7 Aplikasi/Platform Traveling Buat Siapin Perjalanan versi thetravelearn

Sebagai seorang pejalan mandiri yang juga melek internet, aplikasi dari online travel agent (OTA) adalah salah satu tool yang gue berdayakan untuk menyiapkan perjalanan-perjalanan gue. Gue nggak akan share OTA-OTA populer kayak Traveloka di sini. Aplikasi atau website yang gue mau bagikan di sini mungkin masih belum familiar buat sebagian dari kalian, tapi gue yakin yang savvy traveler kayak gue pasti udah pada tau.

Buat gue, mempersiapkan semua keperluan perjalanan gue adalah sebuah kesenangan tersendiri. Dari pesen tiket pesawat, hotel, tiket wisata, itinerary, dan keperluan lainnya. Dasarnya emang seneng jalan, setiap persiapan gue jalani dengan hati gembira, sama sekali nggak terasa merepotkan. Gue justru semakin antusias!


KKDay, Beli Tiket Wisata dan Transportasi Online

Nama KKDay mungkin masih asing didengar, tapi kalo Klook? Nah, sebagian pasti udah tau. Sama seperti Klook, KKDay menyediakan beragam keperluan perjalanan dari tiket wisata, kartu transportasi, paket tur atau open trip, sewa kendaraan, dsb. Terus pilih KKDay atau Klook? Biar fair, kamu buka aja dua-duanya dan bandingkan harga dan benefit masing-masing.

KKDay ini gue pake buat trip gue ke Hong Kong dan Macau tahun 2019 lalu. Gue beli Octopus Card, MTR Travel Pass + Airport Express, sewa modem wifi, dan tiket PP Crystal Cable Car Ngong Ping 360 di KKDay. Sama sekali nggak ada masalah, semua berjalan lancar.

Cerita dan ulasan selengkapnya, langsung klik aja di masing-masing link di atas.


12Go.Asia dan Bookaway

Dua OTA ini gue satukan karena sama-sama penyedia transportasi yang bisa dipesan online. Ada bus, kereta api, van/shuttle/mobil, dan kapal ferry. Untuk sekarang jangkauan keduanya juga masih sama-sama Asia, khususnya Asia Tenggara. Terus pilih yang mana? Compare aja, lihat mana yang menawarkan harga lebih murah atau jadwal yang sesuai sama keinginan kamu.

Klik Bookaway dan klik 12Go.asia buat memesan atau survey transportasi antarkota antarnegara yang kamu mau.

Untuk pengalaman perjalanan lintas negara gue, bisa baca cerita gue naik kereta dari KL ke Singapura, naik bus dari Singapura ke Penang via KL, naik kereta dari Bangkok ke Siem Reap, dan naik bus dari Macau ke Hong Kong. Kamu juga mungkin tertarik baca cerita perjalanan gue naik China High Speed Railway di Hainan dari Haikou ke Sanya dan sebaliknya.


JavaMifi, Penyedia Modem Wifi dan SIM Card Internasional

Tahun-tahun pertama traveling, gue nggak pernah beli sim card lokal, beli paket roaming, atau sewa modem wifi (mifi). Gue membiarkan diri gue terhilang di tanah orang dan hanya mengandalkan wifi gratis di penginapan. Kalo cari alamat? Antara tanya orang atau gunakan peta yang udah gue print di kertas. Kenapa nggak mau pake internet? Buat menekan biaya, hehe.

Sampai akhirnya di tahun 2016, gue harus beli sim card lokal karena harus jaga komunikasi sama travelmate. Eh ternyata sangat membantu, ya! Selain buat buka Google Maps, gue juga bisa cari rekomendasi tempat makan di Foursquare. Saat terjebak dalam momen menunggu atau lagi istirahat, gue bisa bersantai dengan buka-buka chat atau medsos. Gue juga jadi hemat kertas karena bukti pemesanan hotel dan pesawat cukup ditunjukkan dari handphone.

Setelah beberapa kali beli sim card lokal, rasanya kok repot ya harus bongkar-pasang hape, harus gonta-ganti sim card, dan harus nunggu di konter buat aktivasi nomor. Pernah coba beli paket roaming dari provider hape gue, tapi somehow gagal di negara tujuan. Akhirnya gue melirik portable wifi, lebih tepatnya JavaMifi.

Paket Javamifi sudah termasuk kabel charger, adapter, dan buku petunjuk
Kemasan modem wifi Javamifi yang elegan

Ternyata praktis, hehe. Gak usah bongkar-pasang hape atau gonta-ganti sim card, bisa dianter atau diambil di bandara, sampe bandara tujuan bisa langsung cuuusss naik kereta atau bus. Karena bisa dipake buat beberapa gadget sekaligus, jadinya lebih hemat. Cocok buat group traveling, tapi buat sendiri pun ongkosnya masih oke.


WATERFLY dan ReadyProSupply

Dua platform ini gue satukan karena sama-sama penyedia tas online, hehe. Bedanya, Waterfly adalah toko online yang hanya menjual produknya, sementara ReadyProSupply menjual beberapa brand tas.

Waterfly menjual beberapa tas seperti backpack/carrier, daypack/bodypack, sling bag, fanny pack atau waist bag, dan bike bag. Gue sendiri punya satu 3 in 1 waterproof backpack Waterfly berkapasitas 32 L dan satu sport waist bag. Model tas ranselnya cukup beragam. Ada yang carrier gagah buat naik gunung, daypack kasual buat sehari-hari, sama daypack yang kekinian buat nongkrong. Kalo gak salah, Waterfly ini diproduksi di Jerman tapi barang dikirim dari Shenzhen, Tiongkok.

Nah, kalo di ReadyProSupply ada lebih banyak produk. Bahkan ada tas kamera, drone bag, gym bag, smart band, Bluetooth headphone, dan travel/outdoor gear lainnya. You’ll love it, Folks! Jadi biar belum bisa traveling, minimal kita bisa belanja-belanja kebutuhan travel dulu. Lumayan buat konten review/unboxing atau video parodi pura-pura traveling.

Ada promo menarik dari gue buat kamu yang belanja di ReadyProSupply dengan link di atas, atau klik: https://lddy.no/cmdj

Dapatkan diskon 15% untuk sign-up dan pembelian pertama dengan kode READYPROAF15. Untuk pembelian selanjutnya, masukkan kode READYPROAF5 dan nikmati diskon 5% tak terbatas!


Booking.com

OTA yang satu ini mungkin memang udah diketahui banyak orang, tapi tetep gue masukkan di sini karena ini adalah andalan gue banget buat pesen hotel/hostel di luar negeri dan browsing hotel di dalam negeri (meski kemudian pesennya tetep di OTA dalam negeri). Alasannya adalah:

  • Gue sukak banget user interface-nya! Tampilan Booking.com ini enak banget, dari layout, font, foto-foto, kolom pencarian, fitur-fiturnya, dsb.
  • Harga jujur. Nggak kayak Agoda, harga yang ditampilkan di Booking.com adalah harga final yang nggak akan berubah sampai tahap pembayaran. Di Agoda, harga yang ditampilkan di halaman pencarian adalah harga yang belum ditambah pajak dan biaya adminitrasi.
  • Pilihan hotel/hostel yang lebih banyak di luar negeri, walaupun OTA dalam negeri kita juga udah mulai bekerjasama dengan akomodasi luar negeri sekarang.

Kamu suka pake Booking.com juga?

Nyaman menggunakan kamar mandi All Sedayu Hotel Kelapa Gading

Kalo kamu, OTA atau aplikasi travel apa aja yang kamu biasa pake buat mempersiapkan perjalanan kamu?

30 komentar

  1. Hi, just came across this blog & you’ve got interesting articles in here! Menarik dan foto2nya juga suka banget tonenya. Hi from a new follower!

    1. Hi, Adna. Glad to have you here! Salam kenal ya, semoga tulisan-tulisanku bisa menjadi hiburan atau nambah insight 😁

      1. Surely does! Feel free to check out some of my posts too! (Meskipun mostly isinya personal opinion atau travel reviews yang nggak nambah insight kayak gini ahaha.)

      2. I will. I believe every traveler’s story has an insight.

  2. Belum ada yang pernah aku cobain. Haha. Next mau coba ahh…

    1. Serius kak? Cobain ya pankapan hehe

  3. Hai hai mas Nugie πŸ˜€

    Kalau saya beberapa aplikasi yang paling sering dibuka saat mempersiapkan perjalanan itu, AIRASIA BIG (ini kayaknya selalu yang pertama ehehe), lalu Skyscanner buat cari tiket yang nggak ada di Airasia, baru habis itu Bookingcom / Airbnb (cuma dua ini saja kalau urusan akomodasi) — dan Klook khusus buat cari tiket atraksi πŸ˜€ cuma itu di folder hape saya related to travel.

    Cuma baru-baru ini, saya menambahkan aplikasi Safe Travel-nya Kemenlu, lumayan banget membantu untuk check lokasi yang ingin dituju πŸ˜€ buat tau informasi terupdate-nya dan kalau ada apa-apa jadi paham harus ke mana dan bagaimana πŸ˜† ehehe. Terus saya jadi penasaran mau coba Java Mifi tapi nggak tau di Bali ada apa nggak, sepertinya nggak pernah lihat counter-nya πŸ™ˆ alhasil setiap kali pergi abroad, saya mau nggak mau beli roaming atau simcard lokal πŸ˜‚

    1. Halo, mbak. Selain Javamifi, ada banyak sih provider modem wifi di Indonesia. Passpod, Iziroam, terus apa lagi gitu.

      Terkait sikon kayak gini emang penting banget ya install SafeTravel.

      1. Iya saya pernah dengan Passpod juga, tapi kurang tau ada yang bisa diambil di Ngurah Rai atau cuma lewat CGK πŸ™ˆ kurang update saya mas soal mifi hihi ~ nanti saya ceki-ceki lagi info dari mas Nugie 😁 eniho, app Safetravel lumayan informatif, kaget juga karena Indo punya app selengkap itu πŸ˜† semoga si Coro cepat hilang ya mas, biar bisa utak-atik apps travel lagi dan susun rencana perjalanan 😍

      2. Amin amin. Iya nih, udah gak sabar siapin perjalanan 😁

  4. Fanny Fristhika Nila · · Balas

    Ready pro supply aku mau ceki2 ah ntr :p. Kali aja Nemu travel gear lucuuk :D.

    Aku jg paling suka pesen hotel dari booking.com :D. Yg pertama memang user friendly banget, tapi alasan utama, karena kalo pesennya pake Shopback, itu gede bangetttttt cash backnyaaaa hahahahaha… Aku berkali2 pesen dari booking.com tp masuknya melalui shopback, dan itu cahbacknya pernah sampe 500 RB :D. Lumayan bangettttt.

    Kalo tiket wisata selama ini aku klook sih, ntr deh mau coba bandingin Ama kkday.

    1. Woh, aku pernah promosiin ShopBack tapi malah lupa terus mau pake πŸ˜‚

      Belakangan sebelum Corona masuk dari AirAsiaBIG, supaya bisa dapet BIG Points :))

  5. tahun lalu ke Vietnam – Kamboja, saya pakai semua KKDay, Klook, 12Go.asia, Booking.com, Traveloka; tergantung aplikasi mana yang menawarkan tarif lebih murah πŸ™‚

    1. Harga adalah kunci ya 😁

      1. betulll sekali

  6. ku hanya pernah pake booking.com πŸ˜€ ,, itu pun jarang karena lebih sering pake si burung biru langsing .. ehehe..

    -traveler paruh waktu

    1. Nanti kalo udah eksplor ASEAN baru deh ngerasain enaknya Booking.com 😁

      1. wah noted!! tapi kapan pandemi berakhir iniiiii T_T

      2. Insyaallah akhir tahun dikalahkan

  7. No 1 & 2 belum pernah gue cobain. Javamifi udah dua kali nyobain. Kalo booking.com enak banget pas lagi kerjasama sama shopback, ngasih cashbacknya lumayan gede si booking.com jadi cuan lumayan. πŸ˜€

    1. Hae, sobat JavaMifi, hehe. Ah, aku ketinggalan promo sama Shopback ini :((

  8. Aplikasi makin banyak zaman skrg, tapi mmg makin asyik buat kitanya, jadi banyak perbandingan dan bisa banding2in harga… kalo telaten… πŸ™‚

    Java Mifi itu pakai aplikasi juga untuk mengaktifkannya, Mas?

    1. Sama sekali nggak, mas. JavaMifi tinggal hidupkan aja tombol power-nya dan internet bisa dinikmati.

  9. Sepertinya banyak yg menggunakan Airbnb mas, ini dari beberapa kawan yang sering kujumpai, sih untuk pemesanan kamar. Yang paling menarik itu javamifi, sekarang orang tergantung dengan internet. Jadi sangat mempermudah

    1. Bener mas. Tapi AirBnB cocoknya kalo group, hehe. Modem wifi kayak Javamifi memang membantu banget!

  10. Dari sekian banyak OTA yang kamu saranin, aku baru pake booking.com aja. Hahaha. Itu pun kalo cari penginapan selalu compare dengan OTA yang lain.

    Kalo Javamifi rencananya mau kupake tahun ini, eh la kok pandemic di berbagai belahan dunia. Yawes,, travelling virtual dulu lah.

    1. Hahaha traveling virtual biar ndak stres

  11. Ya ampun..dari daftar di atas, yang familiar sama saya cuma Booking dot com. Wkwkwk. Padahal pas baca judulnya tadi nebaknya aplikasi yang saya kenal semua.

    1. Hehe berarti aku berhasil memperkenalkan aplikasi-aplikasi baru

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Ulasan tempat, catatan perjalanan, dan daily blog

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Jalan-Jalan Terus!

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi lewat travel vlog Indonesia, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan!

Plus Ultra

Stories and photographs from places β€œfurther beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: