Yang Baru di Yogyakarta

Sebagai sebuah kota pelajar, juga kota wisata, kota seni, kota budaya, atau kota gudeg, Jogjakarta senantiasa melakukan perubahan demi perubahan di setiap musimnya. Kamu yang sudah lama tidak berkunjung ke kota ini, akan menemukan beberapa perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Pun saat gue pulang kampung bulan lalu dalam rangka merayakan hari raya Paskah, gue mendapati beberapa hal baru yang gue temukan di kota ini. Apa aja itu?

  1. Tunnel / terowongan di Stasiun Yogyakarta. Kata temen gue sih udah lama, tapi jujur gue baru tahu saat itu. Mungkin karena gue jarang banget ke Stasiun Tugu.
  2. Tiang-tiang neon box berbentuk wayang dengan motif batik yang berdiri berjajar di sepanjang Jl. RE Martadinata, Serangan — di atas Kali Winongo. Nama-nama motif batik yang digunakan tertera pada neon box sehingga dapat menjadi media pembelajaran yang kreatif dan semakin mengokohkan identitas Jogja sebagai kota budaya. Kawasan kali juga lebih bersih dan lebih indah sekarang.
  3. Tulisan “Benteng Vredeburg” di sisi selatan benteng, atau yang menghadap Jl. Pangeran Senopati. Sayang terhalang oleh pagar jeruji besi. Bahkan pengunjung benteng pun juga kayaknya nggak bisa menjangkau area ini, murni hanya sebagai pajangan (bukan area publik)
  4. Layar-layar raksasa yang bertambah jumlahnya, seperti di atas pos polisi simpang Kantor Pos Besar.
  5. Gapura hijau yang berdiri di depan anak-anak jalan Malioboro, seperti di Jl. Sosrowijayan dan Jl. Pajeksan.
  6. Patung-patung binatang yang lucu di Jl. Malioboro, seperti kuda-kudaan ini ‘nih. Hehe.
  7. Pengkondisian Jl. Kleringan (jalan memutar yang menghubungkan Jl. Pangeran Mangkubumi dengan Jl. Malioboro). Sekarang pengendara akan melalui dua persimpangan berlampu lalu lintas. Hati-hati ya, karena selain tikungannya yang cukup tajam, juga ada arus kendaraan dari arah utara. Gue aja nyaris keserempet mobil waktu itu *itu sih elonya aja yang ‘biayayakan’* *pfff*
  8. Odong-odong hias Alun-Alun Selatan yang tampak lebih bagus dan elegan. Sekarang bentuknya kayak mobil gaul kayak gini ‘nih. Setiap mobil dilengkapi dengan DVD portable, sehingga penumpang bisa memilih lagu apa yang akan diputar melalui spiker mobil. Hebring sendiri deh di mobil, hehe. Sementara yang berbentuk sepeda tandem udah jarang L
  9. Jajaran hotel-hotel dan cafe-cafe baru. Selain di simpang Ngampilan, gue juga menjumpai sebuah hotel baru dalam perjalanan dari Stasiun Lempuyangan menuju rumah di daerah Kadipiro.
  10. Sudah dibangun flyover Jombor yang diharapkan dapat memperlancar arus kendaraan dari Jogja menuju Purworejo dan sebaliknya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Mungkin juga masih banyak perubahan-perubahan lain yang gue nggak tahu. Monggo dibagikan bagi yang memiliki informasi 😀

Iklan

12 komentar

  1. Katanya ke depan itu baliho-baliho besar bakal diganti sama videotron. Menurut saya, Jogja makin hari makin tambah banyak balihonya, jadi merusak pemandangan. 😦 Istilah lainnya sampah visual.

    1. Videotron tuh yang layar gede itu ya? Mungkin menurut mereka itu mempercantik pemandangan -_____-

      1. mawi wijna · ·

        yup, layar gede yang gambarnya bisa ganti2 itu. Klo dipikir-pikir lumayan menguntungkan. Satu videotron bisa memuat banyak iklan dengan durasi putaran yang beraneka ragam, dibanding baliho yang statis.

      2. Malah lebih indah videotron sih kalo menurutku. Hehe.

  2. Iya makin kesini baliho di jogja semakin banyak aja ya mas 🙂

    1. Iya. Semoga tidak mengganggu keindahan dan kenyamanan warga 🙂

  3. aku pengen naik becak VW yg warna2 itu… 🙂

    1. Wah, yg mana tuh? Gue kok malah ga tau, bang :O

      1. Yaelah… Di slide ada kok

      2. Oh itu namanya becak VW ya. Aku nggak tahu namanya, bang. Nyebutnya mobil-mobilan hahaha.

  4. Aku kangen jogjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    1. Ya main dong, mas. Ehehe.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: