Membuat Parfum Sendiri di Scentopia, Atraksi Wisata Baru Singapura

Buat parfum eksklusifmu sendiri dalam lokakarya di Scentopia

Perjalanan adalah sebuah masa untuk memanjakan indera. Tak hanya mata, telinga, raga, dan rasa, namun juga aroma. Dibandingkan dengan keempat indera lainnya, sepertinya memang “aroma” ini sedikit agak terabaikan. Padahal, kalau kita mau sedikit peka, menenggelamkan diri dalam lautan aroma akan memberikan kebahagiaan jiwa. Mungkin, inilah yang menjadi salah satu inspirasi berdirinya Scentopia, sebuah atraksi anyar di Pulau Sentosa, Singapura.  

Terletak di dalam jantung hutan hujan Singapura di Pulau Sentosa, di Pantai Siloso yang bersisian dengan segara, Scentopia menawarkan pelarian yang tentram dari hiruk-pikuk kota. Masuk ke dalamnya seperti memasuki sebuah dunia yang berbeda, di mana wewangian menjadi sajian utama yang melambungkan isi kepala. 

Untuk akses transportasi umum, Scentopia dapat dicapai dengan sedikit berjalan kaki dari Beach Station. Naiklah monorel Sentosa Express dari VivoCity, lalu turun di Beach Station. Ongkos monorelnya 4 SGD yang dibayar sekali saat berangkat, pulangnya free

Baca juga: Memahami Transportasi Publik di Singapura 


Seperti Apa itu Scentopia? 

Konsepnya memang berbeda. Tak seperti atraksi wisata lainnya yang bisa dinikmati dengan mata atau rasa, Scentopia adalah sebuah perfumery, yang sayangnya dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “pabrik parfum” saja. Padahal, perfumery bagi saya membangkitkan impresi yang manis dan romantis, jauh dari kesan “panas” atau “membosankan” seperti pabrik pada umumnya. 

Di Scentopia, kita bisa meracik parfum kita sendiri berdasarkan kepribadian masing-masing orang, jadi tak hanya menikmati macam-macam wewangian yang ada. Pengunjung bisa mengikuti lokakarya (workshop) pembuatan parfum sebagai peserta individu atau kegiatan berkelompok dalam rangkaian kegiatan korporat/sekolah. Hasil racikannya tentu dibawa pulang sendiri. 

Parfum yang kita racik pun tak sembarang parfum. Mengutip dari website Scentopia, “Your signature scent with orchid infused fragrance oil.” Jadi, aroma khas Singapura melebur di dalamnya melalui wangi anggrek yang tiada duanya sesuai persona kita. Ada 29.462.227291.176.700.000.000  cara untuk membuat parfum unikmu di Scentopia. Gimana tuh bacanya 🙂 

Buat parfum seunik dirimu di Scentopia, Singapura

Sekarang, oleh-oleh Singapura tak hanya sebatas magnet, gantungan kunci, atau makanan-makanan impor yang dibeli di pasaraya. Aroma khas yang menyenangkan dari Gardens by The Bay, Singapore Botanic Gardens, dan Orchid Garden dapat kita kemas untuk dibawa pulang ke Indonesia.  


Apakah Kamu Citrus, Fresh, Floral, Woody, atau Oriental? 

Siapa yang nggak suka tes kepribadian? Dari sesimpel zodiak sampai tes DISC atau MBTI, kita senang mendapati diri kita dengan label tertentu. Mungkin sebagai bagian dari usaha menemukan jati diri, kita ingin menggolongkan diri kita dalam golongan-golongan tertentu. Trying to fit in, katanya. 

Merasa nggak ada wewangian yang cocok untukmu? Mungkin saatnya kamu buat sendiri di Scentopia!

Nah, sebelum meracik parfummu sendiri di Scentopia, kamu akan menjalani tes kepribadian singkat untuk menemukan ramuan terbaik, terunik, dan paling pas yang kamu banget! Apakah kamu Citrus yang semarak, Fresh yang segar, Floral yang lembut, Woody yang rendah hati, atau Oriental yang eksotis? Hasilnya akan menentukan minyak aroma dan scented wand (tongkat aroma) mana yang harus kamu pilih untuk meracik parfum unikmu. Ngomong-ngomong, hasilnya bisa jadi adalah perpaduan dua dari lima karakter di atas. 

Saya jadi ingat dengan trilogi film & novel Divergent yang mengategorikan manusia ke dalam 5 faksi: Dauntless, Amity, Erudite, Candor, dan Abnegation. Di luar itu, ada para Divergent yang tak cocok di kategori mana pun karena karakternya adalah perpaduan dari 5 faksi yang ada.  

Biarkan hasil tes kepribadian ini memimpinmu menciptakan wewangian yang paling pas untukmu. Di Scentopia, kreativitas kita berpadu harmonis dengan peralatan canggih hasil penemuan teknologi terkini. Kegiatan ini sangat mungkin menjadi sebuah pengalaman baru yang agak membingungkan bagi sebagian orang karena tingkat kepekaan kita berbeda. Tapi jangan khawatir, bila kesulitan, ada staf dan peralatan pembantu yang siap memandumu. 

Tenggelam dalam dunia wewangian di Scentopia, Singapura

Kamu tak hanya bisa menciptakan satu, namun dua karya aromatik. Produknya pun tak hanya parfum, namun bisa juga pewangi ruangan, reed diffuser, minyak mandi (bath oil), lilin aromaterapi, dan hastakarya lainnya. Sebelum dikemas dalam botol apik 100 ml dan kamu bawa pulang ke rumah, tim akan meminta persetujuanmu dulu untuk hasil akhirnya. Kalau dirasa masih kurang sreg, bisa coba lagi meracik parfum eksklusifmu. 


Scentopia untuk Anak-Anak 

Maklum, sebagai bapak-bapak muda yang masih doyan berkelana, saya ingin mengajak anak-anak saya ikutserta. Saat ini, si kembar Aya dan Sae sudah berusia 6 bulan. Ini artinya, nggak lama lagi saya sudah bisa mengajak mereka jalan-jalan menembus batas negara, minimal Singapura hihihi. Selain dekat, Singapura adalah sebuah negara yang ramah anak (juga lansia dan disabilitas). Infrastruktur umum dan atraksi wisatanya dibuat dengan aman dan nyaman. 

Senangnya, di Scentopia ada paket kegiatan untuk anak-anak, termasuk preschool.  

Saya dan Ara ingin anak-anak kami tumbuh dengan memaksimalkan seluruh inderanya, tak terkecuali pengalaman sensori dengan bau-bauan ini. Kami ingin mengajak mereka melihat dunia di luar, mendengar alunan alam, merasakan lembutnya tanah dan pasir, mengecap kuliner yang berbeda, hingga mencium aroma mengukir kenangan. Sudah banyak wisata edukasi berbasis penglihatan, pendengaran, dan peragaan, tapi sepertinya baru Scentopia inilah wisata edukasi berbasis indera penciuman yang saya temukan. 

Dengan melibatkan seluruh indera, berarti kami mengoptimalkan pengalaman belajar mereka. Konon, penciuman adalah indera yang paling kuat, terhubung dengan aktivitas otak, merangsang memori dan emosi. Kami sadar betul bahwa tiap anak memiliki metode belajar yang berbeda-beda, bahkan bila mereka kembar sekalipun. Lingkungan multi-sensori dan wisata edukasi seperti ini bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, ingatan, kreativitas, komunikasi, dan perkembangan otak.  

Untuk pemesanan kelompok, Scentopia menerima reservasi bagi minimal 30 anak sekolah dengan durasi kegiatan sekitar 60 menit. Ada 2 program yang bisa dipilih–Human Body: Five Senses, dan Human vs Animal Sense of Smell. 


Anggrek dan Singapura 

Sudah 5 kali ke Singapura sejak 2013 (belum termasuk beberapa kali layover di Changi Airport), saya baru tahu bahwa anggrek adalah bunga nasional Singapura, lebih tepatnya adalah sebuah anggrek hibrida bernama Vanda Miss Joaquim. Pantes, ada banyak taman anggrek di negara ini, bahkan taman anggrek terbesar di dunia ada di dalam negeri mungil ini!  

Baik Orchid Garden di Changi Airport atau National Orchid Garden di Singapore Botanic Gardens, dua-duanya sudah pernah saya kunjungi. Kalau kamu pecinta anggrek atau flower enthusiast, saya sarankan banget ke National Orchid Garden! Dengan lebih dari 60.000 tanaman, 2.000 spesies, dan 1.000 hibrida, ia adalah surga bagimu. Botanic Gardens bisa dicapai dengan mudah dengan MRT Circle Line (laluan kuning) atau MRT Downtown Line (laluan biru) dengan nama stasiun yang sama. Tinggal berjalan ke arah pintu keluar, ta-da! Taman Botani Singapura sudah di depan mata. 

Enchanted Garden (Taman Pesona) Terminal 2, Changi International Airport Singapore

Makanya, minyak esensial anggrek dari Scentopia adalah buah tangan yang berkesan untuk perjalananmu di Singapura.  

Begitu melekatnya anggrek dan Singapura, sampai-sampai ada istilah “diplomasi anggrek” (orchid diplomacy). Pemimpin-pemimpin dunia yang bertandang ke Singapura untuk keperluan resmi diberikan suvenir khusus berupa bunga anggrek hibrida. Warna-warna anggrek yang semarak menggambarkan karakter Singapura, lalu “hibrida” adalah representasi multikultur Singapura dengan 3 etnis utamanya. 

Diplomasi Anggrek adalah wujud apresiasi Singapura untuk persahabatan dan hubungan baik di antara kedua negara. Tahun 2021 lalu, misalnya, Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, diberikan sebuah bunga anggrek hibrida bernama Papilionanda Kamala Harris. Anggrek VIP pertama adalah Aranthera Anne Black yang diberikan kepada Anne Black, istri dari gubernur Singapura saat itu di tahun 1956. Beberapa tokoh dunia yang pernah diberikan Anggrek VIP ini adalah Nelson Mandela, Pangeran William dan Catherine, hingga Ratu Elizabeth II.  

Terbayang sudah berapa banyak bunga aggrek yang menjadi bagian dari diplomasi ini? Tak kurang dari 200. VIP Orchid dan Celebrity Orchid ini bisa kita nikmati koleksinya di Botanic Gardens.  


Jadi, Berapa Biaya Scentopia? 

Untuk sebuah pengalaman baru ini, lokakarya pembuatan parfum di Scentopia bisa dinikmati dengan harga 95 SGD untuk workshop pembuatan parfum 50 ml selama satu jam. Kalau yang 100 ml, harganya jadi 125 SGD. Biaya ini sudah termasuk tur aroma dan 300++ pengalaman dengan augmented reality

Mau lebih murah? Beli di Klook seharga 80.75 SGD, mayan dapat potongan 15 SGD buat makan siang. Bisa dapat potongan 5% lagi dengan memasukkan kode NUGISUKE saat pemesanan. 


Setibanya di rumah, saatnya nikmati wewangian eksklusifmu yang personal dalam meditasi terpandu (guided meditation). Tutup pintu kamar, nyalakan alunan musik sesuai personamu yang bisa diunduh di sini, matikan lampu utama lalu ganti dengan lilin atau penerangan temaram lainnya. Bangkitkan memori, benamkan diri dalam tenangnya emosi, dan mulai petualangan sensori bersama Scentopia di rumah sendiri. 

Pantai Palawan, Pulau Sentosa

Scentopia tergolong sebagai atraksi wisata baru di Singapura, jadi semoga tulisan ini menambah rekomendasi objek wisata dalam rangka jalan-jalan di Singapura. Keep learning by traveling~  

19 komentar

  1. Fanny Fristhika Nila · · Balas

    Ya ampuuuuuun kok jadi pengen ke sing setelah baca INIIII 😄😄❤️. Soalnya aku parfume addict mas. Sukaaaa bgt Ama wewangian. Cuma aku bukan tipe yg fanatik Ama 1 aroma atau brand. Justru suka nyobain segala wangi.

    Pernah sih beli parfume yg katanya based on kepribadian. Tp Krn online, jadinya yg meracik ya tetep si seller. Itupun pas DTG, aku ga terlalu sreg jadinya. Cuma mana bisa komplain Krn udh datang juga barang.

    Pengen juga kan kalo bisa meracik sendiri 😁 apalagi kalo yg scentopia ini aku yakin bahannya premium. 👍

    1. Aku jugaaa. Kalau aku bisa ke sana, bakal dikasih free workshop juga mbak. Duh penasaran banget kek mana parfum yang wanginya aku banget tuh.

      Mbak Fanny perlu cobain Scentopia nih 😉

  2. Aduh di spore tuh ada mall yang wanginya terkenal enak. Bisa kali yah kalo ke sana ngeracik wanginya buat dicium cium di rumah

    1. Wahid Priyono · · Balas

      Setuju banget kak, memang betul kalo anak2 belajar itu harus melibatkan indera mereka agar difungsikan pada porsi yang tepat.

      Anak2 belajar dg indera penciuman dg penggunaan parfum ini pastinya mereka akan punya pengalaman berharga dalam hidupnya.

  3. berasa mahal jalan-jalannya ya mas. Seneng bacanya, bisa tahu scentopia biar ada pengalaman ngeracik parfum sendiri di singapura. Bakal jadi pengalaman berharga bisa main ke sana

  4. Bambang Irwanto · · Balas

    Singapura memang banyak menawarkan hal beda dan menarik ya, Mas. termasuk di Scentopia ini. Paling seru bisa buat parfum yang aromanya bisa disesuaikan dengan pilihan.

  5. Wahid Priyono · · Balas

    Bagus anak2 diajarkan belajar dengan melibatkan indera mereka agar punya pengalaman berharga dalam hidup.

  6. Jadi pengen coba
    Selama ini kan pakai parfum yang disodorin produsen atau hasil menebak apa yang disukai konsumen
    Dengan membuat parfum sendiri, kita bisa mendapatkan parfum yang sesuai dengan kepribadian kita

  7. Wah kreatif banget ya wisata parfum kaya gini. Kayaknya kalo dibuat di kota-kota besar di Indonesia bisa nih. Thanks infonya, informatif banget.

  8. annienugraha · · Balas

    Saya paling suka berkunjung ke tempat seperti Scentoria ini karena saya memang suka wewangian dan pernah bekerja di sebuah perusahaan penghasil essence fragrance milik negara Perancis. Jadi mengolah dan membuat formula wewangian itu bener-bener sebuah kegiatan yang selalu ngangenin. Suka banget dengan prosesnya dan hasil yang kadang2 diluar dugaan.

    Catet ah. Semoga suatu saat bisa main ke Scetoria dan membangkitkan lagi pengalaman mengolah essence.

  9. Dari aroma wewangian pun bisa deh ketahuan karakter dan kepribadian diri seperti apa. Dan punya pengaruh juga berarti kalao menilik ke anak² ya.

    Pantesan ponakan daku kek seneng gitu kalo makin parfum daku.. entah karena ngikut menghabiskan parfum aunty-nya atau karena memang suka sama wanginya hihi

  10. Menarik ya, jadi traveling ke singapore bukan hanya dpt menikmati destinasi wisata tp jg punya pengalaman meracik parfum secara eksklusif berdasarkan kepribadian diri. Disini pernah ada kelas meracik parfum ternyata biayanya terbilang lumayan

  11. cindiriyanikahidayah · · Balas

    Waahhh, menarik sekali ini ^^ Jadi pengen ke SNG dan nyobain bikin parfum favorit sendiri. Makasih sharingnya Kak ^^

  12. Wisata yang menarik karena gak hanya memanjakan mata, tapi juga menajamkan rasa dari berbagai wewangian. Syapa tau sepulangnya dari Scentopia, bisa bikin parfum sendiri yang bisa dipasarkan di INdonesia.

  13. Eh seru juga ya ada wisata yang berbeda ditawarkan semacam begini, menarik banget, apalagi jadi tau kepribadian kita yang akan dipasangkan dengan aroma parfum, selama ini aku gak terlalu memikirkan parfum yang sesuai dengan kepribadian, yang penting srat srot semprot abis mandi dan jadi wangi aja

  14. Wah asyiik banget yaa. Bisa meracik parfum sendiri di Scentopia sesuai kepribadian kita. Tentunya jadi pengalaman baru dan seru.

  15. Yakin banget kalau parfum yang kita buat saat berkunjung ke Scentopia ini akan unik, lha wong cara bikin parfumnya ada ada sekian cara, yang saya butuh waktu juga untuk membaca deretan angka itu

  16. Serunya ya kak bisa jalan-jalan sekalian buat parfum favorit.. Aku suka wangi citrus nih🥰

  17. wah seru banget, wajib coba 😀

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu