Bebas Visa, Ini 7 Tempat Menarik yang Instagrammable di Pulau Hainan!

 

Hasrat untuk berkelana di Negeri Tirai Bambu itu sudah setahun ini tergurat di dalam kalbu. Padahal beberapa tahun sebelumnya, tak pernah terpikir olehku untuk mengunjungi negara besar bernama resmi Republik Rakyat Tiongkok (RRT) itu. Hingga akhirnya nama Tiongkok, yang selanjutnya akan kita sebut Cina saja seperti bagaimana kita menyebutnya dalam percakapan sehari-hari, mulai merangsek masuk ke dalam bilik mimpi setelah aku mengetahui beberapa fakta menarik tentangnya.

Aku suka iseng mencaritahu harga tiket penerbangan dari Kuala Lumpur ke negara-negara Asia Timur. Ternyata, harga tiket ke kota-kota Cina selatan itu murah! Kunming, Nanning, atau Guangzhou dapat dijejak dengan harga kurang dari Rp1.000.000,00. Tak hanya biaya tiketnya yang murah, biaya hidupnya pun murah, visanya mudah dibuat dengan probabilitas tinggi, obyek wisatanya lengkap, dan nyaris seluruh kotanya sudah terhubung dengan jaringan kereta cepat China Railway High-speed (CHR) dan metro/subway. Aku sampai berpikir, “Kalau seperti ini, kota Cina mana pun tak masalah.”

Lalu, beberapa minggu lalu, aku melihat salah satu rekan pejalan yang mengunggah jasa open trip di status Facebook-nya ke Pulau Hainan.

Hainan? Cina? Batinku saat itu. Kenapa dia menjual paket open trip ke satu daerah di Cina yang tidak terkenal di kalangan turis Indonesia?

“Tidak terkenal”? Begitukah?

Didorong oleh rasa penasaran, jemariku lantas bergerak gesit di papan keyboard mengetikkan kata “Hainan” di mesin pencari. Hasil pencariannya di halaman pertama membuat mataku membeliak.

Pemegang Paspor Indonesia Bebas Visa ke Hainan.

He? Wah, ini sungguh berita baru buatku. Ternyata tak hanya Hong Kong dan Macau saja yang bebas visa untuk Warga Negara Indonesia, tapi Hainan juga! Lebih jelasnya, dari sumber-sumber yang kubaca, kebijakan ini baru diberlakukan sejak 1 Mei 2018. Selain Indonesia, sebanyak total 59 negara mendapatkan keuntungan menarik ini. Bebas visa diberikan hingga maksimal selama 30 hari ke depan. Aku lantas menjadi semakin antusias untuk menjadikan Hainan sebagai destinasi impianku di tahun 2019 ini. Setelah membaca beragam artikel yang sebagian besar berasal dari laman dan portal Tiongkok, aku menemukan 7 hal ini menjadi daya tarik utamaku mengunjungi Hainan.

Baca juga: Drama Perjalanan ke Hainan China

5 alasan mengapa kita harus berani liburan ke Hainan!


Naik Kereta Cepat (Kereta Peluru)

Sebagai penyuka kereta api, aku tak boleh melewatkan kesempatan menaiki kereta cepat yang ada di Hainan. Tak hanya sekadar dinaiki, tapi aku juga harus mendokumentasikannya dengan baik dalam bentuk foto dan video.

Hainan memang menjadi provinsi dan pulau paling selatan di negara Cina, sejajar dengan Vietnam bagian tengah, tapi bukan berarti Hainan adalah provinsi terbelakang. Walau belum punya metro/subway, tapi Hainan punya jaringan kereta cepat (kereta peluru) China Railway High-speed (CRH). Hainan Eastern Ring High Speed Railway sudah mulai beroperasi sejak 2010, sementara Hainan Western Ring High Speed Railway-nya diluncurkan 5 tahun kemudian. Sejak itu, jaringan kereta cepat di Hainan menjadi jaringan kereta cepat pertama (dan satu-satunya) di dunia yang mengelilingi seluruh pulau!

Jaringan kereta cepat Hainan
(source: haikouhostel.com)

Jaringan kereta cepat Hainan menghubungkan Haikou, sang ibukota, yang terletak di sisi utara dengan Sanya, kota besar lainnya, yang ada di ujung selatan. Jaringan kereta ini bahkan terhubung dengan Haikou Meilan International Airport dan Sanya Phoenix International Airport. Wisatawan yang mendarat di Haikou bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Sanya, dan sebaliknya.

Nug, naik kereta cepat itu bukannya mahal? Kamu ‘kan backpacker, memang sanggup bayar?

Nah, untuk rute Haikou – Sanya selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan (jarak sekitar 300 km), harga tiket untuk kursi kelas 2 hanya di kisaran Rp200.000-an saja! Sementara harga untuk kursi kelas 1 juga di kisaran Rp300.000-an. Sungguh berita gembira untuk traveler!

Baca Juga: Panduan Jalan-Jalan Mandiri ke Hainan, China


Naik Cable Car di Phoenix Hill Park, Sanya

Aku selalu suka mengunjungi taman dan menikmati pemandangan suatu kota dari ketinggian. Ternyata Sanya punya satu tempat untuk memuaskan dua kesukaaanku itu.

Phoenix Hill Park terletak di ketinggian sekitar 400 mdpl, menjadi titik tertinggi di kota Sanya. Dari puncak Phoenix Park, kita bisa menikmati pemandangan kota Sanya dan kawasan sekitarnya hingga Yalong Bay. Untuk mencapai Phoenix Park, kita harus naik gondola (cable car) selama sekitar 10 menit.

Kalau sudah sampai, apa cuma bisa melihat-lihat? Tentu tidak, Salvador. Ada Skybridge yang melayang ditopang tiang-tiang sepanjang 2 kilometer yang meliuk mengelilingi bukit. Ada kapel kristal yang sangat mempesona untuk menjadi obyek foto di linimasa.

Skybridge dan pemandangan kota Sanya dari Phoenix Park

Kereta gantung dan kapel berdinding kaca di Phoenix Park, Sanya

Phoenix Park, Sanya

Tiket Masuk   : Dewasa 106 RMB (Oktober-April) / 88 RMB (Mei-Oktober), gratis untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 120 cm dan lansia usia 70 tahun ke atas, tiket masuk sudah termasuk cable car pulang-pergi

Jam Buka       : 7:30-22:00 dan 9:00-22:00 (khusus hari Selasa)


Patung Dewi Guan-Yin yang Agung di Nanshan Cultural Tourism Zone

Cobalah mencari foto-foto soal Hainan di laman pencarian Google atau situs-situs Tiongkok, kamu akan disajikan foto patung dewi berukuran besar yang berdiri agung di tepi laut. Itulah Goddess of The Sea Guan-Yin Statue yang berada di dalam Nanshan Cultural Tourism Zone, masih di area kota Sanya. Dengan tingginya yang mencapai 108 meter, patung ini menjadi Patung Dewi Guan-Yin tertinggi sedunia! Tingginya bahkan melebihi Patung Liberty di Amerika Serikat.

Patung Dewi Guan-Yin di Nanshan Cultural Tourism Zone
(source: Marina Wanderlust)

Kuil yang indah dan megah di Nanshan Cultural Tourism Zone
(source: Marina Wanderlust)

Selain di dalam serial legendaris Kera Sakti, patung Dewi Guan-Yin banyak diagungkan di kuil-kuil ternama di dunia, misalnya di Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang dan Kuil Kek Lok Si di Penang, Malaysia. Sebagai pecinta budaya Tionghoa (salah seorang teman blogger bahkan menyebutku Chinatown Obsessed), Nanshan Cultural Tourism Zone ini tak boleh dilewatkan!

Tak hanya patung raksasa, Nanshan Cultural Tourism Zone yang luas ini juga punya kuil dan taman-taman yang kaya filosofi Buddha, terangkum dalam 3 area: Nanshan Buddhist Culture Park, Felicity and Longevity Culture Park, dan Nanshan Custom Park. Serunya lagi, pengunjung tidak dibiarkan tersiksa dengan capek-capek berjalan kaki mengelilingi areanya yang luas karena ada fasilitas “kereta wisata”.

Nanshan Cultural Tourism Zone

Tiket Masuk   : Dewasa 145 RMB (Oktober-April) / 121 RMB (Mei-Oktober), gratis untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 120 cm dan lansia usia 70 tahun ke atas

Jam Buka       : 8:00-17:30


Menyusuri Jalanan Kota Tua Haikou

Dari Sanya, kita beralih ke Haikou, sang ibukota, yang dibalut dengan iklim yang lebih sejuk. Kalau kata mas Rijal Fahmi @catperku yang sudah lebih dulu ke sana bersama HIS Travel, cuaca di Haikou itu seperti cuaca di Bandung, berkisar di angka 20-an derajat Celcius. Pas banget, aku yang memang tinggal di Bandung akan merasa sangat nyaman saat bertandang ke Haikou nanti.

Sebuah kota selalu memiliki satu area kota lama, tak terkecuali dengan Haikou. Di Haikou, ada satu area yang akan memuaskan para pecinta arsitektur, penggemar sejarah, dan pemuja tata kota. Area ini dinamakan Qilou Old Street yang tersebar di Zhongshan Street, Xinhua Street, Bo’ai Street, Deshengsha Street, dan Jiefang Street.

Jadi, “Qilou” ini bukan nama jalan atau daerahnya, tapi nama jenis bangunannya. “Qilou” adalah gedung-gedung tua bergaya arcade. Aku tak terlalu paham apa ini arcade, istilahnya dalam bahasa Indonesia pun tak kutemukan. Namun jika melihat foto-fotonya, Qilou Old Street berisi bangunan-bangunan yang memadukan gaya arsitektur Eropa dan Asia. Jendela-jendela lengkung, pilar-pilar bak bangunan Romawi, dan ornamen berupa ukiran banyak ditemui di bangunan-bangunan Qilou Old Street. Lokasi Hainan di antara Cina Daratan dan Asia Tenggara memang strategis, tak heran bila di masa lampau Haikou adalah pelabuhan yang sibuk melayani saudagar Eropa.

Qilou Old Street (Arcade Ancient Street) adalah spot fotogenik di Haikou
(source: Kirana Yho)

Qilou Old Street yang juga dikenal sebagai Arcade Ancient Street di Haikou, ibukota Hainan
(source: Kirana Yho)

Aku selalu suka berjalan menyusuri bangunan-bangunan tua seperti itu. Dari kota-kota di negeri sendiri sampai Singapura, Kuala Lumpur, Phuket, Ho Chi Minh City, sampai Yangon di Myanmar, aku tak melewatkan kunjungan ke distrik kota tuanya meski hanya sebentar.


Memberi Penghormatan di Makam Hai Rui

Makam? Nggak salah? Kamu mau jadi “tukang kuburan” seperti kak Olive, Nug?

Eit, tunggu dulu, yang satu ini bukan sembarang makam. Makam Hai Rui, atau Tomb of Hai Rui dalam bahasa Inggris, memiliki kuil setinggi tiga level yang menyerupai Temple of Heaven di Beijing atau Pagoda Tian Ti di Kenjeran Park, Surabaya. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Tomb of Hai Rui ini menarik minatku yang selalu suka dengan bangunan bernuansa budaya Tionghoa.

Secara singkat, Hai Rui adalah seorang perangkat pemerintah di Hainan pada masa Dinasti Ming. Beliau dikenal sebagai sosok yang rendah hati, ramah, dan jujur, tidak korupsi! Rakyat kemudian membangun kuil ini pada tahun 1589 untuk menghormati beliau.

Makam Hai Rui di Haikou, Hainan
(source: Charlie Heng)

Tomb of Hai Rui

Tiket Masuk   : Dewasa 10 RMB, anak-anak 5 RMB, gratis untuk anak-anak di bawah 1,2 meter.

Jam Buka       : 8:00-17:30


Berlaga ala Pemain Film di Movie Town

Kamu tahu apa studio film terbesar di dunia? Bukan Hollywood, tapi ternyata Movie Town di Haikou yang luasnya mencapai 90 hektar! Studio film sekaligus taman bermain ini dikembangkan oleh Mission Hills Group bersama sutradara ternama Feng Xiaogang dan perusahaan film Huayi Brothers Media. Seperti namanya, Movie Town berisi “kota” artifisial dengan bangunan-bangunan yang dibuat persis sesuai dengan latar film. Tiga area utamanya adalah 1942 Street, Nanyang Street, dan Socialist Beijing Street yang masing-masing punya tema berbeda. Tak hanya foto-foto, kita juga bisa makan dan minum di Movie Town di kafe-kafenya yang tematik.

Untuk lebih jelasnya, tonton videonya dari akun resmi Mission Hills Group berikut ini!

Salah satu sudut Movie Town di Haikou, Hainan
(source: Belmari Pictures)

Wah, sebagai model Instagram untuk akun sendiri, sepertinya aku akan menghabiskan banyak waktu di Movie Town dan tidak boleh sungkan meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto.

Movie Town

Tiket Masuk   : 138 RMB

Jam Buka       : 9:00-22:00


Bersantai di Hawaii-nya Tiongkok, Dadonghai Beach dan Yalong Bay

Wisata alam biasanya tidak menjadi prioritasku dalam mengunjungi suatu kota atau negara. Aku tidak mendefinisikan diriku sebagai pengejar fajar, pemuja senja, atau penyelam alam. Namun ketika ada satu pantai yang permai, gunung yang agung, atau danau yang kemilau yang bisa dijangkau dari kota yang kukunjungi, maka aku tidak akan menyia-nyiakannya.

Yalong Bay, Hawaii-nya Cina dengan pantai pasir putih dan air laut sebiru langit

Sebuah resor mewah di Yalong Bay (source: Agoda)

Sanya dikenal sebagai Hawaii-nya Cina, atau Florida-nya Cina. Bukan karena semata-mata karena letaknya di wilayah tropis, namun juga pesona pantai pasir putihnya. Teluk Yalong (Yalong Bay) dan Pantai Dadonghai adalah dua nama yang paling populer.

Melihat foto-foto Yalong Bay yang bertebaran di dunia maya, sungguh tak menyangka bahwa teluk indah dengan pantai sepanjang 8 kilometer ini ada di Cina, sebuah negara maju yang belakangan ini identik dengan gedung-gedung supertall, karya arsitektur modern yang rumit, dan teknologi perkeretaapian yang mengagumkan. Tak cuma pantai, Yalong Bay juga diisi dengan fasilitas akomodasi bergengsi, olahraga air, lapangan golf, restoran elegan, Yalong Bay Tropic Paradise Forest Park, dan Yalong Bay Rose Valley.

Pantai Dadonghai, Sanya, Hainan
(source: trekearth)

Konon, jika diurutkan, keindahan Pantai Dadonghai adalah yang kedua setelah Yalong Bay, tapi Dadonghai terletak lebih dekat dengan pusat kota Sanya. Bar, café, dan restoran siap diserbu pengunjung yang ingin menikmati malam usai mengabadikan matahari terbenam. Selain itu, Dadonghai juga punya taman tepi pantai dan paviliun di puncak bukit dengan panorama laut 360 derajat.


Cara Hemat Namun Nikmat Liburan ke Hainan

Seolah tahu bahwa belakangan ini aku sering mencari tahu tentang Cina, beberapa situs internet (termasuk beranda Facebook) lantas menampilkan iklan paket tour ke Hainan yang diselenggarakan oleh HIS Travel. Karena harganya menggiurkan, sekitar lima jutaan rupiah saja, aku pun tergoda untuk klik dan… voila! Aku segera dihadapkan dengan detil informasi paket tur 7D/5N Hainan Harmony itu. Ini benar-benar terjadi lho ya, bukan mengarang kejadian fiktif untuk ditulis di artikel ini. Belakangan ini aku benar-benar banyak browsing soal Cina dan Google (sudah pasti) membaca riwayat pencarianku.

Aku lalu tergoda untuk mencaritahu paket tour ke Hainan lainnya yang ada di HIS Travel. Ternyata ada paket yang lebih murah dengan durasi sedikit lebih pendek (6D/4N), yaitu Hot Hainan. Aku pelajari baik-baik itinerari dan fasilitas Hainan Tour tersebut, dan ternyata…

Hampir semua tempat yang kusebutkan di atas ada di dalam paket perjalanan!

Brosur paket HOT Hainan yang aku unduh dari HIS Travel

Aku lihat baik-baik agenda perjalanan Hot Hainan 6D/4N oleh HIS Travel ini dan membandingkannya dengan paket Hainan Harmony. Ternyata tempat-tempat utama yang dikunjungi sama saja, fasilitasnya juga sama, hanya dieksekusi dalam waktu yang lebih efisien. Jadwalnya masih masuk akal. Jumlah tempat maksimal yang dikunjungi dalam sehari adalah 4 tempat. Itu pun hanya di hari ke-2 saja.

Selain itu, secara efektif tur berjalan selama 4 hari. Berangkat hari pertama malam (Selasa), lalu tiba di Jakarta hari ke-6 pagi-pagi. Itu artinya, aku yang fakir cuti ini hanya perlu mengambil 3 hari cuti―masih dalam batas jumlah cuti maksimal yang diizinkan oleh kantorku, yaitu 4 hari. Hari Selasa saat keberangkatan aku bisa izin remote working atau setengah hari. Tapi kalau mau cuti sekalian juga bisa. Aku yakin, banyak karyawan kantor penuh waktu di luar sana yang bernasib sama sepertiku. HIS Travel benar-benar memahami kami!

Tak seperti program tur lainnya, paket Hot Hainan dari HIS Travel ini juga menyertakan perjalanan menggunakan kereta cepat dari Haikou ke Qionghai! Aaahhh, HIS Travel benar-benar cocok untukku. Aku tadinya ingin liburan ke Hainan sendiri tanpa menggunakan jasa tur, namun keinginanku tersebut terganjal biaya tiket penerbangan yang masih mahal. Rekanku yang membuka open trip ke Hainan mengatakan, aku harus menggunakan jasa tur untuk menekan biaya penerbangan tersebut. Makanya, aku begitu senang mengetahui paket Hot Hainan dari HIS Travel. Tak banyak kota di Asia Timur yang bisa dikunjungi dengan biaya Rp5 juta. Akomodasinya di hotel bintang 4 lokal lho. Bintang empat!

Selain program-program Hainan Tour seperti Hot Hainan, Hainan Harmony, dan Hainan Harmony + Macau, HIS Travel juga menyediakan paket tour China dan negara-negara lainnya. Silakan ulik HIS Travel sendiri untuk mencari paket tur yang kamu mau!

Yuk ikuti HotHainan Blogger Competition untuk mendapat kesempatan jalan-jalan ke Hainan!

Aku jadi semakin berani untuk liburan ke Hainan. Biaya hidupnya murah, sumber-sumber informasi wisatanya mudah diperoleh, iklimnya nyaman untuk orang Indonesia, dan tiket penerbangan yang mahal sudah teratasi. Mudah-mudahan doaku untuk jalan-jalan ke Hainan bersama HIS Travel segera terwujud.

79 komentar

  1. Wahhhh… Kalau bebas visa, jadi pengen ke sana juga deh… Lengkap pula wisatanya, dan yg bikin penasaran itu movie townnya…

    Terus, biaya 5 juta tuh masuk murah banget loh! All in pula… Duhhhh, racun banget nih, kak Nugi…. Hahahaha…

    1. Iya murah banget, Riiisss. Makanya racun banget nih HIS Travel 😂😂😂

  2. Mantaaap yugiii, kompliiitt bgt. Semoga menaaang ❤️❤️

    1. (((YUGI)))
      Yugi-Oh? 😂

      Amin amin. Terima kasih, kakput.

  3. Hotelopedia · · Balas

    Lengkap banget infonya! Jadi bikin tertarik untuk eksplor Hainan. Semoga tahun ini ada jodohnya buat ke sini hehehe

  4. Bang Harlen · · Balas

    Serius tu mas yolong bay pantainya pasir putih gitu sama lautnya biru gitu ??? Mantaaappp

    Btw senasib kita mas.. sama2 fakir cuti… 😂😂

    1. Serius, bang. Cakep yak.
      Tos! Haha

      1. Bang Harlen · ·

        Wahhhh kejam lah kalo gitu mas pantainya.. 😁

      2. Wkwkwkwk kok kejam 😂😂😂

      3. Bang Harlen · ·

        Kejam itu diatas keren artinya mas.. 😂😂

  5. Iya nih Hainan lagi naik daun ya. Baru tau kalo Indonesia bebas visa ke sana. Kayaknya sektor pariwisatanya lagi digenjot.
    Dan baru tau juga kalo ada flight direct dari Jakarta. Hahahahahaha.
    Nice info Mas Nug. 🙏🏼🙏🏼

    1. Bangeeettt! Aku banyak liat media Indonesia ngulas dia juga.
      Iya direct tapi carteran 😀

  6. Ini menarik, ke China tanpa Visa. Jadinya nggak perlu ribet ribet sementara Hainan sendiri sedang memperlihatkan wajah cantiknya ke dunia. Paket paket wisata ke sana juga terjangkau. Hainan, I am coming 🙂

    1. Iya, mbak. Hainan lagi dipromosikan besar-besaran!
      HAINAN, WE ARE COMING!

  7. Waah, tiket keretanya terjangkau ya. Cocoklah buat kita yang budget-nya cukupan. Hehe.

    Ulasannya super lengkap, Kak Nugie. Bisa banget jadi referensi.

    1. Terjangkau banget! Terima kasih sudah mampir, mas. Senang bisa jadi referensi 🙂

  8. Nah ini, ini dia info info tempat wisata yg jarang diketahui orang justru aku suka mas wkwkwk.

    Pengen bgt tuh aku foto di yolong bay berlatar kan pantai, birunya laut dan gedung-gedung hotel tinggi lalu ku upload ke ig dan kuganti location jadi miami wkwkwk😂😂😂, kemudian kulengkapi juga dengan caption, DALAM KOPI JONI!! 🙌”. Berasa Hotman Paris yg sedang liburan ke miami tapi dengan budget 5 jutaan saja 😋🙏

    1. Kalo aku foto di depan bullet train, mas 😀
      Sama foto di depan patung Dewi Guan-Yin

  9. Duh baca blogmu jadi pengen ke sana nih. Aku ikutan juga ah lombanya hahah

    1. Ahaha. Ayo ayo, kak.

  10. joecandra18 · · Balas

    Huwooooaaawwww asik mah klo bebas Visa tuh bro, smg bs ksana yah 🙂

    1. IYEEESSS. Amin amin, terima kasih bro.

  11. Dear Nugi, aku baca ini sambil nyusurin tiap tempat yang kamu sebutkan di Google Maps.
    Dari sini aku dapet kesimpulan, sepertinya yang kuinginkan dari pulau ini cuman foto di depan kapel di Sanya itu karena arsitekturnya unik :))

    Aku belum paham apa yang istimewa lainnya dari Hainan ini. Patung Dewi Kwan Im super tinggi jelas ada di Semarang. Foto sejenisnya Qilou itu sepertinya mirip di old town-nya Semarang dan Surabaya. Gondola banyak di Singapura. Apa yang khas tentang Hainan, sepertinya masih nanggung diceritakan di artikel ini. Atau mungkin kamu belum keluarkan semua fotomu selama ada di sana. 😀

    Aku justru baru terhenyak setelah buka linknya His Travel. Desa Yetian mungkin cukup menarik, itu khas Cina banget, mungkin itu ciri khasnya Hainan. Kalau aku mesti ke Hainan, mungkin desa itu yang akan kukejar.

    Semoga kamu ke Hainan lagi suatu hari nanti. 🙂

    1. Patung Dewi Guan-Yin di Hainan tingginya 108 meter, mbak. Yang di Semarang kecil 😀

      Tapi gpp, masing-masing orang memang punya selera masing-masing. Aku malah kurang tertarik wisata ke desa-desa, hehe. Amin amin, terima kasih sudah mampir mbak. Aku memang belum pernah ke Hainan mbak :))

  12. Amien, ngomongin Hainan kok aku jadi laper ya Nug 😃

    1. Kebayang nasi hainan ya? Ahahaha

      1. betul, haha, tp sebenarnya agak parno makan nasi hainan di tempat aslinya, takut lbh enak di indonesia ☺

      2. Karena di Indonesia banyak micin? 😂

      3. ngga tau, pernah makan di pasar malam di kota kecil pinggiran batam enak bgt 😃

  13. Waaah, lengkap banget ya tenatang traveling ke China nya, jadi tertarik juga nih ke Hainan.., lumayan juga ya Kalo pake penyedia jasa tour..ya Kalo berangkatnya dari Bali, perlu tambahan sekitar 1jt lah ya buat penerbangan berangkatnya Dan pulangnya.

    1. Ayo ke Hainan sama HIS Travel, bang 😀

  14. Sangat lengkap! Good luck, Mas 😀

    1. Trimakasih doanya, mas 🙇

  15. aldhi fajar maudhi · · Balas

    Wah hainan ternyata bagus juga tempatnya,
    tapi aku belum pernah ke luar negeri takut di culik haha
    pake jasa open trip sepertinya mebih aman 🙂

    1. Haha, bukannya lebih rawan diculik di dalam negeri ya 😂😂😂

      Tapi yes, ambil paket tur kayak HIS Travel gini pasti aman.

  16. Nama resminya itu Tiongkok apa Cina, sih? Saya masih bingung sebenernya sama dua pemakaian kata ini. Hehe…

    Wah kalau udah bebas visa dan harganya murah (iya, saya nggak begitu paham harga buat jalan-jalan ke luar negeri masalahnya XD), bisa di coba itu. Tempat yang dikunjungi pas di lokasi juga lumayan banyak. Bisa di coba.

    Apa saya ikutan lombanya juga, ya? Menariq. Hahaha

    1. Nama resminya sekarang di bahasa Indonesia adalah Tiongkok, bro. Tapi karena aku menulis dengan percakapan sehari-hari, jadi aku sebut Cina saja.

      Segitu udah murah banget lho. Kalo jalan sendiri, tiket pesawat PP aja bisa 4 jutaan! Ayo ayo ikutan lombanya 😀

  17. kereeeeen tempatnya. kapan ya ane bisa ke luar negri. kayanya seru tuh travel bareng keluarga ke sana.

    1. Yes, kereeennn! Cocok buat keluarga, kak. Apalagi ikut paket tur kayak HIS Travel gini. Semua sudah disiapkan, nggak perlu ribet sendiri.

  18. Hainan cukup menyenangkan ternyata. Agak beda sama mainland. Lebih civilized wkwk. Ya macem hongkong atau taiwan. Jangan lupa nonton videonya di youtube aku ya nug *tetep promo :))

    1. Katanya kota-kota Cina selatan memang lebih civilized (juga lebih ramah), mas. Ikutan ke Hainan sama HIS Travel juga ya? Siap, besok ditonton.

  19. Kumplit nih ulasannya, ada nama saya pun. Jimat tuh, semoga mimpinya tercapai ya Nugie.

    1. Ahaha (((jimat)))
      Amin amin. Trimakasih doanya dan sudah mampir, kak Oliv.

  20. Ulasan yang komplit, Gie. Bisa ngeracunin yang baca pengen ikutan ke sana juga. Semoga menang lombanya ya, dan dapat cerita langsung yang lebih asoy.

    Btw ngomongin soal Hainan aku jadi lapar ahahahaha.

    1. Amin amin. Terima kasih sudah mampir ya.
      Haha, langsung teringat Nasi Hainan ya 😂

  21. dgoreinnamah · · Balas

    Saya itu orang ya g sulit untuk menulis tentang destinasi yang belum pernah saya kunjungi, tapi kamu menggambarkannya dengan bagus banget.

    Semoga bisa ke Hainan ya. Kalau saya sih makan nasi Hainan dulu aja di restoran cina, setelah itu baru ke Hainan benerannya 🙂

    1. Tantangan juga sih, bang. Menulis cerita tentang tempat yang belum dikunjungi.
      Hehe, kalo nasi Hainan udah sering 😀

      Amin amin, terima kasih doanya bang

  22. Murah sekali harga tiketnya ya, jadi ingin kesana. Tempat wisatanya menarik dan bersih sekali.

  23. Pantainya pun ternyata oke ya. Pengen deh ke China, tapi entah kenapa hati masih belum tergerak. 😅

    1. Pantainya oke banget, kak. Wisata komplit pokoknya mah.

  24. Agnes Sianturi · · Balas

    Keren dek. Pengen nabung nih spy bisa ke Hainan. Hehe.. Sukses ya dek, aku yakin kamu ke Hainan segera. ^•^

    1. Kak Agneeesss. Waaa trimakasih sudah mampir dan trimakasih doanya. Amin-amin, semoga bisa jalan-jalan ke Hainan juga ya, kak 😁

  25. 5 juta anjir bebas visa lagi
    lengkap infonya brooo makasih . bikin mupeng kesana

    1. Yoiii hehe. Makasih udah mampir, bro.

  26. Haloooo, Mas Matius apa kabar? Wow..wow..wow happy2 day dunk ya kalo kita bisa kesampaian halan2 ke Hainan. Aku baru ngeh juga loh di sini WNi bebas Visa yach. Enakan pakai HIS Travel tentunya 5 jeti udh horeee dibandingin sendiri2 4 jeti pp. Nabung duluuuuuu…. ;D Suka deh tulisan mas ini super komplit pake bahagia hehehe, mantul!

    1. Kabar baik, mbak Nurul. Asik kan, 5 juta udah all in!
      Haha, terima kasih apresiasinya mbak 😀

  27. Belum ada tanda-tanda keracunan promo dari info artikel ini. gak tau kalau besok, wkwk..

    1. Jadi gimana biar lo keracunan, bro?

  28. aku aminkan kenceng banget nih mas, semoga segera terwujud yaa.. ajak akuu jangan lupa. wkwkkw
    pengen nyoba kereta cepatya, huhuhu.. keliatannya bersih banget, nyaman

    1. Amin amin, terima kasih sudah mampir ya

  29. Fanny Fristhika Nila · · Balas

    temenku yg pemilik travel, kmrn itu jg splash paket ke hainan dan murah. aku tertarik sih sbnrnya, krn trakhir ke china dulu cm sempet ke beijing. memang ada plan utk balik lg ke china, ajakin anak2 :). tp kalo sekeluarga dgn anak batita pula, aku suka males nyusun itinnya :p. udh paling bener ikut tour aja supaya ga pusing ya mas :D. kecuali akubprgi sendiri ato cm ama suami, baru deh aku arrange sendiri itinnya

    1. Kalo sama keluarga memang cocoknya ambil tur aja, mbak 😀

  30. wahh ternyata di China masih ada juga tempat yang tropis ya. hihi

    1. Negaranya gede banget soalnya 😀

      1. iya, gak cukup setahun buat menjelajahinya mas bro

  31. Saya doakan Nugi bisa segera ke Hainan di tahun 2019 ini, dan mengulas lebih banyak lagi hasil pandangan mata dalam bentuk tulisan, foto, dan video. Go go go, traveler!

    1. Amiiinnn. Terima kasih doa dan dukungannya, mbak Tuteh.

  32. andromedanoholo · · Balas

    Lengkap bener euuyyy…fiuh semoga menang kak

    1. Amin amin. Trimakasih doanya, Ndro.

  33. Banyak bener yang menarik di Hainan :O
    Tahun ini jadiin ah

    1. Bareng yuk. Nggak menang nih gue, hahaha.

  34. Kak Nugi, tulisannya bagus. Semoga suatu saat bisa mampir ke Hainan, makasih ya untuk informasi tulisan yg lengkap buat kita2 sobat misqueen pecinta travelling iniehhh 😂😂😂🙏🏻🙏🏻

    1. Terima kasih apresiasinya, Yud. Amin amin kita ke Hainan.

  35. WOW.
    Nggak nyangka aku ternyata travelling ke Hainan, Cina semurah ini. Asiknya lagi ternyata nggak butuh waktu lama ya. Nggak sampe seminggu lho itu, tapi destinasi wisatanya udah banyak banget dan menarik semua.
    Asiknya lagi nggak perlu pake visa untuk masuk ke Hainan, padahal masih di Cina.
    Mmmm,, apa tahun ini aku liburan ke Hainan aja ya…

    1. Cuuusss kita ke Hainan, mbak!

  36. woww naik cable car sepertinya menaaariiique….

  37. […] Tulisannya bisa dibaca di: 7 Tempat Menarik yang Instagrammable di Hainan […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: