Cara-Cara Mendapatkan BIG Points AirAsia Selain Dari Tiket Penerbangan

Di dalam penerbangan AirAsia Kuala Lumpur – Macau, mas-mas FA sedang mengonfirmasi nama gue untuk mengantarkan pesanan

Sebagai karyawan yang masih miskin gaji, tiket promo atau kursi gratis AirAsia adalah salah satu harapan terbesar kita untuk bisa berjalan-jalan menjelajah dunia. Kita rela begadang dan berburu berhari-hari demi mendapatkan tiket murah menuju destinasi yang kita mau. Padahal, selain berburu tiket promo atau free seat, kita juga bisa dapet penerbangan gratis AirAsia (atau minimal harganya lebih murah) berbekal BIG Points AirAsia yang kita punya!

Kadangkala, tiket yang udah kita beli jauh-jauh hari dari tiket promo terpaksa hangus karena kita harus membatalkan trip idaman kita untuk urusan pekerjaan, keluarga, atau bencana alam kayak wabah virus Corona. Nah, kalo udah punya modal poin AirAsia, kita bisa lebih fleksibel mengatur waktu perjalanan kita, travelearners. Selain itu, promo poin AirAsia biasanya punya periode penerbangan yang nggak terlalu lama dalam waktu yang nggak jauh-jauh amat.

Gue ceritain sedikit pengalaman gue dulu nih. Belum lama ini, gue berhasil membeli tiket penerbangan Jakarta – Singapura secara cuma-cuma berkat poin AirAsia, mengonversi Xtra Points CIMB gue menjadi 2.700 BIG Points AirAsia, dan dapet 500 poin lagi dari transaksi gue di Agoda. Saat gue cerita di Facebook, beberapa orang bertanya, “Itu harus berapa kali terbang biar bisa kayak gitu?” Padahal sebagian besar poin gue bukan hasil dari penerbangan.

Sebagai karyawan proletar non-manajemen di sebuah digital agency kecil-kecilan di Bandung, gue paling banter naik pesawat sebanyak 2-3 kali pulang-pergi dalam setahun. Itu pun cuma penerbangan-penerbangan jarak dekat yang durasinya paling lama hanya sekitar 3 jam. Terus itu juga masih dibagi sama maskapai lain, nggak melulu AirAsia. Tergantung destinasi dan harganya, hehe. Tapi ternyata, gue bisa juga redeem tiket penerbangan di AirAsia.

Jadi, udah mantep mau jadi anggota loyalty program AirAsia biar bisa terbang gratis dengan miles penerbangan? Baca tulisan ini sampai selesai, atau simak podcast berikut ini.


But First, Be a Member of AirAsia BIG!

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa mengumpulkan poin AirAsia BIG adalah dengan mendaftar jadi member. Disclaimer, this is not a sponsored post from AirAsia or any travel companies, gue semata-mata bikin tulisan ini dengan niat tulus untuk berbagi kepada rekan-rekan sesama backpacker. Nah, langkah-langkah mendaftar jadi member nggak akan gue jelaskan di sini karena ini bukan tulisan untuk itu. Kamu tinggal ikuti aja instruksi pendaftaran yang diberikan.

Setelah resmi menjadi member AirAsia, jangan lupa buat setia sama dia. Kalo mau beli tiket penerbangan, ya belilah di website AirAsia dan pastikan kamu udah log in. Apalagi sekarang AirAsia udah jadi one stop travel platform, di mana kamu juga bisa memesan hotel, sewa mobil, tiket wisata, bahkan penerbangan maskapai lain! Untuk penerbangan jarak dekat di region Asia Tenggara, poin yang didapat biasanya di kisaran 100-200 poin.

Homepage | airasiabig.com

 

Catatan: kamu nggak bisa dapet poin AirAsia untuk penerbangan atas nama penumpang lain, meskipun kamu udah beli dengan log in sebagai member. Data diri penumpang harus sama dengan data diri anggota.


Tips 1: Bertransaksi Melalui AirAsia BIG

Buka website airasiabig.com, dan pilih menu Earn & Redeem yang ada di headbar. Setelah itu, kamu akan dihadapkan sebuah tampilan baru dengan tab yang bisa kamu pilih: Fly AirAsia, Travel, Lifestyle, Points Conversion, dan Financial Services.

Earn and Redeem your AirAsia BIG Points

Lho, itu ada banyak promo poin, Gie. Gak perlu punya banyak-banyak berarti bisa dong.

Percayalah, untuk mendapatkan promo poin itu tidak mudah, Lakhsmi. Kamu mungkin perlu waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk mendapatkan tiket penerbangan ke destinasi dan tanggal yang kamu mau dengan poin seminim itu. Untuk fakir cuti kayak kita, waktu itu masalah krusial. Jadi daripada membiarkan diri dikontrol mesin, mari kita mengontrol sendiri kapan kita mau liburan. Ada amen, saudara-saudara?

Jadi, bertransaksilah melalui vendor yang ada di kategori Travel dan Lifestyle itu. Contoh sederet brand populer yang tersedia adalah Agoda, Booking.com, ZEN Rooms, Trip.com, dan AVIS. Masing-masing punya ketentuannya sendiri. Klik platform yang kamu mau, lalu lanjutkan bertransaksi seperti biasanya. Gak usah bingung apakah harus log in lagi di platform vendor, karena kamu sudah ter-redirect dari website airasiabig. Makanya, benefit ini cuma bisa kamu dapet kalo kamu mengaksesnya dari website airasiabig. Nggak bisa enggak!

Baca Juga: Pengalaman Membeli Tiket Kereta Cepat China dengan Trip.com

Gue kasih contoh buat Agoda. Setelah klik Agoda dari airasiabig, gue akan diarahkan ke website Agoda yang terbuka otomatis di tab baru. Gue lakukan transaksi seperti biasanya, memesan hotel Ibis Jakarta Kemayoran untuk tanggal 22-23 Februari 2020. Penting, pilih tipe kamar yang sudah termasuk BIG Points AirAsia. Harganya memang sedikit lebih mahal, jadi anggep aja kamu mencicil tiket penerbangan kamu sendiri.

Produk travel yang bermitra dengan AirAsia BIG

Centang kotak PointsMAX, pastikan tipe kamar yang dipesan memberi benefit poin AirAsia

Setelah itu, selesaikan transaksi kayak biasanya. Buat pemesanan di Agoda untuk Hotel Amaris Bandung Setiabudi minggu lalu, gue dapet 500 poin AirAsia! Lumayan banget, kan? Jumlahnya bahkan lebih banyak dari poin yang gue dapat dari penerbangan. Poin akan segera masuk setelah kamu menyelesaikan periode menginap. Bayangin aja, andai sebulan sekali kamu bertransaksi dan dapet 500 poin, dalam setahun kamu bakal bisa dapet 6000 BIG Points AirAsia!


Tips 2: Menukarkan Poin/Mileage dari Bank

Seperti yang bisa kamu lihat di menu Points Conversion dan Financial Services, ada banyak bank yang menjadi mitra AirAsia. Dulu malah ada GoPay juga, jadi GoPoints kita bisa ditukar menjadi BIG points AirAsia. Sayangnya saat itu GoPoints gue belum banyak dan sekarang promonya udah gak ada.

Sederet bank yang bermitra dengan AirAsia BIG

Dari 6 rekening bank yang gue miliki, yang terlama adalah CIMB Niaga. Selain rekening bank, gue juga punya kartu kredit CIMB Niaga yang udah aktif gue gunakan sejak 2016 sampai gue keteteran bayar tagihan sendiri. Baca ceritanya di: Perjuangan Panjang Terlepas dari Hutang Kartu Kredit

Syukurlah, CIMB Niaga menjadi salah satu mitra penukaran poin AirAsia. Ternyata, selama hampir 4 tahun ini gue udah mengumpulkan lebih dari 13.000 Xtra Points CIMB Niaga. Woo-hoo! Sesuai instruksi penukaran poin yang diberikan, gue menghubungi Call Center CIMB Niaga di nomor 14041. Dari situ, gue mengutarakan keinginan gue kepada Phone Banking Officer. Sebanyak 13.000 poin gue (harus ada sedikit yang disisakan) bisa diubah menjadi 2.700 BIG points AirAsia dalam maksimal 7 hari kerja. Seperti yang udah kamu lihat, poinnya udah masuk di akun gue, hehe.

Syukurlah CIMB Niaga juga menjadi mitra AirAsia BIG

Petunjuk mengonversi Xtra Points CIMB menjadi poin AirAsia

Gue juga udah mau bikin kartu kredit AirAsia yang bekerjasama dengan Bank Permata. Sayangnya saat ini gue udah punya 2 kartu kredit. Untuk karyawan dengan gaji kayak gue, batas maksimal kartu kreditnya adalah 2 biji saja. Kalo kamu belum ada kartu kredit, atau baru punya satu, coba bikin deh. Seinget gue sekarang masih promo.


Tips 3: Mengisi Survey di YouGov

Gue lupa gimana caranya gue jadi anggota YouGov. Pokoknya, kamu segera daftar jadi anggota deh, terus hubungkan akun YouGov kamu sama akun airasiabig kamu.

YouGov adalah sebuah laman mengisi survey. Setiap ada survey baru, kita akan mendapatkan email. Masing-masing survey biasanya akan dihadiahi puluhan hingga di atas 100 poin tergantung jumlah pertanyaannya. Iya, survey-nya memang kadang membosankan dengan pertanyaan dan pilihan berganda yang nggak memanusiakan atau topik yang nggak menarik buat kita. Tapi demi AirAsia, tabahlah…

Poin YouGov bisa ditukarkan untuk BIG Points AirAsia

Setiap 5.000 poin YouGov bisa ditukarkan menjadi 2.500 poin AirAsia. Lumayan banget, tapi memang kamu harus sedikit bersabar untuk meraih 5.000 poin. Selain AirAsia, poin juga bisa ditukar menjadi voucher Tokopedia, pulsa, atau menjadi uang yang dikirim ke akun PayPal kita.


Tips 4: Membuat Ulasan di TripAdvisor (Sudah Tidak Berlaku di 2020)

Iya, monmaap banget, gue agak telat bikin tulisan ini. Beberapa poin AirAsia gue itu didapat dari review yang gue buat di TripAdvisor. Jadi, TripAdvisor bekerjasama dengan AirAsia (juga Garuda Indonesia) supaya tiap review yang kita buat mendapat reward berupa mileage penerbangan. Jumlahnya biasanya 5 miles doang, tapi tempat-tempat yang jarang diulas bisa dapet 20 miles! Ada keterangan jumlahnya dan ikon pesawat kecil di samping nama tempatnya. Lumayan, sebulan kalo rajin bisa dapet 50-100 miles.

Sayangnya, saat gue buka laman tripadvisor.com/AirAsia di awal tahun ini, URL-nya udah nggak berfungsi, yang berarti kerjasama ini udah nggak ada. Sayang sekali, ya. Karir gue di TripAdvisor ini banyak terbantu berkat kiprah (((kiprah))) gue sebagai hotel reviewer.


Kesan dan Pesan (Halah)

Jujur, penerbangan Jakarta – Singapura yang gue redeem dengan lebih dari 8.000 BIG Points itu adalah keputusan terburu-buru karena ribuan poin gue akan hangus pada 31 Desember 2019. Andai gue lebih bijak sebelumnya dan rajin memantau promo poin AirAsia, rute pendek itu bisa gue redeem dengan jumlah poin yang jauuuhhh lebih sedikit dan untuk perjalanan yang lebih berfaedah, misalnya untuk penerbangan Bandung – Kuala Lumpur – Macao atau Hong Kong – Kuala Lumpur – Bandung pada Mei 2019 lalu.

Anyway, penerbangannya bulan April 2020, dan sekarang lagi marak wabah virus Corona. Tolong doakan supaya bulan April virusnya udah bersih atau minimal udah membaik. Gue nggak tau kalo wabah kayak gini bisa bertahan berbulan-bulan. Pas dulu wabah SARS, gue masih SD jadi nggak terlalu paham. Trip ke Manila bulan Februari 2020 udah gue cancel, gue bisa nangis kejer kalo sampe ada trip lagi yang harus gue cancel, apalagi ini gue bayar dari poin yang gue kumpulkan secara susah payah bertahun-tahun. Maap keterusan curhat.

Nasi Lemak Pak Nasser, AirAsia’s signature on board meal

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat kamu yang lagi cari cara bisa terbang gratis atau terbang murah dengan AirAsia. Silakan jadikan kolom komentar di bawah ini sebagai forum berdiskusi. Tips mana aja yang udah kamu lakukan buat mengumpulkan BIG Points AirAsia? Ada tips yang belum gue tulis? Share di kolom komentar, ya. Tulisan ini akan gue update begitu ada info baru yang gue ketahui. Cheers, keep learning by traveling~

39 komentar

  1. Semoga wabahnya cepat reda dan kalau bisa menghilang sekalian biar mas Nugie nggak perlu cancel trip lagi 😀 by the way, saya paling banyak dapat BIG point selain dari tiket penerbangan itu dari bookingcom ~ kalau dari yang lain-lain belum pernah coba.

    Tahun lalu terkumpul 21.000 an, langsung beli beberapa tiket finalcall PP Bali – Singapore, KL – Penang, terus Johor Bahru – KL dan PP Bali – Perth tanpa bayar 😀 lumayan banget kalau ada final call, jadi murah apalagi kalau dari KL banyak pilihannya.

    Semisal nanti ada info-info untuk dapat point lagi, boleh dibagi ya mas 😀

    1. Amin amin.

      Woh mantep jumlah poinnya! Bisa sampe bisa terbang gratis ke Perth. Aku juga nih mau membiasakan booking hotel di Agoda atau Booking.com via airasiabig sama rajin-rajin pantau promo poin. Biar bisa liburan gratis tanpa perasaan guilty menguras tabungan wkwkwk.

  2. Waah masnya tekun sekali mengumpul poin lewat tripadvisor. Saya pernah beberapa kali nulis juga buat dapat poin GA miles tapi dapatnya lamaaa udah gitu dikit. Jadi kurang bersemangat deh

    1. Iya betul, masuknya memang agak lama dan per tempat biasanya cuma 5 miles. Wah, berarti gue tepat memilih AirAsia daripada Garuda haha.

  3. Baca ini kok terus nggak tega nyumpahin ((nyumpahin)) natal pergi lagi 😹😹😹

    Wes, semoga April bisa berangkat ya, Beb … biar perjuangan ngumpulin poinnya nggak sia-sia 😘

    1. Yah, jangan disumpahin batal berangkat dong beb :((

  4. Wah … Baca ini kok aku jadi nggak tega nyumpahin ((nyumpahin)) batal berangkat lagi…

    Dah, semoga April bisa berangkat ya, sayang. Biar nggak sia-sia perjuangan ngumpulin poinnya 😘

  5. Dulu sy punya akun Trip Advisor, tapi skrg ga bisa akses padahal aksesnya pake akun FB :(:( ga tahu kenapa tuh..

    Tips lain dpt poin AA, rajin ikutan giveaway… Salah satu giveaway yang rajin adain adalah dari grup hotel Swiss Bel, sering banged mrk ngadain di IG..

    1. Aku juga log in dari Facebook tapi gak pernah log out, mas 😀
      Nah, info giveaway saya malah kurang tau nih.

  6. Kak makasiy sharenya, ya ampun kemana aja yak gw selama ini suka anggurin big pointsnya AA ternyata bisa banget kepake yaa, nanti ditambah order hotel via agoda ato ngisi2 survey, klo miliage dr Bank kyknya gabisa, aku udah gapake cc soalnya

    1. Hehe banyak-banyak dipake aja akun airasiabig-nya 🙂

  7. Naik AirAsia paling suka sama makanannya. Enaaaaak. Wkwkwk. Walau tempohari di Malaysia berhari2 dah makan nasi lemak, eh, di pesawat pesennya nasi lemak lagi. Baru ngeh big point ini. Padahal udah daftar AirAsia BIG. Layak banget dicoba.

    1. Enak dan muraaahhh dan udah gratis kopi!

  8. Belum pernah pakai big point. Apalagi ngumpulin kayak cerita mas diatas..
    seandainya dari dulu tau, pasti udah nyoba ngumpulin,,

  9. Gue udah jadi member BIG tapi gak tau ada cara lain dapet pointnya hahaha. Infonya menarik banget. Semoga April keadaan membaik biar tripnya gak batal lagi ya.

    1. Semoga bermanfaat ya, kak. Amin amin, semoga April sudah membaik.

  10. Fery Arifian · · Balas

    aku udah lama daftar member Big tapi gapernah flight pake AirAsia. Sering tergiur promoan sesaat tapi ujung-ujungnya gajadi beli wkwk. Kirain ngumpulin point tuh cuman bisa dari terbang aja, ternyata banyak juga ya sumbernya. Tau gini sering2 ngumpulin point, mayan kan bisa dapet gratisan :”)

    1. Wkwkwk ayo wujudkan terbang bersama AirAsia 😀

  11. Nurul Sufitri · · Balas

    Beberapa kali naik Air Asia, kayaknya pernah ada email tentang big point ini deh, tapi kok aku ga perhatiin yak wkwkwkw 🙂 Enak dong bisa terbang berkat ngumpulin point2 itu ya mas. Btw, asik juga isi survey aja bisa ngedapetin sampai 100 poin. Itu nasi lemaknya ga dibuka? Hehehehe… DUlu pernah pesen semacam nasi uduk plus ikan, enak sih rasanya, namanya juga makan di udara 😀

    1. Dibuka dong, kan buat dimakan hehe. Versi terbukanya ada di tulisan lain 😀

  12. Wew, info bagus banget nih dan jujur, saya juga tahunya hanya bisa mendapatkan poin dari penerbangan.
    Saya sih memang tidak terlalu aktif menggunakan maskapai yang satu ini, tapi nggak ada salahnyanih dicoba (terutama bikin akun yougov).
    Thanks, mas buat infonya 🙂

    1. Sama-sama, bang. Semoga bermanfaat ya.

  13. Kalau Tripadvisor itu pernah denger juga, sih. Dulu, saya kadang-kadang review di sana pakai bahasa Inggris. Bukannya sok-sokan, tapi sebetulnya sekalian mengasah kemampuan bahasa Inggris saya biar gak bulukan hahaha.

    Ya trus ada ngingetin supaya pakai Bahasa Indonesia dan ambil point Air Asia di sana. BElum juga saya praktekin, ternyata per 2020 udah gak ada, ya.

    Semoga bulan April nanti jadi jalan-jalannya. Jaga kesehatan juga. Biar fit selama traveling 🙂

    1. Amin amin. Siap, mbak!

  14. Wah…bisa dapet point via booking.com atau agoda? Ta’ ubek-ubek ah, akun BIG. Pernah daftar dan dikirim kartu. Trus dompet kecopetan, kartu hilang. Jarang pakai Air Asia juga sejak engga ada di OTA. Coba install apps-nya ah…Makasih infonya…

    1. Mangga diubek-ubek, mbak. Hehe. AirAsia bisa diakses via website juga. Aku biasa buka website-nya kalo udah tau ada rute yang mau kutuju.

  15. Rui Akaruicha · · Balas

    Huwaaaa keren sekali bisa dapat kursi cuma cuma. Saya pun pengguna CIMB Noaga dengan tekening yang mengkhususkan banyak promo AirAsia. Dulu buka yang ini karena biaya awalnya murah.

    1. Nah, makin banyak benefit dari AirAsia tuh.

  16. Wah tips kece nih walpun jarang menggunakan pesawat haha soalnya travelingnya masih tipis-tipis haha. Tapi mayaan jadi tau triknya nih biar dapet banyak poin haha tengkyuu bang

    1. Ayo traveling lebar lebar 😀

  17. Gw punya keanggotaan Big Points Air Asia, tapi gw buta tentang cara ngeredeemnya. Tapi gw pelanggan setia Agoda! Gw baru tau bahwa pesan Agoda itu bisa melalui Air Asia Big, dan bisa dapet milesnya Air Asia melalui Agoda itu. Menarik!
    Eh, kalau pesan Agoda melalui websitenya Air Asia ini, masih tetap dapat bonus cashback Agoda nggak sih? Soalnya cashbacknya itu penting buat diskon nginep berikutnya.

    Duh, marketing Air Asia memang keren. Nggak habis-habis deh promonya untuk menarik calon pembeli.

    1. Oh, kalo cashback Agoda kayaknya udah gak dapet, mbak. Tapi dapet miles-nya AirAsia hehe.

  18. Wow butuh perjuangan panjang ya buat ngumpulin poinnya
    AAmemang selalu juara deh urusan promo sampai ngejar poin gini
    Aku gak pernah ngecek poin nih, tau-tau hangus hiks
    Semoga wabah corona ini segera reda ya, sayang banget kalau samai hangus tiketnya

    1. Nah, ayo sering-sering cek poin dan promo poin, kak. Biar gak hangus lagi 😀

  19. […] dibatalkan. Yang bikin nyesek adalah, tiket keberangkatannya gue beli dengan menukar seluruh AirAsia BIG Points gue yang udah dikumpulkan dengan susah payah bertahun-tahun. Ribuan poin itu gue redeem pada akhir […]

  20. Tambahan lagi, untuk dapet big point airasia juga bisa lewat penukaran point bonstri, 1.500 bonstri untuk 200 big points.

    Bonstri yaitu point yang didapat setiap setelah mengisi pulsa kartu Tri. Untuk menukarkannya, harus unduh dulu aplikasi Bima +

  21. […] Baca juga: Cara-Cara Mendapatkan BIG Points AirAsia Selain Dari Tiket Penerbangan […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu