Red Planet Hotels Pasar Baru Jakarta: Lokasi Strategis dengan Harga Manis

Siapa bilang hotel murah di Jakarta itu cuma hotel abal-abal atau esek-esek? Kamu belum pernah nginep di Red Planet Hotels Pasar Baru, sih. Harganya terjangkau, tapi kualitasnya memukau! Oke, tanpa perlu berpanjang-panjang lagi kayak pidato caleg, gue mau share pengalaman nginep gue selama 2 malam tanggal 30 November sampai 2 Desember 2018 kemarin.

Ngomong-ngomong, vlog review-nya bisa disaksikan di:


Lokasi Red Planet Pasar Baru

Lokasi Red Planet Pasar Baru ini strategis banget di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan KH. Samanhudi no. 25 Pasar Baru, Sawah Besar. Kalo mau ke Pasar Baru, tinggal nyebrang, udah bisa belanja sama kulineran. Halte busway BRT TransJakarta dan Stasiun Commuter Line Sawah Besar nggak sampai 1 kilometer dari hotel. Kalo males banget jalan kaki, tinggal naik angkot M12 atau metromini P12 yang lewat persis di depan hotel.

Gampang deh mencapai Red Planet Hotels Indonesia Jakarta dari Stasiun Gambir. Kota Tua juga deket, cari tempat makan dan tempat tongkrongan juga nggak susah karena menjamur di sekitar hotel. Cocok banget buat backpacker atau traveler hemat yang berjiwa muda!


Reception Area Red Planet Pasar Baru

Begitu memasuki reception area atau lobi Red Planet Hotel Pasar Baru, wah, gue langsung disambut dengan aksen warna merahnya yang khas dan atraktif! Lobinya lega, nyaman dengan pendingin udara. Ada seating area di depan front desk dan di depan elevator. Di salah satu sisinya, ditempatkan meja bar dan beberapa kursi bar yang menghadap jendela floor-to-ceiling. Colokan listrik dan lubang USB ditempatkan cerdik secara tersembunyi di permukaan meja, dapat dibuka dan ditutup kalo udah nggak diperlukan. Oke banget buat laptopan, nih!

Welcomed by the warmth of Red Planet Hotels
Seating Area Red Planet Pasar Baru dengan meja dan kursi bar

Internet Corner hadir di salah satu sudut Red Planet Pasar Baru dengan 2 personal computer (PC) Mac yang modern! Kalo kebetulan kamu nggak bawa laptop, pake aja komputer di Internet Corner ini. Ada juga Selfie Corner yang ada di seberang front desk, kita bisa selfie lalu hasil fotonya dikirimkan ke email kita. Lumayan seru buat nunggu giliran check-in!

Selfie Corner ditempatkan dalam satu tempat bersama etalase suvenir. Kita bisa beli macam-macam suvenir khas Red Planet Hotels, gue cek harganya mulai dari Rp50.000,00 aja buat mug. Ada juga cinderamata yang menjadi buah kerjasama dengan 4Ocean, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang concern dengan kebersihan laut. Dengan membeli salah satu hasil karyanya, secara nggak langsung kita udah membantu mengurangi sampah plastik yang 4Ocean kumpulkan dari lautan, Travelearners!

Internet Corner Red Planet Pasar Baru
Suvenir khas Red Planet Pasar Baru
Hasil foto di Selfie Corner Red Planet Pasar Baru

Buat kamu yang kebetulan datang tanpa bawa sandal dan peralatan mandi, ada amenities pouch seharga Rp10.000,00 aja berisi sandal, odol, dan sikat gigi. Murah banget, tauk. Beberapa item lainnya, seperti sabun cair dan makanan ringan, juga dijual di front desk.

Masih di reception area, kita bisa reservasi buat layanan spa & massage Red Planet Pasar Baru dengan tarif mulai Rp200.000,00. Gue mau foto mbak-mbaknya tapi dia malu, padahal cantik banget pake kebaya. Spot pendaftaran spa & massage ini ada di antara elevator (lift) dan akses menuju tempat parkir. Desain pintu liftnya lucuk! Kayak meme “Sekadar Mengingatkan” gitu, dua telapak tangan yang bertemu mengikuti pergerakan pintu lift.

Amenities Pouch Red Planet Pasar Baru
Dapatkan kebutuhanmu di sini!
Red Planet Pasar Baru juga punya layanan spa & massage lho

Fasilitas Kamar Red Planet Pasar Baru

Gue nyampe di Red Planet Pasar Baru pada hari Jumat malam, 30 November 2018, sekitar pukul 22:00. Gue merasa lelah setelah menempuh perjalanan 4 jam lebih dari Bandung. Saat itu, lalu lintas Jakarta-Bandung terpantau padat, lebih padat dari biasanya, karena ada perbaikan jalan tol. Syukurlah, sesampainya di lobi Red Planet Hotels Indonesia, suasana lobi sedang kosong (karena 2 hari berikutnya lobi ramai dari pagi sampai malam), jadi gue bisa langsung check-in.

Menunggu elevator Red Planet Pasar Baru
Mengintip kamar Red Planet Pasar Baru

Proses check-in berjalan cepat dan lancar seperti pada umumnya. Mengisi beberapa data di formulir, tanda tangan, meminjamkan KTP, lalu front desk officer menyerahkan sebuah smart card untuk mengakses lift, pintu kamar, dan aliran listrik dalam kamar. Gue dapet kamar 715 di lantai 7. Wow, ternyata hotel Red Planet Jakarta ini tinggi juga! Seperti biasa, kartu ditempelkan pada detektor lift untuk mengakses kamar, tapi seluruh tamu bisa mengakses lantai 1 (reception area dan communal area) tanpa kartu.

Begitu membuka pintu kamar, voila! Ternyata kamarnya lega juga. Kartu kamar segera gue masukkan ke dalam slot secara melintang untuk menghidupkan aliran listrik. Ngomong-ngomong, gue suka lorong Red Planet Hotels Indonesia karena dilapisi karpet, tamu yang berjalan hilir mudik jadi nggak terkesan berisik.

Wastafel (dry area) kamar mandi Red Planet Pasar Baru
Toiletries Red Planet Pasar Baru

Oke, gue akan deskripsikan fasilitas Red Planet Pasar Baru dimulai dari… kamar mandi. Kamar mandinya lega! Dibuat dari bahan bangunan yang layak, bukan kamar mandi kapsul seperti di beberapa hotel budget lainnya. Di dalamnya tersedia wastafel, cermin, sabun, 3-in-1 liquid, handuk mandi, dan handuk keset. Bilik pancuran atau area basah dibatasi oleh dinding kaca dengan area kering. Gue suka model shower-nya! Mandi jadi terasa nyaman karena nggak perlu pegang-pegang terus gagang shower. Debit airnya pas, air panas mudah diatur, begitu nyalain air juga langsung terasa hangat tanpa perlu nunggu dulu. Shower juga dilengkapi dengan tatakan yang cukup banget buat meletakkan alat-alat mandi pribadi.

Persis di depan pintu kamar mandi, ada cermin memanjang yang ideal buat berkaca setelah mandi. Sebuah hair dryer tergantung di sampingnya, lengkap dengan colokan listrik. Akses untuk mengatur AC dan kipas angin ada di samping pintu kamar mandi. Sebuah cermin yang memanjang secara horizontal juga ditempatkan di atas headboard ranjang.

Hair Dryer di Red Planet Pasar Baru
Tempat tidur Red Planet Pasar Baru

Ranjangnya yang bersih dan rapi diapit oleh sepasang meja kecil. Meja kecil di sebelah kiri menjadi tempat diletakkan sebuah majalah, sementara 2 buah complimentary water ada di meja sebelah kanan. Safety box ditempatkan di celah kosong meja sebelah kanan. Di sisi kiri ranjang, menempel dengan dinding kamar mandi, tersedia meja kayu lipat dan kursi sederhana tanpa armrest dan sandaran. TV layar datar ditata dengan strategis di hadapan tempat tidur.

Tangkapan TV-nya jernih, gue menikmati waktu santai gue di dalam kamar dengan nonton saluran-saluran internasional dari TV. Terakhir, ada hanging corner yang ditempatkan benar-benar di sudut ruangan, nggak jauh dari jendela yang menawarkan pemandangan kota Jakarta.

Meja dan kursi kerja di Red Planet Pasar Baru
Air mineral dan safety box di Red Planet Pasar Baru
Pemandangan dari jendela koridor lantai 7 Red Planet Pasar Baru

Aplikasi Red Planet Hotels

Nah, satu hal yang unik di Red Planet Hotels Indonesia adalah fasilitas telepon yang digantikan dengan aplikasi. Kartu petunjuk penggunaan aplikasi diletakkan dengan manis di atas ranjang yang bersih. Jadi, aplikasi bisa di-download gratis, lalu fungsinya nggak cuma buat telfon front desk. Aplikasi Red Planet Hotels juga memungkinkan kita buat chatting sama front officer dan responnya cepet! Setelah ngobrol-ngobrol sama supervisor hotel, ternyata memang mereka punya standar prosedur. Dalam waktu maksimal 5 menit, chat tamu harus dibales! Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi kamar dan lokasi hotel kita. Keren keren!

Selain itu, aplikasi Red Planet Hotels juga bisa buat cari informasi tujuan wisata atau tempat nongkrong di sekitar properti dan bahkan ada fitur pemesanan Grab! Nantinya, aplikasi akan redirect kita ke aplikasi Grab yang udah terpasang di smartphone kita. Buat kamu yang fakir memori, telfon bersama bisa ditemui persis di samping lift.

Gue mengapresiasi inovasi yang diterapkan Red Planet Hotels ini. Coba, berapa sering kamu pake telfon buat menghubungi front officer? Jarang, ‘kan? Lagipula selama gue nginep di Red Planet Hotel Jakarta juga nggak ada keluhan sih, cuma nanya aja apakah bisa late check-out hehe (ngarep). Jangan lupa jadi member Red Planet Hotels, Travelearners! Lumayan, bisa dapet potongan harga khusus. Serunya lagi, jaringan Red Planet Hotels nggak cuma ada di Indonesia, tapi juga Thailand, Filipina, sama Jepang. Di Indonesia sendiri, properti Red Planet Hotels ada di Bekasi, Solo, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, sama Makassar.

Interface dan menu-menu aplikasi Red Planet Hotels

Fasilitas Red Planet Pasar Baru: Sarapan dan Room Service

Ruang makan Red Planet Hotel Pasar Baru ada di lantai 2, di mana lantai ini juga masih merupakan area kamar tamu. Ruangannya memang nggak besar, tapi selama 2 malam gue nginep di sana, ruang makan masih dapat menampung seluruh tamu. Meja-meja dan kursi-kursi kayu ditata dalam 2 baris. Salah satu sisinya tampil nyeni dengan mural yang menggambarkan peta wisata Jakarta, sementara satu sisi yang lain berupa jendela hampir floor-to-ceiling yang menghadap ke arah pemandangan kota. Love it!

Ruang makan Red Planet Pasar Baru
Sarapan dulu di Red Planet Pasar Baru

Menu sarapan disajikan pada dua sisi ruangan. Pagi pertama di Red Planet Pasar Baru, menunya ada ayam kecap, mie goreng, kentang balado, dan sayur sop. Air putih, jus, kopi, teh, dan roti tawar tersedia. Sementara di pagi kedua, menunya adalah nasi goreng dengan beberapa lauk pauk. Seneng banget nih, karena walaupun hotel budget, namun Red Planet Hotels menyediakan menu sarapan yang lengkap dengan alat makan yang layak. Ehem, ada hotel budget yang sarapannya pake piring gelas plastik soalnya, padahal jaringan ternama. Sementara jaringan hotel budget lainnya, menunya nggak sebanyak itu. Lalu sebagai penikmat kopi, gue selalu appreciate penginapan murah yang menyediakan free flow coffee saat sarapan.

Di pagi pertama, gue nyarap di dalam ruangan. Lalu di pagi kedua, gue cobain ngopi-ngopi di outdoor dining area. Ada bangku memanjang dan kursi-kursi bar yang menghadap ke Gereja Ayam. Oke juga menikmati hangatnya sinar matahari pagi.

Menikmati sarapan di area luar ruang makan Red Planet Pasar Baru
Menu sarapan Red Planet Pasar Baru di pagi kedua

Sedikit saran aja untuk kombinasi menunya. Mie dan kentang adalah sumber karbohidrat seperti halnya nasi dan roti tawar, bukan sayur atau lauk. Maka, lebih baik mie dan kentangnya diganti olahan sayur atau lauk yang lain (telur, ikan, sosis, dsb). Gue sendiri merasa lebih cocok kalo pilihan menunya sedikit dikurangi, tapi dipilih menu yang modern dan khas dynamic young traveler, misalnya: nasi putih, tumis brokoli, telur ceplok, salted egg chicken, roti tawar, dan kopi. Soalnya menu pas pagi pertama terkesan… “rumahan” banget, jadi agak kurang blend dengan konsep yang diusung.

Ruangannya sendiri sangat potensial untuk disulap jadi ala ala café atau coffee shop, dua hal yang disukai traveler muda saat ini. Muralnya udah bagus, namun unsur interior lainnya terasa nggak berjiwa, kurang dikonsep. Lobi dan kamarnya udah oke, tapi saat masuk ruang makan, rasanya kayak gue masuk hotel lain. Misalnya mau dirombak jadi menyerupai café kekinian, maka meja dan kursinya dipilih dari material kayu yang lebih rustic, alat-alat makannya dipilih yang lebih bold atau tebal (warna-warna gelap lagi trend), dua sisi dindingnya dibalut cat warna putih yang solid. Dengan meja kursi dari material yang berat, ruangan pun akan terkesan lebih rapi dan nggak gampang terlihat berantakan.

Lumayan, menikmati suasana Jalan Samanhudi dari lantai 2 Red Planet Pasar Baru
Bangun dengan segar bugar di Red Planet Pasar Baru

Oh ya, Red Planet Hotel Pasar Baru ini juga punya fasilitas room service alias layanan antar makanan. Tapi karena selama 2 malem itu gue selalu ada di luar saat jam makan siang dan jam makan malam, jadi nggak sempet cobain, huhu. Pilihan menunya lengkap, padahal. Harganya juga masih masuk akal buat standar Jakarta.


Kesimpulan: Red Planet Hotels Indonesia? Recommended!

Mengesampingkan sedikit masukan tentang ruang makan (yang adalah saran, bukan keluhan), Red Planet Pasar Baru gue rekomendasikan buat kamu yang nyari penginapan terjangkau di kawasan Jakarta Pusat, khususnya di daerah Pasar Baru. Gue sarikan nilai-nilai plusnya dalam poin-poin berikut ini.

Mengapa memilih Red Planet Hotel Pasar Baru?
  1. Lokasi strategis di Jakarta Pusat
  2. Dekat halte busway TransJakarta dan Stasiun Commuter Line
  3. Kamar dan kamar mandi yang cukup luas
  4. Harga murah di kisaran Rp300.000,00
  5. Kamar mandi dibuat dari bahan berkualitas
  6. Semua fasilitas (TV, shower, AC, dsb) berfungsi baik
  7. Sarapan dengan menu lengkap, bukan hanya roti atau satu menu sederhana
  8. Lobi dilengkapi dengan meja dan kursi bar dengan colokan listrik
  9. Internet Corner di lobi
  10. Ada room service dan spa & massage.
Nyaman beristirahat di Red Planet Pasar Baru

Dari segi tampilan memang nggak terlalu unggul, tapi Red Planet Hotels ini fungsional banget. Dengan kata lain, Red Planet Hotel Pasar Baru sudah memenuhi semua fasilitas yang dibutuhkan pelancong atau pebisnis muda yang dinamis. Nyaman, bersih, lokasi strategis! Jadi, sekarang tahu ‘kan harus nginep di mana kalo ke Jakarta Pusat? Red Planet Hotels dong 😀

41 komentar

  1. […] Butuh hotel di Pasar Baru? Red Planet Hotel aja! Baca review jujur gue di: Red Planet Pasar Baru, Strategis dengan Harga Manis […]

  2. Wow murah banget, asli. Dengan harga segitu, kalau di Jakarta tak kirain dapet dorm hostel.

    Ini fotonya siapa yang ambil sih? bagus loh. Kalau pakai tripod kok aku gak yakin haha.

    1. Iya worth the value banget, mas!

      Weh, masak sih bagus? Makasih banget, mas. Cuma pake tripod dan tangan sendiri.

  3. Wah ganti nama ya akhirnya ke Red Planet. Seingetku dulu Tune Hotel deh, koreksi ya kalo ku salah.

    Memang rekomen ini hotel, lokasinya cukup strategis dan cukup banyak jajanan kalau malam, tinggal pilih.

    1. Beberapa hotel Tune di Indonesia memang berubah jadi Red Planet, Gi.

  4. Ulasannya khas si pemilik blog; lengkap, akurat, disertai data valid, dan membikin saya juga merasa ikut berada di hotel ini. Hotel murah tapi fasilitasnya bikin hepi. Suka sama seating area-nya itu, dindingnya kaca kan jadi kalau ngopi-ngopi sambil baca di situ pasti mantap jaya hahaha.

    1. (((data valid)))
      Udah kayak skripsi aja ya kak.

      Hehe. Turut senang kalo aku bisa membawa kak Tuteh berpetualang virtual di hotel ini 😁😁😁

      1. Bruakakakak lucu juga waktu saya baca ulang komentar ini: data valid *LOL* gara-gara sering baca berita tentang orang yang berani bicara dengan data asal/hoax 😀

        Btw petualangan virtual memang tidak sama rasanya dengan mengalami langsung, tapi setidaknya bikin hepi sudah ‘diajak jalan-jalan’ itu yang saya suka dari membaca blog teman-teman narablog wkwkwkwk 😀

      2. Trimakasih sudah rajin mampir ke sini, mbak Tuteh 🙏🙏🙏
        Mudah-mudahan bermanfaat dan menghibur

  5. Udah jelas, gue nunggu promo buat hotel ini. belum muncul juga ya ternyata.. hoho…

    1. Jangan nungguin promo terus, bro. Go on! 😀

      1. Gue kan backpacker gembel, promo is number one :v

  6. Mantap ulasannya lengkap dan sangat informatif

    1. Trimakasih sudah berkunjung, mas

  7. Kalo ke Jakarta, kayanya saya nginep di sini aja deh. Lokasinya strategis, fasilitas lengkap, nyaman, dan yang paling penting tarifnya bersahabat. Pengen coba juga spa dan massage-nya habis jalan-jalan menikmati Jakarta.

    1. Haha betul betul betul

  8. Hotelopedia · · Balas

    Cakep nih pakai aplikasi gtu. Jadi tetap mudah untuk menghubungi front desk atau bila butuh sesuatu gak perlu cari telepon dulu hehehe.

    Lokasinya juga pas buat yang mau eksplor kuliner, budaya, dan belanja di Jakarta. Untuk kisaran Rp300ribuan, worth it sih.

    Boleh deh nanti cobain!

    1. Worth the price banget, mas! Kirain udah pernah.

  9. joecandra18 · · Balas

    Wah cocok nih buat pecinta merah sepertiku hehhe soalnya banyak interior warna merah sptnya kak. mantabb

    1. Kamu simpel ya kak pertimbangannya, mudah bahagia nih orangnya 😀

  10. Pinter nih investor Red Planet-nya. Sebelum membangun hotel ini, pasti jauh-jauh hari dia udah ngincer lahan properti di seberang Pasar Baru. Pasar Baru itu termasuk tujuan wisata favorit orang untuk ke Jakarta, makanya keren kalau tim Red Planet bisa dapet lahan di seberangnya.

    1. Betul, mbak. Orang Jakarta dan luar Jakarta suka ke Pasar Baru ya 😀

  11. ariefpokto · · Balas

    Canggih ya hotelnya pakai aplikasi. Lokasinya strategis banget lho ini

    1. Bener, mas. Strategis banget!

  12. aku juga pernah nginep di red planet, tapi di bekasi.
    Dan hotelnya memang worth it banget buat jadi alternatif tempat menginap di kota tujuan 😀

    1. Ah iya, di Bekasi juga ada kak

  13. Aku geli baca judulnya. LOkasi Strategis dengan Harga Manis, semanis cokelat ya Kak. Tapi emang murah banget ya untuk ukuran hotel di Jakarta.

    1. Hihihi, semanis akyuuu (ditabok)

  14. Haloooo pa kabar, Mas Matius? Waaah ga nyangka ini hotel betapa murcenyaaaaa 😀 Masa souvenir bisa didapetin mulai 50K, perlengkapan mandi kayak sandal, odol, sikat gigi paling 10K dll, asik! Lokasinya strategis pisan, bisa jajan mulu ke amna2 hahahaha ini mah irit di otel, royal di wiskul luar hahaha. Keren2, mas selalu bisa dpt yg keren2 ya hotelnya tapi murah, tapi oke, oke semua mantullll.

    1. Hahaha kabar baik, mbak. Makasih banget nih udah baca review-ku dengan lengkap 😀

  15. heran saya..tiap baca review hotel kok bisa detail banget..
    rahasianya apa mas..bisikin wkkwkwkw

    1. Haha. Rahasianya mengamati dengan hati 😁😁😁
      Makasih lho apresiasinya

  16. salah fokus sama mbak csny mas haaha , btw salam kenal , nice artikel keep posting

    1. Haha. Trimakasih sudah mampir, mas. Salam kenal 😀

  17. Mas, saya baca2 review di agoda, booking.com, dll. Katanya hotel ini AC di kamar nya tidak dingin, karena itu di kamar tidur diberikan kipas angin juga, benar tidak Mas? Wah kalau AC tidak dingin, tidur kurang nyenyak yah, udara di Jakarta khan panas.

    1. Sepanjang pengalaman saya AC-nya dingin-dingin aja, mas. Kipas angin memang ada juga.

  18. omaigod omaigod, ini sih udah oke punya, dari segi fasilitas (hair dryer ada, akusuka kalo ada pengering rambut gini), lokasi oke, harga reasonable. Area luar tempat makannya terlihat industrial konsepnya, boleh juga sih

    1. Yosh! Pilihan cerdas di Jakarta Pusat!

  19. […] Baca Juga: Red Planet Hotels Pasar Baru Jakarta, Lokasi Strategis dengan Harga Manis […]

  20. […] juga ulasan RED PLANET PASAR BARU JAKARTA dan POP HOTEL PASAR BARU […]

  21. […] beberapa hotel yang mengukir pengalaman menginap nggak terlupakan! Terima kasih untuk Red Planet Hotel Pasar Baru, Harris Hotel Pontianak, Best Western Premier La Grande Bandung, Shakti Hotel Bandung, Nomad Hostel […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu