Semarak Kirab Budaya di Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-26

Rabu, 20 Agustus 2014. Sore itu, Jalan Jenderal Sudirman tampak lebih padat daripada biasanya. Bukan dengan ratusan kendaraan bermotor yang tersendat memenuhi badan jalan, namun dengan warga kota Yogyakarta dan sekitarnya yang bersiap menyambut Kirab Budaya FKY ke-26, berdiri berkerumun di kedua sisi salah satu jalan protokol itu. Kabarnya, kirab akan dimulai pada pukul 16.00 dengan menghadirkan 26 komunitas / paguyuban / peserta. Namun nyatanya, alih-alih molor seperti yang biasa terjadi di Indonesia, kirab budaya justru sudah dimulai sekitar pukul 15.30 lebih.

Aku dan Anita, keponakanku (karena aku masih jomblo, #pffft), buru-buru menyeberang ke sisi selatan jalan sebelum barisan kirab yang sudah siap di sudut timur itu memulai pergerakannya. Kami tinggalkan sepeda motor yang kuparkir agak sekenanya di tepi trotoar. Mudah-mudahan nggak ada yang nyolong helm. Iring-iringan kirab akan dimulai dari Kali, melalui Jl. Jend. Sudirman, berbelok ke kiri di Perempatan Tugu masuk Jl. P. Mangkubumi.

Terik matahari sore tidak menyurutkan antusiasme warga dan turis asing untuk menyaksikan salah satu program kebudayaan kota gudeg ini. Saat peserta kirab yang pertama mulai berjalan, serentak para pengunjung maju ke depan berebut tempat untuk melihat, memfoto, dan difoto *eh*

Aku tak bisa banyak menjelaskan tentang Kirab Budaya ini dan para pesertanya. Jadi, let these pictures talk πŸ™‚

Bersiap menyambut Kirab Budaya FKY ke-26

Bersiap menyambut Kirab Budaya FKY ke-26

Kirab Budaya FKY ke-26 dibuka dengan barisan prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadningrat (entah apa nama prajuritnya, maap)

Kirab Budaya FKY ke-26 dibuka dengan barisan prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadningrat (entah apa nama prajuritnya, maap)

Barisan marching band yang menambah semarak

Barisan marching band yang menambah semarak

Barisan berbaju merah, tapi maap nggak tahu ini apaan #WargaJogjaGagal

Barisan berbaju merah, tapi maap nggak tahu ini apaan #WargaJogjaGagal

Sanggar Seni "Krisna Mukti", Jaran Pesisiran. Baru tahu Krisna Mukti punya sanggar *eh bukan ya*

Sanggar Seni “Krisna Mukti”, Jaran Pesisiran. Baru tahu Krisna Mukti punya sanggar *eh bukan ya*

DSC_3509 DSC_3510

Dancing on the street :)

Dancing on the street πŸ™‚

Barisan dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Barisan dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

DSC_3513 DSC_3514

Gathotkaca pun udah nggak kuat jalan sekarang :D

Gathotkaca pun udah nggak kuat jalan sekarang πŸ˜€

Barisan angkatan bersenjata. Keren!

Barisan angkatan bersenjata. Keren!

DSC_3517

Jogja Chinese Art and Cultural Center

Jogja Chinese Art and Cultural Center

Barongsai dan Liong

Barongsai dan Liong

Anjing-anjing ini pun nggak mau kalah eksis! Ponakan gue sampai mundur ketakutan :D

Anjing-anjing ini pun nggak mau kalah eksis! Ponakan gue sampai mundur ketakutan πŸ˜€

Si Muntu, Halloween dari Sumatera Barat

Si Muntu, Halloween dari Sumatera Barat

Sanggar Jathilan

Sanggar Jathilan

Ada yang tahu ini tari apa? Aku suka banget saat mereka menari dengan kaki bergemerincing :)

Ada yang tahu ini tari apa? Aku suka banget saat mereka menari dengan kaki bergemerincing πŸ™‚

Komunitas cosplay (costume playing)

Komunitas cosplay (costume playing)

DSC_3529

Semar, Gareng, Pethruk, dan adek-adeknya hehe

Semar, Gareng, Pethruk, dan adek-adeknya hehe

Barisan angkringan. Gratis!!!

Barisan angkringan. Gratis!!!

DSC_3533

Nah, ini ada lagi penari dengan kaki bergemerincing. Gerakan dan hentakannya sama persis. Plis gue penasaran :3

Nah, ini ada lagi penari dengan kaki bergemerincing. Gerakan dan hentakannya sama persis. Plis gue penasaran :3

DSC_3536

Paguyuban Reog "Trimo Lowung" dari Semin, Gunung Kidul

Sanggar Gong Khayangan, Gunung Kidul

Paguyuban Reog "Trimo Lowung dari Semin, Gunung Kidul

Paguyuban Reog “Trimo Lowung dari Semin, Gunung Kidul

Bapak-bapak ini menyanyi dengan kocak :)

Bapak-bapak ini menyanyi dengan kocak πŸ™‚

DSC_3542

Menari-nari lagi :D

Menari-nari lagi πŸ˜€

Nah, ini yang paling seger! :D

Nah, ini yang paling seger! πŸ˜€

Ditutup dengan komunitas sepeda onthel :)

Ditutup dengan komunitas sepeda onthel πŸ™‚

Harusnya direkam aja ya, jadi bisa mengabadikan tarian dengan kaki bergemerincing itu πŸ˜€

Kirab Budaya berlangsung cukup lama, lebih dari 1 jam. Aku memutar sepeda motor melalui Jalan Cik Di Tiro untuk menghindari macet, tapi ternyata… jalan itu pun juga macet. Melalui Bunderan UGM, lalu berbelok ke kiri, melewati Jalan Magelang, jalanan berada dalam kondisi macet di mana kendaraan-kendaraan merayap dengan perlahan. Barulah setelah lepas dari Jalan Magelang dan memasuki Jalan Kyai Mojo, jalanan sudah kembali normal dan aku dapat berkendara dengan leluasa πŸ™‚

Ayo, para kanca. Monggo pinarak Jogja. Sekarang saat yang tepat untuk mengunjungi Yogyakarta, karena FKY ke-26 dan Pasar Kangen sedang berlangsung. FKY ke-26 ini berpusat di kawasan Ngasem, eks Pasar Burung. Sementara Pasar Kangen bertempat di Taman Budaya Yogyakarta.

Jogja, never ending Asia πŸ™‚

Iklan

12 komentar

  1. Jadi pingin omong2 dengan Gatotkaca. Apa kabar ya dia sekarang? lalu bapak2 yang menyanyi dengan kocak itu sedang menyanyi apa? Ah semar dan putra2nya, jadi ingat ria jenaka dan wayang purwa. Seru sekali sore itu tampaknya.Jadi pingin ke Yogya,

    1. Tulangnya sudah tak setangguh kawat, ototnya sudah tak sekuat kawat πŸ™‚
      Bapak bapak itu nyanyi lagu bahasa Jawa tapi ada juga yg kontemporer πŸ˜€
      Ayo ke Jogja!

  2. itu power rangernya lesu amet, sepertinya kelelahan abis melawan monster2 :p

    1. Abis kelelahan demo juga bisa, Gan. Ahaha πŸ˜€

  3. aku paling suka yogya dengan segala budayanya

    1. Sama aku juga πŸ˜€

  4. Laaah ini ke Jogja, kok gak sekalian main ke solo hayooo πŸ˜€

    1. Duh duh, kayaknya harus beneran ke Solo nih. Udah ditagih 2 orang πŸ˜€

  5. […] ada ruang bergerak. Panitia tepat memilih Sabtu malam sebagai waktu pelaksanaan pawai. Andai saja Kirab Budaya Yogyakarta diadakan pada hari Sabtu malam seperti ini, pasti bakal lebih ramai […]

  6. […] memang memiliki objek-objek wisata budaya, sejarah, kuliner, seni, dan sosial di dalam kotanya, Yogyakarta juga sudah memiliki moda […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Hi, Tom!

A Journey Story by Iwan Tantomi

Koh Huang

Jalan-jalan Tak Sekedar Foto

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki kemana angin mengarahkan

The Spiffy Traveller

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places β€œfurther beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

%d blogger menyukai ini: