Makan Hura-Hura di Jalan Alor, Bukit Bintang

SUPERTRIP #1 – SIKUNANG Part 21

Setibanya di Stesen Bukit Bintang, gue lantas berjalan menuju Jalan Alor yang berada di antara stesen dan Serenity Hostel. Ada apa sih di Jalan Alor? Apa menariknya jalan itu? Ehem, jadi begini, bapak ibu. Jalan Alor merupakan kawasan kuliner paling happening di Kuala Lumpur. Sebelum melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur ini, gue udah sempet blogwalking di blognya mas Yoga Pratama aka Gaphe. Blognya seru, sayang sekarang udah nggak aktif lagi karena mas Gaphe udah menikah. Di situ digambarkan betapa Jalan Alor dipenuhi dengan warung-warung makan dan pedagang-pedagang gerobak di sepanjang jalan, disesaki dengan para pengunjung sampai meluber ke badan jalan.

DAN TERNYATA BENER BANGET, BRO!!!

Sesaat gue hanya berdiri melongo di persimpangan jalan memandang betapa hidupnya Jalan Alor malam itu. Ratusan pengunjung menempati kursi-kursi di atas badan jalan, di bawah lampion-lampion yang bergelantungan di awang-awang. Gue berjalan perlahan menyusuri Jalan Alor, melalui ruang yang tersisa di antara padatnya manusia. Menoleh ke kanan dan ke kiri, kulihat pohon cemara memperhatikan apa saja yang ditawarkan di sini. Sesekali harus menepi ketika ada mobil yang menderum menyeruak kerumunan dengan paksa.

Jalan Alor, Kuala Lumpur

Jalan Alor, Kuala Lumpur

A chinese restaurant at the corner

A chinese restaurant at the corner

Sisi kiri jalan didominasi dengan warung-warung makan chinese, menawarkan menu yang kurang lebih sama. Beberapa pemuda dan pemudi berdiri di tengah jalan sambil membawa buku menu, berseru dan merayu setiap pengunjung potensial untuk sudi mampir di warung makannya. Sementara sisi kanan jalan lebih banyak ditempati oleh pedagang-pedagang gerobak lainnya: buah-buahan (terutama durian), dimsum atau steamboat, air tebu, minuman instan, dan jajanan-jajanan lainnya. Meskipun, tetep, ada beberapa warung makan yang berdiri di antara lapak-lapak pedagang kaki lima.

Saking bingungnya, gue harus bolak-balik dari ujung ke ujung untuk menentukan warung makan mana yang beruntung mendapatkan gue sebagai pengunjungnya. Mungkin karena tampang Melayu gue (atau tampang kere?), gue luput dari rayuan para pelayan rumah makan itu. Seorang pemuda yang sedang berseru-seru menjajakan menunya tampak agak kaget saat gue berhenti dan meminta buku menunya.

Tasty and cheap snacks along Jalan Alor

Tasty and cheap snacks along Jalan Alor

Durians! *vomit* *not a durians lover*

Durians! *vomit* *not a durians lover*

Karena seharian belum makan (dan, pada dasarnya, gue udah sering menghilangkan budget makan di perjalanan kali ini), gue mau sedikit lebih hura-hura malam ini. Nggak apa-apa deh agak sedikit mahal, yang penting gue dapat pengalaman. Apa serunya seminggu jalan-jalan di negeri orang tapi nggak sekalipun menikmati kuliner lokal sambil berbaur dengan warga setempat? Backpacking tidak melulu harus serba murah, serba irit, atau serba gembel. Ada saatnya meniadakan makan siang atau hanya makan di 7-Eleven untuk menghemat pengeluaran, ada pula saatnya untuk ikhlas mengeluarkan beberapa lembar uang demi sebuah pengalaman.

Lembar demi lembar gue buka dan perhatikan baik-baik menu, penampilan, dan harganya. Ehem, kok… semuanya… puluhan ringgit yaaa? Mana mas-mas itu berdiri nungguin gue lagi #pffft

Maka dari itu, gue seneng banget, ketika di beberapa lembar terakhir, ada seabrek daftar menu dengan harga yang masih lebih rasional. Oh, rupanya ada menu porsi dan ada menu satuan. Gue lega selega-leganya. Langsung gue pesan pork fried noodle dengan, seperti biasa, teh tarik panas. Hihihi.

Tanpa disangka, pesanan datang dengan cepat. Sepiring besar bihun goreng, semangkuk potongan-potongan daging babi dalam rendaman sup, dan semangkuk kecil nasi putih yang pulen, segera mendarat di atas meja. Menemani cangkir teh tarik yang sudah lebih dulu sampai. Monster yang sudah mengamuk di dalam perut ini tak perlu menunggu waktu lama untuk dipuaskan!

SIKAAATTT!!!

Pork Fried Noodle and Teh Tarik. Satisfying!

Pork Fried Noodle and Teh Tarik. Satisfying!

You will have various fruits here

You will have various fruits here

Bihunnya enak. Dagingnya empuk, pun kuah supnya gurih. Tak ada citarasa minyak yang terlalu berlebihan. Gue makan dengan lahap dan penuh sukacita sampai kekenyangan. Serius. Harga total 9 RM itu terasa sangat pantas dan adil untuk apa yang diberikan.

Sembari menunggu makanan dicerna di dalam perut, gue duduk sejenak di situ, menikmati suasana. Sedikit iri dengan pengunjung lain yang datang beramai-ramai dengan kawan atau keluarganya, bersama-sama menyantap hidangan dalam satu meja.  Suasana kemudian bertambah lebih semarak dengan kehadiran sepasang suami istri pengamen di antara kerumunan pengunjung Bukit Bintang. Sang istri yang terduduk lemah di atas kursi roda, dengan sang suami yang mendorong di belakangnya, bergantian mengumandangkan suara merdunya dengan fasilitas mikrofon dan pengeras suara seadanya. Beberapa pengunjung tanpa segan-segan menoleh ke arah mereka, lalu memberikan sumbangan yang diharapkan dapat membantu hidup pasangan itu.

The gifted singers

The gifted singers

A customer picking a juice

A customer picking juice

Masih ada beberapa menit lagi sebelum gue kembali ke hostel. Pengen melakukan kunjungan singkat ke mal-mal dan tempat menarik lainnya di kawasan Bukit Bintang ini, tapi sayangnya gue nggak tahu tempat-tempat itu ada di sebelah mana sementara waktu gue terbatas. Tempat-tempat itu diulas di blognya mas Gaphe, termasuk Kedai Mado (cafe dengan menu utama susu kambing) yang paling menarik gue. Akhirnya gue hanya berjalan tak tentu arah menuju ke arah hostel, lalu berbelok ke kiri, lalu berbelok lagi hingga kembali ke jalan semula, tapi gue nggak menemukan apa yang gue harapkan. Mungkin tempat-tempat itu ada di sisi yang lain, di bagian yang mendekati Stesen LRT.

Gue memutuskan untuk berjalan kembali ke hostel, melalui Jalan Bukit Bintang yang mengingatkan gue dengan kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Turis-turis Eropa memadati cafe-cafe dan bar yang berjajar di kedua sisi jalan, beberapa tampak sangat nikmat menyesap shisha. Mobil-mobil berjalan tersendat-sendat di sepanjang jalan, saling berebut tempat di jalan yang tak terlalu lebar itu.

Bukit Bintang at night. Bustling with cafes and bars.

Bukit Bintang at night. Bustling with cafes and bars.

Bukit Bintang traffic jam at night

Bukit Bintang traffic jam at night

Sekarang gue tahu kenapa Jalan Bukit Bintang ini bisa sangat berserak sampah pagi itu.

Iklan

24 komentar

  1. aku pikir di bukit bintang cuman ada mal2 aja, tau2nya ada wisata kuliner jg, deket ga sama mal pavilion ?

    1. Iya, bro. Terkenal bgt lagi kawasan kulinernya. Ini ke arah yg menjauhi mal sih. Deket Sevel.

  2. mirip kayak kao san road ya

    1. Kurang lebih. Tapi di Khao San lebih merakyat hehehe.

      1. hihih bisa gitu ya

  3. saya kok merasa makan di jalan alor mahal ya 😦

    1. Buat aku sih worth the price. Emang agak mahal kalo dibandingkan tempat standar, jadi setara sama kualitas. Atau mungkin km salah pilih tempat hehe.

  4. duriannnya bikin ngilerrr neh

    1. Hih, aku malah paling nggak suka durian 😐

  5. Ah jalan alor mmg juara, kalo makan malam seru aja kalo nongkrong disitu 🙂 sambil liatin turis2 yang lalu lalang

    1. Puas banget makan di situ, mas. Kalo banyak uang saku sih, pengen ikut nongkrong di cafe 😀

  6. Yang gue suka dari Bukit Bintang tuh banyak babiii 😀 hahaha

    1. Hahaha. Ya maklum, warung makannya chinese semua 😀

  7. ternyata ada jualan pork fried rice jg yah di malaysia, gue jg baru tau ada street food stall gt di BB

    monggo mampir om di http://www.initial-hkos.blogspot.com

  8. […] Hostelnya? Lebih murah lagi dong daripada Singapura. Kamu masih bisa menemukan hostel dengan harga 50.000 – 80.000-an IDR. Gue aja kemarin dapet hostel seharga 25 RM semalem. Namanya Serenity Hostel. Udah murah, bersih, nyaman, dapet sarapan, deket objek wisata pula. Lokasinya ada di daerah Bukit Bintang. […]

  9. […] menikmati pusat kuliner jalanan seperti di Jalan Alor, Malaysia? Kamu bisa berkunjung ke Warung Semawis pada malam hari. “Warung” di sini bukan “warung” […]

  10. Hari ini gw baca the travelearn dan gw habis makan di alor pengen nya makan yg enak tp karena tempatnya penuh hanya satu t4 yg agak sepi jd nya gw milih t4 kosong, ya harga nya satuan dan sen jd nya perut yg penting kenyang selepas tuh gw langsung jalan ke pavilion sebuah mall yg dekat dgn alor masuk mall semua toko pd ttup karena sudah jam 10 malam tp tetap gw masuk ke mall meski semua toko ttup tp tetap z masuk dan keluar dari samping disana masih pd buka semua Cafe sebelah pavilion, bagi yg suka selfie pergi z ke sebelah nya suria Klcc di sana ada taman buat selfie tepat seberang pubilc bank hari ini gw juga akan kembali ke Indonesia makanya gw paling suka kalau jam 6 karena lihat mereka yg jual makanan pd sibuk beres”pengalaman buruk gw tahun 2015 ialah saat gw makan di salah satu restoran yg sudah dikenal restoran nya ada gambar mickey mouse jd saat yg antar menu emak”gw bilang tante saya mau pilih menu dulu jd tante nanti saya panggil lg kalau sudah selesai pilih dan ternyata dengan ketus nya tante tua itu mengatakan “tak tak bisa satu kali saya hantar menu harus langsung pesan,saya tak mau balik lagi, dalam pikiran gw dasar muka gile lo masalahnya menu buku nya tebal ada beberapa lembar dan menu belum sempat di lihat akhirnya saya dan teman” pesan chicken wings dan heineken beer, wah gak mau lg gw, masih banyak yg jualan wah kalau bukan karena teman gw malas pergi dan klau gw sendirian gw tinggalin cari tempat lain. Sorry kl kepanjangan gw ketik,

    1. Whoa! Makasih sudah mampir, bro. Makasih juga buat share info dan cerita perjalanannya. Kalau boleh kasih masukan, nulisnya lebih rapi ya. Perhatikan titik koma, biar lebih enak dibaca 🙂

      Jalan Alor memang selalu ramai. Tapi setiap ke sana, selalu ada kursi kosong.
      Itu budaya di Melayu dan Singapura, bro. Pas mau beli makan di SIN pertama kali, penjualnya juga agak ketus bilang supaya pesan dengan cepat. Mereka cuma ingin melayani dengan cepat, dan nggak ingin pelayanan ke customer lain terhambat hanya karena 1 atau 2 customer.

  11. […] Souvenir di KL City Gallery ini memang agak mahal dari yang dijual di Petaling Street atau Bukit Bintang, tapi bagus-bagus! Dari gantungan kunci lucu yang dibuat dengan rapi sampai replika Menara Petronas […]

  12. […] Wang Plaza ini ada di kawasan Bukit Bintang yang hits dengan kuliner malam dan gemerlap dunia malam. Tapi kalau kamu kebetulan lagi ada di […]

  13. […] tempat kami menginap berada di ujung Jalan Changkat, Bukit Bintang, beberapa ratus meter atau sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stesen Bukit Bintang. Dari stesen, […]

  14. […] dan habis perkara. Kedua, harganya murah, di bawah Rp 100.000,00. Ketiga, lokasinya ada di kawasan Bukit Bintang. Kamu bisa puas eksplor Bukit Bintang seharian dengan jalan kaki, nggak usah takut kehabisan […]

  15. […] Karena perut sudah meronta ingin diberi tumbal, gue memantapkan hati untuk langsung pulang ke Bukit Bintang dan makan malam di Jalan […]

  16. […] KL dapat digunakan untuk menuju KL Sentral, Bukit Bintang, dan KL Tower (dengan turun di Stasiun Bukit […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveller

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: