Menginap 3 Hari 2 Malam di Favehotel Palembang

Awal Maret lalu saat ngapelin Ara untuk yang kedua kalinya di Palembang, gue memilih Favehotel Palembang sebagai tempat bermalam selama 3 hari 2 malam. Beberapa pertimbangannya adalah soal lokasi, harga, fasilitas, dan tampilan. Jadi apakah servis yang gue dapatkan sesuai dengan yang gue harapkan? Okay, I’ll make this quick, let the review begins.

Dari segi lokasi, Favehotel Palembang berada di antara Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (kost Ara deket sini) dan pusat kota Palembang. Alamat persisnya ada di Jalan Jend. Basuki Rahmat no. 1681 Pahlawan, kec. Kemuning, berseberangan dengan ASTON Palembang Hotel & Conference yang notabene sama-sama di bawah manajemen Archipelago International.

Restoran Favehotel Palembang yang bernuansa hijau
Restoran berada di sisi reception area Favehotel Palembang
Reception desk Favehotel Palembang
Seating area di lobi Favehotel Palembang
Sudut instagrammable di lobi Favehotel Palembang (taken by Ara)

Stasiun LRT terdekat dari Favehotel Palembang adalah Stasiun Demang Lebar Daun dan Stasiun Garuda Dempo. Gak deket-deket banget, kalo jalan kaki apalagi dengan cuaca ganas Palembang ya bakal keringetan dan ngos-ngosan. Opsi ternyaman adalah naik LRT sambung ojol, atau sekalian naik ojol aja dari awal.

Baca ulasan selengkapnya soal LRT di: Ulasan dan Panduan LRT Palembang.


Fasilitas Kamar Favehotel Palembang

Yah, gue sih pilih kamar yang paling murah aja, standard room seluas 18 m² yang di sini dinamakan Faveroom. Ada kamar dengan twin bed dan double bed, gue dapet yang twin bed karena memang itu yang gue minta. Kedua ranjang dipisahkan oleh nakas. Gue dikasih kamar di lantai 9 dong, lantai tertinggi kedua, cihuy!

Faveroom (standard room) Favehotel Palembang (taken by Ara)
Pose-pose Nugi di kamar mandi Favehotel Palembang (taken by Ara)
Nyonyah minta foto di depan lift Favehotel Palembang

Fasilitasnya ada working area, coffee & tea maker facilities, hanging corner, safety box, dan slippers. Yang gue suka adalah bantalnya yang tebel, bantal cadangan yang lucuk, dan lampu baca di masing-masing bed. Kopi dan tehnya sih standar, Nescafe dan Lipton.

Gue juga salut karena Favehotel Palembang sudah meniadakan penggunaan botol plastik air mineral. Sebagai gantinya, tamu disediakan 1 tumblr besar untuk mengisi air dan dispenser air minum di tiap lorong. Fitur unik ini pertama kali gue temukan di Dafam Express Jaksa Jakarta, ternyata sudah cukup banyak hotel yang menerapkan fitur ini. Keren!

Favehotel Palembang ramah lingkungan, no more plastic bottle!
Standard room tipe smoking di Favehotel Palembang mendapat alat mandi yang lebih lengkap daripada yang non-smoking

Sementara fasilitas di kamar mandi hanya ada odol, sikat gigi, dan sabun cair multifungsi. Shower-nya tipe yang fixed di dinding, gue suka yang model ini daripada yang harus dipegang terus-terusan. Toiletries buat standard room yang smoking justru lebih lengkap, ada grooming kit dan sisir segala. Harganya memang sedikit lebih mahal. Mungkin karena yang ngerokok itu biasanya cowok, jadi ada grooming kit.


Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam di Favehotel Palembang

Salah satu hal yang gue suka dari Favehotel adalah variasi sarapannya. Untuk kelas bintang 3, menurut gue sarapannya udah lengkap banget, tak terkecuali di Favehotel Palembang. Di pagi pertama, misalnya, ada capcay, ikan fillet, dice potato, rebusan, bubur ayam, bubur kacang merah, salad, buah, puding, pempek ada’an, noodle station, bakso kuah, lontong, roti, croissant, dan sereal. Menu sarapan di pagi kedua hampir sama dengan beberapa pembeda.

Coba deh baca ulasan Favehotel Melawai, sarapannya juga banyak.

Menu sarapan di Favehotel Palembang | nasi dan main course
Menu sarapan di Favehotel Palembang | main course
Sarapan pilihan gue di Favehotel Palembang

Sayangnya nih, ternyata sebagian menu itu adalah makanan yang nggak gue suka, hehe. Croissant-nya nggak ada isinya. Lontongnya nggak ada isian kayak suwiran ayam atau telur. Noodle station menggunakan mie instan, andai dengan mie telur biasa atau mie lainnya akan gue ambil. Rebusan singkong, dice potato, bubur kacang merah, dan noodle station menurut gue tanggung kalo mau dijadikan pengganti nasi. Sementara kalo buat opsi western breakfast, kayaknya juga kurang didukung karena nggak ada spaghetti/pasta, sosis, dsb. Kurang cocok juga sama segmentasinya. Lebih baik diganti dengan kue-kue, gorengan, atau lauk lainnya.

Menu sarapan di Favehotel Palembang | noodle station
Menu sarapan di Favehotel Palembang | croissant dan roti
Menu sarapan di Favehotel Palembang | bubur dan menu pendamping lainnya
Menu sarapan di Favehotel Palembang | makanan-makanan pendamping

Jadi, dari segi rasa gue nggak ada masalah, cuma menurut gue pilihan menunya perlu diperhatikan lagi. Menu sarapan di Favehotel Melawai adalah contoh yang oke, menurut gue.

Tapi, yang gue suka adalah nasinya ada nasi putih dan nasi goreng. Selain kopi, teh, dan jus, juga ada jamu! Tapi entah kenapa botol jamunya panas, padahal gue biasa minum jamu dalam kondisi dingin. Menurut gue nggak perlu dipanasin, karena jadi susah juga nuanginnya.

Menu sarapan di Favehotel Palembang | sereal
Menu sarapan di Favehotel Palembang | jus, kopi, teh, dan jamu
Menu sarapan di Favehotel Palembang | puding

Selain sarapan, gue juga menikmati makan siang dan makan malam di Favehotel Palembang. Karena gue nginep di hari Jumat – Minggu, jadi kebagian buffet lunch & dinner, yay! Bisa dibilang menu prasmanannya adalah menu sarapan versi sederhana. Ada lauk pauk nusantara, menu pendamping, makanan penutup, ramesan, dan minuman.

Buffet lunch/dinner di Favehotel Palembang
Tetap ada menu pendamping saat makan siang/malam di Favehotel Palembang
Buffet lunch/dinner di Favehotel Palembang

Gue nggak tau kenapa disebut ramesan, tapi isinya adalah nasi goreng, ayam goreng, dan beberapa gorengan seperti tempe yang disajikan dalam satu loyang besar. Beberapa menu pendampingnya adalah puding, es buah, dan bubur.

Ramesan saat makan siang/malam di Favehotel Palembang
Makan malam di Favehotel Palembang
Pokoknya selalu kenyang deh di Favehotel Palembang

Karena Jumat malam nggak ada buffet dinner (apa gue yang kemaleman ya?), gue pesen menu a la carte berupa ayam goreng lengkap dengan tahu, tempe, dan sambel bawang.


Fasilitas Hotel Favehotel Palembang

Favehotel Palembang memiliki lobi luas yang dilengkapi dengan seating area dan titik berfoto, seperti telephone box ala Inggris itu. Yang perlu diapresiasi adalah kehadiran area bermain anak di lobi. Selain lobi, fasilitas lainnya adalah kolam renang, gym / fitness center, spa & massage, dan ruang-ruang pertemuan.

Kolam renang di Favehotel Palembang (taken by Ara)
Area duduk di sisi kolam renang Favehotel Palembang
Fasilitas pendukung kolam renang di Favehotel Palembang
Gym / fitness center di Favehotel Palembang
Room service (makan malam a la carte) di Favehotel Palembang

Walaupun kolamnya nggak luas, tapi ada meja-kursi dan kamar mandi dengan fasilitas lengkap (wastafel, shower room, toilet). Alat olahraga yang ada di ruang gym hanya treadmill dan sepeda statis kalo nggak salah, semoga sekarang udah nambah.


Kamar Lainnya di Favehotel Palembang

Selain standard room atau Faveroom, kamu juga bisa memilih Freshroom dan Fabroom yang lebih luas, lebih instagrammable, dan fasilitasnya lebih lengkap.

Kamar Freshroom di Favehotel Palembang
Kamar Freshroom dan Fabroom di Favehotel Palembang

Freshroom misalnya, hadir dengan luas 28 m², bangku panjang (atau itu meja setrika?), pengering rambut, sajadah, alat mandi lengkap, dan ruang penyimpanan yang lega. Fabroom lebih asoy lagi. Kamar seluas 36 m² ini dilengkapi dengan minibar, dining room, pantry, dan bahkan complimentary snacks.


Kesimpulan Menginap di Favehotel Palembang

Favehotel adalah salah satu jaringan hotel bintang 3 favorit gue, dan Favehotel Palembang adalah unit ke-3 yang gue inapi setelah Favehotel Melawai Jakarta dan Favehotel Pasir Kaliki Bandung. Harganya terjangkau, start from kisaran Rp300.000an, tapi servisnya cukup memuaskan―kerapihan, kebersihan, sarapan. Tampilannya memang bukan yang paling instagrammable, tapi juga nggak yang rumahan banget. Beberapa hotel bintang 3 punya tampilan kayak kamar kost soalnya.

Nyaman di dalam kamar Favehotel Palembang (taken by Ara)
Thank you for your service, Favehotel Palembang

Favehotel selalu menempati lokasi-lokasi strategis. Di Bandung, Favehotel ada di Pasir Kaliki (deket Stasiun Bandung), Braga (kawasan wisata heritage), dan Cihampelas (kawasan wisata belanja dan gaya hidup). Favehotel Palembang, meski nggak yang deket Jembatan Ampera banget, tapi aksesnya enak ke mana-mana. Jadi, monggo jadikan Favehotel Palembang sebagai pilihan menginap nyaman di bumi Sriwijaya ini.

13 komentar

  1. Aku beberapa kali kalau lagi dolan sendirian menginap di hotel-hotel seperti ini mas.
    Lebih nyaman rasanya ahhahahahah. Fave Hotel itu banyak banget di kota-kota kecil sekalipun

    1. Yup betul mas. Unitnya memang ada banyak.

  2. Kamarnya enak banget, deh. Bahkan ada bantal pink itu. Jarang nemu hotel yang nyediain bantal lucu begitu. Dan itu enak banget Kak, disediakan dispenser air dan kita tinggal refill sendiri. Selain meniadakan botol plastik, kita juga bisa minum air putih lebih banyak biar tetap terhidrasi. 🙂

    1. Nah, bantal pink itu salah satu ciri khas Favehotel kak. Ucul ya 🙂

      1. bangeett! bisa dijadiin properti buat foto juga biar gak bosen sama bantal biasa terus hihi

  3. Eheem foto pembukanya so cuteee 😍

    By the way, baru kali ini saya tau ada hotel kasih sarapan Pempek Adaan hahaha, mungkin saya kalau menginap di sana akan puas banget makan Adaan secara itu jenis Pempek yang paling saya suka 😂 terus saya jadi penasaran itu yang di leher mas Nugie apa kah? Masker ya? Unik bentukannya 😁

    1. Ehehe.

      Iya mbak, itu masker kain motif batik, buat naik motor. Bisa puas makan adaan nih di Favehotel Palembang 🙂

  4. Fanny Fristhika Nila · · Balas

    Aku sekali stay di Favehotel, pas di Makasar. Malah waktu aku kesana, face Makassar itu tulisannya hanya bintang 2. Dan utk hotel bintang segitu, cukup salut sih Krn ada pool dan makanan sarapannya lumayan banyak. Walopun nasi dan lauk pauk. Juga ada teh , kopi dan juice.

    Biasanya hotel bintang 2 mana ada pool..

    Jd sepertinya kalo untuk stay lagi di fave ini, aku sih masih mau banget, apalagi ajakin anak2 ga bakal bosen mereka Krn bisa berenang 😀

    1. Yes, mbak. Sebagian besar Fave ada kolam renang meski nggak gede. Worth the price banget.

  5. ainunisnaeni · · Balas

    pilihan menu makannya sebenernya oke ya, meskipun ada beberapa kekurangan.
    stay di hotel 3 hari kayaknya juga nggak masalah, kalo dari segi rasa juga masih bisa diterima lidah
    mayan banget ada pajangan telepon box gitu, bisa buat foto ala-ala

    1. Udah cukup kok buat akomodasi yang nyaman di Palembang

  6. […] Hotel ASTON Pasteur ya nggak jelek juga, harganya masih oke, lokasinya juga strategis, cuma servis dan furniturnya nggak sesuai ekspektasi gue aja. Selama ini gue selalu puas dengan hotel-hotel Archipelago International seperti Favehotel dan Nomad Hostel Kemang (yang sekarang kayaknya udah ganti nama). Favehotel itu buat gue one of the best 3-star hotels in Indonesia! Fasilitas dan servisnya value for money banget, lalu lokasinya selalu sangat strategis. Klik untuk membaca ulasan gue tentang Favehotel Melawai dan Favehotel Palembang. […]

  7. […] di Jl. Jend. Basuki Rachmat no. 189, kec. Kemuning, Palembang. Gedungnya menjulang di seberang Favehotel Palembang yang gue sambangi tahun 2020 […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu