Aku Mau Jalan-Jalan di Jakarta Saja Saat Pandemi Mereda

Kereta Ratangga MRT Jakarta

Mana destinasi yang mau kamu tuju setelah pandemi berakhir, atau setidaknya mereda? Kalau lingkupnya destinasi dalam negeri, gue nggak muluk-muluk, nggak usah jauh-jauh… Jakarta.

“Heee, ngapain ke Jakarta?”
“Nggak ada yang lebih jauh, Nugs?”
“Ke Sumba aja yuk, Gie.”

Oh, gue sih mau-mau juga ke Sumba, atau Bali, Sumatera Barat. Namun, Jakarta adalah destinasi terdekat juga paling memungkinkan untuk kembali menghirup udara kota metropolis, menikmati decit kereta bawah tanah, atau jalan-jalan melalui trotoar lebar yang dikelilingi gedung-gedung pencakar langit.

Gue memang lebih ke seorang penjelajah kota. Kota-kota negara tetangga seperti Singapura, KL, Bangkok, atau Ho Chi Minh City, tak bosan-bosannya gue sambangi. Sayangnya, dengan kondisi pandemi, mungkin butuh waktu lebih lama untuk mengunjunginya. Namun tak mengapa. Dengan estimasi pandemi mereda pada 2022 atau 2023, ada banyak hal baru di ibukota untuk kita teroka.

Ini adalah beberapa agenda yang akan gue lakukan saat datang ke Jakarta kali berikutnya.


Staycation di Hotel Dekat Stasiun MRT

Di tahun 2018-2019 lalu, gue sempet bolak-balik staycation di kawasan Jakarta Pusat dan Selatan. Tapi karena gue keasikan nge-review dan menikmati fasilitas hotel (baca: leyeh-leyeh dan mager), gue jadi nggak sempet jalan-jalan di sekitar stasiun MRT, khususnya di sepanjang Jalan Jend. Sudirman yang trotoarnya lebar, bersih, rapi, dikelilingi gedung-gedung tinggi. Rasanya kayak lagi di Singapore atau KL.

Kawasan Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di sekitar Stasiun MRT Bundaran HI

Sambil jalan kaki, gue akan mengabadikan banyak sudut dan lanskap dalam memori gawai untuk dinikmati dan dibagikan kemudian. Ah, bahkan sekadar duduk-duduk sambil menikmati secangkir kopi pun akan sangat nikmat sambil mengamati bagaimana hidup di Jakarta berjalan.

Makanya, nanti saat ke Jakarta lagi, kayaknya lebih baik gue nginep di budget hotel aja biar gue nggak terlena dengan fasilitasnya haha. Yang penting hotelnya nyaman, bersih, dan ada shower air panas. Tampilan adalah bonus! Hotel di Jakarta Selatan pasti banyak pilihan. Gue cek di Google Maps ada beberapa hotel RedDoorz di sepanjang jalur MRT Jakarta. Yang paling gue suka adalah RedDoorz @ Taman Bendungan Asahan di daerah Benhil, RedDoorz Plus @ Cipete Damai, dan RedDoorz @ Cipete Raya.

Spot foto yang apik di RedDoorz Plus @ Moh. Toha Bandung
Bobok nyaman di RedDoorz Premium @ Moh Toha Bandung (The Batik Bed & Coffee)

Bicara soal RedDoorz Plus, gue pernah cobain 2 unitnya di Bandung, tepatnya RedDoorz Plus near Bandung Railway Station dan RedDoorz Plus @ Moh. Toha. Dua-duanya worth the price banget! Yang di deket Stasiun Bandung ada kolam renang dan sarapan hotel bintang 3, yang di Moh. Toha desainnya lucuk!


Eksplor Stadion Gelora Bung Karno (GBK)

Ini juga belum kesampaian, padahal tahun 2019 lalu sempet mampir salah satu mall di deket GBK untuk ikut meeting dengan klien.

Ada banyak agenda yang mau gue lakukan di Stadion GBK dan sekitarnya:

  • Foto-foto di JPO-nya yang hits pada malam hari
  • Menikmati Hutan Kota sambil berburu panorama gedung-gedung CBD Jakarta
  • Ikut rangorang olahraga di Stadion GBK, meski kebanyakan bakal foto-foto doang hahaha.

Kawasan GBK adalah area yang menyenangkan, di mana kita bisa menikmati lingkungan perkotaan modern yang bersih, hutan kota dengan pepohonan rimbun, terhubung dengan MRT dan jaringan TransJakarta. Di sekitarnya pun ada beberapa pusat perbelanjaan dan cafe untuk mengisi tenaga dan meredakan dahaga.

Bakal jadi agenda sehari penuh yekan.


Naik LRT Jabodebek

Dengan estimasi bahwa pandemi akan mereda pada 2022 atau 2023, maka bisa kita asumsikan saat itu LRT Jabodebek yang kita nanti-nantikan akan sudah mulai beroperasi. Sebagai rail enthusiast, gue tentu pengen cobain setiap moda transportasi umum berbasis rel di kota-kota yang gue kunjungi, tak terkecuali Jakarta.

Nih, sebagai buktinya, gue udah pernah nulis review MRT Jakarta, LRT Jakarta, Skytrain & Kereta Bandara Soetta, LRT Palembang, Kereta Bandara Yogyakarta, transportasi umum Kuala Lumpur, transportasi umum Singapura, transportasi umum Bangkok, dan transportasi umum Hong Kong.

Armada LRT Palembang yang serupa dengan LRT Jabodebek, salah satu perbedaannya ada pada warna

Gue pengen naik dan turun LRT di Stasiun Dukuh Atas, dan stasiun-stasiun lain yang menjadi persimpangan laluan, baik dengan sesama layanan LRT Jabodebek atau dengan MRT/KRL/TransJakarta. Pengen lihat kayak gimana integrasi antarmoda di stasiun LRT Jabodebek.


Cobain Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB)

Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Karena gue tinggal di Bandung, bukankah ini adalah sebuah kesempatan emas? Rencananya Stasiun Kereta Cepat Halim juga akan terintegrasi dengan LRT Jabodebek.

Aku dan Hainan High Speed Railway, China

Oh iya, pengadaan proyek kereta cepat kita kan dibantu oleh Cina. Nah, puji Tuhan akhir 2019 lalu gue sempet cobain kereta cepat Cina alias China High Speed Railway di Hainan. Ulasannya bisa dibaca di sini. Gue jadi punya satu komparasi yang cukup apple to apple untuk mengulas Kereta Cepat Jakarta-Bandung nanti. Bahkan, kalau nggak salah kecepatan maksimalnya juga sama, 250 km/jam. Nggak apa-apa, it’s a good start to have an HSR.


Nongkrong di Cafe-Cafe Pinggir Rel

Pinggir rel di sini maksudnya bukan di bantaran rel ya, hehe. Belakangan ini ada beberapa cafe yang viral karena lokasinya strategis banget jadi tempat trainspotting MRT Jakarta. Sambil menyesap secangkir kopi hangat di pagi hari, kita bisa menikmati Ratangga wara-wiri di jalur angkasa. Kalau gue bener, salah satunya ada di kawasan Blok M.

Oh ya, Stasiun Jatinegara udah direnovasi dan jadi keren banget kayak stasiun-stasiun komuter di Malaysia bahkan (sekilas) Jepang. Mungkin saat gue ke Jakarta lagi, Stasiun Manggarai juga udah selesai direnovasi.


Sehari-hari terus berada di rumah memang membuat kita jengah. Kalau pun mau nongkrong, ngamar, atau jalan-jalan, nggak bisa tiap hari juga. Makanya, halu adalah pelarian tercepat, membayangkan ke mana kaki ‘kan membawa saat jerat corona sudah reda. Belum bisa melanglangbuana ke berbagai negara, di dalam negeri pun tak mengapa.Semoga pandemi segera usai dan kita bisa kembali mengabadikan destinasi di dalam gawai. Tetap sehat, tetap semangat. Jaga diri, nanti ada waktunya lagi kita bisa kembali learning by traveling.

14 komentar

  1. Kangen juga deh keliling-keliilng Jakarta. Selama pandemi, ke Jakarta bisa dihitung jari. Kalau dulu WFO, hampir setiap hari. Kangen explore kota ini.

    1. Yuk yuk barangkali kita nanti bisa eksplor barang. Jakarta juga seru!

  2. Jakarta memang ngangenin
    Kecuali macetnya ya. Nanti kalau semua transportasi publik sudah terintegrasi dengan baik, Jakarta bakalan lebih ngangenin lagi
    Aku juga mauuu jalan-jalan di Jakarta setelah pandemi mereda

    1. Iyaaa rindu Jakarta. Semoga kita bisa segera bebas eksplor Jakarta lagi hehe.

  3. Aku yg stay di JKT, kok ya malah ga pernah datangin tempat2 di atas mas 😂. Selama di JKT, aku memang ga pernah naik public transport kereta2 ini. Gimana bentuk stasiun bagian dalamnya aja ya pernah liat. Yg berani aku naikin cuma trans J, taxi bluebird dan gojek hahahahaha . Aku Cemen memang kalo menyangkut jalan2 Jakarta . Ga pernah berani sendiri.

    Beda kalo sedang kluar, yg dicari pasti kereta, apalagi kalo ada kereta cepat utk berpindah ke kota2 lainnya. Seneng tuh, menghemat waktu pas traveling.

    Semoga ntr bisa cepet ke JKT lagi mas 😁. Aku sih juga berharap semua moda public transport Ini bisa terkoneksi semua kayak at least di Malaysia deh

    1. Amin amin. Semoga MRT, LRT, KRL, kereta cepat, kereta antarkota, dan TJ segera terintegrasi baik ya.
      Menjelajah Jakarta memang butuh tekad tersendiri, belum seramah negara-negara tetangga 😁

  4. selepas pandemi pokoknya mau sepedaan di Jakarta. Bawa sepeda dan naikkan kereta hahaahha

  5. Di dekat Stasiun Sudirman ada Reddoorz yg kece, gi. Lokasinya keren, dekat HI, stasiun MRT Dukuh Atas yg terintegrasi sama Stasiun KRL Sudirman. Buat foto-foto keren di situ. Ke HI tinggal jalan kaki. Jajanan pun banyak

    1. Waaaa well noted banget, kak. Cakep nih!

  6. setuju sih ini mas.. jaman masih gawe di Jakarta-Bekasi beberapa tahun tahun lalu, rasanya muales banget jalan-jalan di kota itu.. cuma awal-awal doang antusias nyobain TJ, KRL. dll.. setelahnya mending molor di kontrakan..

    sekarang setelah 2 tahun pulang kampung, entah kenapa pengen dolan ke Jakarta aja.. nyesel 2019 nggak sempet nyobain MRT sebelum akhirnya 2 tahun sama sekali nggak kesana.. ada sih rencana ke ibukota tapi ya nunggu pandemi kelar dulu, entah kapan itu..

    semoga besok pas dunia sudah kembali sehat, fasilitas MRT, LRT, KCJB dan lain-lain sudah siap mengantarkan kemana-mana..

    1. Betul, mas. Aku semakin bangga dengan Jakarta! Makanya ini kangen, udah bisa menandingi KL atau Bangkok.

  7. Nugi kabarin nanti kalo ke Jakarta dan stay di sekitaran MRT apalagi Sudirman ya, nanti aku samper. Ya samper aja wakakakak. Aku adalah pengguna setia MRT. Sejak ada MRT dan busway yang armadanya banyak, aku udah jual mobil dan selalu happy naik transportasi umum. Kebetulan kantorku di Sudirman, jadi kalo Nugi ke sini nanti enak nyamperinnya xixixixi. MRT emang senyaman itu! Apalagi nanti akan ada LRT, mau antar kota yang jauhan kayak Bekasi juga semoga lebih nyaman yah.

    1. Justiiiiiinnn pasti akan berkabar. Wah senangnyaaa sama-sama aktivis transportasi umum kekekeke, aku pun nggak masalah seharian naik bus dan kereta di Jakarta. Aku bangga sama Jakarta!

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

witing lungo jalaran soko kulino

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Jalan-Jalan Terus!

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

%d blogger menyukai ini: