tunai, gue diminta untuk membeli kupon di loket. Harga 1 kupon (semacam kartu e-money) Food Hall 100 THB. Untung petugas loketnya langsung cepat tanggap tanpa gue harus susah payah menjelaskan maksud.

Harga Pad Thai pesanan gue cuma 55 THB, berarti masih ada sisa saldo 45 THB. Gue lalu bergabung dengan yang lain, mereka cuma memesan nasi dan telur dadar karena ragu dengan kehalalan. Setelah makan, gue sama Aldi mau beli minum untuk kami berempat. Sayangnya, hampir seluruh konter minuman sudah tutup, beberapa konter makanan juga sudah beres-beres saat kami muter-muter cari minuman. Hanya ada 1 konter yang masih buka, niatnya sih kami mau beli Coca Cola atau minuman soda lainnya. Ibu penjualnya ngomong dalam bahasa Thailand yang nggak kami pahami sama sekali. Mungkin maksudnya udah habis? Akhirnya kami cuma beli 1 botol air mineral + segelas es batu seharga 15 THB. Maksud kami cuma mau beli air minumnya aja, sih. Nggak tahu kalau si ibu akan menyajikanya dengan es batu terpisah.

Usai makan malam, gue langsung ke loket Food Hall buat mencairkan sisa saldo. Ternyata sama sekali nggak ada deposit lho, jadi gue dapat kembalian 30 THB. Karena masih merasa kurang kenyang, kami lalu lanjut belanja cemilan di sebuah swalayan di dalam mall bernama Home Fresh Mart. Di dalam swalayan, nemu Indomie edisi Thailand yang membuat rasa nasionalisme gue membuncah! Karena nggak ada kue atau roti yang menarik, akhirnya gue lebih memilih beli kue-kue dari S&P yang lokasinya di depan swalayan persis. Lumayan, harga 2 kue yang gue beli (1 donat dan 1 sandwich ayam) nggak sampai 50 THB.

Baca Juga: Mengunjungi Wat Arun dan Wat Traimit, Kuil Buddha Emas di Bangkok

s&p bakery and the department store, the mall ramkhamhaeng 3

Ternyata The Mall ini punya beberapa lokasi di Bangkok, dan The Mall yang kami kunjungi adalah The Mall Ramkhamhaeng 3. Selesai makan malam, kami kembali ke hotel untuk mandi dan beristirahat. Besok pagi bus akan berangkat jam 7 menuju Pattaya, jadi sarapan, mandi, dan check-out harus tuntas sebelum jam 7 pagi. 

Bersambung di tulisan ViziTrip Part 2, follow/subscribe blog ini atau download aplikasi resminya supaya langsung tahu update-nya.

93 komentar

  1. Kebanggaan nusantara, Indomie memang populer dimana-mana. Jangan sampai diklaim oleh negara tetangga!

  2. Wah, congrats mas bro! Lain kali ajak aku dong..😀😀😀

    1. Yok yok traveling bareng. Makasih, ya

  3. Keren ya, bagi tips menang lomba trip LN dong mz

    1. Do the best, and let God do the rest

  4. Wah tulisan berseri, tunggu lanjutannya aja aku nih Kak Nugi. Jangan buru-buru, mau beli cemilan dulu nih di warung depan

    1. AKHIRNYA BISA NULIS BERSERI LAGI, YA TUHAAANNN.

      Tuku sing akeh, mbe kopi.

  5. waaaahh congrats…yaaaa…, liat potongan2 videomu di IG dan IGTV tapi baca di sini lebih lengkap. Kadang ngerasa bangga juga saya, kalo liat indomie di luar negeri…

    1. Video-video itu hanyalah teaser ehehe

  6. andromedaelroza · · Balas

    Si Pak Heng itu orang lokal sana mas? Namanya Ibrahim gitu ya

    1. Orang Thailand Selatan. Jadi di bagian selatan Thailang itu memang banyak orang muslim dan berbicara dialek Jawi. Jawi itu seperti bahasa melayu. Ibrahim berubah jadi Beroheng karena ngikut pelafalan Thailand haha.

      1. andromedaelroza · ·

        Ohhh pantes. Jadi inget dulu ada temen kos saya dari Songkhla, Thailand Selatan, namanya Abdulloh. Hehe

      2. Nah, Songkhla juga termasuk tuh.

  7. Hahaha.. Ga betah di udara ya? Sama, Mas. Moda transportasi yang paling sukses bikin saya gelisah selama perjalanan ya pesawat terbang. Walau in-flight entertainment sangat ngebantu buat ngalihin perhatian.

    Lalu soal peringatan untuk ngga ambil foto/video di bagian pemerksaan bandara, iya, mereka bawel banget buat ingetin ini tiap saya pergi liputan ke luar negeri. Ya karena kamera liputan kan segede bagong ya :))

    1. Parahnya lagi aku duduk di pinggir, bang. Bukan di pinggir jendela 😦
      Iya, in-flight entertainment sama makanan itu sarana pengusir kebosanan yang haqiqi.

  8. dan jauh2 makan indomie dong hahaha..

    1. Hehe, nggak dibeli kok. Cuma jadi properti foto aja 🙂

  9. Widih keren ih, jalan2 ke Bangkok hasil ngeblog.. Ceritanya bener2 mabtap nih selama perjalanan,

    Sae, ceritasae.blogspot.com

    1. Iya puji Tuhan. Terima kasih sudah mampir, ya 🙂

  10. Jauh-jauh ke sana eh ada Indomie juga ya. Haha. Hidup Indomie.

    btw bisa ya ngejar pesawat ke Cengkareng dari Bandung subuh. Duh kalau aku tetap nggak percaya diri dengan situasi di jalan, kalau nggak naik kereta pasti berangkat keesokan harinya. Takut macet dan gangguang lainnya.

    1. Aku pun tadinya mau berangkat Selasa malam, kak. Tapi lagi nggak ada gratisan hotel 😦
      Indomie sudah mendunia! 😀

  11. Asik dong bisa jalan-jalan ke Bangkok……

  12. Wahh, keren banget nih Kak Nugie. Ini membuktikan bahwa rajin ngeblog dan ikut lomba bisa jadi salah pembuka rezeki yang tak terduga.

    1. Betul sekali, mas. Iya puji Tuhan dapet berkat ini 🙂

  13. Mas Nugie nulisnya detail banget, serasa ikut terbang ke Bangkok. Mengenai pengambilan gambar di tempat pemeriksaan keamanan, Aku pernah melihatnya di Kuala Lumpur, dilakukan oleh orang Indonesia. Gak tahu apakah dia pertama keluar negeri atau iseng saja. Yang jelas dia diomelin 👍👍

    1. Ehehe, masih seger di ingatan soalnya mbak 😀

  14. Walah walaah. Seru banget ya bisa liburan sampe 4 hari 3 malem begitu. Detail banget pulak ceritanya ini, luar biasa mas Matius Nugroho nih ingatannya 😀

    Btw kalo ada lomba blog lagi berkabar ya mas, aku juga jadi ngiler nih, ngoehehe

    1. Iya puji Tuhan. Masih seger di ingatan, makanya masih bisa detil 😀

      Sering2 aja mampir ke sini. Kalau liat ada tulisan yang kayaknya promosi banget, bisa jadi itu lomba 🙂
      Tapi bisa jadi juga endorse hehe

  15. ha..ha.. emang susah kalau udah bisa nyetor pagi jam-jam tertentu pasti akan nagih… saya gak ngebayangin selam itu nahan mulesnya… pasti keringet dingin bercucuran…

    Gilran mau makan nasi keabisan… apalah arti hidup tanpa nasi * jiahhh lebay.
    seru… perjalanannya.
    btw. selamat ya udah jadi pemenang.

    1. Iyaaa, lama-lama tubuh udah mengatur autopilot xD
      Makasih, mas. Makasih juga udah mampir.

  16. Rina Simanungkalit · · Balas

    Keren banget mas menang kompetisi viztrip, dan enak banget ya jalna-jalan gratis, btw biasanya orang thailand udah bisa komunikasi basic karena majunya industri pariwisata mereka, tapi beli makanan masih susah ya, mungkin ga banyak yang begitu 🙂

    1. Nggak juga kayaknya. Sopir taksi aja banyak yang pada nggak bisa bahasa Inggris sama sekali. Ini udah keempat kalinya aku ke Thailand, ehehe.

      Ini semua karena berkat Tuhan 😀

  17. […] perjalanan selama 4 hari di Bangkok dan Pattaya awal bulan lalu, gue memakai sepatu di hari pertama (hari keberangkatan) dan hari kedua. Bayangkan, gue berangkat […]

  18. fun journey:)

    1. Terima kasih, kak 🙂

  19. Jangankan dari Bandung, gue dari Bogor aja selalu berangkat ke Bandara jem 2 pagi.
    Kalo udah lewat jem 5 Jakarta pasti macet parah.
    kecuali kalo ke bandara Halim itu ga ada macet sih, lancar jaya ehem.

    1. waduh, niat banget ya vroh. Jam 2 pagi 😀

      1. Iya aslik dah, dulu pernah berangkat jem 7 pagi nyampe jem 11 . Sepanjang perjalanan deg degan ampe pengen pingsan takut ketinggalan pesawat huhu, ga lagi lagi deh.

  20. Yang bikin saya selalu betah berlama-lama di sini adalah selain kisah perjalanannya itu, juga gaya menulisnya yang kocaaaak ajegileeee bikin senyum dan ngikik sendiri. Benar-benar backpacker sejati ini. Sukses terus ya dan semoga terus memenangkan berbagai kompetisi. Salut. Belum pernah nemu cerita telat pesawatnya ini (seperti akyu ditinggal pesawat :p qiqiqiq). Eh, jangan ya .. .jangan sampai ketinggalan pesawat!

    1. Wah, terima kasih sekali apresiasinya kak. Means a lot for me. Iya, aku apa adanya aja, senang kalo bisa terhibur 😀
      Amin amin, terima kasih untuk doanya. Sukses juga untuk kak Tuteh.

    2. Ya.. setuju kak.. setuju gaya menulisnya yg kocak.. di setiap kisah perjalananny.. dn nambah ilmu.. hihihihi.. sukses trus bg..
      U/ ketinggaln pesawat jgn smpai lh ya.. 😊😊😊

      1. Wah, sekali lagi trimakasih apresiasinya, kakak-kakak.
        Amin amin, semoga saya bisa terus berkarya dan menjelajah supaya bisa terus sharing di sini 😀

      2. Amin.. kembali kasih bg.. Truss berkarya..dn menjelajah.. semngaaattttt… 💪💪💪 God bless..☺☺☺

  21. Dirimu beli indomie-nya gak kak? Pengen tau rasa Indomie di sana. Beda gak? :))

    1. Enggaaakkk :((
      nggak ada kompor soalnya di hotel. dan nggak kepikiran dimasak nanti di Indonesia, hahaha

  22. Nah ini yang gue tunggu-tunggu, cerita tentang perjalanan menang vizitrip.hahaha. perjalanan nahan boker di travel emang the best gie, gue pernah juga ngalamin hahaha. BTW kayaknya lo mesti belajar bahasa thailand dikit-dikit, kan sering kesana dan biar kaga usah bingung lagi kalo mau baca majalah trus nongol tulisan kayak cacing plus biar gampang pesen makan. hahaha. BTW part 2 nya bikin penasaran, lama ga maen ke blog lo gie, sok sibuk bener gue ya hahaha.

    1. Gue juga pernah boker di toilet kereta, terus panik karena susah disiram dengan tuntas xD

      Gue bisa dikit-dikit, tapi cuma sekadar percakapan ringan aja, sama sekali belum belajar huruf Thai :((
      Ada kursus bahasa Thailand murah nggak ya di Bandung?

      Hahaha, gpp bro. Gue juga kalo lagi banyak kerjaan juga cuma blogwalking dikit. Makasih udah mampir ya, part 2 terbit minggu depan.

      1. Belajar di youtube emang kaga ada yah? Soalnya kalo orang thailand ngomong inggris tp logat masih thai kan ribet juga didenger nya tuh. gue kmaren liat di youtube yg orang inggris di interview in sama reporter thailand, buset itu bahasa inggris level hardcore 😂😂😂

      2. oh iya, di youtube sama internet bisa juga sih. tapi ya kalo bisa kursus langsung, sensasinya beda 🙂

  23. Me to, kalau liat orang yg umurnya udah 50 ke atas tp energinya nggak abis2, diriku merasa tertampar. Wkwkwk
    Eh sehat 2 ya Mas, biar bisa jalan2 trus. Btw indomienya sukses bikin pengin buat sarapan pagi2 nih, hm :((

    1. Gue tertampar sekaligus agak annoyed sih sama mereka, nyahahaha. Aminamin, terus sehat dan berkat biar bisa terus share di sini 🙂

      COBAIN INDOMIE SALTED EGG CHICKEN, GIH!

  24. Waaah keren Matiuss Juara! Selamat ya untuk pencapaiannya 🙂 siapa tahu tuh ada lomba blogging yang diadain sama Kedutaan Belanda, biasanya ada summer course 1-3 bulan di Belanda 😀 … Suksess ya!

    1. aaakkk mau dong ke Belanda 😀
      terima kasih ya, mbak

  25. Yang paling diingat soal Bangkok itu ya macet hehehe

    1. Hehe, macet yang membekas 😀

  26. Rizki Kurniawan · · Balas

    Penerbangan saya Kansai – KL tahun lalu dengan AirAsia, keadaan capek, tapi ga bisa tidur, dapat duduk di Aisle tengah Airbus 330 (konfigurasi 3-3-3). Klop sudah, dan saya mengalami mati gaya akut selama 6 jam, hahahaha. Jadi memang kalau penerbangan 4 jam ke atas cari promo full servis an aja masbro 😅 (kalau 3 jam saya relatif cukup tahan)

    Dan bandara Suvarnabhumi kalau apes chaoticnya juga mirip DMK -_- saya pertama take off dari sana pas Songkran 2018, untuk antri imigrasi udah sejam lebih, lepas imigrasi harus jalan gempor ke ujung gate di salah satu bandara internasional dengan konsep single terminal dan dengan luas yang juga ga kira-kira ._.

    1. 3 jam mungkin terasa cukup kalo bisa leluasa pesan makan minum, duduk di jendela, menyibukkan diri dengan foto/recording, dan baca-baca in-flight magz.

      nah, gue penasaran tuh gimana rasanya mendarat di bandara single terminal. mungkin kayak KLIA2 kali, ya.

  27. Kak Nug, itu untuk Thai Lion Air ontime ga? atau kaya sodaranya di mari yang ngaret mulu?

    1. On time, mas. Aku seneng sih. Stafnya juga ramah.

  28. […] tentang perjalanan gue dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta, penerbangan Jakarta-Bangkok dengan Thai Lion Air, perjalanan dari Don Mueang Airport menuju hotel, dan gimana gue menghabiskan malam pertama di […]

  29. Aku juga seperti kamu… susah untuk tidur dalam pesawat jadi coba bayangkan kalau long-haul flight!

    1. Aku belum pernah long-haul flight. Semoga bisa tidur kalau ambil perjalanan panjang 😐

  30. Wah, selamat ya mas, keren! Kalo soal bobo syantik, aku di rumah pun agak sulit tidur. Gimana di pesawat yak? Pernah sih sebentar doang merem melek kayak ayam hihihii.

    1. Iyaaa kayak gitu, tidur-tidur ayam :((

  31. Penerbangan 3 jam belum ada apa-apanya Mat, dibandingkan 7 jam yang bikin bosen banget, tanpa hiburan dan bikin pantat panas wkwkwk. 😀

    1. Wkwkwk, nggak bisa tidur juga ya?

  32. Keren mas menang lomba ke LN. Tiga jam itu masih cepat ya.. 12 jam itu berasa digemukkan di pesawat…Tulsannya informatif dan enak dibaca..Tahu2 selesai saja. Bakak sering mampir nih. Salam.

    1. Iya puji Tuhan menang lomba. Wah, makasih ya apresiasinya. Semoga betah 😀

  33. Waaaah, seru mas! Hahaha. Bisa bayangin macetnya Bandung-Soekarno Hatta, juga rasanya nahan perut mules hahaha.

    Saya dulu ke Bangkok 2011 malah disambut banjir. Lagi banjir besar saat itu hahaha.

    1. Hal paling seru dalam sebuah perjalanan memang sejatinya perjalanan itu sendiri, ya. Aku bakal kangen momen-momen kayak gini 😀

  34. Sebelumnya selamat Sudah menjadi pemenang, kereeen. Saya Sudah lama pingin nyobain Bangkok, bolak-balik ngerencanain sama temen eh batal lagi, penasaran sih seperti apa, seperti Indonesia juga ya soalnya Ada traffic jam hehe

    1. Ayo wujudkan, mbak. Kalau temen-temen nggak bisa terus, sendirian aja 🙂
      Terima kasih sudah mampir, mbak.

  35. […] di Bangkok, macam Hypermart atau Giant, tapi vendornya lebih variatif. Baca cerita selengkapnya di bagian pertama seri perjalanan #ViziTrip ini. Di Ramkhamhaeng ada 3 outlet The Mall, dan yang deket dengan dermaga adalah The Mall Ram 3. […]

  36. […] Tuhan, masih ada waktu untuk beristirahat setibanya kami di Thomson Hotel & Residences Hua Mak, Ramkhamhaeng. Setelah itu, kami naik minivan dari pihak penyelenggara tur menuju Don Mueang […]

  37. Seru juga..owh ya maaf mau nanya ada 2 pertanyaan :
    1. Kalo dari hotel thomson selain di mall apakah sekitar hotel ada tempat makan ?
    2. Melihat di maps hotel thomson dekat dengan sungai wat sri bunruang watergate nah pertanyaannya apakah dari sungai itu kita bisa langsung naik perahu muter2 ke kota obyek wisata bangkok atau harus pindah2 transportasi dulu ?

    Terima kasih infonya

    1. 1. Saya nggak liat ada pusat kuliner lain selain di mall, kak
      2. Bisa langsung naik perahu ke Pratunam. Kalo mau ke tempat wisata lainnya, ya macem-macem kak. Ada yang bisa naik perahu juga, ada yang harus ganti ke BTS atau MRT, tergantung mau ke mana dulu.

      1. Dari hotel thomson ke dermaga nya jauh gak ?

      2. Enggak kok. Kisahnya udah saya tulis juga di blog ini yang judulnya, “Naik Perahu Membelah Sungai” bla bla. Boleh ubek-ubek dulu tulisan Thailand di blog ini ya.

  38. […] Baca Juga: Review Thai Lion Air Jakarta-Bangkok […]

  39. […] dari spion motor orang pengalaman terbang ke Bangkok tahun 2018 lalu dengan maskapai Thai Lion Air di mana gue harus memasukkan tripod ke dalam bagasi saat check-in di Bandara Internasional […]

  40. […] teraman dari segi waktu. Gue masih inget, saat naik travel dari Bandung untuk mengejar penerbangan Thai Lion Air Jakarta-Bangkok tahun 2018 lalu dan berangkat jam 4 pagi, gue tetep kena macet sampe meringis-ringis sendiri nahan […]

  41. […] sedikit ya. Tanggal 9 Juli 2018 malam, saat gue menunggu pengumuman pemenang kompetisi blog Vizitrip yang molor, gue tiba-tiba tenggelam dalam momen […]

  42. Jadi kesimpulannya, kalo naik Thai Lion Air ke Bangkok, perlu bawa buku bacaan dan jangan berharap bisa baca majalah inflights.
    Dan Thai Lion Air itu mendarat di Don Mueang.

    Kalo gw berangkat dari Surabaya, kepingin mendarat di Suvarnabhumi, mendingan naik Malaysia Airlines aja, ya nggak sih? 😀

    1. Haha, selain itu juga coba pesen in-flight meals atau sedia downloadan.

      Nah kalo mau mendarat di BKK, naik Malaysia Airlines atau Thai Airways aja, kak.

  43. sekarang udah ada full service direct Jakarta Bangkok yang murce lho mas. Batik Air. Saya lihat 1,6 juta sekali jalan dan refundable 75% kalau pembatalan lebih dari 4 hari sebelum tanggal. Tadi cari tulisan blogger tentang Batik Air Jakarta Bangkok, tapi nemunya malah Thai Lion Air ini. Paling atas.

    1. Kalo nggak sebelumnya juga udah ada Garuda sama Thai Airways, AirAsia juga. Tapi menarik juga nih ke Bangkok naik Batik Air karena harganya terjangkau. Makasih infonya ya.

  44. […] Gue pernah terjebak dalam perjalanan selama lebih dari 5 jam untuk rute itu saat gue hendak naik Thai Lion Air ke Bangkok, padahal gue berangkat jam 4 […]

  45. […] lebih suka lagi dengan Thai Lion Air, pernah coba rutenya untuk ke Bandara Don Mueang, Bangkok. Apalagi saat itu Thai Lion Air […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu