Menginap di Dafam Express Jaksa, Hotel Baru Dekat Stasiun Gambir

Setelah sukses melakukan gathering kedua pada bulan Juli 2019 di Novotel Mangga Dua Square, komunitas Teman Hotel Reviewer (THR) akhirnya bulan lalu―Desember 2019―kembali berkumpul. Kali ini, Hotel Dafam Express Jaksa di kawasan Jakarta Pusat menjadi tempat kami bermalam bersama. Walaupun “hanya” bintang 2, namun kami tetap merasa terhormat bisa menginap di sini. Dafam Express Jaksa is the first (and the only, for now) of its kind! Hotelnya sendiri baru mulai beroperasi pada September 2019.

Jumat malam (30 November) setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan kereta api Argo Parahyangan dari Bandung, gue tiba di Stasiun Gambir saat ibukota diguyur hujan. Karena tarif taksi online saat itu mahal banget, gue memilih melambaikan tangan pada taksi Blue Bird di depan pintu keluar pejalan kaki. Ternyata ongkosnya nggak sampe Rp20.000,00 lho.

Meja resepsionis, mesin check-in express, dan konter makanan Dafam Express Jaksa

Lobi dan ruang makan Dafam Express Jaksa dalam satu ruangan

Lokasinya yang berada di Jalan Jaksa no. 27-29 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, membuat Dafam Express Jaksa bisa dicapai hanya dalam waktu 10 menit dari Stasiun Gambir. Kalo kamu naik KRL Commuter Line dan turun di Stasiun Gondangdia, malah bisa jalan kaki. Gak perlu gue jelaskan lagi betapa dekatnya Dafam Express Jaksa dengan Monas, Masjid Istiqlal, Katedral Jakarta, dan Bunderan Hotel Indonesia. Makanya banyak wisatawan asing nginep di Dafam Express Jaksa.


Lobi dan Restoran Dafam Express Jaksa

Karena terletak bersebelahan dalam satu ruangan besar tanpa sekat masif, lobi dan restoran akan gue ulas dalam satu bagian.

Walaupun hotel budget, namun Dafam Express Jaksa mudah ditemukan karena gedungnya tinggi dan cukup besar. Ada area drop-on/off yang memadai banget. Begitu masuk ke dalam lobi atau reception area, mata disambut dengan warna biru dan putih yang menjadi skema warna khas Dafam Express. Paduan warna itu menciptakan kesan rapi, bersih, lega, nyaman, dan modern.

Board games, lift, dan lampu gantung yang menarik di Dafam Express Jaksa

Teman Hotel Reviewer (+ kang Indra, kanan) berfoto di lobi Dafam Express Jaksa

Lobi Dafam Express Jaksa dilengkapi dengan meja resepsionis, area duduk berupa sofa, express check-in machine (yang sayangnya nggak gue coba), konter makanan, dan tangga menuju ruang meeting di lantai 2. Untuk akses ke kamar, tamu bisa menggunakan elevator (lift). Area penerimaan tamu dan area ruang makan “disekat” oleh sebuah meja panjang dengan kursi-kursi bar. Di atas meja, sudah terdapat alat bermain catur dan uno stacko.

Area restoran atau ruang makan Dafam Express Jaksa diisi dengan set tempat duduk berdua, berempat, dan area duduk yang memadukan kursi dan sofa panjang. Tempatnya tergolong luas untuk sebuah ruang makan hotel budget. Toilet ada di ujung ruangan.

Lobi dan ruang makan ini bisa disatukan sebagai communal room atau area bersama. Pagi hingga siang, ruangan terkesan terang, sehat, dan segar berkat sirkulasi cahaya alaminya. Selalu suka sama ruangan dengan konsep seperti ini. Namun saat malam, ruangan terlihat elegan berkat ornamen lampu-lampu gantung yang dipilihnya. Dinding ruangan tak dibiarkan kosong, diisi dengan wall-art yang menarik mata dan apik dijadikan latar berfoto. Sebagian di antaranya kental dengan nuansa Betawi, what a fun and creative way to introduce the local culture to guests!

THR berfoto di tangga lobi Dafam Express Jaksa

Ruang makan Dafam Express Jaksa di malam hari

Area restoran Dafam Express Jaksa yang cukup luas

Makanan dan minuman yang dapat dipesan adalah cake & pastry, frozen food, beberapa minuman, dan bottled drink. Eh, gue juga sempet underestimate makanannya, namun di luar dugaan ternyata rasanya enak! Dafam Express Jaksa pinter nih milih penyedia kateringnya. Kalo nggak salah harganya di kisaran Rp25.000,00. Ada banyak pilihan, yang sempet gue coba adalah Nasi Ayam Kecombrang.


Fasilitas Kamar Dafam Express Jaksa

Untuk saat ini, hotel Dafam Express Jaksa baru mengoperasikan satu jenis kamar, yaitu Express Room, yang terbagi dalam 2 tipe: Twin Bed Express Room dan Double Bed Express Room. Masing-masing dilengkapi dengan:

  • Working area
  • Hanging corner
  • Slippers
  • Wadah air minum dan cangkir.

Nakas dan colokan listrik dengan cerdas diletakkan di kedua sisi bedding area.

Twin Express Room di Dafam Express Jaksa

Foto panorama kamar twin di Dafam Express Jaksa

Area kerja dan hanging corner di kamar Dafam Express Jaksa

Betul, Dafam Express Jaksa ini ramah lingkungan banget sekaligus efisien dengan tidak lagi menggunakan botol plastik air mineral. Sebagai gantinya, ada dispenser air minum di tiap lantai. Gue baru kali ini menemukan yang kayak gini, and I love it!

Yang beyond expectation adalah kamar mandinya. Luas, dengan dinding masif yang dilapisi tile nan elegan, bukan kamar mandi kapsul seperti hotel bintang 2 lainnya. Area basah dan area kering dipisahkan oleh sekat kaca. Paket toiletries yang tersedia adalah sabun bar, odol, sikat gigi, shower cap, dan cotton bud. Yang gue suka lagi adalah tipe shower-nya. Bukan shower biasa, namun sudah seperti rainforest shower.

Kamar mandi (toilet dan shower) Dafam Express Jaksa

Toiletries di kamar mandi Dafam Express Jaksa

Uniknya, Dafam Express Jaksa menyajikan nuansa warna yang berbeda-beda untuk tiap kamarnya setiap 2 lantai. Kamar gue contohnya, diguyur dengan warna ungu yang anggun. Dinding kamar pun dihidupkan dengan wall art bernuansa Jakarta, seperti Patung Pancoran yang ada di kamar gue. Karena lokasinya juga tinggi, dari jendela kamar gue bisa menikmati panorama gedung-gedung pencakar langit Jakarta Pusat.


Sarapan di Dafam Express Jaksa

Sarapan di Dafam Express Jaksa memadukan konsep a la carte dan buffet breakfast. Tamu menikmati bento box pilihannya sekaligus memilih menu lain yang tersedia secara prasmanan. Dari jauh, gue kira itu kotak frozen food berbahan plastik sekali pakai seperti yang gue temukan di POP! Hotel Pasar Baru. Hampir aja gue nyinyir, tapi ternyata enggak. Kotak makannya dari kayu kok, dan digunakan seterusnya.

Nasi Uduk dan Mie Goreng Dafam Express Jaksa

Area buffet untuk sarapan di Dafam Express Jaksa

Suasana sarapan di ruang makan Dafam Express Jaksa

Pada saat check-in, atau hari sebelumnya (kalo nginep lebih dari semalem), staf hotel akan menanyakan menu a la carte sarapan apa yang dimau tamu. Daftar menunya ada cukup banyak, namun setiap pagi hanya ada 3 menu yang bisa dipilih. Di antaranya adalah Nasi Uduk, Nasi Kuning, Mie Goreng, dan American Breakfast. Ternyata enak-enak lho dengan porsi yang cukup dan komposisi yang memuaskan, tapi favorit gue adalah Mie Goreng.

Menu yang dapat dinikmati secara buffet adalah roti, buah, jus, sereal, infused water, dan kopi.


Jakarta Walking Tour Bersama Dafam Express Jaksa

Hari Sabtu pagi, gue dan 3 member THR yang sudah hadir―Ridho @hotelopedia, Bunda Ety @ngamarbareng, dan @anastasiamarin yang datang jauh-jauh dari Surabaya―mengikuti kegiatan walking tour yang digelar Dafam Express Jaksa. Seru! Member lainnya―Agus @fndfamilytrip, @kepinhelmy, @krisnabrataa, Jun @stayaddict, dan Faiz @doyandolan91―belum hadir. Selain kami berempat, acara yang diikuti oleh kang Indra (hotel manager) ini juga diikuti oleh beberapa staf hotel Dafam Express Jaksa, mbak Marianna dari Pomelotel Jakarta, dan keluarga kang Indra sendiri hehe.

Bareng Ridho, bunda Ety, dan Tasya di Kota Tua Jakarta

Akhirnya bisa foto juga di kanal hits Kota Tua Jakarta ini

Baca apa sih Pak, betah amat sampe nggak gerak berbulan-bulan

Dari hotel, kami berjalan kaki menuju Stasiun Gondangdia, naik KRL Commuter Line menuju Jakarta Kota, lalu foto-foto di Kota Tua. It was Tasia’s first experience with Commuter Line! Karena panas (udah agak siang), kami nggak berlama-lama di Kota Tua. Kami lalu naik dua taksi online menuju Stasiun Bundaran HI. Rencana awalnya adalah naik busway TransJakarta, tapi karena panas dan kondisinya lagi bawa beberapa orang tua, jadi diputuskan naik taksol.

Dari Stasiun Bundaran HI, kami naik MRT Jakarta menuju Stasiun ASEAN. Keretanya pas sepi, jadi kami bisa leluasa foto-foto! Oh ya, dalam walking tour ini, kang Indra sudah membekali kami semua dengan kartu Mandiri e-Money. Kartunya sudah kami aktivasi lebih dulu di Stasiun Gondangdia, udah ada saldo senilai Rp50.000,00.

Segenap rombongan walking tour di MRT Jakarta

Gue nggak di foto karena gue yang fotoin 😀

Tiba di Stasiun ASEAN, kami jalan kaki ke M Bloc yang lagi hits itu, makan siang di sebuah kedai Padang di M Bloc, lalu naik busway TransJakarta ke halte Bank Indonesia. Dari halte BI, kami naik taksi online lagi ke hotel, padahal ternyata deket bangeeettt. I mean, gue nggak akan keberatan jalan kaki. Durasi kami menunggu datangnya taksol kedua (cewek-cewek dan buibuk selalu diutamakan) kayaknya bakal sama dengan durasi kalo kami jalan kaki. Ya udah sih, dibayarin ini hahaha.


Belajar Membuat Kopi dengan Halaman Kopi

Beberapa saat setelah kami kembali ke hotel dari walking tour, kang Indra lalu mengajak kami untuk mengikuti workshop kecil dari Halaman Kopi Indonesia. Wah, seru nih Dafam Express Jaksa. Nggak cuma bikin kami nyaman staycation, agenda gathering kami juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan kaya faedah.

THR yang habis walking tour di Dafam Express Jaksa

Edisi foto di sofa Dafam Express Jaksa

Ada 3 jenis cara membuat kopi yang diajarkan mas Dimas dari Halaman Kopi Indonesia: tubruk, Vietnam Drip, dan kopi susu kekinian. Fyi, Vietnam Drip ini adalah metode penyajian kopi favorit gue di café-café, hehe. Kalo gak salah, kopi yang digunakan adalah kopi dari Temanggung.

Ini adalah cara membuat kopi tubruk yang diajarkan:

  • Tuang 15 gram kopi ke dalam cangkir
  • Masukkan sedikit air panas, cukup sampai merendam seluruh bubuk kopi
  • Usahakan menggunakan teko leher angsa untuk menuang air panas
  • Diamkan sesaat, sekitar 10-15 detik
  • Tuang air panas lagi dengan gerakan memutar agar tidak merusak krema
  • Kopi pun siap dinikmati.

Sementara untuk membuat kopi Vietnam Drip, bubuk kopi yang dimasukkan ke dalam dripping cup lalu ditekan hingga mampat dengan penutupnya. Setelah itu, barulah tuang air panas ke dalam dripping cup, tidak perlu gerakan memutar. Jika kopinya udah bener-bener mampat, kopi nggak akan menyembul ke atas meski sudah dimasukkan air.

Mas Dimas dari Halaman Kopi Indonesia

Menyesap kopi racikan sendiri
(foto Agus @fndfamilytrip)

Sayangnya, karena memori hape yang penuh, kegiatan recording jadi terhenti dan gue juga udah lupa langkah-langkah selanjutnya haha. Gue sempat menjadi volunteer saat mas Dimas meminta sukarelawan, di mana gue mempraktekkan teknik (tubruk dan Vietnam Drip) yang baru saja dia ajarkan. Hasilnya? Of course, AMBYAAARRR. Pengalaman dan keterampilan memang nggak bisa bohong sih.

Makasih buat sharing-nya ya, Halaman Kopi. Yok, kepoin akun Instagram-nya di @hala.mankopi. Dari postingan terbarunya, kayaknya bakal segera hadir di POMELOTEL nih.


Kesimpulan: Dafam Express Jaksa

Dengan harga di kisaran Rp400.000,00 (termasuk sarapan), Dafam Express Jaksa ini worth the price banget! Lebih murah daripada “si hijau” dengan fasilitas dan servis yang lebih memuaskan. Dibandingkan “si biru” memang sedikit lebih mahal, namun terbayar dengan lokasi, kamar mandi, dan sarapan.

Makasih buat staycation-nya, Dafam Express Jaksa

Jadi, buat kamu yang mau jalan-jalan di Jakarta (apalagi first timer), atau sekadar butuh tempat bermalam untuk transit dari Stasiun Gambir, gue bisa bilang bahwa Dafam Express Jaksa adalah pilihan yang tepat. Dafam Express baru ada di Jaksa lho, kalo Dafam Hotel memang sudah ada beberapa unit di kota-kota Indonesia. Gue appreciate dan puas sama lini hotel budget-nya Dafam Hotel ini. Makasih buat kamu yang udah baca review ini, tunggu cerita-cerita berikutnya. Keep learning by traveling.

38 komentar

  1. Ini serius bintang 2 mas? 😀

    Wah, untuk kelas bintang 2, menurut saya sudah super bagus sih hotelnya. Karena harganya affordable, plus dapat sarapan, kamarnya juga terlihat nyaman. Brand DAFAM juga bukan brand kacangan soalnya hehehe~

    Semoga cabang DAFAM yang versi Express bertambah banyak :>

    1. Iyaaa di kalangan hotel serupa dia udah bagus bangeeettt! Aku juga suka. Amin, semoga Dafam Express makin banyak ya.

  2. Wah tempatnya bagus ya, dominant putirh, jadi terlihat mewah. Gak kelihatan bintang 2 nya.

    1. Bersih dan elegan gitu ya, mas

  3. […] juga review Hotel Dafam Express Jaksa, hotel bintang 2 dekat Stasiun Bundaran […]

  4. […] juga ulasan DAFAM EXPRESS JAKSA, hotel bintang 2 di dekat Stasiun […]

  5. H. Suyatno Putro · · Balas

    Kakak paling sering nginep di Dafam Express Jaksa ini kalau pas lagi ada dinas luar ke Jakarta karena deket banget sama stasiun Gambir dan letaknya hotel ini di pusat kota jakarta.

    Bener sekali ulasannya kalau hotel Dafam Express ini walau budget hotel namun luas, bersih dan hommy sekali. Sarapannya lucu juga pakai box yang dikemas set menu yang saat pertama kali kakak menginap under estimate , karena saat check in disuruh pilih menu breakfast gitu lah, tapi paginya ketika sarapan bener-bener kenyang dan rasanya enak, kebetulan favorit saya mie goreng dan american breakfast. Beberapa free flow buffet juga menambah full isi perut kakak…wkwkwkw.

    Gak tau kenapa, kamarnya kakak rasa nyaman sekali, ukuran kamar yang pas, bersih, tata cahaya lampu yang juga Bright, kamar mandi juga cukup luas dan bersih.

    Pas kakak harus ngerjain tugas kelompok kerja dari kantor bersama temen-temen dari luar kota lainnya, kami ajak mereka semua ke ruang multi guna, namanya network room. Yang membuat kakak terkesima adalah LCD proyektornya bisa touch screen di dinding layaknya papan tulis digital wkwkwkwk….pokoknya asik dan seru.

    Pesen kakak, coba aja saat ke jakarta…beneran worth it

    1. Woh, menarik nih fasilitas network room-nya. Makasih infonya, mas.

  6. Andra Dedek · · Balas

    Hotel kerennn instagramable… salah satu smart Hotel Produknya DHM , sama kayak Meotel Jember by Dafam yang di Jember juga keren bangett …beda konsep tapi sama2 Top,…klo ke jakarta stay di Dafam Express saja gaes…kalo ke jember Saya rekomen ke Meotel Jember by Dafam…sama2 Dafam kok….

    1. Iyaaa aku juga pengen ke Meotel Jembeeerrr

  7. Ajib, Insya Allah kalau ke Jakarta wajib nginap di Dafam Express Jaksa Jakarta

  8. Ini htl super exprss dan luar biasa simple , pelayanan okay , kebsrsihan okay, produk mya tdk mengecewakan , sy dan keluarga seneeeeng bangiiit…next akan dtg lagi ..mkch yaa..all smua karywannya ranah2…sukses dan pertahankan ya.

    1. Iya betul, hotel express tapi servis dan fasilitas nggak mengecewakan.

  9. Hotel modern, Dafam express jaksa lokasi sangat strategis, masih baru, dan comfortable.

    1. Deket banget dari Stasiun Gambir

  10. Hmm..ada mesin express cek in nya? Kok seperti hotel masa depan yak. Keren nih..di tenggah kota lagi..plus kamar mandinnya luas yak…oke..next bisnis trip ke sana yak…thx for the info

    1. Yes, hotel bintang 2 sebelah kamar mandinya gak kayak gini loh

  11. Lia Imung · · Balas

    Waaahhh buat business trip ok banget nih kmn2 deket & hotel ciamik dgn budget yg afordable..

  12. Woww tidak terlihat bintang 2 ya. Elegan interiornya, konsepnya millenial banget dan yang penting sih dekat dengan pusat kota ya jadi gak perlu lagi deh macet-macetan buat ke pusat ibu kota jakarta, ditambah lagi harganya terjangkau banget. Recommended banget ya buat stay di Hotel Dafam Express Jaksa Jakarta.

    1. Iyaaa gak nyangka banget bintang 2 tapi sebagus ini

  13. Laila Siddik · · Balas

    Waah keren hotelnya dan keren lokasinya … prioritas tinggi untuk pilihan hotel di pusat Jakarta dengan harga terjangkau 🙂

  14. Uun widhiamukti · · Balas

    Meskipun hotelnya bintang 2 tapi desainnya keren banget. Hotelnya modern dan suka banget sama atmosfernya. Trus banyak spot instagramable nya. Tapi emang sih Dafam selalu bikin gebrakan yang cakep. Salut buat Dafam Hotel Management terutama Dafam Express Jaksa 😎👍🏼

    1. Yaaasss, bintang 2 tapi instagrammable!

  15. Wqh lokasi dkt bgt sama lusat kuliner ya…dan tempat belanja alias buat ngemall….sipp minggi depan pas business ttrip minta dibokingkan disini aja x ya…..ď

    1. Asik ya kalo deket ke mana-mana

  16. Kang Pur · · Balas

    Hotele bagus banget, harga bersahabat, pelayanan bermartabat.
    Lokasinya srategis, di ssbuah jalan yg legendaris :
    Bravo !!

    1. Bener semua ketiga poinnya

  17. romofarano · · Balas

    Aha.. congrats ya Kak Indra.. sering-sering deh ajak teman2 blogger & vlogger, jang lupa perlu nih ajak teman2 dari kalangan fotografi, atau buat acara futu2..

    1. Semoga nanti blogger dan fotografer bisa staycation bareng

  18. Kereeeen banget hotelnya, hotel bintang 2 rasa bintang 5 👍😍
    Lokasi deket dengan gambir, strategis banget, very recommended deh pokoknya…

    1. Bintang 2 tapi nggak bikin kecewa ya

  19. Mantap…
    Bisa jadi trend setter baru di industri perhotelan nih…
    Pilihan tepat buat anak milenial…

    1. Tepat banget, semua kebutuhan ada.

  20. […] Gading, Hotel Des Indes Menteng, dan Azana Hotel Management. Sementara Novotel Mangga Dua dan Dafam Express Jakarta adalah buah dari gathering […]

  21. ainunisnaeni · · Balas

    termasuk cukup luas juga kamarnya,paduan warna warna neonnya kayaknya bisa bikin hari dikamar ceria aja kalo seharian ikut walking tour.

    1. Iyes, cukup luas untuk bintang 2, desain kamarnya cakep!

  22. […] mengisi air dan dispenser air minum di tiap lorong. Fitur unik ini pertama kali gue temukan di Dafam Express Jaksa Jakarta, ternyata sudah cukup banyak hotel yang menerapkan fitur ini. […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel - Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Catatan Perjalanan, Ulasan Tempat, dan Daily Blog

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Indonesia

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi lewat travel vlog Indonesia, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan!

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: