Perjalanan Darat Kuala Lumpur – Singapura dengan Keretapi Tanah Melayu

SUPERTRIP #1 – SIKUNANG Part 3

Bas berhenti di sebuah garasi yang luas bersama jajaran bas-bas lainnya. Rupanya kami sudah tiba di KL Sentral, Kuala Lumpur. Bingung, kami memutuskan untuk mengikuti keramaian massa menuju lantai atas melalui sebuah tangga jahanam. Begitu sampai di atas, gue terperangah takjub mendapati sebuah bangunan besar yang lebih mirip sebuah mal daripada sebuah terminal atau stasiun. Orang banyak hilir mudik di sebuah ruangan besar yang modern dan ber-AC, beberapa gerai makanan (misalnya, Burger King) dan asesoris tampak mengisi beberapa ruang kosong di dalam gedung KL Sentral itu.

KL Sentral menjadi sebuah hub untuk menghubungkan berbagai macam mode transportasi berbasis rel di Kuala Lumpur: LRT (light rapid transit), KTM (Keretapi Tanah Melayu) Komuter, KTM Intercity (Antarabandar), hingga KL Monorail. Jika ingin melanjutkan perjalanan dengan bas RapidKL atau GOKL, tinggal melangkah keluar dan bas bisa ditemui di depan gedung. Nanti akan ada tulisan tersendiri untuk membahas moda transportasi di Kuala Lumpur ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kami lalu menuju lantai atas, sesuai petunjuk papan informasi yang sangat memudahkan pengunjung. Di situ, kami menghampiri kaunter tiket KTM Intercity / Antarabandar untuk memesan tiket kereta api menuju Singapura. Setelah menerima nomor antrian dari petugas, kami menunggu beberapa menit sebelum akhirnya nomor antrian kami dipanggil untuk menghadap ke kaunter tiket. Gue lantas memberitahukan ke mana tujuan gue, yang dibalas dengan pertanyaan “Mau duduk apa tidur?” dan “Berapa orang?”. Sang petugas berjilbab itu kemudian memberikan gue sebuah tiket KTM Senandung Sutera jurusan Woodlands CIQ dengan harga masing-masing 34 RM, Superior Class. Padahal niat awalnya sih mau pesen yang Economy Class aja, 26 RM. Tiketnya jauh lebih simpel daripada tiket Kereta Api Indonesia.

Tapi nggak apa-apa, yang penting tiket sudah dalam genggaman. Gue sempet khawatir kalau-kalau kami kehabisan tiket dan harus naik bus dengan harga yang lebih mahal. Kamu yang punya kartu kredit, sebaiknya pesan via online atau email aja untuk mencegah kehabisan tiket. Nggak selamanya kamu bisa beruntung kayak gue ‘kan, hehe. Saran lainnya, kalau kamu langsung beli di kaunter, sebaiknya berikan informasi jelas dengan tiket apa yang kamu inginkan. Misalnya dengan menyebutkan, “Economy Class” atau “tiket yang paling murah,” hihihi.

Karena masih ada waktu beberapa jam sebelum keberangkatan pukul 22.30, kami memutuskan untuk mencari makan di sekitar KL Sentral. Udah muter-muter dan nggak menemukan tanda-tanda kawasan street food, sementara kami juga bingung dengan kawasan yang penuh dengan jalan simpang siur dan naik turun ini, kami beringsut kembali ke dalam KL Sentral.

Akhirnya, kami makan malam di sebuah pujasera (medan selera, dalam bahasa Melayu) yang terletak di bagian belakang gedung. Yang menarik dari medan selera itu adalah adanya sebuah kedai ayam penyet yang juga menyajikan beberapa menu Indonesia lainnya. Nggak mau dibilang jauh-jauh-ke-Malaysia-makannya-ayam-penyet-juga, gue memilih sebuah kedai bernama The Treats yang tampak lebih melayu. Pesanan gue adalah Nasi Lemak Biasa (ini menu termurah, sekitar 6 RM) dan teh tarik. Totalnya adalah 10 RM, sudah termasuk pajak. Sementara temen gue si Aska? Dia masuk ke dalam Seven Eleven yang juga ada di situ, dan menemukan sebuah paket nasi goreng seharga 3 RM. Seems more promising daripada nasi lemak gue yang apa adanya banget, dengan kering tempe secukupnya dan sepotong telur kecil. Fakkk!

Sekitar pukul 21.00, kami bergerak menuju platform KTM kami di platform B, terletak di lantai yang sama dengan kaunter tiket. Kursi-kursi tunggu sudah hampir penuh oleh para penumpang yang lain, termasuk sepasang bule cowok yang tampak seperti sepasang anak kembar dengan model rambut, warna rambut, dan kacamata yang sama. Sampai pukul 22.15, gate belum juga dibuka, pun tak ada suara operator yang menggaung menginformasikan kedatangan kereta api kami. Masak delay sih? Lagi?

Rupanya, sistem kereta api di Malaysia berbeda dengan sistem kereta api di Indonesia. Jika di Indonesia kereta akan datang beberapa menit sebelum jadwal dan mempersilakan penumpang untuk masuk, maka kereta api di Malaysia akan datang sesuai jadwal keberangkatannya. Nyaris pukul 22.30 ketika penumpang diperbolehkan masuk ke dalam peron dan segera masuk ke dalam gerbong-gerbong KTM Senandung Sutera yang tampak biasa-biasa aja. Tanpa berlama-lama menunggu seperti halnya kereta api di Indonesia, Keretapi Tanah Melayu pun segera bergerak dengan mulus.

Interior di dalam kereta juga biasa-biasa banget. Kursi-kursi dengan pola-pola 2-2 berderet di dalam gerbong. Tatakan kecil untuk meletakkan makanan atau minuman ada di depan setiap kursi, menempel dengan bagian belakang kursi di depannya. AC-nya dingin banget! Nggak ada colokan charger seperti dengan kereta api kita. Good point for our train πŸ™‚

Gerbong kami sangat lengang. Hanya ada kami berdua dan beberapa pasang penumpang lainnya. Keretapi memang berjalan dengan lebih mulus daripada kereta api di Indonesia, melaju menjauhi pusat kota Kuala Lumpur yang gemerlap. Kami melalui blok-blok apartemen pinggiran kota dengan gedung-gedungnya yang menjulang. Yang bikin gue kagum adalah bagaimana cara negara ini mengatur jalur setiap moda transportasinya. Jalur rel kereta api tidak pernah bersinggungan atau melintang di jalan raya. Kalau nggak sejajar, ya ada di atas atau di bawahnya. Jadi, nggak ada tuh yang namanya palang pintu perlintasan di Malaysia ini. Konsep yang bagus menurut gue, sehingga memudahkan negara ini menciptakan sebuah sistem mass rapid transit.

Malam semakin larut, mendekati waktu pergantian hari. Kami melaju di antara kegelapan malam, sesekali tampak tiang-tiang lampu yang bersinar syahdu menerangi jalan-jalan kecil perkampungan. Lalu, bencana itu pun terjadi.

Gue nggak bisa tidur, bro! Gawat!

 

PENTING!!!

Update Terbaru Februari 2016

Saya mendapat informasi dari salah seorang pembaca yang baik budiman bahwa Keretapi Tanah Melayu (KTM) saat ini hanya melayani rute sampai Johor Bahru (JB) Sentral. Untuk melanjutkan perjalanan ke Woodlands Singapura, beli tiket terpisah untuk keretapi Tebrau Shuttle. Terima kasih πŸ™‚

Update Terbaru Mei 2016

KTM Senandung Sutera (KL Sentral – Johor Bahru) dan Ekspres Peninsular (JB Sentral – Hat Yai) pensiun mulai 19 Mei 2016.
KTM Ekspres Rakyat JB – Butterworth pensiunΒ 8 Mei 2016.

Armada akan digantikan oleh KTM EIS (electrified) yang lebih cepat, lebih modern, juga lebih mahal. Sampa jumpa kereta api sleeper train 😦

 

Siapa bilang hotel di Singapura itu mahal? Banyak kok yang murah. Coba aja cari di:

1257_DOTD_Sep2014_320x480_NeverBlue

 

118 thoughts on “Perjalanan Darat Kuala Lumpur – Singapura dengan Keretapi Tanah Melayu

  1. Belom pernah coba kereta dari KL ke Singapore nih… Jadi penasaran nyobain hehehe
    Ini berhentinya di stasiun mananya Singapore? Atau mesti oper ferry?

  2. Ini pas udah nyampe ke singapurnya ada periksa paspor gitu, kan beda negara?
    Terus pulang ke indonya balik lagi ke malaysia ato terbang langsung dari singapur?

  3. akhirnya nemuin tulisan yang pas banget sprti yg saya cari. kebetulan saya jg berencana utk ke Singapore melalui KL, dari Jogja. Jadi utk pp via darat KL-SGP dan sebaliknya, Anda hbs brpa mas? Terus pas di SGP apa mas jg pake transportasi MRT?

  4. halo nugie, mau tanya neh klo kereta dari singapore ke malaysia harganya berkisar brapa ya? apakah sebaiknya memiilih pembelian tiket kereta PP (malay-sing-malay)sekalian. terimkasih
    mohn infonya

  5. kalau beli TIKET TKM PP bisa ga di KL sentral? Malay-Spore-Malay. dan kira2 waktunya berapa lama ya? kereta nya langsung sampai ke woodlands kan? apa berhenti di johor baharu lanjut bis? murahan mana antara bis dan kereta? kira2 dari woodland kalau mau ke merlion atau uss naik MRT ya? brp dolar spore harganya? terimakasih mohon balasannya hehe

    • KTM, bro. Bukan TKM hehe. Gak bisa beli PP, kecuali via online hehe. Lama perjalanan semalaman. Waktu itu saya berangkat jam 22.30 sampai di SG jam 07.00.
      Di Johor Bahru turun dulu buat pemeriksaan imigrasi. Terus naik lagi. Ikuti orang2 aja, mas.
      Dari Woodlands Check Point naik bus dulu ke Stasiun MRT Woodlands. Dari situ tinggal naik MRT sesuai tujuan. Untuk biaya bisa coba buka web SMRT, ada fitur calculator fare di situ. Silakan ubek2 blog saya, mas. Saya sudah tulis semuanya πŸ™‚

  6. kalau beli TIKET KTM PP bisa ga di KL sentral? Malay-Spore-Malay. dan kira2 waktunya berapa lama ya? kereta nya langsung sampai ke woodlands kan? apa berhenti di johor baharu lanjut bis? murahan mana antara bis dan kereta? kira2 dari woodland kalau mau ke merlion atau uss naik MRT ya? brp dolar spore harganya? terimakasih mohon balasannya hehehe

  7. booking via online harus pakai credit card ya mas? kira2 apa ya web nya kalau mau booking? jd kalau via online bisa dalam mata uang RM hitungannya? web smrt nya apa ya? mas ada line/email buat contact ga? mau nanya2 banyak hehehe

  8. Tahun Depan saya ada perjalanan Bandung – Singapore – malaysia – Surabaya, cuman masih belum dapat tiket Kereta singapore – Malaysia, untuk pemesanan kereta via online sudah bisa di pesan dari sekarang yach…

  9. Bro nugie sebelumnya saya mau muji blog ny keren n ngasi info yg bermanfaat bgt. saya ada sedikit pertanyaan ni “gimana tips atau cara hemat ny jika ingin balik dari singapore ke kl ?” Apa kita tetap naik ktm yg harga ny sgd 34 dri singapore atau ada alternatif lain lgi yg lebih irit buat nympe ke kl dari singapore.
    Mohon pencerahannya bro. Gue udh beli tiket buat juli taun depan ke kl dan berencana ke singapore via kl .

    • Halo, mas. Sebelumnya, makasih atas pujiannya πŸ˜€

      Biar hemat, mas naik ke bus ke Johor Bahru. Naiknya dari depan Stasiun Kranji. Pilih yg bus Causeway Link biar murah, cuma SGD.
      Dari JB, bisa lanjut naik KTM atau bus. Kalau lanjut naik KTM, turun di JB Kastam. Kalau mau lanjut bus, turun di Terminal Larkin. Bilang aja sama petugas bus Causeway Link yg nongkrong di depan Stasiun Kranji.
      Coba buka cerita tentang perjalanan ke JB di blog saya, mas. Ada seluk beluk imigrasi yg panjang jika diceritakan di sini πŸ™‚

  10. Morning Nhugie. Thanks yah, informasinya sangat membantu. Kami anak” PPs Unhas Makassar rencana mau ke KL-Sin tahun depan. Kira-kira kalo mau ditotal berapa (Rp) budget yang harus disediakan untuk moda transportasi saja selama di KL n Sin. Thanks.

    • Untuk budget transportasi, tentu tergantung tujuan mana saja yg akan didatangi.
      Di web resmi SMRT dan MyRapid ada fitur kalkulator untuk menghitung ongkos dari 1 tempat ke tempat lain. Bisa masuk ke situ untuk hitung budget kalian.

      Makasih ya sudah mampir πŸ™‚

  11. Hallo mas Nugie… Salam kenall..
    Saya butuh info nih mas, rencnya saya bulan depan mau ke KL tpi saya masih bnggung, utk trnsportasi yg lebih efektif ke Johor Bahru naik bus apa kereta ya ?

  12. bro, mau nanya dong..
    kan gue mau dari SGP ke KL, nah via online itu sebenernya bisa H-brapa ya?
    kalau langsung ke stasiunnya bisa untuk pembelian H- brapa ya?
    kalau ada info tolong di share ya hehe

  13. Terima Kasih buat infonya Mas..
    Saya mau tanya, saya mau Beli KTMB tiket online dr KL ke SG.. melalui terminal sentral kuala lumpur.. kalau beli online kan dapat email tiket gitu.. tiket nya itu sampai di sana mau di tukar lagi ke counter untk di kasih tiket asli.. atau hanya pake tiket yg kita print saja.. mohon bantuannya mas.. makasih..

    • Halo.

      Naik KTM Intercity / Antara Andar dari KL Sentral, kereta apinya Maaysia.
      22.30, Superior Class – Seat, 34 RM. Proses imigrasi di Johor Bahru turun dulu, lalu naik lagi. Turun di Woodlands, SG, untuk ke imigrasi. Lalu keluar ambil bus ke stasiun MRT.

  14. Sayang banget waktu Oktober lalu ke KL gue ngga sempetin coba moda transportasi ini untuk ke Singapura. Padahal kece banget pasti.
    But btw thanks ya informasinya, helpful!!

    Salam Lonetraveler,

    Anila Tavisha

  15. salam kenal, blognya kasih pencerahan buat pergi bulan Mei Bsk,
    ada yang mau pergi bareng?
    ini adalah perjalanan backpacker saya yang ke dua,
    kali ini saya akan pergi ke Phuket, Wish me Luck ya,

  16. salam kenal, blognya cukup membantu untuk traveler, saya dan kelg berencana ke KL-SIN-KL 19 Mei mendatang, boleh digambarkan kembali perjalanan setelah mendarat di KLIA-2 kemudian naik apa ke KL Sentral dari KL sentral naik kereta ke SIN kemudian…..dst, sampai kembali ke Kuala Lumpur, terima kasih

    • Selamat malam, mas.

      Dari KLIA2, naik Aerobus (10 RM) atau KLIA Ekspres (35 RM) sampai KL Sentral.
      Di KL Sentral, beli tiket KTM Intercity / Antara Bandar. Ada kereta pagi dan malam ke SIN. Yg malam naik Senandung Sutera, jam 22.30.

      Untuk dari SIN menuju KUL, saya sarankan mas naik kereta dari Johor Bahru. Silakan baca tulisan terkait tentang Johor Bahru. Nanti jadi panjang πŸ™‚

  17. Salam Kenal,
    saya mohon petunjuk jalan bulan depan says dn keluarga rencana mau k Kl-Singapore naik kreta, tapi saya bawa anak anak apakah ada bagasinya krn barang barang nya kan banyak

  18. mas nugie, saya rencana mau ke KL dan SIN….jd hari pertama brgkt dr sby ke KL trus ke SIN rencana naik kereta…nah pas muter2 di KL kalo mau naik keretanya kemana dl yaa….beli tiketnya bilang e gimana,,,,he2,,,ada referensi penginapan di SIN kah ?

  19. saya mau tanya kereta ke sin paling malam jam berpa ya? karena saya baru sampai klia 2 jam 00.00, buruh waktu 1 jam untuk k kl sentral. mohon infonya thx

  20. makasih ya tulisannya sangat informatif.
    sy rncana tgl 20 mau nyoba rute KL-SIN by train ini jg.tp pas mau book online,menu booknya gk muncul di web ktmb.com.my nya,harusnya milih ktmbintercity kan yah?td coba email ke ktmb nya,tp blm di balas πŸ˜”

  21. Salam Kenal Mas, Baru aja nih saya naik kereta ini tanggal 30 Januari 2016 kemaren, on my very first journey abroad :v Naik dari KL Sentral – JB Sentral, pakai 2nd class sleeper bagian bawah, RM 45,00. Enak banget, bisa bobok lumayan pules. Oh ya, sekarang kalau mau nerus Singapura tetep pakai kereta kudu ganti kereta dan beli tiket terpisah, Nama Keretanya Shuttle Tebrau, RM 5,00. Oh ya Katanya Debit Mandiri VISA bisa dibuat membayar reservasi di situs resminya kalau ndak salah…. saya bayarnya pake kartu kredit mandiri VISA sih… #plakk

    Ada yang cukup unik juga, di lorong sleeper sih AC nya pas ya, cukup dingin lah. Nah begitu rebah di sleeper nya, AC nya kok gak sedingin di lorong? Padahal cuma ketutupan tirai doang, Hahaha… bahkan akhirnya saya memutuskan untuk tidur dengan (maaf) bertelanjang dada (sebaiknya jangan ditiru πŸ˜„ XD). Untung saja gak masuk angin nyampe JB πŸ˜›

    Bahkan yang ada sepanjang hari di Singapura saya jalan cepat dan lari-lari di eskalator tiap mau naik atau turun MRT, merasakan sensasi jadi orang buru-buru dengan berjalan di sisi kanan eskalator wkwkwkwkwk… Singapore is a really great city, maulah ke sana lagi :3 (nggaya banget, padahal keluar negeri juga baru tanggal 30-31 Januari 2016 itu πŸ˜„ )

    • Halo, mas Rizki. Wah, terima kasih sudah berbagi dengan saya dan teman-teman di sini. Seneng membaca pengalaman mas Rizki πŸ™‚

      Btw, makasih banget ya buat informasinya. Pantes sekarang saya cek kereta dari KL Sentral hanya sampai JB Sentral. Ternyata untuk sampai ke Woodlands harus ganti kereta ya.

      • Dan…. 10 hari lagi, tak akan ada cerita overland by train dari KL Sentral ke JB Sentral pakai kereta tidur… hahaha… kereta Senandung Sutera ini serta Ekspres Peninsular JB – Hat Yai (Thailand) dinyatakan pensiun mulai 19 Mei 2016. :’3 Untung saya sudah naek keduanya, baru banget tadi pagi turun dari Ekspres Peninsular sambung KLIA Transit ke KLIA, haha…

        Ekspres Rakyat JB – Butterworth malah pensiun mulai hari ini (8 Mei 2016) dan saya belum pernah nyobain :’3

        Sebagai salah satu penikmat kereta api, rasanya sedih-sedih gimanaa gitu wkwkwk #lebay Memang sih ada penggantinya jadi kereta ETS yang super cepat itu, tapi ya super mahal juga dan sensasi lokomotif dieselnya jadi tak bisa dinikmati lagi hehehehu….

  22. Hallo mas, minggu ini saya bakal ke KL dan mau nemuin keluarga di JB buat beberapa hari. Itu kereta apinya emang brgkat malem doang yaa mas? Terus, dari stasiun di JB sentral ada bus kan?

  23. Mas, saya berencana ke singapura bln sept 2016 ini, jalur darat dari kuala lumpur. Pesawat lgsg dr medan ke kul jauh lebih murah drpd ke sing.
    Ulasan mas nugie diatas kan ktm nya udah pensiun, mohon info utk transportasi darat dr kl ke sing. Pgn nya sih naik sleeper train krna bw dua krucil bocah umur 3 dan 6 thn.
    Tengkyuuuuuu

  24. hi kak.. salam kenal..
    blog nya oke bangett !!
    aku mau tanya donk, itu kan info terakhir sleeper trainnya udah ga ada ya.. (padahal pengen bgt cobain naik itu..)
    kalo mau naik kereta / bus dari sing ke kl enaknya gmana ya?
    mohon infonya..
    thankss beforee πŸ™‚

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s