Digitalisasi BRI, Saldo Dikit Nggak Ngaruh!

Menara BRI di Jl. Asia-Afrika no. 57, Bandung [dokpri]

Menara BRI itu berdiri jumawa setinggi 76 meter di pusat kota Bandung, tepatnya di Jalan Asia-Afrika no. 57. Ia tak hanya megah, namun juga mengukir sejarah. Mulai dibangun pada 1991 dan beroperasi dua tahun kemudian, Menara BRI adalah satu dari 4 gedung perkantoran niaga pertama di kota Bandung. Bahkan, sebelum hadirnya sepasang menara di Masjid Raya Bandung, Gedung BRI Tower berdiri tinggi sendiri di kawasan Jalan Asia-Afrika.  

Kabarnya, Menara BRI dibangun di atas lahan Indische Restaurant yang menjadi titik awal peristiwa Bandung Lautan Api. Namun, peristiwa kelam itu BRI gantikan dengan literasi dan inklusi keuangan untuk seisi negeri. Kantor-kantor BRI, di kota mana pun di Indonesia, menjadi titik awal tersebarnya gelombang teknologi dan digitalisasi. 

Saya mau menceritakan betapa beragamnya produk-produk digitalisasi BRI. Dari BRImo hingga BRIZZI, ada Ceria juga QLola.  


BRIZZI, Satset Bayar Transportasi 

Sebagai sebuah kartu uang elektronik, sebenarnya BRIZZI nggak cuma buat bayar transportasi umum aja, sih. Tapi untuk saya yang senang naik kereta api, manfaat BRIZZI yang paling saya rasakan ya sebagai alat pembayaran transportasi umum yang satset! Tinggal tap and ride. Saat ini, BRIZZI dapat digunakan untuk naik BRT TransJakarta, KAI Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan LRT Jabodebek.  

Tanpa minimal isi di BRIZZI, saldo dikit nggak ngaruh! [dokumentasi twitter @kontakBRI]

Seperti yang kita ketahui, Indonesia—khususnya Jabodetabek—melakukan pembangunan infrastruktur transportasi umum besar-besaran dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun terakhir. Dimulai dari beroperasinya skytrain (kalayang) dan KA Bandara Soekarno-Hatta di tahun 2017, disusul LRT Jakarta dan MRT Jakarta di tahun 2019. Tahun ini, 2023, kita melihat LRT Jabodebek mulai beroperasi dengan 3 line sekaligus, menghubungkan Jakarta Pusat dengan Bogor, Depok, dan Bekasi. Semuanya menerima pembayaran dengan BRIZZI! 

Kalau nggak punya kartu uang elektronik seperti BRIZZI, kita harus membeli kartu single trip dulu di loket atau mesin tiket. Selain boros waktu karena harus antre dan melakukan proses pembelian, juga menghabiskan energi dan biaya (karena ada biaya tambahan untuk ongkos kartu).  

Transportasi Jakarta Dari Masa ke Masa [infografis pribadi]

BRIZZI menggunakan teknologi chip, sehingga bisa digunakan di banyak merchant, seperti: minimarket, cafe, gerbang tol, dsb. Nggak ada saldo minimal. Cara isi ulangnya juga gampang, bisa dari mesin ATM, EDC, atau aplikasi BRImo yang akan kita bahas di bawah. 


BRImo, Bayar Ini-Itu Let’s Go! 

Ini dia aplikasi digital banking-nya BRI, BRImo. Semua transaksi dalam satu sentuhan jari. Mulai dari fitur perbankan, fitur pembayaran, sampai manajemen keuangan, bisa dilakukan dalam satu aplikasi. Contohnya: cek saldo, transfer, bayar dengan QRIS, beli pulsa atau paket data, bayar tagihan, bayar pembelian online dari e-commerce, isi ulang e-wallet, bahkan buka rekening BRI juga bisa dilakukan di BRImo. Nasabah eksisting yang sudah memiliki rekening BRI juga bisa melakukan registrasi BRImo cukup dari ponsel, nggak perlu ke ATM atau kantor cabang terdekat. 

Saking lengkapnya fitur BRImo, nggak heran kalau jumlah penggunanya terus bertambah, tak kurang dari 29,1 juta pengguna per Agustus 2023. Selengkapnya, simak infografis dari saya di bawah ini. 

Statistik BRImo per Agustus 2023 [infografis pribadi]
Tampilan aplikasi BRImo [dokumentasi website BRI]

Sebagai generasi satset yang super sibuk (cailah), saya sangat mengapresiasi fitur pembukaan BRImo langsung dari handphone tanpa perlu ke mana-mana lagi. Ini baru namanya digitalisasi penuh! Saya yang waktu itu sudah punya rekening BRI namun belum memiliki akun BRImo, bisa dengan mudah melakukan registrasi akun begitu saja. Tampilan aplikasi BRImo juga nyaman banget, mudah dinavigasi, dan mudah dipelajari. Baik ukuran dan jenis font, skema warna, maupun tata letak menu/fitur. 


Pinjaman Nyaman dan Aman dengan Ceria 

BRI paham betul, kebutuhan nasabahnya semakin dinamis. Untuk itu, Ceria hadir sebagai plafon pinjaman digital yang aman, cepat, dan mudah, sebagai hasil dari transformasi digital BRI. Ceria memiliki aplikasi sendiri di Google Play Store dan Apple App Store, namun juga dapat diakses di aplikasi BRImo. 

Ceria mengusung konsep “Buy Now, Pay Later” sehingga bisa digunakan sebagai metode pembayaran di e-commerce yang sudah bermitra dengan BRI. Ada banyak, lho. Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Dinomarket, dan LinkAja adalah beberapa contoh e-commerce yang sudah bekerjasama dengan Ceria. Ini dia manfaat menggunakan Ceria dari BRI: 

  • Pendaftaran mudah dan cepat dari aplikasi 
  • Pencairan cepat 
  • Tenor 1, 3, 6, 9, dan 12 bulan 
  • Bunga flat per bulan 
  • Limit hingga Rp50 juta. 
Kalau punya Ceria, saldo dikit nggak ngaruh! [infografis pribadi]

BRI Ceria mulai beroperasi pada 2019. Dari Agustus 2022 hingga Agustus 2023, terjadi peningkatan pengguna dan transaksi Ceria masing-masing sebesar 120% dan 140%.  

Ceria tak hanya dapat difungsikan sebagai pinjaman paylater, namun dana pinjamannya juga dapat dicairkan ke rekening BRI nasabah. Jadi untuk kamu yang sedang ada banyak kebutuhan (misalnya, seperti saya yang bulan Maret 2023 lalu membutuhkan dana untuk lahiran caesar istri) atau sebagai modal berwiraswasta UMKM, BRI Ceria adalah solusi. Dengan Ceria, BRI menjadi pahlawan UMKM yang terus menggerakkan perekonomian bangsa. 

Menara BRI, salah satu pionir gedung perkantoran niaga pertama di Bandung

Kalau mau coba pengajuan pinjaman tapi masih ragu-ragu, kamu bisa cek dulu simulasinya di sini: https://bri.co.id/web/ceria  


QLola, Bikin Bisnis Makin Praktis 

Nah, kalau 3 produk sebelumnya digunakan secara perorangan, QLola adalah salah satu inovasi terbaru BRI berupa integrated corporate solution platform. Dengan QLola, pengguna cukup melakukan single log in untuk mengakses semua produk dan layanan BRI untuk bisnis. Ada Cash Management, Trade Finance, Supply Chain Management, Foreign Exchange, Investment Services, Financial Dashboard, dan masih banyak lagi. Intinya, semua kebutuhan bisnis dalam satu platform

QLola hadir sebagai layanan transaksi untuk badan usaha atau wholesale. Bahkan, dalam waktu dekat QLola akan menyasar nasabah-nasabah wholesale di luar negeri. Saat ini, BRI sudah memiliki kantor cabang di Singapura, Timor Leste, Taiwan, dan New York. BRI berharap, QLola dapat dimanfaatkan nasabah-nasabah wholesale di negara-negara tersebut untuk keperluan bisnisnya. 

Bank BRI di Singapura [tangkapan layar pribadi]

Di era digital, bisnis retail dan wholesale semakin berkembang. QLola adalah jawaban BRI menjawab perkembangan dan tantangan zaman. Dengan QLola, kehadiran BRI untuk Indonesia dapat tetap dirasakan dari mana pun, termasuk negara-negara tetangga. 


Saya senang sekali mengetahui fakta bahwa literasi dan inklusi keuangan Indonesia selalu naik dari tahun ke tahun. Hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2022 yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan meningkat dari 38,03% (2019) menjadi 49,68% (2022). Sementara itu, indeks inklusi keuangan juga membaik menjadi 85,1% di tahun 2022 dari yang sebelumnya hanya 76,19% pada 2019. Bagi yang belum familiar, literasi keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan terkait produk-produk finansial. Sementara itu, inklusi keuangan adalah ketersediaan akses produk-produk finansial bagi masyarakat. 

BRImo, BRIZZI, Ceria, dan QLola hanya 4 dari sederet produk/layanan digital BRI yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses produk-produk finansial menurut kebutuhannya di mana pun mereka berada. Dengan digitalisasi, jarak tak lagi jadi limitasi. Dari Sumatera hingga Papua, semua punya kesempatan yang sama. Dari pribadi hingga korporasi, BRI hadir memfasilitasi. 

Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia [infografis pribadi]
Dengan digitalisasi BRI, transaksi apapun cukup dengan sentuhan jari!

Berdasarkan survei Asosiasi Jasa Pengguna Internet yang dilansir CNBC, tak kurang dari 78,2% dari seluruh masyarakat Indonesia di tahun 2023 adalah pengguna internet, atau sekitar 219 juta orang. Sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), digitalisasi BRI adalah inovasi yang tak terelakkan dan harus selalu menjadi yang terdepan. Melalui inovasi dalam digitalisasi, BRI semakin memberikan makna bagi Indonesia. 

Referensi: https://ekonomi.republika.co.id/berita/s2npr5502/transformasi-digital-dongkrak-jumlah-pengguna-dan-transaksi-di-brimo#:~:text=%22Hingga%20akhir%20Agustus%202023%2C%20tercatat,ke%20tahun%2C%22%20ucap%20Agustya.  

https://www.trenekonomi.com/keuangan/1393091311/jumlah-pengguna-terus-naik-bri-ceria-naikkan-limit-pinjaman-hingga-50-juta-rupiah

https://www.cnbcindonesia.com/market/20231115093112-17-489124/lewat-qlola-bri-tawarkan-inovasi-ini-bagi-nasabah-wholesale

25 komentar

  1. BRI memang pesat sekali perkembangan mobile nya sejak bu Handayani ex-Bank Mandiri bergabung. Puncaknya itu di BRImo, sebegitu mudahnya aplikasi ini digunakan, melampaui kepunyaan bank lain yang lebih dahulu ada. Padahal BRI itu dulu kayak kurang bisa ngurus yang berbau layanan internet mobile.

    1. Bukti inovasi BRI ya, kak. Dulu kayaknya bank konvensional, sekarang udah melesat gini!

  2. Makin keren aja ya BRI, semakin bertambah pesat kemajuannya. Bangga banget yang menjadi nasabah bank ini.

    Saya dulu pernah jadi nasabah BRI, sekarang baca-baca banyak kelebihannya, jadi mupeng lagi jadi nasabahnya 🙂

    Inovasinya memudahkan nasabah banget

    1. Ayo jadi nasabah BRI lagi, kak. Hehe

  3. Bambang Irwanto · · Balas

    Saya Pas kemarin ke Bandung lalu naik Bandros juga lewati menara BRI ini, Mas. Dan memang BRI ini sudah menjalani rentang waktu panjang. Nanti desember sudah berusia 128 tahun. Makanya pelayannnya dan produknya semakin cihui. salah satunya Brizzi yang memudahkan urusan naik transportasi umum, bayar parkir dan lainnya

    1. Menara BRI ini memang jadi salah satu saksi sejarah kota Bandung. Sama seperti menara ini, BRI juga terus ada memberikan makna bagi Indonesia.

  4. Bambang Irwanto · · Balas

    Saya pas kemarin ke Bandung dan naik Bandros juga lewati menara BRI Ini, Mas. Dan seiring waktu, BRI memang sudah menjalani wakru yang panjang ya. Desember ini akan berusia 128 tahun. Makanya pelayanan semakin oke dan produk juga semakin mantap. salah satunya Brizzi yang jadi andalan membayar transportasi, parkir dan lainnya.

  5. kakak daku punya e-money Brizzi ini, dan praktis banget buat naik kendaraan ya kayak LRT, MRT dan KRL. Begitu juga pas mengisi ulangnya, karena di stasiun ada disediakan KUE lebih mudah deh. Semangat terus untuk BRI dalam menghadirkan kemudahan layanan untuk para nasabahnya, termasuk pelaku usaha

    1. Iyaaa seneng BRIZZI bisa dipakai di berbagai moda transportasi. Hahaha ‘KUE’, aku kadang masih belum terbiasa sama singkatan ini.

  6. Aku belum punya rekening BRI, soalnya gaji ke BNI sih. Tapi yang aku denger, BRI memang sampai ke pelosok negeri dan sahamnya paling kuat dari semua bank-bank yang melepas saham ke masyarakat.

    Keren digitalisasinya yah. Semoga di lapangan di kantor-kantor BRI juga sama layanannya makin maju. Pernah ada perlu ke BRI, bayar asuransi BringinLife, eh ada jam istirahat, jam 12-13. Hehe…padahal sempetnya ke bank ya jam istirahat. Kok engga gantian kayak bank lain ya…

    1. BRI ini tuh ya, dapet ke pelosok negeri, dapet juga digitalisasi. Nah, masukannya bagus banget tuh buat meningkatkan pelayanan BRI. Makasih sudah berkunjung, teh.

  7. Keren, dengan adanya Qlola maka pengelolaan dan cara untuk mengakses semua produk serta layanan BRI menjadi semakin mudah ya.

    1. Betul. Kindly reminder, QLoLa ini khusus untuk bisnis ya kak.

  8. Senengnya ada BRI menemani kita di setiap aktivitas sehari-hari. SAya punya BRImo dan ternyata kemarin ke CS baru dikasih tahu beberapa menu lain yang berguna

    1. Iyaaa BRImo memang banyak banget fiturnya, memudahkan banget!

  9. semenjak punya BRImo, saya jadi dipermudah untuk membayar berbagai tagihan rumah tangga. Selain itu juga belanja online juga mudah

  10. BRI kantor cabangnya di mana-mana dan ini memudahkan nasabahnya. Kayaknya di tiap kecamatan ada kantor BRI ya.
    Btw aku pakai BRimo kak, ini praktis banget gak ribet. Mulai beli pulsa sampai bayar listrik atau top up E wallet bisa semua.

    1. Hahaha iya, di mana-mana ada kantor cabang dan ATM BRI.

  11. Terasa sekali dengan adanya BRI di tengah-tengah masyarakat, apalagi saat pandemi yang kebantu banget dengan penawaran modal untuk para UMKM.

    Kemudahannya gak hanya instal apps dan transaksi, tapi sampai ke permodalan dan berbagai bentuk kerjasama yang bisa dijalin bersama UMKM.

    Keren yaah..

    1. Seneng banget ya BRI membantu pembiayaan nasabah dan para UMKM-nya, jadi nggak ada lagi yang terhambat.

  12. Wah banyak juga ya program digitalisasi yang dimiliki oleh BRI
    Pastinya senya tujuannya untuk memudahkan para nasabahnya

    1. Nggak habis-habis programnya wkwk

  13. Keberadaan bank BRI ini sangat membantu sekali, apalagi bisa menjangkau ke pelosok desa. Pelayanan yang ramah menjadi andalan. Berharap dengan digitalisasi BRI mampu menjadi bank yang terbaik di negeri ini, kualitas pelayanan bisa lebih baik lagi.

  14. Bri Makin keren … Bank Terbaik sejak aku sd (sebelum itu malah sudah ada ya) kini Makin bertambah keren dengan digitalisasi bri jadi lebih mudah

  15. BRI termasuk salah satu bank yang proses digitalisasinya sukses berat berkat adanya brimo. Mau akses perbankan bisa dari mana saja dan kapan saja.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu