6 Poin Penting Memilih Villa di Puncak untuk Staycation Keluarga

THR and friends mengucapkan: “Sampai ketemu lagi, Jambuluwuk Puncak!”

Tim halu traveling mana suaranyaaa? Namanya juga masih pandemi, jalan-jalan belum bisa bebas lagi. Nggak cuma faktor kesehatan dan kebijakan perjalanan, tapi juga akses ke negara-negara luar sana sedang ditutup atau diperketat 😂😂😂 Makanya, dalam kondisi begini, staycation adalah salah satu pelarian cepat dan hemat. Kenapa?

  • Nggak harus ke luar kota atau provinsi, bisa di daerah tempat tinggal sendiri
  • Relatif aman dibanding ke tempat wisata yang berbagi fasilitas publik, kalo staycation kita bisa diam di dalam kamar saja atau menikmati fasilitas hotel
  • Pihak hotel menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, apalagi hotel-hotel jaringan besar
  • Saat pandemi, apalagi sejak PPKM, hotel-hotel jadi lebih sepi (dan lebih hemat juga hehe).

Kalo mau tipe akomodasi yang lebih privat lagi, carilah villa. Kamu dan rombongan sirkusmu bisa menguasai satu villa seutuhnya tanpa harus berbagi ruang! Menyewa villa di kawasan yang dekat dari rumah sebagai akomodasi staycation bersama keluarga bisa jadi agenda liburan yang aman dan menyenangkan. Salah satu alternatifnya adalah di Puncak, khususnya buat kamu yang tinggal di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Menginap di Puncak menjadikan acara liburan kamu jadi lebih fleksibel. Kamu bisa berdiam di dalam villa sambil menggunakan fasilitasnya, atau sesekali keluar untuk melihat objek wisata terdekat. Seluruh keluarga bisa menikmati liburan dengan nyaman di sini. 

Supaya staycation kamu berjalan dengan baik, yuk simak 6 poin penting yang harus kamu ketahui saat memilih villa di Puncak. Dengan mempertimbangkan 6 hal ini, staycation keluarga akan lebih berkesan. 


1. Jumlah Kamar

Rasanya ini adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih villa. Pastinya orang tua dan saudara kamu menginginkan kamar sendiri untuk privasi. Apalagi jika sudah ada yang berkeluarga, maka ketersediaan kamar yang cukup adalah hal krusial. 

Kamu bisa cek pilihan villa Puncak yang pas untuk liburan di berbagai platform perjalanan. Jika kamu menggunakan Traveloka misalnya, maka kamu bisa mendapatkan daftar berbagai villa secara langsung. Selanjutnya tinggal pilih area Puncak yang diinginkan, lalu klik “Lihat Harga”. kamu akan bisa melihat berapa jumlah kamar yang ada, lengkap dengan foto interior dan eksteriornya.

 Salah satu rekomendasi gue adalah Jambuluwuk Villa & Resorts Puncak

Kamar yang luas di Jambuluwuk Resorts Puncak

Makin banyak jumlah kamar, artinya makin luas bangunan villa-nya, dan makin mahal biayanya. Jadi pastikan kamu dan keluarga sudah sepakat dengan budget yang akan dikeluarkan untuk liburan. Jika terpaksa ada yang harus tidur di ruang tamu, maka pastikan untuk membawa perlengkapan tidur sebelum berangkat. Hal ini mengingat udara Puncak bisa terasa sangat dingin, apalagi malam hari. 


2. Adanya Ruang Bersama yang Luas

Ruang bersama ini bisa berupa ruang tamu atau area untuk pertemuan keluarga. Fasilitas ini penting karena kamu bisa meluangkan waktu untuk kegiatan bersama keluarga. Selain itu, ruangan ini juga bisa disulap jadi ruang makan atau ruang tidur untuk yang tidak kebagian kamar. 

Apa pun kegunaannya, pastikan kamu membawa karpet atau alas untuk lantai ruangan ini. Tentunya kamu tidak mau duduk di ubin yang dingin. Apalagi jika kamu dan keluarga juga menjadikan momen staycation ini untuk pertemuan keluarga. Kamu akan membutuhkan karpet agar semua orang nyaman duduk lama di lantai. 

Satu tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya, kamu bisa jadikan ruang pertemuan ini sebagai area permainan. Kamu tinggal siapkan saja perlengkapan untuk permainan yang bisa digunakan di dalam ruangan. Dengan demikian, kamu tidak perlu menyewa villa yang memiliki fasilitas bermain anak atau halaman luas. 


3. Fasilitas Bermain

Jika kamu berlibur dengan anak-anak, juga bisa cek fasilitas bermainnya. Fasilitas ini misalnya kolam renang, taman bermain, atau sekedar halaman yang luas untuk kegiatan bermain anak-anak. 

Bagi anak-anak, staycation bisa membosankan kalau mereka tidak melakukan kegiatan lainnya. Jadi, kalau budget liburanmu memang mencukupi, sebaiknya cari villa yang memiliki fasilitas ini. 

Kolam renang Jambuluwuk Resorts Puncak yang udah diincer dari awal (taken by @fndfamilytrip)

Sedangkan jika semua anggota keluarga yang ikut adalah remaja dan dewasa, maka kolam renang saja sudah cukup. Selain itu, permainan yang biasa dilakukan pada usia ini kebanyakan bisa dilakukan di dalam ruangan. Contoh permainan yang bisa kamu lakukan saat staycation adalah kartu atau jengga. 


4. Pemandangan Sekitar Villa

Staycation bukan berarti kamu hanya berdiam diri di dalam villa. Kamu bisa jalan pagi bersama keluarga sembari melihat pemandangan sekitar. Selain itu, kamu bisa menikmati udara segar Puncak dengan lebih baik kalau kamu menyempatkan diri untuk beraktivitas di luar ruangan. Pastinya dengan memperhatikan protokol kesehatan serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Kamu bisa cek pemandangan di sekitar villa yang ingin kamu tempati lewat foto-foto yang di-upload pengelola villa pada situs atau aplikasi perjalanan. Di Traveloka misalnya, kamu bisa melihat foto-foto villa dan lingkungan sekitar, sehingga memudahkan kamu untuk membuat perbandingan. Kalau kamu berencana untuk mengunjungi area wisata, pemandangan sekitar villa mungkin tidak jadi soal. Sedangkan kalau kamu ingin menikmati staycation, tentunya pemandangan sekitar villa harus jadi salah satu pertimbangan.

Villa Sri Megamendung Puncak

Villa di Puncak ada yang terletak dalam sebuah kompleks atau dekat dengan alam. Salah satu villa yang mengedepankan kedekatan dengan alam adalah Villa Sri Megamendung Puncak. Di mana bangunan terasa menyatu dengan alam, bahkan di samping villa ada bukitnya. 


5. Akses ke Area Wisata

Akses yang mudah atau jarak yang dekat dengan area wisata memang menjadi pertimbangan saat memilih villa. Jika waktu berlibur kamu lebih dari dua hari, maka kamu bisa mengunjungi area wisata, kemudian menghabiskan sisanya untuk staycation di villa. 

Biasanya pada halaman villa yang kamu inginkan, tertera keterangan mengenai atraksi wisata terdekat. Kalau kamu ragu, kamu bisa gunakan juga Google Maps dan cek area wisata apa saja yang ada di sekitar villa. 


6. Ketersediaan Restoran

Bisa dikatakan poin terakhir ini juga harus kamu pertimbangkan. Kamu dan keluarga bisa saja membawa bahan makanan dari rumah untuk dimasak di villa jika mereka memiliki fasilitas dapur. Namun, lebih praktis memang kalau ada restoran di sekitar villa. 

Selain praktis untuk kamu dan keluarga dalam mendapatkan makanan, kalian juga bisa sekaligus merasakan makanan khas masyarakat di Puncak. Perlu diketahui bahwa wilayah Puncak memiliki ciri khas kuliner tersendiri. Salah satu contoh adalah sate maranggi yang terkenal di kawasan Cipanas. 

Makan malam kami di Jambuluwuk Resorts Puncak

Siap untuk mengusir kebosanan selama pandemi dengan staycation di Puncak? Pastikan kamu memperhatikan ketentuan protokol kesehatan yang berlaku saat merencanakan perjalanan. Jangan lupa untuk pesan villa di Traveloka karena lebih mudah dan terpercaya. 

2 komentar

  1. September ini suamiku ngajak staycation ATO liburan yg deket2 aja nth sukabumi, Garut ATO manalaah , yg penting tempatnya sejuk, dan ga rame :D. Aku masih bingung mau kemana.

    Udah kepikiran sih mau sewa villa gini aja, ga usah jauh2 yg penting bisa release stress bareng keluarga :). Coba deh ntr aku buka2 pilihan Jambuluwuk ini. Menarik sih, apalagi nama besar Jambuluwuk aku udh sering baca. Cm belum pernah aja stay di salah satu hotelnya.

    1. Jambuluwuk oke mbak. Fasilitas, interior, suasana, dan view aku suka. Selamat mencoba 😁

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Jalan-Jalan Terus!

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

%d blogger menyukai ini: