Panduan Cara Daftar Asuransi Mobil dan Data yang Harus Disiapkan!

Saat sewa mobil di Phuket

Iya iya, gue emang belum punya mobil, entah mobil pribadi atau mobil keluarga. Tapi, mobil jadi salah satu rencana finansial jangka menengah buat gue dan Ara. Bukan buat daily commute sih, karena baik Jogja, Bandung, atau Palembang, ketiganya paling cocok sama sepeda motor. Peruntukan mobil buat kami adalah di kondisi-kondisi tertentu (seperti saat turun hujan, mau kondangan, dsb) atau perjalanan jarak jauh.

Nah, setelah gue browsing-browsing, gue mau share informasi yang gue dapet soal mobil, khususnya soal asuransi. Banyak yang pengen punya mobil tapi nggak memikirkan sama sekali pemeliharaannya. Walhasil kaget sendiri ketika harus keluar banyak duit buat servis rutin, perbaikan kerusakan, pajak, dll. Gue nggak mau jadi salah satu orang seperti itu. Gue berpikir perlu mempersiapkan asuransi mobil dari sejak berencana membeli mobil.

Baca Juga: Sebuah Perjalanan Panjang Terlepas dari Utang Kartu Kredit

Setelah membeli mobil baru, penting sekali untuk memberikan perlindungan secara khusus. Kamu bisa memilih asuransi mobil terbaik yang perlindungannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Namun, ada kalanya membeli asuransi mobil membuat kita harus disibukkan dengan keharusan mengumpulkan sejumlah dokumen. Karena itu, nggak sedikit yang akhirnya mengeluh dengan hal tersebut, termasuk terkait cara daftar asuransi mobil secara online maupun offline.

Untuk membantu kamu meminimalkan kesulitan yang mungkin terjadi, gue mau share panduan dan informasi mengenai data-data yang harus disiapkan untuk daftar asuransi mobil.

__________

Dokumen yang Harus Disiapkan

Sebelum melakukan pendaftaran, kita bisa mempersiapkan data dan dokumen yang mungkin dibutuhkan untuk membeli asuransi. Pada umumnya, data dan dokumen yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan kendaraan tidak berbeda satu sama lain.

Adapun dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) dan/atau Kartu Izin Tinggal Permanen (KITAP) untuk WNA
  • Surat Izin Mengemudi asli (SIM)
  • NPWP atau SIUP

Selain dokumen di atas, kita juga harus siap membawa kendaraan yang akan diasuransikan untuk dilakukan pengecekan kondisi mobil oleh petugas asuransi kendaraan. Nantinya, hasil survei kendaraan ini akan dimasukkan dalam laporan survei.

Baca Juga: Usia 25 Tahun Idealnya Punya Apa? Rencana Keuangan

__________

Cara Daftar Asuransi Mobil

Untuk bisa mendaftar asuransi mobil, kita bisa melakukannya secara online maupun offline. Tergantung pada perusahaan asuransi terkait, apakah punya layanan online atau enggak, tinggal kita pahami prosedur dan tata cara daftar asuransi mobil. Nah di bawah ini, kita bisa bareng-bareng melihat gambaran umum tahapan daftar asuransi mobil.

●       Mendapatkan informasi yang tepat mengenai asuransi mobil

Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik buat kendaraan kita, riset menjadi hal yang harus dilakukan. Jika memungkinkan, kita harus meluangkan sedikit waktu untuk melihat tipe asuransi yang ditawarkan dari setiap perusahaan asuransi, mulai dari perlindungan yang ditawarkan, kelebihan dan kekurangan, biaya premi dan kemudahan dalam melakukan proses klaim. Informasi dasar tersebut nantinya akan bisa memberikan kita gambaran secara umum mengenai perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi pada mobil kamu dan hal lainnya.

●       Memilih perusahaan asuransi terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan

Karena ada banyak banget perusahaan asuransi di Indonesia, terkadang kita jadi mengalami kesulitan untuk memilih penawaran terbaik dari setiap produknya. Karena itu, penting sekali untuk bisa memilih perusahaan asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kita, termasuk dalam hal ini adalah asuransi mobil.

Kita bisa melakukan seleksi dari produk asuransi mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi, melihat kelebihan yang dimiliki dan kekurangannya, kemudian melakukan perbandingan dan menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika informasi yang dibutuhkan sudah cukup, kita bisa melangkah ke tahap berikutnya.

●       Menentukan tipe asuransi yang sesuai 

Setidaknya ada dua tipe asuransi mobil di Indonesia, yaitu asuransi all risk (comprehensive) dan total loss only (TLO). Hampir semua perusahaan asuransi menawarkan layanan yang sama, namun dengan biaya yang berbeda-beda, baik premi maupun perihal penanggungan. Kita bisa menyesuaikan perlindungan yang dibutuhkan dengan kemampuan finansial kita.

●       Membuat Polis Asuransi Kendaraan

Jika sudah mantap dengan tipe dan perusahaan asuransi pilihan, kamu bisa melangkah ke tahap berikutnya, yaitu pembuatan polis asuransi mobil. Dengan membawa dokumen yang dibutuhkan di atas, kamu bisa membuat kesepakatan dengan perusahaan asuransi yang sudah dipilih, membaca dan memahami polis asuransi yang akan disepakati sebelum akhirnya melakukan penkamutanganan kesepakatan dan mulai melakukan pembayaran premi.

Doakan kami segera punya mobil, amen!

Nah, kita udah sama-sama belajar tentang cara dan tahapan daftar asuransi mobil, baik online maupun offline. Jadi, nggak ada keraguan lagi untuk membeli asuransi demi kendaraan kamu, ya. Biar bisa keep learning by traveling~

4 komentar

  1. Kalau menurut saya memilih asuransi sebaiknya tipe all risk. Karena selama perjalanan kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan mobil kita. Kena senggol motor atau tak sengaja nabrak pohon, lumayan juga perbaikannya. Dengan asuransi all risk setidaknya kita sudah memindahkan risiko kepada perusahaan asuransi 🙂

    1. Waaa makasih insight-nya, mbak Eviii

  2. Aku bersyukur suamiku itu disiplin kalo soal mobil, Krn buat dia mobil penting buat mobilitas keluarga. Jadi si Velove selalu diservis rutin 😄. Termasuk beli perlindungan asuransi all risk. Buat kami sih, walopun itu asuransi ga kepake, Krn memang Alhamdulillah ga pernah incident Ampe skr, tapi itu bantuin nenangin pikiran banget dari masalah2 mobil. At least kan kalo kenapa2, ga pusing. Udh ada proteksinya. :).

    1. Wah beruntungnya, mbak. Iya, asuransi bikin kita tenang meski gak kepake ya. Aku juga mau rajin servis kendaraan pribadi saat udah punya nanti.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Jalan-Jalan Terus!

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

%d blogger menyukai ini: