Review, Teknologi

Mewujudkan Ramadan Ekstra dengan Berbelanja di Tokopedia, Ini Tipsnya!

Sebagai sebuah negara mayoritas muslim, momen Ramadan jadi momen yang dinikmati setiap insan di bumi nusantara. Gimana nggak dinikmati? Lha wong kalo bulan Ramadan itu, jajanan ada di mana-manaaa, diskon ada di mana-manaaa nyahahaha. Nggak heran kalau menurut laporan Facebook Internal Data 2017 yang disampaikan CreativeMornings beberapa minggu lalu, jumlah pencarian item-item barang elektronik, gawai, baju, dan perjalanan (tentulah hehe) melonjak cukup signifikan! Makanya, gue bilang berkah Ramadan alias Ramadan Ekstra itu ada buat semua!

Sebagai seorang travel blogger cowok jomblo, perantau, dan ganteng, Ramadan Ekstra buat gue itu ya kalo gue bisa belanja online buat beli barang-barang yang gue pengen dengan harga super hemaaattt. Beli koper Polo 20 inch seharga Rp10.000,00 misalnya. Ya kali, Gieee. Atau beli kemeja dan celana baru buat lebaran. Iya, gue memang Kristen, tapi kakak bapak gue muslim, lalu lebaran sudah menjadi budaya kami sejak dulu. Maklum wong jowo. Jadi, gue pasti mudik setiap Idul Fitri, sungkem-sungkeman, lalu makan ketupat dan opor ayam bikinan kami sendiri.

Bangkok, 2015, jaman masih kuat memanggul backpack seharian

Dari sekian banyak toko online di Indonesia, belakangan ini gue paling sering belanja di Tokopedia. Tokopedia itu ‘kan ibarat online shopping mall, di dalamnya kita bisa nemuin beberapa pilihan harga dari vendor yang berbeda-beda buat 1 produk yang sama (merek, seri, warna). Selain itu, Tokopedia juga sekarang punya produk-produk yang ditujukan buat traveler, yaitu tiket kereta api dan voucher / gift card tempat makan atau Grab hehe. Nah, kamu pasti udah siap-siap buat belanja online di Tokopedia pas bulan puasa nanti yekan? Beberapa tips dari gue berikut ini mungkin bisa membantu kamu buat belanjain sesuatu buat gue. #eh

 

Gunakan Fitur Kategori, Urutkan, dan Rentang Harga di Tokopedia

Tampilan alias user interface Tokopedia itu udah user-friendly banget menurut gue. Warna hijaunya nyaman dan tampilannya enak dipandang. Tokopedia udah nyiapin fitur-fitur supaya pengalaman belanja kita jadi lebih personalized. Cari barang yang kamu mau di fitur Kategori. Lalu kalau kamu on a tight budget banget, manfaatin fitur Urutkan sesuai Harga Terendah supaya kamu bisa langsung dapet harga yang sesuai sama isi rekening kamu. Sempurnakan lagi fitur Urutkan ini dengan fitur rentang harga, tentukan sendiri batasan minimal dan maksimal dari harga yang kamu mau.

Fitur Urutkan juga bisa kamu ubah dari segi jumlah ulasan, penjualan, promo, sampai keterbaruan produk.

Udah siap-siap mudik? Baca dulu: Tips Packing Cepat ala thetravelearn dan 6 Cara Mengusir Kebosanan di Dalam Perjalanan ala thetravelearn

 

Bandingkan Harga Setiap Toko Online di Tokopedia

Punya banyak toko online berkualitas — seperti yang gue bilang di atas, Tokopedia memungkinkan kita buat bandingin harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang kamu mau, ribuan produk dengan berbagai harga siap buat kamu beli. Setelah seluruh hasil pencarian ditampilkan dan kamu siap buat belanja online saat Ramadan, pilih produk dengan harga yang paling tepat dan spesifikasi yang sesuai. Saran gue, jangan buru-buru pilih sama harga yang terlalu murah. Perhatikan fotonya, spesifikasinya, dan kelengkapan produknya.

 

Pengen Produk yang Spesifik? Gunakan Fitur Brand dan Warna

Kalau kamu cuma mau beli produk dari merek nganu, dan cuma mau produk dengan warna nganu-nganu (iki opo sih, Gie?), lebih baik kamu manfaatin fitur Brand dan Warna yang ada di sidebar sebelah kiri. Kamu jadi bisa lebih hemat waktu karena hasil pencarian Tokopedia akan jadi lebih sempit dan lebih spesifik.

 

Pilih Produk Berkualitas dari Produsen Lokal atau UMKM

Bulan puasa kita bakal jadi sebuah Ramadan Ekstra kalau kita mengisi hari-hari di bulan suci dengan memperbanyak pahala, salah satunya dengan membeli produk-produk lokal asli Indonesia — baik dari produsen besar maupun Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Produk impor bukan jaminan akan kualitas, karena kita punya banyak produk bermutu yang kalah pamor hanya karena statusnya sebagai produk daerah. Asal kamu tau aja, banyak brand baju dan sepatu internasional yang bahan bakunya dibuat di Indonesia lho.

Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap ini punya koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal, selain sederet produk dari brand terkenal dunia yang udah lebih dulu kita kenal. Pangkas pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk dari kreator lokal. Kualitas bersaing, namun harganya lebih miring. Ya toh?

 

Cari Toko Online yang Dekat dengan Tempat Tinggal

Selain kualitas produk dan harga, biaya ongkos kirim (ongkir) juga menjadi bagian yang nggak boleh kita lewatkan saat berbelanja online. Percuma nemu barang yang lebih murah sekian puluh ribu dari toko sebelumnya, tapi ternyata lokasinya ada di — Batam, misalnya — sementara kita ada di Jakarta. Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita buat memangkas biaya ongkir. Di Tokopedia, kita bisa tau lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online yang pas dengan lokasi kita. Kalau ternyata tokonya berada satu kota sama rumah kita, barangnya bisa kita terima di hari yang sama dengan pembelian!

 

Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Salah satu keuntungan berbelanja online di Tokopedia adalah banyaknya cara pembayaran yang bisa kita pake. Dari saldo Tokopedia atau TokoCash, transfer ATM, online banking, mobile banking, kartu kredit, cicilan, sampai pembayaran melalui minimarket juga bisa lho. Tokopedia emang bener-bener start-up dari Indonesia, oleh Indonesia, dan untuk Indonesia. Semua orang bisa pake Tokopedia, nggak peduli apakah dia punya kartu kredit atau enggak, bahkan buat yang nggak punya rekening bank sekalipun.

Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan kita saat berbelanja online. Kalau sekiranya ada dana tunai, ya bayar aja pake transfer ATM atau mobile / online banking, biar biaya administrasinya lebih hemat. Sebaliknya, kalau udah butuh banget tapi duitnya belum ada, tinggal pilih opsi kartu kredit atau cicilan. Skema cicilannya sampai 24 kali, travelearners. Beres toh?

 

Pilih Metode Pengiriman yang Paling Efisien

Dari pengiriman secara konvensional (JNE, J&T, Rex, Wahana, Pos Indonesia) sampai kurir instan pake transportasi online macam Gojek atau Grab pun bisa di Tokopedia. Pilih opsi termurah atau opsi tercepat sesuai dengan kebutuhan belanja online kita.

 

Manfaatkan Promo dan Diskon

Promo atau diskon bikin pengeluaran kita jadi makin hemat lagi dalam berbelanja online di Tokopedia. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia udah nyiapin serangkaian kupon, diskon (potongan harga), atau harga spesial buat kita nikmati supaya Ramadan tahun ini jadi makin Ekstra!

Makin Ekstra lagi, konon katanya Tokopedia bakal ngasih kejutan khusus tanggal 25 Mei yang bakal bikin Ramadan Ekstra jadi lebih Ekstra! Mungkin kayak festival belanja online “Black Friday” atau Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) gitu kali ya.

Ramadan Ekstra menanti kita!

Ehem, roman-romannya sih “kejutan” ini bakal berhubungan sama harga yang bombastis. Aduh, gue udah nggak sabar pokoknya, udah kebelet beli koper kecil buat mudik supaya bahu gue nggak pegel-pegel lagi. Aku tak setangguh yang dulu. Pas famtrip beberapa hari lalu aja, bahu gue pegel-pegel padahal nggak seharian juga gendong ransel. Ranselnya pun cuma daypack sekelas 40 L, isinya juga cuma baju-baju, laptop, kamera, sama alat mandi. Nggak bawa batu andesit atau kamus Oxford. Lalu setelah gue inget-inget, tanggal 25 Mei ini adalah minggu kedua bulan puasa, itu artinya THR (Tunjangan Hari Raya) udah turun atau minimal udah mau turun — jadi kalaupun mau ngutang juga ngutangnya nggak lama-lama amat ngonooo, hihihi.

Cerita dong, mau beli apa di bulan Ramadan ini? Siapa tau gue bisa doain supaya terwujud.

Iklan

9 tanggapan untuk “Mewujudkan Ramadan Ekstra dengan Berbelanja di Tokopedia, Ini Tipsnya!”

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.