Bogor, Indonesia, Jawa Barat, Kuliner, Review, Travel

Nikmatnya Nasi Uduk Ayam Bakar di Waroenk Talubi, Bogor

mudah menemukan waroenk talubi di jalan suryakencana bogor

Nama Jalan Surya Kencana memang udah nggak asing lagi di kota Bogor. Nggak wisatawan, nggak warga lokal, pasti tahu nama jalan ini. Maklum, Jalan Surya Kencana memang dikenal sebagai pusat kuliner, pecinan (Chinatown), lokasi pasar tradisional, bahkan Hotel 101 Bogor pun berdiri di salah satu titik jalan ini. Petualangan gue menjelajah 8 kuliner Bogor di Jalan Surya Kencana udah pernah gue tulis sebelumnya. Nah, baru-baru ini ada satu tempat makan baru di Surya Kencana yang gue kunjungi, namanya Waroenk Talubi.

Waroenk Talubi ini recommended banget buat travelearners yang ingin mencari tempat makan baru di Jalan Surya Kencana Bogor. Waroenk Talubi juga pas banget buat kamu yang sedang mencari tempat makan yang nyaman, bisa menampung kelompok besar, harganya murah, rasanya enak, dan menyajikan kuliner khas Sunda.

 

Lokasi dan Cara Mencapai Waroenk Talubi Bogor

Dari Nomad Hostel Kemang, gue naik ojol sampai Stasiun Pasar Minggu, lalu melanjutkan perjalanan dengan KRL Commuter Line arah Bogor. Setibanya di Stasiun Bogor, gue berjalan menuju pintu keluar untuk naik salah satu angkot nomor 02 yang udah banyak ngetem di depan stasiun. Sepanjang jalan lalu lintasnya cukup bikin frustrasi, terutama di kawasan bunderan Kebun Raya Bogor yang padat, kacau, tapi nggak ada lampu merah. Klakson terdengar saling bersahutan dengan nada tinggi. Makanya, ketika angkot sampai persis di depan Waroenk Talubi, sukacita gue melonjak karena akhirnya terbebas dari kemacetan.

:sweating::sweating:

waroenk talubi berada 1 gedung dengan bika bogor
hey, little pretty girl 🙂

Waroenk Talubi beralamat di Jalan Surya Kencana no. 278, Bogor, persis di samping Gang Aut yang legendaris itu. Bangunannya yang setinggi 2 lantai rasanya akan mudah dikenali, apalagi dengan papan nama berukuran besar yang menarik perhatian mata.

 

Bangunan Waroenk Talubi Bogor

Waroenk Talubi Bogor punya halaman parkir yang cukup luas untuk menampung beberapa mobil. Selain itu, Waroenk Talubi menempati gedung yang sama dengan pusat oleh-oleh Bika Bogor. Pertama kali masuk di lantai 1, nggak ada yang spesial dengan desain interiornya, layaknya rumah makan kelas menengah pada biasanya. Ada beberapa set meja-kursi, konter pemesanan, papan besar yang memampang daftar menu, dan partisi semi-terbuka yang membatasi area makan dengan area penjualan oleh-oleh Bika Bogor. Partisinya cukup cantik, terbuat dari material kayu dengan celah kotak yang selang-seling.

area waroenk talubi dan bika bogor dipisahkan partisi kayu ini
mengintip area penjualan bika bogor

Oleh seorang waitress, gue dibawa ke lantai 2. Nah, desain interior lantai 2 ini lebih menarik daripada desain di lantai satu tadi. Ada dua area duduk di sayap kanan dan sayap kiri, sekaligus satu outdoor seating area yang menghadap ke arah pemandangan Jalan Surya Kencana. Selain meja-kursi kayu yang disusun rapi, lantai 2 ini juga dipercantik dengan papan-papan mural, ornamen-ornamen tempo dulu, dan lampu-lampu yang berpendar keemasan dengan tudung berupa corong logam. Bener-bener serasa di rumah oma seperti konsep yang diusungnya, apalagi dengan hadirnya wejangan-wejangan oma yang tertulis di papan-papan kayu.

papan mural di lantai 2 waroenk talubi bogor
desain interior lantai 2 waroenk talubi bogor
“jangan main api kalau tidak mau terbakar nanti,” kata oma.
ornamen becak mini di waroenk talubi
lucunya ornamen ini, ya!
outdoor seating area waroenk talubi bogor

Baik lantai 1 dan 2 dilengkapi dengan AC. Wastafel dan AC juga tersedia.

 

Makanan dan Minuman di Waroenk Talubi Bogor

Ada dua menu utama yang jadi unggulan di Waroenk Talubi Bogor: Paket Peluk Oma dan Paket Sayang Oma. Harganya bikin gue melongo. Biasanya, menu-menu paket di rumah makan gini dibanderol Rp30.000an bahkan lebih! Namun di Waroenk Talubi Bogor, gue cukup bayar Rp20.000,00 aja dong. Masing-masing paket terdiri dari dari seporsi nasi uduk, ayam, tahu, dan 2 macam sambal. Kalau mau ayam goreng, pilihlah Paket Sayang Oma. Sementara kalau lebih suka ayam bakar, berarti Paket Peluk Oma lebih cocok.

santap siangku di waroenk talubi bogor
sayangnya gue makan siang sendirian :((

Untuk menu pelengkap, gue memilih paru goreng yang ternyata disajikan dalam satu wadah kecil dengan taburan serundeng yang nggak pelit. Selain paru, ada banyak pilihan menu pelengkap di Waroenk Talubi, katanya yang paling laris itu babat goreng! Ada menu pecel juga di Waroenk Talubi. Pilihan menunya macam-macam, namun sesuai rekomendasi, gue jatuhkan pilihan pada es kelapa muda jeruk.

Empuk dan gurihnya nasi uduk di Waroenk Talubi pas! Nasinya pulen dan wangiii. Ayam bakar dan paru gorengnya juga gurih bangeeettt, bumbunya meresap sampai ke bagian daging yang berwarna putih. Sambal ijonya endes, terus sambal taloebi pedesnya nonjok. Sebagai pecinta pedes, gue puas banget! Gue kira paru gorengnya akan disajikan kering kayak di rumah makan padang, ternyata empuk dan enak banget, lho.

:good::good:

es kelapa jeruk | waroenk talubi bogor
paru goreng yang empuk bertabur serundeng | waroenk talubi bogor
ayam bakar waroenk talubi bogor yang endeus!
nasi uduk waroenk talubi yang pulen, wangi, guriiihhh

Usut punya usut, ternyata ayam bakar di Waroenk Talubi ini dimasak dengan bumbu racikan terasi spesial yang dibawa langsung dari kampung halaman oma. Pantes rasanya enak dan beda dari ayam bakar lain yang pernah gue coba. Dengan 1 menu utama, 1 lauk pendamping, dan 1 minuman, gue udah kenyang dan puas banget di Waroenk Talubi.

ingat pesan oma ya, dek

Gue nggak pusing-pusing lagi merumuskan (((merumuskan))) kesimpulan Waroenk Talubi ini. Rasa enak, harga murah, porsi cukup, tempat nyaman, lokasi pun strategis, gue nggak akan ragu recommend Waroenk Talubi buat kamu yang lagi mampir di Bogor, atau bahkan tinggal di Bogor. Salah satu temen gue yang doyan kulineran, anak Jakarta, juga udah pernah ke Waroenk Talubi ini dan sepakat soal rasa dan harganya. Pokoknya, nggak akan rugi ke Waroenk Talubi.

Iklan

19 tanggapan untuk “Nikmatnya Nasi Uduk Ayam Bakar di Waroenk Talubi, Bogor”

  1. parah sih, ini mah gue sering lewatin Gie.
    baru tau kalo tempatnya enak ternyata ya haha besok bisa ajak nyokap makan sini nih.
    makasih buat sharenya pak!

    btw lu di Bogor gak bilang2 sih, kalo bilang kan gue bisa minta ditraktir makan di sana *lhoo

  2. Njirr kaget gue harganya 20rb doang.. Porsi nya kayaknya banyak yah untuk ukuran 20rb, plus tempat nya nyaman dan jarak antara meja ga desak-desakan. Jadi penasaran rasanya.. Hahaha.

  3. Untuk harga paket yang murah itu, mungkin karena namanya yang sangat romantis, peluk Oma. Jadi untuk cucu cucunya Oma harga tidak boleh mahal-mahal 🤣🤣

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.