Pendanaan UKM yang Praktis dan Menguntungkan

Pendanaan UKM jadi lebih mudah, di mana saja dan kapan saja

Ada yang lagi mencari-cari informasi soal pendanaan atau mengajukan pinjaman untuk bisnis atau usaha kamu? Selain bank atau pinjaman online yang bunganya nggak main-main itu, gue punya satu opsi yang mungkin lebih cocok buat kamu: startup financial technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending. Mungkin sebagian dari kamu udah pernah denger platform ini.

Wabah virus corona (COVID-19) menjadi pukulan untuk kita semua, terutama pada pekerjaan atau pendapatan kita. Sebagian industri mengalami penurunan penghasilan drastis karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan himbauan physical distancing, khususnya mereka yang bidang usahanya melibatkan aktivitas pertemuan secara langsung seperti tempat wisata, hotel, dan tempat makan. Perusahaan atau kantor-kantor lainnya pun mau nggak mau harus membatasi atau bahkan menghentikan kegiatan produksi karena terkait himbauan untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Jumlah konsumen yang menurun dan aktivitas usaha yang terbatas membuat banyak pemilik usaha harus memutar otak agar roda perekonomian tetap berjalan. Ada yang melakukan ekspansi dengan membuka layanan delivery dan online, diversifikasi usaha, dan mengajukan pinjaman sebagai modal usaha selama masa krisis ini.

Kamu sadar nggak, pihak yang sebenarnya menderita tapi terlupakan di tengah saat-saat kayak gini adalah pengusaha? Mau kerja salah, tapi mau merumahkan atau meliburkan karyawan juga susah karena harus tetap kasih gaji. Sebisa mungkin nggak mau PHK, tapi uang perusahaan udah menipis, sementara mereka sendiri (pemilik usaha/pengusaha atau CEO/entrepreneur) juga nggak dapat suntikan dana dari pemerintah, nggak kayak driver ojol yang dibantu pemerintah dan swasta.

Maka dari itulah, di sini gue mau share tentang salah satu startup fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai solusi pendanaan usaha kamu, khususnya yang usaha kecil dan menengah atau UMKM.


Berkenalan dengan AKSELERAN

Sebagai P2P Lending Platform di Indonesia, Akseleran menghubungkan UMKM yang membutuhkan dana untuk mengembangkan atau mempertahankan usaha dengan para pemberi pinjaman. Suku bunganya kompetitif dengan tenor, metode pembayaran, dan penyertaan agunan yang fleksibel.

Keuntungan Memberikan Pinjaman di Akseleran

Nah, buat kamu para calon pemberi pinjaman yang di tengah wabah COVID-19 ini ingin membantu perekonomian tapi suka ragu dengan keaslian informasi yang beredar di media sosial, mending gabung di Akseleran aja. Duit kamu jelas larinya ke mana, dapet bunga, dan masing-masing pihak dijamin dengan surat perjanjian yang sah di mata hukum. Nggak usah takut penipuan atau kecurangan. Jadi meskipun basisnya online, kekuatan hukumnya tetap terjaga.

Terus Gimana Caranya Gabung Sama Akseleran?

Baik sebagai lender atau borrower, kamu perlu daftar dulu di website resmi Akseleran atau menggunakan aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store (Android) atau Apple Apps Store (iOS). Siapkan KTP, NPWP, dan informasi rekening bank karena wajib diisi dan dilampirkan saat pendaftaran. Karena akan ada proses mengambil foto selfie dengan KTP, jadi pastikan kamera depan smartphone kamu berfungsi baik dan diambil dalam kondisi cukup cahaya. Make sure kamu memilih opsi yang kamu mau, sebagai Lender (yang meminjamkan uang) atau Borrower (yang meminjam uang). Akseleran bekerjasama dengan PrivyID untuk penandatanganan dokumen secara digital.

Akseleran dalam angka, start-up Peer to Peer (P2P) Lending di Indonesia

Setelah email akun kamu diverifikasi, maka kamu sudah siap untuk melakukan pendanaan di Akseleran!

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk kamu yang mau mengajukan pinjaman:

  • Usaha sudah berjalan selama minimal 1 tahun
  • Usaha mencetak laba bersih dalam 1 tahun terakhir
  • Memiliki laporan keuangan yang berisi minimal data laba dan rugi
  • Membuat proposal pinjaman
  • Melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan, berupa: dokumen pendirian usaha, rekening koran 3 bulan terakhir, ijin usaha, SIUP, NPWP perusahaan, SKDU, dan salinan KTP pendiri beserta jajaran manajemen.

Buat yang usahanya berdomisili di luar Jabodetabek, Banten, dan Bandung, jumlah pinjaman minimal Rp200 juta.

Nah, dengan persyaratan di atas, para pemberi pinjaman (lender) dana juga nggak usah cemas. UKM yang mengajukan pinjaman di Akseleran sudah terbukti memiliki roda bisnis yang berjalan baik, legal, dan terstruktur.


Langkah-Langkah Melakukan Pendanaan di Akseleran

Untuk bisa menjadi pemberi pinjaman melalui Akseleran, ada beberapa tahap yang harus kamu lewati.

Tahap Pertama: Proses Awal Registrasi

  • Unduh aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) atau Apple Apps Store (iOS) atau bisa juga melalui browser di www.akseleran.co.id
  • Buka aplikasinya, baca lebih lanjut tentang aplikasinya, lalu klik DAFTAR. Begitu pula untuk di browser, klik daftar.
  • Masukkan email dan password, jangan lupa centang persetujuan kebijakan privasi. Baca dulu ya tentang kebijakan privasi ini.
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan kode promo/kode referral. Gunakan kode promo AKSLTEGUH349694 untuk mendapatkan saldo gratis sebesar Rp100.000,00. (Setelah ini, akan ada notifikasi : Selamat Anda mendapatkan saldo promo. Saldo kamu pun akan bertambah Rp100.000,00)
  • Verifikasi akun email kamu dan nomor handphone yang aktif. Di email, klik link yang dikirimkan oleh Akseleran. Kalau di no HP, akan dikirim OTP.
  • Pilih preferensi sebagai Pemberi Pinjaman/LENDER dan tipe perorangan.
Langkah-Langkah Pendanaan di Akseleran

Tahap Kedua: Melengkapi Data Diri

  • Siapkan KTP, NPWP, nomor rekening bank pribadi (nama harus sesuai dengan yang bersangkutan). Pada proses ini, kamu akan diminta foto KTP dan selfie dengan KTP.
  • Menandatangani perjanjian keanggotaan menggunakan PrivyId.
  • Setelah melakukan tanda tangan, akan ada notifikasi bahwa pendaftaran sudah berhasil. Tinggal menunggu proses persetujuan oleh tim Akseleran, baru kamu bisa memberikan pendanaan.

Tahap Ketiga: Tahap Pendanaan

Pada website ataupun aplikasi, klik “Beri Pinjaman”. Di halaman ini muncul kampanye pinjaman yang sedang berlangsung. Ada banyak kategori UKM yang bisa dipilih, diantaranya: hiburan, fashion, transportasi, e-commerce, otomotif, dan sebagainya.

Mulai danai UKM yang kamu mau di Akseleran

Pilih mana UKM yang sesuai kriteria kamu. Ada keterangan lengkapnya di sana mulai dari jumlah pinjaman, tenor, agunan, sampai berapa bagi hasilnya.


Untuk tambah dana, top-up saldo Akseleran dilakukan dengan metode transfer melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking. Masuk ke halaman Transaksi Saya lalu klik tombol kuning Tambah Dana, nanti akan ada informasi detil cara pengisian dana. Sebaliknya, kalo mau Tarik Dana juga bisa dilakukan di halaman Transaksi Saya.

Gimana, tertarik join Akseleran? Jangan lupa masukkan kode referral AKSLTEGUH349694 dan dapatkan saldo Rp100.000,00 untuk mulai memberikan pinjaman!

13 komentar

  1. Menarik ini untuk para pengusaha, mereka bisa memanfaatkan layanan seperti ini. Di masa pandemi memang menguras banya biaya, tenaga, dan pikiran. Semoga adanya layanan seperti ini bisa tersebar informasinya dengan baik. Sehingga orang-orang yang tertarik dapat mengikuti sesuai kebutuhannya

    1. Aku juga harap begitu, mas. Makasih sudah mampir ya.

  2. Wahh, P2P Lending nih jadi salah satu sarana investasi yang menarik, lho! Selain bisa dapet keuntungan yang gede, kita juga bisa bantu banyak UKM. Apalagi di tengah pandemi kayak gini

    1. Betul, kak. Win Win Solution jadinya ๐Ÿ˜€

  3. Sekarang pilihan investasi semakin banyak di Indonesia, salah satunya melalui P2P ini ya, mas ๐Ÿ˜ lumyan juga, bisa pilih yang sesuai dengan profil resiko masing-masing dari kita ๐Ÿ˜„ bagusnya yang fokus ke pembiayaan UKM ini uangnya memang digunakan untuk perputaran ekonomi, jadi nggak hanya untuk kebutuhan konsumtif ๐Ÿ˜ฌ

    By the way, as usual tulisan Mas Nugie selalu detail jadi jelas dibacanya ๐Ÿ˜†

    1. Hae kak. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat mereka yg mau membantu UKM sekaligus mengembangkan keuangan ๐Ÿ˜

      Thank you apresiasinya, mbak

  4. Wahhh sangat berguna banget buat mengembangkan usaha saat lagi ada pandemi seperti ini, sehingga bisa mempertahankan usaha yang sudah dibangun sekian lama.. Semoga bisa segera pulih dan bisa beraktivitas seperti dulu kala.

    1. Amin amin, semoga wabah segera berlalu

  5. Fanny Fristhika Nila · · Balas

    Aku invest sebagai pemberi pinjaman di akseleran dan beberpa P2P yg lain. So far puas sbnrnya Ama akseleran, Krn cepet, user friendly banget. Tapiiii ada 1 yg bikin aku agak sebel. Dana mengendapnya di account hanya bisa 2 HR, dan minimal 10 RB kalo ga diapa2in ato diputer LG ke investasi berikutnya, bakal dibalikin ke rek yg terdaftar. Sbnrnya itu bgus, apalagi perintah dr OJK. Tp masalahnya Kdg2 akukan suka lupa ya kalo ada bunga yg masuk k account akseleranku, dan tiba2 2 hari mengendap, trus lgs mereka balikin ke rek bank. Kepotong fee pula.

    Terlalu kecil sih minimum saldo mengendap yg dibalikin. Soalnya p2p lainnya yg aku pake juga, saldo mengendap 10 Mio baru dibalikin ke rek bank. Jd ga rugi Ama biaya trf. Sekalian banyak. ๐Ÿ˜€

    Moga2 aja sih mereka mau ngubah saldo mengendapnya itu. Krn cm akseleran nih yg begini. 3 p2p yglain ga sekecil itu saldo mengendap yg dibalikin ๐Ÿ˜€

    1. Wih, keren feedback-nya mbak. Aku baru coba jadi belom sedalam itu. Kalo udah lebih settle, mau lebih besar dan lebih sering investasi di situ ah.

    2. Menjawab keluhan itu, fyi selama ini ketika mau top up kita ke rekening VA Permata kan, mbak? Nah, dari Akseleran sedang kerja sama dengan salah satu bank besar.

      Jika sudah ttd dokumen RDL, artinya mbak sudah siap dibuatkan Rekening Dana Lender (RDL) berbentuk Virtual Account di bank ybs.

      Di sini, mbak nantinya tidak akan kena biaya admin karena tidak ada auto withdraw lagi. Virtual Account ini penyimpanan dana sebagai lembaga keuangan sehingga tidak masalah mengendap dana lebih dari 2×24 jam, tapi ini masih tahap proses. Akseleran berharap bisa sepenuhnya lender Akseleran miliki Virtual Account bank X ini pada semester I-2020 ini.

      Selama proses migrasi dari Permata ke bank ini, auto withdraw dilakukan setiap Senin, Rabu, dan Jumat pukul 3 pagi (dini hari). Jadi jika ingin top up dengan tambah saldo yang ada, lakukan sebelum waktu tersebut. Terima kasih

  6. ainunisnaeni · · Balas

    aku belum pernah coba invest di p2p, pengen coba juga nanti suatu saat, invest sekaligus bisa bantu juga ke yang membutuhkan

    1. Betul, layak dicoba!

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap โ€“ yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi lewat travel vlog Indonesia, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan!

Plus Ultra

Stories and photographs from places โ€œfurther beyondโ€.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlinaโ€“ whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: