[#SUPERTRIP 3] Berdebar-Debar Naik Crystal Cable Car Ngong Ping 360 di Hong Kong

Dalam tulisan kali ini, gue akan menceritakan pengalaman gue naik crystal cable car Ngong Ping 360 menuju Tian Tan Buddha (The Big Buddha) dan kembali lagi ke Stasiun MTR Tung Chung. Tadinya mau ibadah (kebaktian) di GBI Mong Kok jam 2 siang. Tapi karena ada suatu halangan, jadwal ibadah ini jadi nggak terlaksana. Apa kira-kira hayo “halangan” yang gue maksud? Baca cerita perjalanan ini sampai habis!

Di hari terakhir di Hong Kong itu, gue sarapan lagi di Toast Box JD Mall. Daripada untung-untungan nyari tempat lain, yekan. Jadi setelah selesai mandi, packing, dan menitipkan backpack di ruang kecil belakang resepsionis, gue segera meluncur ke Toast Box JD Mall. Outfit gue hari itu sedikit berbeda. Karena capek tiap hari pake celana panjang, hari itu gue mencoba merilekskan otot-otot pinggang dengan celana pendek badminton, haha. Tapi untuk jaga-jaga, celana jins panjang gue bawa di dalam tas daypack WATERFLY.

Baca cerita sebelumnya: Serunya Naik Kapal, Bus, Tram, dan Mid-Levels Escalator di Hong Kong

My breakfast again at Toast Box JD Mall

Kali itu gue memilih paket roti seharga 38 HKD. Gue lupa apa nama paket dan rotinya euy, semacam bun gitu. Seperti biasa, disajikan dengan telor ceplok dan kopi. Kalo dibandingkan menu yang gue pesen sebelumnya, emang terkesan agak mahal sih. Tinggal nambah 2 HKD, gue udah bisa dapet sup makaroni yang porsinya porsi kuli orang India. Tapi gapapa, pagi itu gue lagi pengen makan roti, dan harga di bawah 40 HKD buat sarapan masih termasuk murah di Hong Kong.

Kopi tandas, perut kenyang, saatnya berpetualang!


Perjalanan Menuju Stasiun Cable Car Ngong Ping 360

Perjalanan menuju stasiun kereta gantung Ngong Ping 360 memakan waktu yang cukup lama dan jarak yang cukup jauh. Dari Stasiun MTR Jordan, gue naik MTR Tsuen Wan Line (jalur merah) sampe Central, lalu ganti dengan Tung Chung Line (jalur coklat) sampe di stasiun terakhir, Stasiun MTR Tung Chung. Video perjalanannya secara lengkap dapat disimak di video berikut. Uncut!

Gue kira begitu nyampe Tung Chung, stasiun kereta gantungnya udah terintegrasi. Tapi ternyata enggak.

Dari Stasiun Tung Chung, gue masih harus berjalan beberapa puluh meter sampe tiba di sebuah jembatan pejalan kaki. Naik jembatan itu, maka sampailah gue di stasiun kereta gantung Ngong Ping. Nggak usah takut bingung atau nyasar, persis di depan Stasiun Tung Chung, ada peta berukuran besar yang jelas banget menunjukkan rute ke stasiun kereta gantung Ngong Ping.

Ulasan tentang MTR selengkapnya bisa dibaca di: Memahami Transportasi Umum di Hong Kong

Namun gue sesaat terhenyak begitu gue keluar dari bawah tanah dan kembali ke permukaan. Hujan gerimis dong!

Gue bergeming selama beberapa detik. Menimbang-nimbang apakah gue tunggu hujan reda, atau nekad tetap ke kereta gantung. Pengalaman salah satu temen gereja gue terngiang-ngiang di dalam kepala. Dia gagal naik cable car gara-gara thunderstorm warning tingkat tinggi yang membuat cable car bener-bener nggak bisa beroperasi. Dari semalem, gue udah berdoa kenceng-kenceng supaya diberikan cuaca terbaik hari ini. Ini adalah hari terakhir gue di Hong Kong, jadi kalo sampe batal naik cable car hari ini, entah kapan lagi gue bisa mencoba.

Akhirnya gue putuskan buat mencoba peruntungan. Gue berlari-lari kecil menerabas gerimis sampai tiba di stasiun kereta gantung Ngong Ping 360. Ada payung dan jas hujan sih, tapi males aja keluarin cuma buat basah-basahan bentar. Dasar cowok, wkwkwk.

Di ujung jembatan penyeberangan, persis sebelum masuk konter-konter tiket, udah ada 2 orang petugas muda berseragam yang menyambut dan membantu mengarahkan. Tiket kereta gantung Crystal Cable Car Ngong Ping 360 pulang-pergi udah gue beli di KKday. Jadi begitu sampe di depan loket, gue tinggal menunjukkan bukti pembelian di handphone, and the officer will do the rest. Nggak perlu ribet bawa-bawa kertas, tsay! Petugasnya lalu ngasih 1 kertas tiket, 1 gelang kertas, dan brosur wisata Lantau Island.

Baca ceritanya di: Mempersiapkan Solo Traveling 4 Hari 3 Malam di Macau dan Hong Kong

My crystal cable car ngong ping 360 ticket

Buat yang mau berbelanja keperluan travel kamu juga di KKday, gunakan kode kupon eksklusif dari gue buat kamu di atas. Berlaku sampai 31 Desember 2019 buat semua produk  dan negara tanpa minimum pembelian!

Suasana loket masih sepi banget saat itu, gue nggak perlu ngantri buat dapet tiket. Maklum, baru sekitar jam 9 pagi, cuma beberapa menit setelah kereta gantung Ngong Ping 360 mulai beroperasi. Gue sengaja berangkat pagi biar nggak banyak saingan. Obyek wisata mainstream kayak gini pasti bakal dipenuhi manusia kalo kesiangan dikit aja.

Cuaca masih gerimis, namun kereta gantung masih tetap beroperasi. Puji Tuhan, nggak suspended atau delayed.

Tapi rupanya gue terlalu cepat merasa lega.

Seorang petugas cowok menghampiri sepasang pengunjung di depan gue. Kata-katanya nggak bisa seluruhnya gue tangkep, tapi intinya adalah, “You may wait here or come back here in the afternoon.”

Nah loh, apaan tuh? Uhuy!

Petugas cowok itu mendekati gue juga. Bukan, bukan mendekati buat macarin gue dan bilang “I love you” karena pasti bakal gue tolak. Tapi buat bilang, “Kak, monmaap neh. Kereta gantungnya terpaksa nggak jalan dulu karena ada peringatan hujan badai. Mas bisa nunggu di sini sampe tua, atau bisa keluar dulu terus kemari lagi.”

“Kira-kira berapa lama, kang?” tanya gue.

“Waduh nggak tau, mas. Coba ngana tanya sama Tuhan.”

“Ya udah, saya coba tunggu di sini dulu ya,” sahut gue tenang, menyembunyikan kecemasan yang bertunas di dalam hati.

Bad weather delayed my cable car ride in Hong Kong

Satu menit, 2 menit, 3 menit berlalu, dan hujan malah turun semakin deras. Kereta-kereta gantung bergeming di awang-awang. Ya udah, gue keluar dari stasiun kereta gantung dan jalan kaki menuju Citygate Outlets. Pada akhirnya, gue berhasil juga naik kereta gantung itu sekitar 3 jam kemudian. Tapi sebelum itu, gue harus mengusir bosan dulu di Citygate Outlets, Futung Plaza, dan Urban City Diner. Kalo kamu mampir artikel ini untuk mencari informasi soal Ngong Ping 360 Cable Car, kamu bisa skip bagian ini.


Membunuh Waktu di Citygate Outlets Mall

Citygate Outlets adalah sebuah mall yang berada persis di samping Stasiun Tung Chung. Belum siang-siang amat, tapi gue berniat nyari makan atau minimal tempat nongkrong sambil menunggu cuaca membaik dan kereta gantung Ngong Ping 360 kembali beroperasi. Gue udah muter-muter mall Citygate Outlets itu, naik turun eskalator, tapi tempat makannya minim banget. Outlet yang menonjol di sini adalah toko-toko baju dan apparel bermerek. Tapi nggak sia-sia banget sih mampir ke Citygate Outlets. Gue bisa boker dan nemu satu sudut cantik di ujung gedung, menuju pintu masuk hotel.

Gue lalu ketemu sebuah jembatan pejalan kaki yang gue pikir adalah akses ke Stasiun Tung Chung. Ternyata itu adalah akses ke sebuah mall lokal lainnya bernama Futung Plaza, hehe. Hal menarik yang pertama gue temukan di Futung Plaza adalah sebuah aula bundar berundak yang saat itu sedang diramaikan oleh sebuah diskon baju. Mbak-mbak TKW duduk-duduk di sekeliling aula itu.

Turun ke bawah, ada beberapa opsi tempat makan dengan menu yang lebih beragam dan harga yang lebih murah daripada di Citygate Outlets tadi. Tapi semuanya penuh, euy. Gue coba masuk ke stasiun lagi (akhirnya ketemu jalan ke situ) juga nggak ada tempat makan. Ada beberapa, tapi nggak ada kursi, sementara hujan masih cukup deras. Sudut mata gue lalu menangkap keberadaan sebuah cafe bernama Urban City Diner. Yowis, mau nggak mau gue ke situ aja.


Terpaksa Makan Siang Mahal di Urban City Diner

Nama Urban City Diner ini udah nggak asing lagi di mata gue, karena sering disebut di artikel-artikel kuliner Hong Kong yang gue baca. Ada outdoor dan indoor seating area. Gue langsung melangkah ke dalam. Desain interior Urban City Diner ini seperti desain-desain cafe atau coffee shop menengah ke atas di Bandung.

Saat gue lagi nyari-nyari kursi kosong buat duduk, seorang staff cewek nyamperin gue dan meminta gue buat ambil nomor antrian terus nunggu di deket-deket situ. Orangnya ramah banget, meminta dengan senyuman, dan bahasa Inggrisnya juara! Setelah gue melakukan yang diminta, seorang waitress lain menghampiri gue, memeriksa nomor antrian, lalu nganter gue ke kursi yang udah diatur. Mau makan aja udah kayak mau berobat di puskesmas yak.

Gue buka-buka buku menu yang disodorkan, dan… Hm, harganya mahal bok! Kalo mau makan berat, harus keluar duit di atas 100 HKD biar leluasa pilih menu. Belom harga kopi dan menu minuman lainnya yang rata-rata 30 HKD. Puji Tuhan tadi pagi gue nggak jadi sarapan di situ sesuai itinerary awal. Akhirnya gue cuma beli 1 potong mango cake dan hot black coffee dengan total harga 73 HKD karena ada tambahan buat pajak dan servis. Ukuran cake-nya cukup besar, jadi gue tetep kenyang.

Mango Cake, Urban City Diner Hong Kong
Hot black coffee, Urban City Diner Hong Kong

Nah, kondisi-kondisi kayak gini ‘nih yang harus selalu kita siapin saat traveling. Kita boleh atur anggaran seirit mungkin, tapi kita harus selalu siap dengan pengeluaran-pengeluaran nggak terduga kayak gue di situ. Terpaksa makan mahal, atau bisa juga karena nyasar, atau ada biaya tambahan hotel yang nggak tertera di situs pemesanan. Jadi, jangan traveling ke luar negeri kalo kamu nggak siap dengan pengeluaran-pengeluaran nggak terduga kayak gini, daripada malah nanti kamu rewel sendiri.

Setelah duduk-duduk sekian puluh menit sambil kerja dan hujan di luar udah reda, gue lalu keluar dan berjalan menuju stasiun kereta gantung lagi. Tapi baru juga naik jembatan penyeberangan, eh udah ngantri aja dooong! Berarti udah lumayan lama dibuka lagi ‘nih kereta gantungnya. Saat itu sekitar jam 1 siang.

Gue berpikir gue nggak seharusnya ikutan ngantri kayak gini karena gue udah punya tiketnya dan bahkan saat itu gelang kertasnya nggak gue lepas. Maka setelah beberapa menit terjebak antrian dan pas ada satu petugas cowok, gue kasih tau kondisi gue ke dia bahwa gue jomblo udah punya tiketnya, tadi nggak jadi naik karena keburu ada peringatan thunderstorm. Dia akhirnya membuka tali pembatas antrian biar gue bisa lanjut jalan sampe area keberangkatan di atas. Puji Tuhaaannn. Gue melenggang penuh kejayaan meninggalkan antrian yang mengular sambil berkata dalam hati, “Baibai, rakyat jelata.”


Serunya Naik Crystal Cable Car Ngong Ping 360

Persis sebelum masuk area pembelian tiket, ada petugas yang memastikan bahwa tiketnya belum gue gunakan. Tapi setelah gue jawab belum, dia percaya dan proses pun nggak dipersulit. Nggak lama kemudian, gue udah bergabung dengan antrian masuk cable car. Antrian buat crystal cable car dan cable car biasa berbeda, lalu ada lagi lajur khusus buat grup tur. Kebijakan yang bagus, biar rombongan tur itu nggak merusak kedamaian para pengunjung yang lain.

Kalo nggak salah, kapasitas maksimal Ngong Ping 360 Cable Car adalah 6 orang, tapi kadang juga cuma diisi 3-4 orang aja. Ada petugas yang mengatur pengunjung buat masuk kereta. Kadang dia nyari solo traveler, atau duo traveler, buat mengisi kereta. Jadi antrian masuk keretanya nggak harus bener-bener urut sesuai barisan ya. Misal petugasnya butuh 1 orang lagi dan orang di depan kamu pergi berkelompok, kamu langsung masuk aja gapapa. Gue sempet lengah masalah ini, akhirnya cewek bule di belakang gue langsung maju ke depan masuk ke dalam kereta.

Gue masuk ke dalam kereta bareng dua noona dari Korea dan dua atau 3 orang lainnya. Salah satunya duduk di samping gue, karena noona satunya suka foto-foto temennya gitu. Di stasiun kereta gantung ada petugas yang bertugas untuk mengambil foto para pengunjung yang datang berkelompok. Karena gue sama noona itu duduk bersebelahan, dia nanya kepada kami, “Are you two together?” Yang kami jawab, “No,” sambil tertawa kecil. Tapi di dalam hati gue ngomong, “Pengennya gitu sih.”

Let the cable car ride begins!
Hong Kong International Airport seen from the Ngong Ping Cable Car

Kereta gantung berderak perlahan meninggalkan peron, sampai akhirnya kami melayang di atas tanah. Nggak lama kemudian, kami menikmati pemandangan Bandara Internasional Hong Kong dari kejauhan. Lokasi Stasiun Tung Chung memang udah deket sama bandara. Jadi dari dalam kereta, kita bisa dengan jelas mengamati aktivitas bandara.

Kereta gantung terus berderak. Melalui lautan di bawah sana, melalui perbukitan hijau, melalui lembah-lembah subur. Dari balik jendela kaca kereta yang masih basah oleh butir-butir air, gue dibuat terkesima dengan lapisan kabut yang menyelimuti perbukitan dan pulau-pulau di bawahnya. Salah satu dari noona itu, yang selalu jadi obyek foto temennya, gue minta tolong buat fotoin gue.

Hana dul set!” serunya memberi aba-aba. Untung gue paham apa itu artinya, thanks to my K-pop addiction.

Shot by the noona

Pemandangan berganti. Kali ini gue bisa melihat jembatan Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge (HZMB) yang meliuk-liuk di atas lautan, menghubungkan ketiga pusat peradaban di Greater Bay Area. Melalui jembatan itulah gue menyeberang dari Macau ke Hong Kong. Ceritanya bisa dibaca di: Perjalanan Naik Bus dari Macau ke Hong Kong via HZMB

Gue takut ketinggian, dan ini adalah pertama kalinya gue naik sebuah kereta gantung berlantai transparan. Kereta gantung sebelumnya yang pernah gue naiki cuma Genting Skyway di Malaysia. Menit-menit pertama, gue baik-baik aja di dalam crystal cable car itu. Tapi lalu ada momen di mana kereta melayang-layang sangat tinggi di atas permukaan, bunyi tiupan angin terdengar semakin keras mengiringi perjalanan kami. Gue berpegangan erat pada handrail, mengatur nafas, memejamkan mata dengan jantung berdebar, lalu membuka mata dengan mengalihkan pandangan ke arah depan.

HongKong-Zhuhai-Macao Bridge (HZMB) seen from the cable car
Flying above the clouds, sea, and islands, in the midst of fog

Beberapa saat sebelum mencapai akhir perjalanan, Sang Buddha yang bersila sudah tampak samar di balik lapisan kabut. Akhirnya, setelah sekitar 25 menit perjalanan melalui jalur sepanjang 5,7 kilometer, kami pun tiba di Stasiun Ngong Ping. Konon, kereta gantung Ngong Ping adalah bi-cable ropeway terpanjang di Asia!


Menjelajah Ngong Ping Village dan Berjumpa dengan The Big Buddha

Kami tiba di stasiun kereta gantung Ngong Ping. Menuju pintu keluar, kami berjalan melalui toko suvenir resmi Ngong Ping 360. Hasil foto yang tadi dijepret sesaat sebelum naik kereta gantung bisa dilihat dan dibeli di situ, kalau mau. Harganya mahal banget sih cuma buat selembar foto tanpa teknik fotografi khusus, 100 HKD atau hampir Rp200.000,00.

Arrived at Ngong Ping cable car station
Panoramic view of Stupa Square, Ngong Ping Village

Keluar dari area stasiun, gue disergap oleh hawa dingin Ngong Ping Village. Di area depan stasiun itu, kita bisa mengambil foto kereta gantung yang melayang menghampiri stasiun. Terus ada juga semacam plaza kecil bernama Stupa Square dengan latar gunung berselimut kabut. Ada beberapa turis yang foto-foto di situ. Gue? Hanya bisa memandang kebahagiaan mereka dengan getir.

Memasuki jalanan Ngong Ping Village, gue disambut oleh The Blessing Drums. Gue nggak hafal berapa jumlahnya, tapi masing-masing ditulisi kata-kata mutiara dalam aksara Cina dan bahasa Inggris, seperti “health” dan “fortunes”. Lagi, gue hanya bisa memandang mereka yang foto-foto di situ dengan getir. Di kanan kiri jalan, ada outlet-outlet tempat makan dan belanja, ada juga beberapa atraksi kecil-kecilan. Gue naik sebuah jembatan lengkung buat ambil foto Ngong Ping Village dari titik yang lebih tinggi. Gak ada orang lain yang naik ke jembatan itu selain gue. Mungkin cuma gue yang sadar jembatan itu bisa jadi spot ambil foto, atau mereka nggak ngeh kalo jembatannya bisa dinaiki.

Ngong Ping Village, Hong Kong. Can you see The Big Buddha?
The gate of Ngong Ping Village, Hong Kong

Di ujung jalan, ada sebuah gapura bertuliskan “Ngong Ping Village”. Jadi paham ya, Ngong Ping Village itu bukan desa beneran dalam kategori apa pun, tapi cuma area komersil buat menunjang pariwisata kereta gantung Ngong Ping 360 dan The Big Buddha.

Lepas dari gapura Ngong Ping Village, ada sebuah bunderan yang mempertemukan Ngong Ping Road (jalanan yang membelah Ngong Ping Village tadi) dan Lin Ping Drive. Tapi bunderannya sepi kendaraan banget kok, jadi turis aman-aman aja wara-wiri sama foto-foto sekenanya di situ. Di sudut bunderan, berdiri megah sebuah gapura besar bergaya Tionghoa dengan 4 pilar dan 3 atap. Memanfaatkan pagar pembatas di tengah-tengah jalan sebagai tripod alami, gue bisa foto-foto dengan cukup leluasa dengan latar gapura itu.

Dari titik itu, gue jalan kaki lagi menembus kabut tipis menuju Sang Buddha melalui sebuah bulevar berlapis batu andesit yang kanan kirinya berjajar patung-patung dewa atau prajurit khayangan.

Taking a pose in front of the great gate at Ngong Ping Village
Majestic Chinese gate at Ngong Ping Village

Gue sampe di sebuah area lapang bernama Ngong Ping Piazza yang tampil lawas dengan lantai batu alam dalam bentuk persegi yang lebih kecil dari yang ada di bulevar. Di salah satu sudut area lapang itu, berdiri gapura yang bentuknya mirip dengan gapura sebelumnya, namun dalam balutan tampilan yang lebih lusuh. Kalo nggak ada turis-turis itu, gue akan mengira gue sedang dilempar ke era kerajaan Dinasti Ming. Dikelilingi oleh perbukitan berselimut kabut, pemandangan di sekelilingnya bener-bener juara! Ada momen-momen ketika kabut tebal menyelimuti tempat itu dan berarak perlahan menembus manusia-manusia. Videonya ada di highlight IG Stories @nugisuke.

Itulah titik mula pendakian. Gue lalu menapaki 268 anak tangga menuju The Big Buddha. Perjalanan menuju puncak Tian Tan Buddha itu mengingatkan gue dengan Batu Caves di Malaysia. Gue nggak tau mana yang lebih bikin capek, karena gue berkali-kali ke KL tapi nggak pernah naik ke atas Batu Caves, hehe. Yang jelas, di tengah jalan gue beberapa kali berhenti buat ngatur nafas. Sampai di atas, kaki gue pegel.

Panoramic view of Ngong Ping Piazza, Hong Kong
Monmaap solo traveler ini cuma bisa selfie

Tian Tan Buddha, yang juga disebut The Big Buddha, duduk dengan anggun di puncak Gunung Muk Yue. Total tingginya adalah 34 meter, atau 26.4 meter aja kalo diukur dari pondasi teratainya. Konon, The Big Buddha dibangun selama lebih dari 12 tahun dan menghabiskan 250 ton perunggu! Sang Buddha duduk menghadap utara, ke arah Beijing, ibukota Tiongkok. Di sekelilingnya terdapat 6 patung kecil yang disebut The Offering of The Six Devas (Persembahan Keenam Dewa). Mereka menghadap Buddha dalam pose memberikan persembahan, yang masing-masing adalah bunga, kemenyan, lampu, salep, buah, dan musik yang melambangkan kebaikan, akhlak, kesabaran, semangat, meditasi, dan kebijaksanaan. Tolong dikoreksi aja kalo ada terjemahan yang kurang tepat ya.

Dari pelataran The Big Buddha, terbentang panorama perbukitan hijau Lantau Island, Laut Cina Selatan, dan Po Lin Monastery. Pemandangan bisa dinikmati secara 360 derajat dengan leluasa. Kabut tipis yang menyelimuti pulau justru membuat pemandangan semakin menakjubkan! What a mesmerising view

Po Lin Monastery, Ngong Ping Village

Bagian “teratai” dari patung The Big Buddha difungsikan sebagai museum setinggi 3 lantai yang menyimpan relik-relik Buddha dan mengabadikan nama-nama para dermawan yang membantu pembangunan.


Perjalanan Kembali ke Stasiun Tung Chung

Setelah merasa cukup foto-foto dan kaki udah siap lagi buat diajak jalan kaki, gue memutuskan buat kembali ke Stasiun Tung Chung. Pas udah nyampe di sekitar bunderan, kerumunan wisatawan sempet dihebohkan dengan kehadiran seekor kerbau yang berjalan dengan santainya. Beberapa turis lalu mengabadikan momen itu, malah ada yang nekad mendekati kerbau itu, untung si kerbau nggak nyeruduk. Mungkin dia sedang mencari jalan pulang ke rumahnya.

Kerbau yang hilang arah
Tetap lancar internetan di Ngong Ping berkat modem wifi

Ngomong-ngomong, selama di kawasan Ngong Ping ini gue tetep lancar internetan sampe upload video-video buat Instagram Stories berkat portable wifi (modem wifi, mifi) yang gue pesan online di KKday. Kenceeenggg, harganya murah, dengan kuota unlimited selama 7 hari buat Hong Kong, Macau, dan Cina. Bisa dipake bareng-bareng buat banyak device lagi. Kalo kamu mau pesen juga, jangan lupa pake kode kupon dari gue ya.

Suasana stasiun kereta gantung sepi banget. Gue dan 2 orang wisatawan cewek lalu masuk aja ke dalam cable car. Ternyata, ealaaahhh itu dua noona yang tadi. Tau gitu kita jalan bareng aja, mbak. Gue sempet menyapa dengan, “Annyeong!” tapi nggak ada respon dari mereka selain sebuah senyum tipis, huhuhu. Entah merekanya nggak inget, pura-pura nggak inget, nggak bisa bahasa Inggris, atau jijik bergaul sama cowok item dekil kayak gue. Becanda, kayaknya karena mereka nggak bisa bahasa Inggris.

View from Ngong Ping Crystal Cable Car, Hong Kong

Sebelum kereta gantung berjalan, gue difoto oleh fotografer stasiun. Dari sinilah gue tau harga foto itu, hehe. Soalnya pas sampe di stasiun tujuan, ada staf yang nyegat gue dalam perjalanan keluar. Karena penasaran sama harganya, jadi gue tanyain aja, kalo nggak terlalu mahal mau gue beli juga buat suvenir diri sendiri. Eeehhh ternyata mahal kebangetan!

Langit sudah cerah sore itu, tapi masih ada sisa-sisa butiran air yang belum mengering di jendela-jendela kereta gantung. Pemandangan North Lantau Country Park, Laut Cina Selatan, dan Bandara Internasional Hong Kong terlihat lebih jelas dalam perjalanan pulang itu. Karena udah sore, gue terpaksa membatalkan agenda beribadah di gereja karena kebaktian bakal udah kelar saat gue sampe sana. Maafkan daku, ya Lord. Yang penting gue udah meniatkan diri buat ibadah hari itu.

Approaching Tung Chung cable car station
Jalan yang sama seperti di atas, namun cuaca sudah cerah

Tadinya, gue mau menyertakan perjalanan ke Hong Kong Disneyland Resort di tulisan ini. Tapi ternyata udah 3.000 kata dooong! Nggak kerasa banget gue nulis. Jadi, cerita kali ini gue cukupkan sampai di sini. Makasih banget buat yang udah mampir, baca, dan komentar. Tinggal sedikiiittt lagi, cerita perjalanan ini akan selesai. Pantau teros! Keep learning by traveling~

60 komentar

  1. Sayang banget ya pas ke sana pas lagi hujan, pasti bergoyang banget itu cable carnya hehehehe. Tapi seru kalau naik crystal cable car, viewnya cantik saat sedang cerah 😀 untung waktu saya ke sana, hujannya pas saya sudah selesai jalan-jalan hehehe jadi nggak begitu stres karena takut guncangan~ ditunggu kelanjutan ceritanyaaaa, it’s gonna be fun!

    1. Bergoncang sih enggak ya, cuma view-nya jadi terhalang tetes-tetes air. Somehow, buatku cerah atau mendung berkabut kayak kemarin punya keindahannya masing-masing sih 😀

      Kamu ke sana bulan apa?

      1. Syukurlah kalau nggak berguncang, saya paling takut sama guncangan soalnya :)) terakhir kali ke HK itu bulan Mei, dan waktu itu pulang dari Ngong Ping sore-sore hujan deras 😀 padahal siangnya cerah ceria hehehe. Tapi tahun sebelumnya sempat ke HK pas awal tahun bulan Januari gitu, ini yang paling enak karena suhu udaranya rendah jadi nggak panas waktu di sana~ mas Nugi ke sana bulan apa? Lagi terik kah waktu mas Nugi ke sana? 😀

      2. Naaahhh asoy tuh kalo pas dingin. Aku ke sana akhir Mei, kalo malem sembribrit banyak angin, kalo siang panas gerah.

    2. Waah mau naik cable car aja sampai rela nunggu 3 jam ya sampai cuaca bagus. Untung sebelahnya mall jadi nggak kerasa ya nunggunya meski 3 jam. Buat mas yang takut ketinggian keren banget tuh berani uji nyali naik cable car yang bawahnya transparan.

      1. Hehe, penantian yang akhirnya terbayarkan 😀

  2. Dulu saat ke sana, cuaca bagus banget tapi…. cable carnya lagi perawatan huhuhuhu. Gagal deh ngebandingin dengan cable car yang ada di Genting dan Srinagar haha. Dan persis yang Nugie bilang, “ntah kapan lagi bisa nyobain.”

    Walau harus nunggu 3 jam, tapi terbayarkan ya. Lumayan banget. Nah, di Lantau itu, gak jauh dari patung buddha, ada satu objek wisata lagi yang aku udah catet tapi saking asyiknya di sana eh kelupaan. Lupa namanya apa, kayak tiang2 batu gitu. Cakep sih.

    1. Oh, aku tau! Path apa gitu namanya. Aku juga nggak sempet sih.

      1. Aha, barusan cek lagi dengan petunjuk “path” namanya Wisdom Path. Dulu aku banyak waktu tapi beneran lupa haha.

      2. Nah butul, Wisdom Path hehe

  3. Itu mas-mas petugas stasiun belajar bahasa Sunda darimana kalau boleh tau ya? Lancar bener. Haha

    Setidaknya nggak sia-sia harus nunggu 3 jam, jalan kena gerimis, dan makan mango cake mahal di mall sebelah (lupa namanya tadi), akhirnya kesampaian buat naik kereta gantung yang menurutku juga lumayan serem itu. 25 menit diatas kereta dengan cuaca yang masih mendung-mendung syahdu.

    1. Haha, belajar di Saung Udjo kayaknya 😀

      Beuh aslinya lebih serem lagi bro! Nggak sia-sia deh nunggu dan bayar mahal.

  4. ngak keringetan bang pas naek cable car nya? keren jg y view nya. kirain HK cmn gedung2 tinggi aja view nya. masih ada ya rupanya view alamnya

    1. Jadi bang, Hong Kong itu strict dengan lahan. Kawasan residensialnya memang padat, karena yang taman nasional, pegunungan, dsb dipertahankan sebagai area hijau.

  5. Aduh, baca ini jadi sedih. Apes banget pas di sana lagi ditutup krn ada renovasi. Pdhal uda sampe Tung Chung. Uhuhu

    1. Waduh sayang banget mas, tandanya harus ke sana lagi itu 🙂

  6. Dari tulisan ini saya bisa menarik satu kesimpulan: kamu sudah waktunya mencari pasangan.

    Salah satu yang diperlukan oleh traveler itu memang kontrol atas diri sendiri. Ketika perjalanan tidak sesuai rencana, ya nggak boleh bete. Kenapa? Karena bisa merusak mood seterusnya. Mending cari aktivitas lain seperti yang kamu lakukan.

    Thanks ya sudah berbagi cerita seru naik kereta gantungnya 🙂

    1. Huahahaha iya ini sedang dalam pencarian, bang. Semoga tahun ini udah dapet ya.

      Bener banget, bang. Bad mood itu bisa merusak perjalanan. Gue sih selow aja meski udah ada itinerary hehe.

  7. Wah, seru banget, ya bisa Jalan-Jalan ke Hongkong. Saya belum pernah soalnya. Sayang banget pas Naik kereta gantung pas hujan, coba kalau cuacanya cerah. Pasti vewnya keren banget.

    Harga makanan di sana kayaknya agak mahal, hehe … padahal pesen menu yang simpel. Saya Indonesia banget sih, kayaknya kalau belum nemu nasi, berasa belum makan. Hehe …

    1. Iya bener banget. Hong Kong memang kota yang mahal, mbak. Untuk makanan, standarnya adalah 50 HKD atau hampir Rp100.000,00.

      Mungkin karena sudah sering berkelana, jadi lama-lama terlatih makan tanpa nasi 🙂

  8. pastinya jantung berdetak lebih kencang ni mas bro. Hongkong belum masuk list si awalnya, tapi setelah baca baca dari artikel pertama sepertinya asyik 😀

    1. Hong Kong adalah kota yang maju dan punya sesuatu for all travelers! Semoga terwujud ya, mas.

  9. Untung langsung boleh motong antrean ya Mas. Kalo nggak boleh motong, mending pas sebelum ninggalin antrean pertama kali ninggal sendal jepit aja Mas. Wkwkwkwkwwk.

    “Are you two together?”
    Jawab bebarengan:
    Noona: “No.”
    Mas Nugi: “Yes.” Ini keknya epic. Heheheheehe.

    1. Huahahaha, kira-kira gimana reaksi dia ya saat kuiyain pertanyaan itu 😀 😀

  10. […] Berdebar-Debar Naik Crystal Cable Car Ngong Ping 360 […]

  11. Gw mual bacanya, Nug. Jadi itu kereta gantung panjangnya 5,7 km? Duh, itu kayak jarak dari Setiabudi ke Wastukencana. Amiitt..jauhnyaaa.. Dan pemandangannya berkabut? Mau diulangin lagi nggak naik kereta gantung itu?

    1. Iya mbak haha, jauh ya. Aku juga pas naik rasanya lamaaa banget.

      Iya pemamdangannya sedikit berkabut, tapi view masih cukup terlihat sih. Sekali aja itu cukup dah, gak usah naik dua kali wkwkwkwk.

  12. Asik banget naik kereta gantung eh cable car ya. hehehe. btw, makan mahal banget ya, menunya cuma roti plus kopi musti keluar kocek yang tidak sedikit. we o we…

    1. Kereta gantung sama cable car sama aja kok hehe. Iya, cafe-nya emang mahal banget 😦

  13. Duuuh tinggi bangeeet cable car-nya. Sekali-sekalinya naik yg di Genting High Land dan TMII. Wkwkwk…Engga ada apa²nya yah…
    Apalagi pakai naik tangga ratusan lapis gitu untuk sampai ke patung Buddha.
    Kayaknya aku bakalan travelling yg santai kayak di pantai aja deh…
    Hebat iiih, lancar gitu smp 3000 kata…

    1. Yang di Genting juga lumayan, mbak. Di sana ada pula kuil Tionghoa dan pagoda.

      Gapapa ke sini mbak, sediakan waktu seharian full aja biar bisa santai dan nggak buru-buru.

  14. Nurul Sufitri · · Balas

    Hongkong itu ibarat surga bagi travelers ya 🙂 Kayaknya apa aja ada asal punya duitnye hehehe 🙂 Roti ala bun gitu aja dan kopinya lumayan juga ya, mirip2 di kita lah kalau harga mungkiiii, tergantung cafenya. Iya ya kaciaaaan mesti nunggu 3 jam buat terlaksananya naik kereta gantung. Tapi kan selama 3 jam bisa muter2 dulu jadi tau sana-sini ya, Mas Matius. Betul3x kita tuh meskipun ngirit2 tapi tetep kudu nyiapin buat dana darurat kayak makan mahal banget, dll. Keren ceritanya berasa ga habis2. Cool!

    1. Betul, mbak Nurul. Hong Kong has anything for everyone!

      Untuk roti dan kopi itu memang murah. Mungkin kalau di sini kayak nasi uduk atau nasi kuning 🙂

  15. yampun mango cake nya menggoda sekaliiiii. btw, deg-degan gak mas naik cable car? apalagi panjang gituh. aku naik kereta gantung yang cuma 1 km di Taman Safari aja deg-degan hihihi

    1. Deg-degan banget mbak, kan udah kutulis di atas hehe 😀

  16. Udah baca baik-baik sampai bawah tetap aja aku keingetan mango cake yang di Urban City. Scroll lagi ke atas lalu ditatap dalam-ddalam wkwkwk. Pengeeennn.

    1. Hahaha menggoda banget ya

  17. Iyaa setuju banget bang, se prepare apapun kita menyiasati keuangan selama traveling, akan ada masanya dimana kita akan boros (biaya tak terduga) selama traveling. Jadi musti siap-siap dengan hal itu yah wkwk

  18. […] stasiun-stasiun bawah tanah Hong Kong, romantisnya naik tram tua menyusuri Wan Chai, deg-degan naik kereta gantung Ngong Ping yang melayang di atas kepulauan, dan megahnya bangunan-bangunan tinggi yang merobek langit Hong […]

  19. iih bikin ngiri deh ya, uda naik cable car yang serem-serem asik masih bareng noona Korea, btw ga tukeran instagram nih sapa tau lanjut, hohoho

    1. Iya aku malu sama noona-nya kak 😦

  20. Travel Galau · · Balas

    Ceritanya panjang banget, tapi seru. Pas banget aku lagi ngayal sambil nabung ke Hongkong demi disneyland doang sih sebenernya. Tapi kayanya harus nambah ngisi tabungan ke Ngong Ping Village juga.

    1. Ngong Ping Village ini menurutku salah satu obyek wisata unik di Hong Kong. Jadi selama ada dana dan waktu, wujudkan!

  21. Waaaaa untung akhirnya hujan berhenti juga ya
    Kesabaran menunggu 3 jam berbuah manis lah ya

    Btw di bagian, “Are you two together?”
    Kenapa gak jawab ‘yes’ aja sih. Khan seru tuh hahhaaha

    1. Ahaha, harus ada kesepakatan dulu biar kompak jawabnya 😀

  22. Aku geli sendiri pas baca bagian kamu makan siang mahal. Gimana tuh ngebayanginnya, aku kayanya melipir keluar aja deh kalau kaya gitu. Daripada duit habis. Wkwk.

    1. Aku kadang rela ngeluarin duit demi membunuh bosan sih kak 😦

  23. Saya kalau ke naik cable car begini pasti takut, deh. Takut ketinggian sama takut lihat patung besar. Tapi, sayang banget kayaknya kalau udah ke HK gak ke sini. Mungkin saya akan ‘memaksakan’ diri. Anggap aja uji keberanian 😀

    1. Hehe, ambil yang kereta gantung biasa aja mbak 🙂

  24. Pas gerimis pas pula naik crystal cable car, Deuh itu kece banget kak, makin deg degan lihat bawah. Jadi inget pas Geum Jan di dan Gu Jun Pyo naik crystal cable . Lah jadi ke drakor, haha

    1. Wah pecinta drakor rupanya hihi

  25. Akhirnya kesampaian juga naik kereta gantung di Hongkong, yang saya baca-baca dari beberapa informasi ini harus jadi salah satu list wajib karena pastinya menjadi sebuah pengalaman tak biasa. Tentu sangat terkesima ya ka’ bisa lihat pemandangan Hongkong dari ketinggian. Kalau lihat gambarnya itu melintasi lautan lalu perbukitan yang dipenuhi pohon, hingga gedung-gedung pencakar langit juga

    1. Bener banget, mbak! Kereta gantung ini jadi highlight pariwisata Hong Kong karena memang menawarkan pengalaman berbeda dan pemandangan menarik.

  26. […] Resort dan Ngong Ping 360 Cable Car (termasuk patung Big Buddha) sama-sama ada di Lantau Island (MTR jalur cokelat, Tung Chung […]

  27. […] Baca ceritanya di: Berdebar-Debar Naik Crystal Cable Car Ngong Ping 360 Hong Kong […]

  28. […] di atas laut, mengantarkan penumpangnya dari satu pulau ke pulau lainnya hingga tiba di Patung Tian Tan Buddha (Big Buddha) di Lantau Island. Detil selengkapnya, silakan tonton video di atas. Breathtaking! Awan […]

  29. […] tahun 2019 lalu. Gue beli Octopus Card, MTR Travel Pass + Airport Express, sewa modem wifi, dan tiket PP Crystal Cable Car Ngong Ping 360 di KKDay. Sama sekali nggak ada masalah, semua berjalan […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu